Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

9 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut Standar WHO

 06 Nov 2019 Kesehatan | Cara mencuci tangan




Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari main, makan, hingga memegang berbagai barang yang belum tentu bersih dan bebas dari kuman.  

 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tangan adalah mencuci tangan dengan benar. Melakukan tahapan mencuci tangan dengan benar memiliki banyak manfaat diantaranya, yaitu menyingkirkan kotoran, virus, dan bakteri. 

 

Selain itu, dengan mencuci tangan secara benar dapat membantu mengurangi resiko penyebaran penyakit yang dapat tertular melalui tangan. 

 

Kapan Waktu untuk Mencuci Tangan?

 

Mencuci tangan tidak hanya dilakukan ketika tangan terlihat kotor saja. Menurut SPO Gizi, ada five moments atau lima waktu yang dapat mengindikasi waktu untuk mencuci tangan.

 

  1. Sebelum masuk ke dalam area produksi dan distribusi
  2. Setelah memegang bahan mentah dan kotor
  3. Setelah memegang anggota tubuh
  4. Sebelum dan setelah memporsikan makanan di alat saji
  5. Setelah keluar dari kamar mandi/toilet.

Setelah mengenali lima waktu di atas, Anda bisa mulai membiasakan diri mencuci tangan.

 

Tapi, apakah cara yang Anda lakukan dalam mencuci tangan selama ini sudah tepat?

 

Kebiasaan dalam cuci tangan menggunakan air saja tidak dapat melindungi setiap individu dari bakteri dan virus yang terdapat di tangan. Terlebih jika mencuci tangan tidak dibawah air mengalir. 

 

Apalagi kebiasaan menggunakan dan berbagi wadah cuci tangan hal itu sama saja saling berbagi kuman dan tetap membiarkan kuman menempel pada tangan. Kebiasaan itu harus ditinggalkan dan dirubah menjadi yang lebih baik dengan standar prosedur melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ada langkah-langkah mencuci tangan yang benar seperti dilansir dalam laman World Health Organization (WHO), Rabu (6/11). Berikut 9 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO:

 

1. Basuh tangan dengan air

 

mencuci tangan dengan benar

 

Langkah pertama, basuh tangan dengan air bersih yang mengalir hingga tangan basah.

 

2. Oleskan sabun secukupnya

 

mencuci tangan dengan benar

 

Setelah itu, ambil sabun cuci tangan dan tuangkan ke telapak tangan secukupnya.

 

3. Gosokan telapak tangan

 

mencuci tangan dengan benar

 

Kemudian, gosokkan ke telapak tangan secara menyeluruh dan pastikan semua bagian terkena sabun.

 

4. Gosokan sela-sela jari

 

mencuci tangan dengan benar

 

Selanjutnya, gosok sela-sela jari hingga merata. Bagian sela-sela jari merupakan tempat bersarang kuman yang paling digemari. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh luput ketika membersihkannya.

 

5. Gosokan punggung jari

 

mencuci tangan dengan benar

 

Berikutnya, gosok dan bersihkan bagian punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini dilakukan untuk memastikan kuman benar-benar mati.

 

6. Gosokan ibu jari

 

mencuci tangan dengan benar

 

Untuk membersihkan ibu jari, lakukan dengan gerakan memutar dan lakukan secara bergantian karena ibu jari merupakan salah satu jari yang paling banyak melakukan aktivitas. 

 

7. Gosokan ujung jari

 

mencuci tangan dengan benar

 

Bersihkan kuku dan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Gosokan ujung jari dengan gerakan menguncup. Cara ini dilakukan untuk memastikan kuku-kuku benar bersih dan kuman yang terdapat di kuku hilang.

 

8. Bilas dengan air

 

 mencuci dengan benar

 

Setelah semua tahapan selesai, bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. Pastikan semua busa di tangan benar-benar bersih.

 

9. Keringkan tangan

 

mencuci tangan dengan benar

 

Terakhir, keringkan tangan yang sudah selesai dibilas menggunakan handuk sekali pakai.

 

Itulah tahapan yang bisa Anda lakukan ketika mencuci tangan. Namun mencuci tangan tidaklah cukup hanya dengan air bersih saja. Anda juga perlu sabun untuk memastikan kuman dan bakteri yang terdapat di tangan Anda benar-benar hilang. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan sabun cuci tangan dengan mengunjungi Farmaku.com






Bagikan artikel ini :




Kesehatan   Cara mencuci tangan