Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Cara Mudah Menggemukkan Badan dengan Cepat Secara Alami, Sehat dan Tanpa Obat

 08 Nov 2019 Menggemukkan Badan | Diet



Cara menggemukkan badan


Sudah makan banyak, tapi gagal menambahkan berat badan? Mau menambahkan berat badan, tapi malas minum obat?

 

Sama seperti menurunkan berat badan, menambah berat badan bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Apalagi dengan cara yang alami, sehat, dan tanpa obat.

 

Setiap orang yang ingin menambah berat badannya, tentu memiliki alasan yang berbeda-beda. Namun, sebelum Anda mengetahui cara menambah berat badan, Anda perlu mengenali alasan-alasan yang menyebabkan diri Anda kurus atau sulit gemuk, di  antaranya sebagai berikut:

 

Genetik atau keturunan

 

Sejak lahir hingga Anda tumbuh dewasa, postur tubuh Anda masih tetap kurus. Apakah di keluarga Anda atau orang tua memiliki tubuh kurus? 

 

Kalau iya, Anda tidak perlu khawatir. Hal yang menyebabkan Anda kurus, mungkin bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Jadi, hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi jika dalam keluarga Anda terdapat anggota keluarga yang memiliki tubuh kurus. 

 

Masalah psikologis 

 

Masalah psikologis seperti stres, depresi, anoreksia merupakan masalah psikologis yang dapat berdampak buruk pada pola makan, karena kondisi tersebut dapat memicu seseorang mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan. 

  

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

 

Jika Anda sedang dalam masa pengobatan karena penyakit berat seperti diabetes, kanker, atau penyakit tiroid. Penyakit-penyakit tersebut dapat membuat tubuh penderitanya menjadi kurus. 

 

Aktivitas fisik yang tinggi

 

Melakukan aktivitas fisik yang berlebih atau berat dapat menjadi salah satu faktor seseorang sulit meningkatkan berat badan, karena ketika seseorang melakukan aktivitas fisik, tubuh akan membakar kalori.  

 

Memiliki berat badan yang ideal menjadi impian setiap orang.  Namun, sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui berat badan Anda masuk kategori yang mana?

 

Untuk mengetahui  apakah berat badan Anda ideal atau tidak, Anda bisa menggunakan rumus berikut: Berat ideal = (tinggi badan - 100) -  (15% x (tinggi badan - 100).


IMT Sebagai Alat Pengukur Berat Badan

 

IMT(Indeks Massa Tubuh) atau Body Mass Index (BMI) merupakan alat untuk mengetahui status gizi seseorang dengan membagi berat badan dengan tinggi badan Anda.  Jika Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 18,5 artinya Anda kurus. Jika IMT sebesar 18,5 - 25 tandanya berat badan Anda normal. Jika IMT 25,1 - 27 artinya Anda memiliki berat badan berlebih, sementara jika IMT Anda lebih dari 27, maka Anda dikatakan obesitas. 

 

Dengan IMT akan diketahui apakah berat badan seseorang dinyatakan normal, kurus atau gemuk. Penggunaan IMT hanya untuk orang dewasa  berumur > 18 tahun dan tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil, dan olahragawan.

 

Untuk mengetahui nilai IMT ini, dapat dihitung dengan rumus berikut:

 

                            Berat Badan (Kg)

IMT = -------------------------------------------------------

                     Tinggi Badan (m) X Tinggi Badan (m)

 

Batas ambang IMT ditentukan dengan merujuk ketentuan FAO/WHO, yang membedakan batas ambang untuk laki-laki dan perempuan. Disebutkan bahwa batas ambang normal untuk laki-laki adalah: 20,1–25,0; dan untuk perempuan adalah: 18,7-23,8. Untuk kepentingan pemantauan dan tingkat defisiensi kalori ataupun tingkat kegemukan, lebih lanjut FAO/WHO menyarankan menggunakan satu batas ambang antara laki-laki dan perempuan. 

 

Ketentuan yang digunakan adalah menggunakan ambang batas laki-laki untuk kategori kurus tingkat berat dan menggunakan ambang batas pada perempuan untuk kategori gemuk tingkat berat. Untuk kepentingan Indonesia, batas ambang dimodifikasi lagi berdasarkan pengalam klinis dan hasil penelitian di beberapa negara berkembang.  Pada akhirnya diambil kesimpulan, batas ambang IMT untuk Indonesia adalah sebagai berikut:

 

Indeks Massa Tubuh

 

 

 

Kategori

IMT

Kurus

Kekurangan berat badan tingkat berat

< 17,0

Kekurangan berat badan tingkat ringan

17,0 – 18,4

Normal

 

18,5 – 25,0

Gemuk

Kelebihan berat badan tingkat ringan

25,1 – 27,0

Kelebihan berat badan tingkat berat

> 27,0

 

Sudahkah Anda mengukur berat badan Anda?

 

Jika sudah, masuk kategori yang manakah? Apabila berat Anda kurang dari 20,1–25,0 kg untuk laki-laki dan 18,7-23,8 kg untuk perempuan artinya Anda perlu menambah berat badan Anda.

 

Menambah berat badan bukan sesuatu yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Berikut 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan dengan cepat, secara alami, sehat, dan tanpa perlu mengonsumsi obat penambah berat badan yang belum tentu baik bagi kesehatan tubuh Anda.

  

1. Makan porsi kecil dengan frekuensi sering

 

makan porsi kecil

 

Jika kamu mempunyai selera makan yang buruk, cobalah ubah pola makan Anda. Tidak perlu makan banyak dalam satu waktu, namun cukup makan dengan porsi yang kecil. Tapi, hal itu Anda lakukan secara rutin dan konsisten. 

 

Untuk mengetahui asupan nutrisi yang tepat, Anda bisa konsultasikan pola makan Anda kepada dokter atau ahli gizi, sehingga kebutuhan nutrisi Anda tetap terpenuhi.

 

2. Pilih makanan yang tinggi kalori

 

makanan berkalori tinggi

 

Untuk meningkatkan berat badan, Anda tidak perlu mengubah pola makan. Anda cukup meningkatkan jumlah asupan kalori dalam menu makanan Anda. Misalnya, menambah keju, kentang, ikan yang memiliki kandungan kalori yang tinggi seperti salmon, tuna, atau sarden. 

 

3. Selipkan camilan di waktu tertentu

 

camilan sehat

 

Makan cemilan untuk menggemukkan badan tidak masalah. Namun, bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi aneka camilan seperti keripik singkong karena keripik singkong mengandung  lemak trans dan lemak jenuh.  

 

Kandungan lemak pada keripik dapat mengakibatkan kolesterol dalam tubuh Anda meningkat dan berisiko terkena penyakit jantung. Untuk itu, dalam memilih camilan, Anda perlu pilih camilan yang sehat seperti yoghurt, buah-buahan, dan kurma. 

 

4. Rutin olahraga

 

rutin olahraga

 

Selama ini, mungkin Anda mengira olahraga hanya untuk menurunkan berat badan. Padahal, olahraga juga dapat menambah berat badan Anda. Dengan rutin berolahraga, hal ini akan membantu meningkatkan massa otot sehingga tubuh Anda lebih bugar dan berisi.  

 

Olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan, yaitu angkat beban, renang, atau yoga. Selain itu, olahraga juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan nafsu makan semakin baik. 

 

5. Minum susu 

 

susu sehat

 

Minum susu merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda menambah berat badan, tanpa perlu mengkonsumsi obat penambah berat badan. 

 

Untuk jenis susu, Anda tidak perlu mengkonsumsi susu murni. Anda bisa menggantinya dengan produk olahan susu seperti es krim, yogurt, atau puding. Produk-produk tersebut bisa Anda konsumsi baik dalam bentuk minuman atau camilan, yang bisa dimakan setelah makan. 

 

6. Tidur yang cukup

 

tidur yang cukup

 

Kurang tidur akibat mengerjakan tugas hingga larut malam atau main sosial media sampai lupa waktu tidur merupakan kebiasan buruk yang dapat mengganggu pola tidur Anda. 

 

Jika pola tidur kurang baik, hal ini dapat berdampak buruk pada kualitas tidur Anda. Sementara, jika Anda memiliki kualitas tidur yang baik, maka hal ini dapat membantu pertumbuhan otot-otot tubuh Anda. Dengan begitu, berat badan dapat bertambah.

 

Itulah enam cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menambah berat badan Anda. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, Anda perlu melakukannya secara konsisten dan rutin.

 

Sumber: http://dailyburn.com/life/health/how-to-calculate-bmi/ 

https://www.webmd.com/diet/features/how-to-gain-weight#2  

https://www.shape.com/weight-loss/5-ways-gain-weight-healthy-way






Bagikan artikel ini :




Menggemukkan Badan   Diet