Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Cara Memilih Gentle Cleanser yang Bagus Sesuai dengan Jenis Kulit

Ada banyak jenis pembersih wajah yang dijual di pasaran, namun mencari pembersih wajah yang bagus dan cocok di kulit wajah bukanlah hal yang mudah. Kalau salah memilih, yang ada kulit mudah mengalami masalah seperti timbul jerawat, kering, dan lainnya.

Untuk menghindari kemungkinan tidak cocok di kulit, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mencari produk pembersih wajah dengan kandungan yang gentle dan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif, Coba Yuk!

Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara memilih sabun muka yang bagus, sebaiknya Anda mengetahui apa itu pengertian gentle cleanser.

Apa itu gentle cleanser?

Gentle cleanser adalah istilah yang digunakan untuk pembersih wajah yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate), alkohol, atau pewangi. Selain itu, gentle cleanser juga memiliki kandungan yang sudah teruji secara dermatologi sehingga aman digunakan untuk segala jenis wajah, termasuk kulit sensitif.

Memilih gentle cleanser

Pembersih yang baik akan membersihkan kotoran dari wajah, sekaligus menjaga kulit Anda tetap terjaga. Untuk memilih pembersih yang baik, sebaiknya Anda memperhatikan bahan-bahan yang terdapat pada pembersih sebagai berikut:

Surfaktan

Surfaktan disebut juga sebagai surface-active agent, yaitu zat seperti deterjen yang dapat membantu mengangkat kotoran dan menghasilkan busa bila diusapkan ke wajah. Surfaktan sering ditemukan pada produk pembersih seperti sampo, deterjen bubuk dan cair, bubble bath, hingga pembersih wajah.

Surfaktan dibagi menjadi dua jenis, yaitu surfaktan yang keras dan surfaktan yang lembut. Surfaktan yang lebih keras pada kulit meliputi:

  • Sabun (misalnya “sodium XXate” – sodium cocoate, sodium tallowate)
  • Sodium Lauryl Sulfate (alias SLS)

Sementara surfaktan yang lebih lembut pada kulit meliputi:

  • Sodium Laureth Sulfate (SLES), terutama dalam kombinasi dengan cocamidopropyl betaine (CAPB)
  • Natrium Cocoyl Isethionate
  • Alkyl Sulfosuccinates (“XX succinate” dalam daftar bahan)
  • Alkil Sarcosinates

Saat memilih pembersih, carilah pembersih wajah dengan bahan surfaktan yang lebih lembut di kulit untuk mencegah kulit menjadi kering dan mudah menyebabkan iritasi, serta kerusakan pada orang dengan kulit sensitif. Jadi carilah nama-nama di atas dalam daftar produk pembersih Anda.

Namun menariknya, lebih banyak busa tidak selalu berarti pembersih tersebut lebih keras. Secara tradisional, pembersih berbusa dibuat dengan SLS yang mengiritasi, tetapi ada beberapa pembersih yang berbusa dan tetap lembut. Misalnya, pembersih berbusa yang mengandung bahan pelembab yang dapat melembabkan.

PH

Pembersih dengan pH tinggi lebih bisa merusak kulit, jadi carilah pembersih dengan pH rendah (kurang dari 6). Sayangnya, sebagian besar pembersih tidak memberi tahu Anda pH-nya, jadi Anda harus mencari di Google atau membeli beberapa strip uji pH. Untuk menjaga pH kulit, Anda harus menghindari sabun karena sabun tidak bekerja pada pH lebih rendah dari sekitar 9,5.

Bahan moisturizing

Pembersih sering kali menggunakan bahan pelembap seperti minyak dan humektan untuk menggantikan bagian yang terkelupas dari kulit selama pembersihan. Untuk itu, carilah minyak seperti minyak bunga matahari dan minyak mineral, asam lemak seperti asam stearat dan humektan seperti gliserin dan sorbitol dalam pembersih Anda.


Bagaimana cara memilih gentle cleanser yang bagus?

Rekomendasi gentle cleanser yang bagus

Sebelum Anda membeli produk pembersih wajah, sebaiknya Anda mengetahui cara memilih pembersih wajah untuk mendapatkan produk gentle cleanser yang bagus di kulit. Berikut ini cara memilih gentle cleanser terbaik:

1. Ketahui jenis kulit wajah

Sebelum memilih pembersih wajah, pastikan Anda sudah mengetahui jenis kulit wajah Anda, apakah itu tipe kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi. Lalu, permasalahan kulit apa yang Anda miliki, apakah itu rentan berjerawat, kering, atau lainnya. Mengenali jenis kulit dan mengetahui permasalah kulit yang dimiliki dapat mempermudah Anda dalam mencari pembersih wajah yang tepat dan meminimalisir kemungkinan untuk mengalami iritasi dan pengelupasan.

2. Cek bahan-bahan pada produk

Setelah Anda mengetahui jenis kulit dan permasalahannya, langkah selanjutnya adalah cek bahan-bahan yang terdapat pada produk pembersih wajah. Lalu hindari bahan-bahan dengan harsh chemical ingredients yang dapat mengiritasi kulit. Bahan-bahan pada pembersih wajah yang sebaiknya dihindari, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS), pewangi, oil, paraben, dan alkohol.

3. Hindari bahan eksfoliasi atau scrub

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Namun, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan pembersih wajah dengan bahan eksfoliasi atau scrub karena kandungan ini dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Bahan eksfoliasi sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu eksfoliasi fisik dan kimia. Eksfoliasi fisik bentuknya berupa scrub, sedangkan eksfoliasi kimia bentuknya dengan asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, dan AHA.

4. Mengandung pelembab

Kandungan pelembab pada pembersih seperti asam hyaluronic, ceramide, dan niacinamide dapat membantu menjaga kulit tetap lembab. Dengan memilih pembersih yang mengandung pelembab, maka kelembapan kulit Anda akan terjaga dan kulit tidak rentan iritasi.

5. Mengandung emolien

Bahan emolien dan pelembap memiliki kerja yang hampir sama. Pembersih dengan bahan emolien dapat melapisi kulit lebih baik dan menutupi bagian kulit yang pecah-pecah dan iritasi. Selain itu, pembersih wajah dengan bahan ini dapat membuat kulit kering dan kasar menjadi lebih halus dan lembut. Contoh kandungan yang bersifat emolien, yaitu glycerin, petrolatum, dan lanolin.

6. Mencari review produk

Mencari tahu review dari suatu produk dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli. Anda bisa mencari review produk melalui internet atau bertanya pada teman atau orang-orang yang sudah pernah mencoba produk tersebut untuk mengetahui efek samping yang mungkin terjadi.

Rekomendasi gentle cleanser yang bagus

sabun muka terbaik

Berikut ini rekomendasi gentle cleanser yang bisa Anda coba, terutama bagi pemilik kulit sensitif:

1. Sebamed Liquid Face & Body Wash

Gentle Cleanser

Sebamed Liquid Face & Body Wash adalah pembersih wajah sekaligus pembersih tubuh yang dapat membersihkan kulit tanpa sabun menggunakan formula paten Syndet pH 5.5 dari Jerman. Pembersih satu ini tidak dapat membuat kulit kering dan menyebabkan kondisi seperti eksim. Sebamed Liquid Face & Body Wash diformulasi dengan vitamin khusus, sehingga memberi nutrisi pada kulit dan membantu memperbaiki kulit yang bermasalah.

Selain itu, pembersih ini juga mengandung allantoin yang dapat meregenerasi, melembutkan dan memelihara kulit Anda. Menggunakan mild cleansing agents dan bahan aktif, menjadikan Sebamed Liquid Face & Body Wash sebagai pembersih yang cocok untuk merawat kulit sensitif

2. Bioderma Sensibio Gel Moussant

review Bioderma Sensibio Gel Moussant

Bioderma memiliki satu rangkaian perawatan kulit yang khusus untuk kulit sensitif, yaitu Bioderma Sensibio. Salah satu produk pembersih wajah mereka adalah Bioderma Sensibio Gel Moussant. Pembersih wajah berbasis gel dengan teknologi micellar ini dapat membersihkan dan membantu meningkatkan hidrasi alami kulit.

Selain itu, Bioderma Sensibio Gel Moussant memiliki formula DAF kompleks yang dapat memperkuat tingkat toleransi pada kulit sensitif. Selain itu, pembersih waja satu ini juga diperkaya dengan Coco Glucoside, yaitu bahan aktif yang dapat meniru struktur kulit, sehingga membantu melembapkan serta memperbaiki lapisan kulit. Kandungan Bioderma Sensibio Gel Moussant sudah teruji secara dermatologis, bebas dari kandungan yang dapat menimbulkan iritasi seperti SLS dan pewangi, sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit yang sensitif.

3. CeraVe Hydrating Cleanser

sabun muka untuk kulit sensitif dan berjerawat


CeraVe adalah brand skincare yang dikembangkan oleh dermatologist sejak tahun 2005. Produk CeraVe diperkaya dengan campuran 3 jenis ceramide (ceramides 1, 3, dan 6-II), asam lemak, dan lipid yang dapat membantu memperbaiki dan memperkuat perlindungan alami kulit.

CeraVe saat ini telah memiliki lebih dari 70 produk yang menghadirkan produk perawatan kulit untuk semua jenis kulit, yang dikembangkan dengan keahlian dermatologist, sehingga tak heran CeraVe telah menerima lebih banyak penghargaan Seal of AcceptanceTM dari National Eczema Association. Di antara produk yang telah dihadirkan, CeraVe memiliki salah satu produk pembersih wajah, yaitu CeraVe Hydrating Cleanser.

CeraVe Hydrating Cleanser sendiri adalah pembersih wajah yang mengandung ceramides dan hyaluronic acid yang dapat melembapkan dan menjaga kelembapan kulit. Pembersih wajah satu ini memiliki tiga jenis ceramide yang dapat membantu memulihkan pelindung kulit dan meningkatkan kelembapannya, tanpa menyebabkan iritasi. Bagi Anda yang menghindari pembersih wajah yang tidak mengandung pewangi, CeraVe memiliki formula bebas pewangi.


4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

sabun muka untuk kulit berminyak

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat. Formula Cetaphil Gentle Skin Cleanser sendiri telah ditemukan sejak tahun 1947 di Amerika dan hingga saat ini masih menggunakan formula yang sama dengan 70 tahun yang lalu.

Memiliki formula yang sederhana, lembut, tanpa tambahan pewangi, dan tidak mengandung busa berlebih membuat Cetaphil tetap efektif membersihkan kulit dari sel kulit mati yang menumpuk, kotoran dan polusi yang menempel pada kulit. Selain itu, kandungan propylene glycol pada pembersih ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa merusak kelembapan alami kulit.

Cetaphil dibuat dengan pH seimbang untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit, serta membantu keseimbangan antara kandungan air dan minyak alami pada kulit. Formulanya yang hypoallergenic dan telah teruji secara dermatologi juga membuat Cetaphil cocok sebagai pembersih, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser dapat digunakan dengan air atau tanpa air, sehingga ketika Anda sibuk dan tidak punya banyak waktu, Anda tetap bisa membersihkan kulit yang kotor. Cukup pijat wajah dengan gerakan memutar, lalu usap secara bersih dengan kapas atau handuk yang lembap.

Menemukan dan memilih pembersih wajah yang tepat dan cocok dengan kulit wajah memang bukan hal yang mudah, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit, serta hasil yang diinginkan. Selain itu, Anda mungkin juga perlu beberapa kali percobaan sampai bisa mendapatkan pembersih wajah yang cocok di kulit.

Jika Anda sulit menentukan pilihan pembersih wajah yang cocok dengan kulit, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter kulit karena dengan memilih pembersih wajah yang cocok untuk kulit, hal ini dapat menjaga kulit Anda terhindari dari masalah kulit seperti jerawat, alergi, dermatitis kontak, eksim atopik, dan lainnya.

Very Well Health. Diakses pada Agustus 2020. Picking a Soap for Washing Your Face. https://www.verywellhealth.com/how-to-pick-a-soap-to-wash-your-face-1069219
Nymag. Diakses pada Agustus 2020. The Best Face Washes, According to Dermatologists and Skin-Care Experts. https://nymag.com/strategist/article/best-face-washes.html
Britannica. Surfactant. Diakses pada Agustus 2020. https://www.britannica.com/science/surfactant
Labmuffin. Diakses pada Agustus 2020. All About Cleansing & How to Choose a Gentle Cleanser https://labmuffin.com/how-to-choose-gentle-cleanser/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan