Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Daftar Buah yang Baik untuk Pertumbuhan dan Imunitas Anak

buah untuk imunitas anak

Table of Contents

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan tidak gampang sakit merupakan harapan bagi setiap orang tua. Karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting, untuk memastikan anak dapat menjalani hari dengan aktif dan ceria. Sebab, melihat anak dengan imunitas turun dan terbaring sakit di rumah pasti dapat membuat setiap orang tua merasa sedih.

Sebagai orang tua, Moms pasti akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik demi menjaga kesehatan anak. Namun, virus dan bakteri penyebab penyakit tentu dapat berada di mana saja, dan sangat mungkin untuk menyerang anak Anda. Terlebih apabila anak sedang dalam kondisi kurang fit, berbagai virus dan bakteri tersebut akan lebih mudah untuk menyerang dan menyebabkan penyakit pada anak Anda.

Menjaga sistem kekebalan tubuh tentu menjadi hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Terutama untuk anak-anak, sebagai orang tua tentu Moms harus menjadi ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan anak, terutama di luar rumah. Oleh karenanya, menjaga imunitas anak untuk selalu terjaga merupakan salah satu hal yang dapat Moms lakukan untuk mencegah mereka mudah terserang penyakit.

Baca juga: Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

Apa itu Imunitas?

Imunitas mengacu pada kemampuan sistem kekebalan tubuh, struktur biologis tubuh, proses dan organ yang secara khusus dikembangkan untuk melawan infeksi dan mencegah berbagai penyakit. Tugas dari imunitas adalah untuk melindungi tubuh dari infeksi. Hal ini membantu tubuh untuk mengidentifikasi dan menghancurkan jutaan mikroba (seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur) yang merupakan penyebab penyakit.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh atau cara meningkatkan imun anak dengan mengonsumsi makanan sehat, yang menjadi salah satu langkah paling penting untuk  mencapai ketahanan tubuh terhadap penyakit. 

Hal tersebut tentu tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, melainkan penting juga untuk anak-anak. Sebab, di masa pertumbuhan anak-anak tentu banyak melakukan aktivitas yang tidak terlepas dari risiko terpapar berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga: Ketahui Cara Kerja Sistem Imun Tubuh Manusia

Cara Meningkatkan Imun Anak

Setelah mengetahui fungsi sistem kekebalan tubuh bagi kesehatan, Moms tentu ingin menjaga daya tahan tubuh si kecil tetap kuat bukan? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas anak adalah dengan memerhatikan asupan makanan untuk  anak.

Berbagai jenis makanan diketahui baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak supaya tidak mudah terserang penyakit. Di antara berbagai makanan yang dapat meningkatkan imunitas anak, buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang ternyata bisa membantu menjaga imunitas anak.

Buah-buahan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Selain kaya akan berbagai jenis vitamin dan juga serat, buah-buahan juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini adalah berbagai macam buah yang baik untuk imunitas anak, di antaranya:

1. Aprikot

Aprikot dikenal sebagai buah yang memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan yang terkandung dalam aprikot dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit umum. Buah aprikot mengandung Vitamin A, Vitamin C, potasium, dan banyak serat makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Jeruk

Buah dari jenis sitrus seperti buah jeruk, jeruk nipis dan jambu biji memiliki jumlah Vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan. 

Selain itu, buah jeruk juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi seperti zat besi dan juga mendukung sistem kekebalan tubuh untuk tumbuh lebih kuat

3. Buah Berry

Berbagai jenis berry merupakan buah yang sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan. Buah beri termasuk strawberry, blackberry, raspberry, blueberry, dan cranberry. 

Buah beri kaya akan antioksidan seperti fitokimia dan flavonoid, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga melawan peradangan. Buah beri juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Buah beri, terutama blueberry memiliki antihistamin alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meminimalkan gejala, termasuk pilek atau hidung tersumbat yang dapat mengganggu anak Anda. Blueberry sarat dengan antioksidan yang membuat anak Anda tetap sehat.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin Anak yang Mengandung Zinc

4. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E, keduanya merupakan kunci sistem kekebalan anak. Anda dapat menambahkan Alpukat sebagai pendamping saat sarapan atau dalam sandwich saat makan siang pada menu makan untuk anak.

5. Jeruk Bali

Sama seperti jeruk lainnya, jeruk bali adalah sumber vitamin C yang bagus. Buah ini juga mengandung banyak serat dan vitamin A, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan penglihatan. 

Jeruk bali  ini memiliki kalori yang rendah  (setengah jeruk bali rata-rata hanya memiliki 52 kalori), dan mengandung 88 persen air, yang membantu anak terhidrasi dan merasa kenyang.  

6. Apel

Buah Apel merupakan salah satu sumber serat dan gula alami yang sangat bagus. Hal yang wajib Moms tahu adalah bahwa kulit apel mengandung quercetin, sejenis flavonoid pigmen tumbuhan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Jadi, saat menyajikan apel untuk anak, pertimbangan untuk tidak mengupas semua kulitnya.

7. Pir

Selain memiliki banyak serat dan kalium, buah pir juga mengandung flavonoid antiinflamasi pada kulitnya, jadi pastikan untuk memakan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi super. Buah pir ternyata juga kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin C yang Bagus untuk Kesehatan Anak

8. Pisang

Selain rasa yang enak dan umumnya disukai anak, ternyata pisang sangat baik untuk meningkatkan imun anak. Buah pisang kaya vitamin B6, yang dibutuhkan untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Pisang juga merupakan makanan prebiotik yang dapat mendukung kesehatan usus.

9. Nanas

Nanas adalah buah yang mengandung enzim (bromelain) yang dapat melunakkan daging jika digunakan sebagai bumbu marinasi. Selain itu, nanas merupakan sumber serat makanan, vitamin C, dan mineral (mangan) yang diperlukan untuk tulang manusia, tulang rawan di persendian, dan otak.

10. Anggur

Kombinasi gulanya membuat anggur terasa manis dan nikmat sehinga anak-anak menyukainya. Karbohidrat dalam buah ini dicerna secara perlahan sehingga energi yang diperoleh anak dari buah anggur dapat bertahan lebih lama. 

Selain itu, anggur juga kaya akan serat makanan, vitamin C, dan beberapa potasium lainnya. Kulit anggur juga memiliki banyak antioksidan yang penting bagi kesehatan manusia.

Nah, itu dia berbagai macam buah yang bisa bantu Moms untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak supaya terhindar dari berbagai penyakit. Selain menjaga asupan makanan anak, selalu pastikan anak Anda untuk banyak tidur, banyak minum air, tetap aktif secara fisik, dan juga mencegah penyebaran kuman lewat mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun. Usahakan juga hindari anak dari asap rokok, terutama apabila orang tua atau orang terdekat mereka merokok.

Selain buah-buahan, barengi dengan mengonsumsi sejumlah makanan (non-buah) lain yang direkomendasikan untuk membantu mencegah flu dan masuk angin pada anak. Misalnya seperti brokoli, wortel sayuran berdaun gelap, bawang putih, kunyit, jahe, paprika, yogurt dan bahkan coklat hitam.

Moms dapat memberikan beberapa variasi makanan tersebut untuk diberikan kepada anak supaya anak tidak mudah bosan. Misalnya Moms dapat mencampurkan buah-buahan segar dengan yogurt supaya anak lebih semangat untuk mengonsumsinya.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar saran asupan gizi yang tepat untuk anak agar tumbuh kembangnya  berjalan optimal.

Health Begins with Mom. Diakses pada 19 Februari 2024. Top 10 fruits good for kids. https://www.healthbeginswithmom.com/top-10-fruits-good-kids/

My Little Moppet. Diakses pada Oktober 2020. Foods That Boost Immune In Children. https://www.mylittlemoppet.com/foods-that-boost-immune-system-in-children/

Parents.com. Diakses pada Oktober 2020. Boost Child's Immunity.
https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/

WEB MD. Diakses pada Oktober 2020. Immune System.
https://www.webmd.com/parenting/features/immune-system#1

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak