Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Anjuran Cara Mencuci Tangan yang Benar Sesuai Standar WHO

Membersihkan tangan baik sebelum maupun sebelum makan atau beraktivitas dianjurkan agar terbebas dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, pastikan cara mencuci tangan yang benar. Lebih lanjut simak caranya dalam ulasan di bawah ini.

Pentingnya Mencuci Tangan untuk Kesehatan

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari main, makan, bekerja hingga memegang berbagai barang yang belum tentu bersih dan bebas dari kuman.  

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tangan adalah mencuci tangan yang benar. Melakukan tahapan mencuci tangan dengan benar memiliki banyak manfaat, di antaranya menyingkirkan kotoran, virus, dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit. 

Mencuci tangan dengan benar dapat membantu mengurangi resiko penyebaran penyakit yang dapat tertular melalui tangan. 

Baca juga: Rekomendasi Produk Dettol untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Kapan Waktu untuk Cuci Tangan?

Mencuci tangan tidak hanya dilakukan ketika tangan terlihat kotor saja. Menurut standar prosedur operasional (SPO) Gizi, ada lima waktu yang dapat mengindikasikan waktu untuk mencuci tangan, berikut di antaranya:

  1. Sebelum masuk ke dalam area produksi dan distribusi.
  2. Setelah memegang bahan mentah dan kotor.
  3. Setelah memegang anggota tubuh.
  4. Sebelum dan setelah menyajikan atau menyiapkan makanan.
  5. Setelah keluar dari kamar mandi atau toilet.

Setelah mengenali lima waktu di atas, Anda bisa mulai membiasakan diri mencuci tangan dengan benar.

Baca juga: Mengenal Sistem Imun Tubuh Manusia Beserta Mekanismenya

Tips Mencuci Tangan yang Benar agar Terhindar dari Kuman dan Penyakit

Kebiasaan dalam mencuci tangan menggunakan air saja tidak cukup melindungi setiap individu dari bakteri dan virus yang terdapat di tangan. Terlebih jika mencuci tangan tidak dibawah air mengalir. 

Apalagi kebiasaan menggunakan dan berbagi wadah alat cuci tangan hal itu sama saja saling berbagi kuman dan tetap membiarkan kuman menempel pada tangan. Kebiasaan itu harus ditinggalkan dan dirubah menjadi yang lebih baik dengan standar prosedur melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

Menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, ada langkah-langkah mencuci tangan yang benar seperti dilansir dalam laman WHO. Berikut ini adalah langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO, di antaranya:

1. Basuh Tangan dengan Air Mengalir

Langkah pertama, basahi kedua tangan Anda terlebih dahulu dengan air bersih (dingin atau hangat) yang mengalir hingga tangan basah. Dengan cara ini akan lebih mempermudah Anda dalam menyebarkan sabun cuci tangan.

2. Tuangkan Sabun Secukupnya di Telapak Tangan

Tuangkan dan oleskan sabun khusus untuk cuci tangan secukupnya pada kedua telapak tangan hingga menutupi kedua tangan. 

Anda bisa menggunakan pilihan produk sabun khusus untuk cuci tangan yang lembut dan harum berikut ini. 

Beli Biore Hand Soap Fruity Antiseptic Bottle 250 ml di Sini

Beli Biore Hand Soap Fresh Antiseptic Bottle 250 ml di Sini

Beli Viorex Liquid Soap Skin Cleanser 100 ml di Sini 

3. Gosokkan Telapak Tangan

Gosok kedua tangan dengan lembut dan secara menyeluruh untuk menghasilkan busa. Pastikan semua bagian tangan terkena busa sabun seperti pada punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.

4. Gosokkan Sela-Sela Jari

Selanjutnya, gosokkan sela-sela jari hingga merata. Bagian sela-sela jari merupakan tempat bersarang kuman yang paling digemari. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh luput ketika membersihkannya.

5. Gosokkan Punggung Jari Tangan

Berikutnya, gosok dan bersihkan bagian punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini dilakukan untuk memastikan kuman benar-benar mati.

6. Gosokkan Ibu Jari

Guna membersihkan ibu jari dari kotoran, sebaiknya lakukan dengan gerakan memutar. Pastikan melakukannya secara bergantian karena ibu jari merupakan salah satu jari yang paling banyak melakukan aktivitas. 

7. Gosokkan Ujung Jari

Jangan lupa, bersihkan kuku dan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Gosokkan ujung jari dengan gerakan menguncup. Cara ini dilakukan untuk memastikan kuku-kuku benar bersih dan kuman yang terdapat di kuku hilang.

8. Bilas Tangan dengan Air Mengalir

Setelah semua tahapan selesai, bilas kedua tangan dengan air bersih yang mengalir. Pastikan semua busa di tangan benar-benar bersih.

9. Keringkan Tangan dengan Handuk Bersih

Setelah membersihkan tangan menggunakan air dan sabun, sebaiknya keringkan tangan menggunakan handuk bersih khusus untuk tangan atau menggunakan tisu.

Nah, itulah tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mencuci tangan yang benar. Namun, mencuci tangan tidaklah cukup hanya dengan air bersih saja. Jadi, pastikan Anda juga perlu menggunakan sabun khusus cuci tangan untuk memastikan kuman dan bakteri yang terdapat di tangan Anda benar-benar hilang. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan sabun cuci tangan dengan mengunjungi Farmaku.com.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Diakses pada 12 Februari 2024. When and How to Wash Your Hands. https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html#:~:text=Follow%20Five%20Steps%20to%20Wash%20Your%20Hands%20the%20Right%20Way&text=Wet%20your%20hands%20with%20clean,for%20at%20least%2020%20seconds.

National Center for Biotechnology Information. Diakses pada 12 Februari 2024. (NCBI) WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care: First Global Patient Safety Challenge Clean Care Is Safer Care. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK144035/

World Health Organization (WHO). Diakses pada 12 Februari 2024. How to Handwash?. https://www.who.int/docs/default-source/patient-safety/how-to-handwash-poster.pdf?sfvrsn=7004a09d_2

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan