Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Menggemukkan Badan secara Alami dan Aman

Menambah berat badan mungkin sulit bagi sebagian orang. Dengan beberapa perubahan, Anda secara bertahap bisa menambah berat badan yang sehat. 

Memiliki badan kurus bisa berarti kehilangan vitamin dan mineral. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti lemahnya sistem kekebalan tubuh dan tulang rapuh. Jika ingin berat badan proporsional dan sehat, simak cara menambah berat badan yang alami dalam ulasan di bawah ini.

Berbagai Penyebab Berat Badan Rendah

Sebelum mengetahui cara menambah berat badan yang alami, perlu Anda ketahui apa saja yang menjadi penyebab berat badan rendah.  Penyebab berat badan yang rendah, antara lain:

  • Genetik. Hal yang menyebabkan seseorang selalu kurus bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan. Ini merupakan hal yang wajar terjadi jika dalam keluarga ada yang memiliki tubuh kurus. 
  • Masalah Psikologis. Masalah psikologis seperti stres, depresi, dan anoreksia, dapat berdampak negatif pada pola makan. Ini karena kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk menggemukkan badan. 
  • Metabolisme yang tinggi. Jika tubuh memiliki metabolisme yang tinggi, berat badannya mungkin tidak akan bertambah banyak meskipun telah mengonsumsi makanan berenergi tinggi.
  • Aktivitas fisik yang tinggi. Melakukan aktivitas fisik yang berat atau berlebih merupakan salah satu faktor seseorang sulit menambah berat badan. Ini karena ketika melakukan aktivitas fisik yang tinggi, tubuh membakar banyak kalori.
  • Penyakit fisik atau penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare secara teratur, sehingga sulit untuk menambah berat badan. Penyakit lain yang menurunkan nafsu makan termasuk kanker, diabetes, gangguan tiroid, penyakit Crohn, dan kolitis ulseratif.

Baca juga: Rekomendasi Produk Minuman Penurun Berat Badan

Tips Menambah Berat Badan secara Alami

Jika Anda merasa kurus dan ingin menambah berat badan untuk tujuan kesehatan dan estetika, penting untuk melakukan cara yang memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat.

Berikut ini berbagai cara menambah berat badan yang sehat dan alami untuk Anda, antara lain:

Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Tinggi Kalori

JIka ingin meningkatkan berat badan yang sehat, Anda cukup menambah jumlah asupan kalori yang sehat dalam menu makanan harian Anda. 

Kalori yang sehat bisa Anda dapatkan dengan menambah porsi kentang, keju, ikan berkalori tinggi seperti tuna, sarden, atau salmon. 

Rata-rata tubuh memerlukan tambahan 3.550 kalori untuk menambah satu kilogram berat badan dengan aman. Jika ingin menambah berat badan satu kilogram dalam seminggu, itu berarti sekitar 500 kalori tambahan sehari.

Namun, target penambahan berat badan akan berbeda pada setiap orang dan harus berkonsultasi dengan dokter Anda atau ahli gizi.

Hindari Minum Air Sebelum Makan

Sebaiknya usahakan untuk menghindari minum air sebelum makan. Hal ini karena jika minum sebelum makan dapat membuat perut Anda akan merasa kenyang.

Perut yang kenyang setelah minum air akan malas untuk menyantap makanan utama. Dengan begitu akan mempersulit Anda untuk mendapatkan cukup kalori.

Baca juga: Sudah Diet Tapi Berat Badan Susah Turun? Ini Sebabnya

Makan Lebih Sering dalam Porsi Kecil

Jika tidak nafsu makan atau selera makan yang buruk tapi ingin menambah berat badan, tidak ada salahnya untuk mengubah pola makan.

Caranya tidak perlu makan dengan porsi yang banyak dalam satu waktu, namun cukup makan dengan porsi yang sedikit tetapi sering. Sebaiknya lakukan tips ini secara rutin dan konsisten. 

Bila Anda bingung atau kesulitan untuk memilih makanan dan nutrisi yang tepat untuk Anda, ada baiknya konsultasikan ke dokter atau ahli gizi. Hal ini agar kebutuhan nutrisi Anda dapat terpenuhi.

Siapkan Cemilan di Waktu Tertentu

Setiap pergi ke mana pun, bawa camilan agar suatu waktu Anda tetap bisa ngemil.

Ngemil lebih sering dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak kalori dan menjaga tingkat energi tubuh. Sebaiknya bawa camilan sehat seperti  yoghurt, buah-buahan, dan kurma.

Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan bahwa makan lebih dari tiga kali sehari dikaitkan dengan peningkatan indeks massa tubuh (IMT).

Meskipun boleh ngemil dengan sering, bukan berarti Anda bebas makan camilan tanpa memerhatikan nilai nutrisinya.  Pilihlah camilan yang tetap menyehatkan. Hal Ini karena jika memilih camilan tidak sehat seperti keripik singkong dapat mengakibatkan kolesterol dalam tubuh meningkat dan berisiko terkena penyakit jantung. 

Minum Susu

Minum susu menjadi salah satu cara untuk menggemukan badan yang efektif, tanpa perlu mengonsumsi obat penambah berat badan. 

Tidak perlu minum susu murni, Anda bisa menggantinya dengan produk olahan susu seperti yogurt, es krim, atau puding. Produk olahan susu tersebut bisa Anda konsumsi baik dalam bentuk minuman atau camilan.

Olahraga Teratur

Sebagian besar orang menganggap bahwa olahraga hanya untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, olahraga juga dapat menambah berat badan, lho!. Rutin olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot sehingga tubuh lebih bugar dan berisi.  

Tidak hanya itu, olahraga juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan nafsu makan semakin baik.

Contoh olahraga yang dapat Anda lakukan untuk membantu menambah berat badan, yaitu angkat beban, renang, dan yoga. 

Baca juga: Gerakan Workout yang Mudah Dilakukan Pemula di Rumah

Tidur Cukup

Kurang waktu tidur dapat mengganggu pola tidur Anda yang berakibat buruk pada tubuh. Sementara itu, jika memiliki kualitas tidur yang baik, maka dapat membantu pertumbuhan otot-otot tubuh. Dengan begitu, berat badan Anda dapat bertambah.

Faktor yang membuat orang kurang tidur menyelesaikan tugas hingga larut malam atau main sosial media sampai sampai larut malam yang merupakan kebiasan buruk.  

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menambah berat badan secara alami. Guna mendapatkan hasil yang efektif, lakukan cara ini secara konsisten. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika ingin mencoba tips tersebut.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara keseluruhan, termasuk tips untuk menambah berat badan yang alami dan sehat.

Healthline. Diakses pada 3 Mei 2024. How to Gain Weight Fast: Tips to Be Safe and Healthy. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight#10-quick-tips

Lybrate. Diakses pada 3 Mei 2024. How to Gain Weight at Home - Fast & Naturally in 7 Days. https://www.lybrate.com/topic/how-to-gain-weight-b441/bf3f144235e515dc3fd9673f7ec92f97

Medical News Today. Diakses pada 3 Mei 2024. Tips for gaining weight safely and things to avoid. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321982#general-tips

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan