Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Anak Susah Makan Sayur? Tips Ini Wajib Mom’s Coba Dirumah

sayur untuk anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka tumbuh dengan baik dan juga sehat. Salah satu upaya yang dilakukan orang tua adalah dengan memberikan mereka makanan yang kaya gizi serta nutrisi. Sumber makanan yang baik dapat berasal dari makanan segar, seperti daging segar,ikan, buah dan juga sayur-sayuran. Namun, anak-anak seringkali tidak suka bahkan menolak untuk makan sayur dan buah. Bahkan mungkin tak jarang juga anda temui sayuran yang disisihkan di piring selepas anak makan.

Baca Juga : Sumber Serat yang Baik Untuk Si Kecil, Moms Simak Deh!

 

Pentingnya sayur dan buah untuk Anak

resep sayur untuk anak

 

Menghadapi anak susah makan sayur memang terkadang bikin pusing ya moms. Padahal sayur untuk anak dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan anak. berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang ditemukan dalam buah dan sayuran memberikan manfaat bagi anak, misalnya seperti :

  • Melindungi dari penyakit
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat
  • Memperkuat sistem kekebalan anak dan membantu melawan penyakit.
  • Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan mencegah sembelit
  • Melindungi anak Anda dari penyakit di kemudian hari, termasuk penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker

Baca juga : Daftar Makanan Ini Bisa Mempengaruhi Mood Si Kecil, Wajib Tau Moms!

Buah dan sayur yang baik untuk pertumbuhan Anak

sayur yang bagus untuk anak
  • Wortel
  • Brokoli
  • Jamur
  • Bayam
  • Mangga
  • Apel
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Lemon
  • Anggur
  • Nanas
  • Berry

Tips agar Anak suka makan sayur

 

sayur kaya vitamin  c

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak, jumlah sayur dan buah yang dikonsumsi dapat tergantung dari usia, jenis kelamin dan juga tingkat aktivitas fisik yang dilakukan anak. Dilansir dari laman Family Education.com anak disarankan untuk mengkonsumsi 1 hingga 3 cangkir sayuran per hari.

Jumlah ini mungkin terdengar sulit untuk dicapai ya moms. Sebab terkadang untuk mendapatkan anak anda memakan satu suapan sayuran saja butuh usaha yang sangat besar. Nah! untuk membantu anda membujuk anak supaya mau makan sayur, berikut farmaku telah merangkum tips dan trik yang bisa moms coba praktikan di rumah :

1. Campurkan sayuran ke dalam makanan favorit

Salah satu cara yang dianggap paling ampuh adalah dengan mencampurkan sayuran ke dalam makanan kesukaan anak. Misalnya anda dapat memasukkan beberapa jenis sayuran seperti potongan atau parutan wortel dan zucchini pada saus pasta dan pizza yang pasti disukai oleh anak

2. Buat makanan yang creamy

Anak-anak biasanya menyukai tekstur yang lembut seperti puding berbagai jenis saus. Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu cara supaya anak anda bisa makan sayur. Misalnya anda dapat membuat krim sup dari berbagai jenis sayur-sayuran seperti kentang, wortel, jagung dan memasukan daging cincang sebagai pelengkap gizi anak anda. Anda juga bisa menawarkan saus thousand island, atau mayonaise sebagai saus pada sayuran rebus seperti wortel atau brokoli.

3. Buat sayuran lebih menarik

Penampilan merupakan salah satu hal yang penting bagi anak. Mereka cenderung lebih menyukai hal-hal yang menarik perhatian. Buatlah bentuk-bentuk menarik yang disukai oleh anak anda supaya makan sayur menjadi hal yang menyenangkan untuk anak. anda bisa membuat boneka salju dari buah dan sayuran yang berbentuk bulat, atau menatanya seperti pola wajah pada piring makan anak.

4. Berikan si kecil pujian

Saat anak anda mau mengkonsumsi sayuran, cobalah untuk memberi anak anda pujian. Biasanya jika anda memberikan pujian pada anak saat ia mau makan sayur, kemungkinan besar anak anda akan mau makan sayur lagi. Namun, pastikan pujian yang anda berikan ditujukan karena ia suka makan sayur, supaya anak tidak hanya makan sayur karena menginginkan pujian dari anda.

5. Ajak anak anda ikut memasak sayuran

Mengajak anak anda terlibat dalam membeli dan memasak sayuran, mereka cenderung ingin makan sayuran yang ia bantu persiapkan.

Saat memasak, anda bisa biarkan anak anda untuk melakukan hal-hal seperti :

  • Memasukkan sayuran cincang ke dalam panci sebelum dimasak.
  • Mencuci sayuran dan buah
  • Jiika anak anda sudah cukup besar, anda bisa membiarkan membantu memarut atau memotong sayuran yang akan dimasak

6. Biarkan anak anda memilih sayuran sendiri

Sesekali ajaklah anak berbelanja saat Anda bisa. Melihat berbagai macam sayuran bisa membuat anak semakin penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Biarkan anak anda memilih sayuran saat Anda berbelanja dan tunjukan cara memilih sayuran yang baik.  Atau jika anda memiliki kebun kecil untuk menanam sayur di rumah, ajaklah anak anda untuk memetik sayuran yang ingin mereka makan.

Mengajak anak anda memilih sayuran sendiri juga berpeluang untuk mengenalkan anak ke berbagai jenis sayuran yang lebih banyak. Sebab jika anak anda hanya mau memakan satu atau dua jenis sayur saja mereka dapat kekurangan sumber nutrisi dari jenis yang lain. Sebab buah dan sayuran dengan warna berbeda mengandung jumlah vitamin, mineral dan antioksidan yang berbeda. Misalnya, dibandingkan buah-buahan, kebanyakan sayuran merupakan sumber kalsium, zat besi, dan folat yang lebih baik.

 

Hal yang harus dihindari untuk memastikan Anak makan sayur

 

sayur dan buah untuk anak

 

Memastikan anak mengkonsumsi asupan sayur dan buah dalam jumlah yang cukup mungkin menjadi hal yang anda utamakan. Berbagai tips dan cara mungkin akan anda lakukan supaya anak mau makan sayur. Tapi moms, ternyata ada beberapa hal yang harus anda hindari untuk membuat anak anda makan sayur. Berikut adalah beberapa hal yang harus moms hindari saat ingin membuat anak anda mau makan sayur :

Jangan paksa Anak

Yang harus moms ketahui adalah bahwa setiap jenis pemaksaan makan dapat meninggalkan dampak negatif pada anak memaksa dan menghukum anak justru dapat membuat anak anda semakin tidak suka makan sayur. Biarkan anak Anda menyesuaikan diri dengan rasa sayuran, hingga pada akhirnya mereka akan mulai menyukai rasanya.

Jangan melabeli Anak Anda

Mungkin secara tidak sadar, ketika anda marah anda akan melabeli anak anda dengan berbagai macam perumpamaan. Misalnya ‘pemilih’, ‘rewel’ atau ‘tidak penurut’. Ternyata hal ini tidak baik loh moms, berbagai label yang anda berikan justru akan semakin membuat anak anda menghindari makan sayuran.

Jangan memberi sogokan pada Anak

Ketika anda sudah kehabisan cara, mungkin sogokan menjadi salah satu jalan yang terlintas dalam benak anda. Berbagai janji setelah anak mau makan sayur seperti membiarkan mereka main game, membelikan mainan atau memberi mereka permen favorit mereka hanya menyelesaikan permasalahan jangka pendek. Bahkan yang lebih buruknya lagi, anak anda bisa saja menjadi menuntut berbagai hal jika diminta makan sayur dikemudian hari. Nah, selamat mencoba beberapa tips diatas ya Moms! #SehatJadiMudah (DH)

Health xchange. Diakses pada september 2020. https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/tips-child-eat-vegetables-fruits
Parenting first cry. Diakses pada september 2020.https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-make-kids-eat-vegetables-tips-for-parents/
Eat this. Diakses pada september 2020. https://www.eatthis.com/how-get-kids-to-eat-vegetables/
Raising Children. Diakses pada september 2020. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/healthy-eating-habits/vegetables
Liz’s Health table. Diakses pada september 2020. https://www.lizshealthytable.com/2018/04/02/19-ways-get-kids-eat-love-vegetables/


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak