Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Obat Sembelit untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar di Apotek

obat sembelit

Setiap orang pasti pernah mengalami susah buang air besar atau sembelit. Jika masalah ini dibiarkan tanpa penanganan, hal tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan. Cara mengatasi sembelit yang paling mudah dilakukan dengan mengonsumsi obat. Di artikel ini Farmaku membagikan beberapa merek obat pencahar yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah sembelit.

Obat Sembelit untuk Atasi Susah Buang Air Besar

Berikut ini daftar obat pencahar yang bisa dicoba untuk mengatasi susah BAB di apotek:

1. Dulcolax Strip

Dulcolax obat sembelit

Tablet salut enterik ini diformulasikan khusus agar tahan terhadap cairan usus halus dan lambung. Memiliki zat aktif bisacodyl, Dulcolax dapat merangsang pergerakan usus besar untuk mempermudah buang air besar (BAB).

Setelah mengonsumsi obat ini, rasa mulas umumnya terjadi. Obat ini bekerja selama 6-12 jam.

Untuk dosis penggunaan obat, dewasa dan anak-anak di atas 10 tahun adalah 1-2 tablet per hari. Sedangkan anak-anak usia 6-10 tahun adalah 1 tablet per hari.

Beli Dulcolax Strip di Sini

2. Lactulax Sirup 60 ml

Lactulax obat pencahar

Obat ini berbentuk cair dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi sembelit kronik. Tidak hanya itu, Lactulax juga dapat diberikan kepada pasien ensefalopati portal sistemik, termasuk kondisi koma hepatik, pre-koma hepatik, serta ensefalopati hepatikum.

Lactulax mengandung lactulose yang dapat membantu untuk melunakkan feses pada usus besar sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

Tergolong ke dalam obat bebas, obat ini tidak memerlukan resep dokter. Namun, pada penggunannya harus sesuai dengan aturan minum yang sudah tertera.

Kasus berat: diminum2 sendok makan (30 mL)
Kasus sedang: diminum 1-2 sendok makan (15-30 mL)
Kasus ringan: diminum 1 sendok makan (15 mL)

Beli Lactulax Sirup 60 ml di Sini

3. Laxadine

Laxadine

Obat sembelit ini mengandung tiga bahan aktif diantaranya adalah gliserin, phenolphtalein, dan paraffin. Ketiga bahan ini bekerja dengan cara merangsang pergerakan usus besar, melancarkan jalannya feses, dan menghambat reabsorpsi air.

Meski penggunaan obat ini tergolong aman, namun ibu hamil atau yang sedang menyusui, anak di bawah usia 6 tahun, serta lansia, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Beli Laxadine di Sini

4. Microlax 5 ml

Microlax

Obat sembelit dari Microlax ini dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau susah BAB. Obat ini mengandung sorbitol, PEG 400, dan natrium lauril sulfoasetat. Gabungan dari bahan tersebut dapat menurunkan tegangan feses sekaligus menyerap air ke dalam usus besar.

Berbeda dari obat oral, penggunaan Microlax yang tepat melalui dubur, dengan cara memasukan pipa ke dalam anus secara perlahan. Kemudian tekan tube agar isinya keluar. 

Beli Microlax 5 ml di Sini

5. Laxing 

Laxing obat BAB

Obat ini dapat membantu mengatasi susah buang air besar karena mengandung daun senna, aloe vera, dan Foeniculi semen (biji adas).

Ketiga bahan ini bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada usus besar, menyeimbangkan bakteri di usus, serta membantu melancarkan saluran pencernaan. 

Laxing dapat dikonsumsi sebelum tidur 1-2 kapsul. Efek samping penggunaan obat yang mungkin terjadi adalah kram perut, perut kembung, buang gas lebih sering, hingga pendarahan pada anus. 

Beli Laxing di Sini

6. Vegeta Herbal 

Vegeta Herbal untuk sembelit

Obat pencahar dari Vegeta Herbal mengandung kombinasi laksatif alami dan serat, yang dapat membantu melancarkan kerja usus sekaligus membersihkan tubuh dari racun.

Memiliki rasa anggur, obat sembelit ini cukup mudah dikonsumsi. Cukup campurkan satu bungkus Vegeta dengan segelas air es. Lalu aduk dan segera minum.

Obat ini cocok bagi orang yang tidak bisa menelan obat.

Beli Vegeta Herbal di Sini

Itulah beberapa obat sembelit yang bisa mengatasi masalah susah buang air besar.

Jika Anda mendapatkan masalah BAB, bisa dapatkan obat pencahar di atas dengan pesan di farmaku.com.

Untuk menjaga supaya terhindar dari susah BAB, sebaiknya Anda perbanyak minum air putih, menjalani pola hidup sehat, hingga mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan