Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Cara Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

sayur untuk anak

Table of Contents

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka tumbuh dengan baik dan juga sehat. Salah satu upaya yang dilakukan orang tua adalah dengan memberikan mereka makanan yang kaya nutrisi. Sumber makanan yang baik dapat berasal dari makanan segar, seperti daging segar, ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. 

Namun, anak-anak sering kali tidak suka bahkan menolak untuk makan sayur dan buah. Bahkan mungkin tak jarang juga Anda temui sayuran yang disisihkan di piring selepas anak makan. Lantas, bagaimana cara agar anak mau makan sayur dan buah? Lebih lanjut simak dalam ulasan di bawah ini!

Manfaat Mengonsumsi Sayur dan Buah bagi Masa Pertumbuhan

Menghadapi anak susah makan sayur dan buah memang terkadang bikin pusing ya Moms. Padahal makanan ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan anak. Berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang ditemukan dalam buah dan sayuran memberikan manfaat bagi anak, berikut di antaranya:

  • Melindungi dari penyakit.
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat.
  • Memperkuat sistem kekebalan anak dan membantu melawan penyakit.
  • Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Melindungi anak dari penyakit di kemudian hari, termasuk penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker

Berikut ini buah dan sayuran yang baik untuk pertumbuhan Anak:

  • Wortel
  • Brokoli
  • Jamur
  • Bayam
  • Mangga
  • Apel
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Lemon
  • Anggur
  • Nanas
  • Berry

Baca Juga: Pilihan Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Cara Ampuh agar Anak Jadi Suka Makan Sayur dan Buah

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak, jumlah sayur dan buah yang dikonsumsi dapat tergantung dari usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik yang dilakukan anak. Biasanya anak disarankan untuk mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir sayuran per hari.

Jumlah tersebut mungkin terdengar sulit untuk dicapai ya Moms. Sebab terkadang untuk membuat anak memakan satu suapan sayuran saja butuh usaha yang sangat besar. Nah, untuk membantu Anda membujuk anak supaya mau makan sayur, berikut Farmaku telah merangkum tips dan trik yang bisa Moms coba praktikan di rumah:

1. Campurkan Sayuran ke Dalam Makanan Favorit

Salah satu cara yang dianggap paling ampuh adalah dengan mencampurkan sayuran ke dalam makanan kesukaan anak. Misalnya Anda dapat memasukkan beberapa jenis sayuran seperti potongan atau parutan wortel dan zukini pada saus pasta dan pizza yang pasti disukai oleh anak.

2. Buat Makanan yang Creamy

Anak-anak biasanya menyukai tekstur yang lembut seperti puding berbagai jenis saus. Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu cara supaya anak anda bisa makan sayur. 

Misalnya Anda dapat membuat krim sup dari berbagai jenis sayur-sayuran seperti kentang, wortel, jagung dan memasukan daging cincang sebagai pelengkap gizi anak Anda. Anda juga bisa menawarkan mayonaise sebagai saus pada sayuran rebus seperti wortel atau brokoli.

3. Buat Sayuran Lebih Menarik

Penyajian makanan merupakan salah satu hal yang penting bagi anak. Mereka cenderung lebih menyukai hal-hal yang menarik perhatian. 

Untuk itu, buatlah makanan dengan bentuk-bentuk menarik yang disukai oleh anak Anda supaya makan sayur menjadi hal yang menyenangkan untuk anak. 

Anda bisa membuat boneka salju dari buah dan sayuran yang berbentuk bulat, atau menatanya seperti pola wajah pada piring makan anak.

4. Berikan Si Kecil Pujian

Saat anak Anda mau mengonsumsi sayuran, cobalah untuk memberi anak Anda pujian. Biasanya jika Anda memberikan pujian pada anak saat ia mau makan sayur, kemungkinan besar anak Anda akan mau makan sayur lagi. 

Namun, pastikan pujian yang Anda berikan dengan alasan karena ia suka makan sayur, supaya anak tidak hanya makan sayur karena menginginkan pujian dari Anda.

5. Ajak Anak Ikut Memasak Sayuran

Dengan mengajak anak Anda terlibat dalam membeli dan memasak sayuran, mereka cenderung ingin makan sayuran yang ia bantu persiapkan.

Saat memasak, Anda bisa biarkan anak untuk melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Memasukkan sayuran cincang ke dalam wadah sebelum dimasak.
  • Mencuci sayuran dan buah.
  • Jika anak sudah cukup besar, Anda bisa membiarkan membantu memarut atau memotong sayuran yang akan dimasak.

6. Biarkan Anak Memilih Sayuran Sendiri

Sesekali ajaklah anak berbelanja saat Anda bisa. Melihat berbagai macam sayuran bisa membuat anak semakin penasaran dan tertarik untuk mencobanya. Biarkan anak Anda memilih sayuran saat Anda berbelanja dan tunjukan cara memilih sayuran yang baik.  Atau jika Anda memiliki kebun kecil untuk menanam sayur di rumah, ajaklah anak untuk memetik sayuran yang ingin mereka makan.

Mengajak anak memilih sayuran sendiri juga berpeluang untuk mengenalkan anak ke berbagai jenis sayuran yang lebih banyak. Sebab jika anak hanya mau memakan satu atau dua jenis sayur saja mereka dapat kekurangan sumber nutrisi dari jenis yang lain. 

Hal tersebut karena buah dan sayuran dengan warna berbeda mengandung jumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda. Misalnya, dibandingkan buah-buahan, kebanyakan sayuran merupakan sumber kalsium, zat besi, dan folat yang lebih baik.

7. Jadikan Buah dan Sayur sebagai Camilan

Alih-alih memberikan camilan yang mengandung banyak kalori, lebih baik berikan camilan sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Anda bisa menjadikan buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai camilan untuk Anak. Anda perlu menyiapkan buah yang sudah dicuci, dipotong-potong, dan terlihat jelas di lemari es. Sedangkan untuk sayuran, Anda bisa merebusnya setelah dipotong-potong, namun ada juga jenis sayur yang bisa dikonsumsi mentah asalkan sudah dicuci bersih, salah satunya wortel.

8. Berikan Sayuran Berdaun Hijau untuk Anak

Sertakan setidaknya satu jenis sayuran berdaun hijau atau kuning untuk mendapatkan vitamin A seperti sayur bayam, brokoli, labu, sayuran hijau, atau wortel setiap hari agar anak terbiasa dengan makanan ini.

Sayuran berdaun hijau disarankan untuk anak karena manfaatnya dapat membantu pertumbuhan dan pembangunan jaringan serta sel dalam tubuh.

9. Berikan Sayur dan Buah Sumber Vitamin C

Setiap kali anak makan, sertakan setidaknya sajikan satu buah atau sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, grapefruit, stroberi, melon, tomat, dan brokoli setiap hari.

Makan buah dan sayuran sebagai sumber vitamin C secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan harian. Vitamin ini berperan penting dalam tubuh, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

10. Sajikan Salad Lebih Sering.

Moms bisa memberikan salah sayuran atau buah dengan saus agar memberikan sedikit rasa. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mendapatkan salad yang sudah dicuci dan dikemas di supermarket. 

Selain menyajikan salad yang higienis bagi anak, pastikan memberikan tambahan saus dengan jumlah tepat karena terlalu banyak hanya akan mengesampingkan sayuran.

Baca Juga: Vitamin Bentuk Permen untuk Anak yang Enak dan Sehat

Hal yang Harus Dihindari untuk Memastikan Anak Makan Sayur dan Buah

Memastikan anak mengonsumsi asupan sayur dan buah dalam jumlah yang cukup mungkin menjadi hal yang Anda utamakan. Berbagai tips dan cara mungkin akan Anda lakukan supaya anak mau makan sayur. Tapi Moms, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda hindari untuk membuat anak Anda makan sayur dan buah. Berikut adalah beberapa hal yang harus Moms hindari saat ingin membuat anak mau makan sayur:

1. Jangan Paksa Anak

Langkah yang harus Moms ketahui adalah bahwa setiap jenis pemaksaan makan dapat meninggalkan dampak negatif pada anak, memaksa dan menghukum anak justru dapat membuat anak semakin tidak suka makan sayur.

Oleh karena itu, biarkan anak Anda menyesuaikan diri dengan rasa sayuran, hingga pada akhirnya mereka akan mulai menyukai rasanya.

2. Jangan Melabeli Anak Anda

Mungkin secara tidak sadar, ketika Anda marah mungkin akan melabeli anak dengan berbagai macam perumpamaan. Misalnya ‘pemilih’, ‘rewel’ atau ‘tidak penurut’. Ternyata hal ini tidak baik, berbagai label yang Anda berikan justru akan semakin membuat anak menghindari makan sayuran.

3. Jangan Memberi Sogokan pada Anak

Ketika Anda sudah kehabisan cara, mungkin sogokan menjadi salah satu jalan yang terlintas dalam benak Anda. Berbagai janji setelah Anak mau makan sayur seperti membiarkan mereka main game, membelikan mainan atau memberi mereka permen favorit mereka hanya menyelesaikan permasalahan jangka pendek. Bahkan yang lebih buruknya lagi, anak Anda bisa saja menjadi menuntut berbagai hal jika diminta makan sayur dikemudian hari. 

Nah, itu dia berbagai cara agar anak mau makan sayur dan buah yang bisa Moms terapkan. Dengan tekun dan bersabar mengkreasikan sayur dan buah, anak bisa menyukainya. Dengan begitu kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Selamat mencoba tips di atas ya Moms!

Eat this. Diakses pada September 2020.
https://www.eatthis.com/how-get-kids-to-eat-vegetables/

Health xchange. Diakses pada September 2020.
https://www.healthxchange.sg/children/food-nutrition/tips-child-eat-vegetables-fruits

HealthyChildren.org. Diakses pada 19 Februari 2024. How to Get Your Child to Eat More Fruits & Veggies. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/How-to-Get-Your-Child-to-Eat-More-Fruits-and-Veggies.aspx

Liz’s Health table. Diakses pada September 2020.
https://www.lizshealthytable.com/2018/04/02/19-ways-get-kids-eat-love-vegetables/

Raising Children. Diakses pada September 2020.
https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/healthy-eating-habits/vegetables

Parenting first cry. Diakses pada September 2020.
https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-make-kids-eat-vegetables-tips-for-parents/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak