Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Sembelit untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

gambar obat sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) atau frekuensi BAB yang lebih sedikit dari biasanya. Di artikel ini Farmaku merangkum berbagai merek obat susah BAB yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Rekomendasi Obat Susah BAB di Apotek

Sembelit atau konstipasi terjadi ketika seseorang sulit buang air besar. Kondisi ini dapat berlangsung selama tiga hari atau bahkan lebih lama.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kurang konsumsi serat, obat-obatan tertentu, hingga masalah kesehatan.

Obat pencahar dapat menjadi salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasi kondisi tersebut. Obat ini bekerja dengan cara melunakkan feses dan menambah pergerakan usus sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan.

Berikut ini daftar obat pencahar yang bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air besar, di antaranya:

1. Laxing

Laxing

Anda mungkin sudah tidak asing dengan obat pelancar buang air besar (BAB) yang satu ini. Ya, Laxing merupakan salah satu obat pencahar yang dapat digunakan saat Anda mengalami sembelit.

Obat ini mengandung daun senna, aloe vera, dan Foeniculi semen (biji adas) yang berkhasiat untuk membersihkan kotoran pada usus besar, menyeimbangkan bakteri di usus, serta membantu melancarkan saluran pencernaan.

Meski umumnya penggunaan Laxing aman dilakukan, tetap waspadai efek samping yang dapat terjadi, seperti perut kembung, buang gas lebih sering, hingga kram perut.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau apoteker mengenai penggunaan obat ini.

Beli Laxing Strip 4 Capsule di Sini

2. Lactulax Sirup

Lactulax Sirup

Lactulax adalah yang digunakan untuk membantu mengatasi sembelit yang berlangsung hingga berminggu-minggu (kronis). Obat pelancar BAB di apotik ini umumnya diberikan kepada pasien ensefalopati hepatik.

Lactulax mengandung lactulose yang dapat membantu untuk melunakkan feses pada usus besar sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. 

Obat ini dapat diperoleh dan digunakan secara bebas tanpa rekomendasi atau resep dokter. Namun, perhatikan aturan pakai dan dosis penggunaan dengan baik.

Konsumsi Lactulax Sirup jangka panjang tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan rasa tidak enak pada perut atau lambung, diare, bahkan kejang.

Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat ini dalam jangka waktu tertentu.

Beli Lactulax Syrup 60 ml di Sini

Beli Lactulax Syrup 120 ml di Sini

Beli Lactulax Syrup 200 ml di Sini

3. Laxadine Sirup

Laxadine Sirup

Laxadine mengandung tiga bahan yang terdiri dari gliserin, phenolphthalein, dan paraffin. Ketiga bahan ini bekerja dengan cara merangsang pergerakan usus besar, melancarkan jalannya feses, dan menghambat reabsorpsi air.

Laxadine Sirup termasuk golongan obat bebas terbatas. Artinya, meskipun Anda dapat menggunakan obat tanpa resep dokter, sebaiknya perhatikan aturan pakai obat dan dosis yang tertera pada kemasan dengan baik.

Selain itu, penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui, anak di bawah usia enam tahun, serta lansia, perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Beli Laxadine Syrup 60 ml di Sini

Beli Laxadine Syrup 110 ml di Sini

4. Dulcolax Tablet

Dulcolax Tablet

Dulcolax Tablet merupakan salah satu obat yang dapat digunakan saat Anda mengalami sembelit yang mengganggu.

Obat ini bekerja dengan cara merangsang pergerakan pada usus besar dan membantu jalan keluarnya feses (tinja). Khasiat Dulcolax ini hadir berkat kandungan zat aktif bisacodyl di dalamnya.

Selain itu, Dulcolax Tablet sebagai obat untuk mengatasi sembelit diformulasikan khusus agar tahan terhadap cairan usus halus dan lambung.

Anda dapat menggunakan Dulcolax Tablet tanpa resep dokter. Namun, waspadai efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsinya. Biasanya obat ini menyebabkan rasa mulas.

Dulcolax Strip 4 Tablet

Dulcolax Box 10 Tablet

5. Dulcolactol Sirup

Dulcolactol Sirup

Obat untuk mengatasi sembelit lainnya adalah Dulcolactol. Obat berbentuk sirup ini mengandung bahan aktif laktulosa yang bekerja dengan cara melunakkan feses sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Dulcolactol Sirup dapat digunakan oleh anak-anak dan dewasa secara bebas. Anda dapat mengikuti dosis penggunaan yang tertera di dalam kemasan untuk mendapatkan takaran yang sesuai dengan kondisi.

Meskipun dapat digunakan secara bebas, tetap waspadai efek samping yang dapat terjadi, seperti kram perut, diare, mual, muntah, dan terganggunya keseimbangan elektrolit tubuh.

Beli Dulcolactol Syrup 60 ml di Sini

6. Microlax

Microlax

Microlax dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau susah BAB. Gabungan sorbitol, PEG 400, dan natrium lauril sulfoasetat  dalam obat ini mampu menurunkan tegangan feses sekaligus menyerap air ke dalam usus besar.

Berbeda dari obat oral (diminum), penggunaan Microlax melalui anal. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan pipa ke dalam anus secara perlahan, lalu tekan tube agar isi obat keluar.

Microlax termasuk golongan obat bebas sehingga dapat digunakan tanpa resep dari dokter. Namun, bila masih ragu mengenai cara pemakaiannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Beli Microlax 5 ml di Sini

7. Dulcolax Suppositoria

Dulcolax Suppositoria

Produk dari Dulcolax yang satu ini berbentuk suppositoria yang digunakan melalui anus. Bentuk obat ini memungkinkan aksi ganda dalam penanganan sembelit.

Dulcolax Suppositoria bekerja dengan cara merangsang otot polos pada dinding usus besar dan meningkatkan jumlah air sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Obat ini bekerja langsung pada titik penyebab sembelit sehingga efek obat dapat dirasakan dalam waktu yang singkat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman tanpa mengalami efek negatif pada flora baik yang ada di dalam usus.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mencelupkan ujung lancip dari obat ke dalam air, lalu masukkan ke dalam lubang alus. Setelah berhasil, rapatkan kaki dan biarkan obat bekerja.

Beli Dulcolax Adult 10 mg Suppositoria di Sini

8. Huai Jiao Wan

Huai Jiao Wan

Huai Jiao Wan adalah obat herbal cina yang berkhasiat untuk meredakan keluhan sembelit. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi wasir atau ambeien.

Kandungan bahan-bahan herbal di dalamnya memiliki khasiat tersendiri untuk tubuh. Pada kasus sembelit, ada dua kandungan yang mendatangkan manfaat ini, yaitu Fructus Sophorae dan Radix Scutellariae.

Fructus Sophorae berkhasiat untuk menyeimbangkan fungsi organ dalam tubuh dan mengobati sembelit, sedangkan Radix Scutellariae dapat menangani peradangan dan kelembapan pada lambung dan usus.

Gunakan obat ini sesuai aturan penggunaan dan dosis yang tertera pada kemasan. Anda juga bisa mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan anjuran dosis yang sesuai.

Beli Huai Jiao Wan 100S di Sini

Nah, itulah berbagai obat pencahar yang bisa mengatasi sembelit. Jika gangguan pencernaan tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya Anda segera menemui dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Baca juga:

Felman, Adam. 2023. Constipation: Symptoms, Causes, Treatments, and Home Remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/150322. (Diaskes pada 1 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan