Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Buah yang Baik untuk Jaga Imunitas Anak, Catat Moms!

buah untuk imunitas anak

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan tidak gampang sakit merupakan harapan bagi setiap orang tua. Karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting, untuk memastikan anak dapat menjalani hari dengan aktif dan ceria. Sebab, melihat anak imunitas anak turun dan terbaring sakit di rumah pasti dapat membuat setiap orang tua merasa sedih.

Sebagai orang tua, Mom’s pasti akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik demi menjaga kesehatan anak. Namun, virus dan bakteri penyebab penyakit tentu dapat berada dimana saja, dan sangat mungkin untuk menyerang anak Anda. Terlebih apabila anak sedang dalam kondisi kurang fit, berbagai virus dan bakteri tersebut akan lebih mudah untuk menyerang dan menyebabkan penyakit pada anak Anda.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, menjaga sistem kekebalan tubuh tentu menjadi hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Terutama untuk anak-anak, sebagai orang tua tentu mom’s harus menjadi ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan anak di masa pandemi. Oleh karenanya, menjaga imunitas anak untuk selalu terjaga merupakan salah satu hal yang dapat mom’s lakukan untuk mencegah mereka mudah terserang penyakit.

Apa itu Imunitas?

Imunitas mengacu pada kemampuan sistem kekebalan tubuh, struktur biologis tubuh, proses dan organ yang secara khusus dikembangkan untuk melawan infeksi dan mencegah berbagai penyakit. Tugas dari imunitas adalah untuk melindungi tubuh dari infeksi. Hal ini membantu tubuh untuk mengidentifikasi dan menghancurkan jutaan mikroba (seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur) yang dapat menembus tubuh setiap hari.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh atau cara meningkatkan imun anak dengan mengkonsumsi makanan terbaik, mungkin dapat menjadi salah satu langkah paling penting untuk  mencapai ketahanan tubuh terhadap penyakit. Hal ini tentu tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, melainkan penting juga untuk anak-anak. Sebab, di masa pertumbuhan anak-anak tentu banyak melakukan aktivitas yang tidak terlepas dari resiko terpapar berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga : Ketahui Cara Kerja Sistem Imun Tubuh Manusia

Cara Meningkatkan Imun Anak

cara meningkatkan imunitas anak

 

Setelah mengetahui fungsi sistem kekebalan tubuh bagi kesehatan, mom’s tentu ingin menjaga daya tahan tubuh si kecil tetap kuat bukan? Salah satu cara yang bisa mom’s lakukan untuk menjaga imunitas anak adalah dengan memperhatikan asupan makanan pada anak.

Berbagai jenis makanan diketahui baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak supaya tidak mudah terserang penyakit. Di antara berbagai makanan yang dapat meningkatkan imunitas anak, buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang ternyata bisa membantu menjaga imunitas anak lho mom’s!.

Buah-buahan untuk Meningkatkan Imunitas Anak

imunitas anak

Selain kaya akan berbagai jenis vitamin dan juga serat, ternyata buah-buahan juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk! Simak, buah yang baik untuk anak apa saja yang bisa bantu mom’s dirumah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak supaya tidak mudah sakit.

1. Aprikot

Aprikot dikenal sebagai buah yang memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan yang terkandung dalam aprikot dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan penyakit umum. Buah aprikot mengandung Vitamin A, Vitamin C, potasium dan banyak serat makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Jeruk

Buah-buahan jenis sitrus seperti buah jeruk, jeruk nipis dan jambu biji memiliki jumlah Vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan. Selain itu, buah jeruk juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi seperti zat besi dan juga mendukung sistem kekebalan tubuh untuk tumbuh lebih kuat

3. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry merupakan pahlawan dalam hal meningkatkan kekebalan. Buah beri termasuk strawberry, blackberry, raspberry, blueberry, dan cranberry. Buah beri kaya akan antioksidan seperti fitokimia dan flavonoid, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga melawan peradangan. Buah beri juga dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Buah beri, terutama blueberry memiliki antihistamin alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meminimalkan gejala, termasuk pilek atau hidung tersumbat yang dapat mengganggu anak anda. Blueberry sarat dengan antioksidan yang membuat anak Anda tetap sehat.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan vitamin E, keduanya merupakan kunci sistem kekebalan anak. Anda dapat menambahkan Alpukat sebagai pendamping saat sarapan atau dalam sandwich saat makan siang pada menu makan untuk anak.

5. Jeruk bali

Sama seperti jeruk, jeruk bali adalah sumber vitamin C yang bagus. Buah ini juga mengandung banyak serat dan vitamin A, yang mendukung sistem kekebalan dan penglihatan. Buah ini memiliki kalori yang rendah  (setengah jeruk bali rata-rata hanya memiliki 52 kalori), dan mengandung 88 persen air, yang membantu anak terhidrasi dan merasa kenyang.  

6. Apel

Buah Apel merupakan salah satu sumber serat dan gula alami yang sangat bagus. Hal yang mom’s wajib tahu adalah bahwa kulit apel mengandung quercetin, sejenis flavonoid pigmen tumbuhan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Jadi, saat menyajikan apel untuk anak, pertimbangan untuk tidak mengupas semua kulitnya ya mom’s!.

7. Pir

Selain memiliki banyak serat dan kalium, buah ini juga mengandung flavonoid antiinflamasi pada kulitnya, jadi pastikan untuk memakan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi super. Buah pir ternyata juga kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Pisang

Selain rasa yang enak dan umumnya disukai anak, ternyata pisang sangat baik untuk meningkatkan imun anak lho mom’s!. Buah pisang kaya vitamin B6, yang dibutuhkan untuk menjaga agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Pisang juga merupakan makanan prebiotik yang dapat mendukung kesehatan usus.

 

Baca Juga : Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh

Itu dia beberapa buah-buahan yang bisa bantu mom’s untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak supaya terhindar dari berbagai penyakit. Selain menjaga asupan makanan anak, selalu pastikan anak Anda untuk banyak tidur, banyak minum air, berolahraga dan juga mencegah penyebaran kuman lewat cuci tangan secara teratur menggunakan sabun. Usahakan juga supaya anak menjauhi asap rokok, terutama apabila orang tua atau orang terdekat mereka merokok.

Selain buah-buahan, terdapat sejumlah makanan (non-buah) lain yang direkomendasikan untuk membantu mencegah flu dan masuk angin pada anak. Misalnya seperti brokoli, wortel sayuran berdaun gelap, bawang putih, kunyit, jahe, paprika, yogurt dan bahkan coklat hitam. Mom’s dapat memberikan beberapa variasi makanan tersebut untuk diberikan kepada anak supaya anak tidak mudah bosan. Misalnya mom’s dapat mencampurkan buah-buahan segar dengan yogurt supaya anak lebih semangat untuk mengkonsumsinya.

Hal yang juga harus mom’s perhatikan adalah, bukan karena suatu sumber makanan memiliki peran yang baik bagi anak membuat Anda dapat terus-menerus memberikannya kepada anak. Sebab satu jenis makanan saja tidak dapat membantu semua hal yang berkaitan dengan kesehatan anak.

Mungkin sebagai orang tua, Anda tidak benar-benar dapat mencegah setiap pilek atau flu yang akan menyerang anak. Namun, menjaga pola makan sehat anak  yang konsisten dan disertai asupan buah-buahan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh anak dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjaga kesehatan anak Anda. Jadi ambillah pendekatan proaktif dengan menambahkan berbagai asupan buah-buahan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Bila diperlukan mom’s bisa menambahkan suplemen kesehatan, untuk bantu meningkatkan imunitas anak. Selamat mencoba mom’s! (DH)

 

Parents.com. Diakses pada Oktober 2020. Boost Childs Immunity. https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/
WEB MD. Diakses pada Oktober 2020. Immune System. https://www.webmd.com/parenting/features/immune-system#1
My Little Moppet. Diakses pada Oktober 2020. Foods That Boost Immune In Children. https://www.mylittlemoppet.com/foods-that-boost-immune-system-in-children/



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak