Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Tips Pemakaian Make Up untuk Kulit Sensitif

make up untuk kulit sensitif farmaku

Cara memilih dan memakai make up untuk kulit sensitif harus lebih waspada. Jika salah memilih produk, bisa saja akan menimbulkan ruam atau masalah kulit lainnya. Pastikan produk make up untuk kulit sensitif dan berjerawat yang di pilih untuk menghidari hal yang tidak di inginkan. Lantas apa yang harus dilakukan?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya ketahui dulu apa saja ciri-ciri kulit sensitif. Beberapa di antaranya yaitu timbul kemerahan, terjadi perubahan warna, muncul jerawat, hingga ruam. Beberapa orang mungkin akan menyamarkannya dengan menggunakan make up. Cara ini salah karena bisa memperburuk kondisi kulit Anda.

Tips Menggunakan Make Up untuk Kulit Sensitif

Penting bagi Anda memperhatikan hal-hal apa saja yang bisa mencegah reaksi yang lebih buruk. Misalnya, persiapkan kulit sebelum dan sesudah menggunakan riasan wajah. Berikut beberapa tips untuk meminimalisir efek samping kulit sensitif:

1. Siapkan Pembersih Kulit yang Lembut

Langkah pertama yang dalam persiapan kulit sebelum melakukan riasan adalah membersihkan kulit. Hal ini untuk memastikan tidak ada benda lain yang menempel di kulit Anda seperti debu dan kotoran yang bisa bertumpuk dengan produk make up untuk kulit sensitif.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan pembersih yang ringan atau yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Misalnya seperti Bioderma Sensibio Gel Moussant yang juga bisa membantu meredakan iritasi.

2. Tingkatkan Kelembapan

Setelah membersihkan kulit penting juga untuk menjaga hidrasi kulit dengan menggunakan pelembab. Menerapkan kelembaban pada kulit sensitif dapat melindungi kulit dari sensasi kering atau dehidrasi. Sebab kulit yang kering akan lebih mudah untuk teriritasi. Jadi jangan lupa melindunginya dengan lapisan kelembaban, misalnya dengan menggunakan Cetaphil moisturizing cream yang bisa menghindari Anda dari kulit yang kering.

3. Gunakan SPF

Mengoleskan tabir surya sebelum mengaplikasikan riasan memungkinkan adanya lapisan perlindungan yang membantu mencegah masalah kulit. Hal ini juga bisa membantu mencegah kerusakan, serta tAnda-tAnda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan yang disebabkan oleh sinar UV. Saat ini juga banyak produk tabir surya yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif seperti juga skin aqua uv mild milk.

4. Jaga Kebersihan Peralatan Make Up

Anda mungkin disibukkan dengan memilih produk mana yang aman digunakan pada kulit sensitif. Namun Anda juga tidak boleh lupa akan pentingnya menjaga kebersihan peralatan make up yang Anda gunakan. Sebab menjaga kebersihan aplikator riasan penting untuk mencegah iritasi. Idealnya, Anda ingin membersihkan kuas riasan Anda seminggu sekali. Namun, jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membersihkannya secara menyeluruh setiap dua minggu sekali. Anda jga perlu berhati-hati saat menggunakan alat riasan Anda untuk mengaplikasikan produk, sebab menggosok wajah terlalu keras dapat menyebabkan iritasi yang lebih parah.

Baca Juga : 5 Perawatan Kulit Sensitif yang Wajib Dilakukan

5. Perhatikan Penyimpanan Produk

Jangan lupa tentang penyimpanan produk yang Anda gunakan ya farma friends!. Sebab hal ini pentik untuk memastikan kosmetik Anda bebas dari bakteri yang mengiritasi. Simpanlah produk di tempat kering yang sejuk. Jangan pernah membiarkan produk riasan terbuka atau terkena udara.

6. Gunakan Produk Seminimal Mungkin

Jika Anda memiliki kulit sensitif, usahakan untuk menggunakan produk seperti foundation atau BB krim sesedikit mungkin yang Anda bisa. Sebab dengan mengaplikasikan produk seminimal mungkin, hal ini bisa membantu Anda dalam terpapar sesedikit mungkin penyebab iritasi. Usahakan juga gunakan produk yang diformulasikan secara khusus untuk kulit sensitif. Sebab produk yang dikembangkan untuk kulit sensitif lebih mungkin untuk melakukan proses penyaringan bahan untuk menyingkirkan kemungkinan iritasi.

7. Bersihkan Sisa Make Up dengan Baik

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan setelah menggunakan riasan wajah adalah, pastikan membersihkannya dengan benar. Gunakan double cleansing untuk memastikan make up Anda benar-benar terhapus dan wajah menjadi bersih. Bakteri yang menempel di alas bedak, concealer, dan produk lain dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Anda bisa mengawali double cleansing dengan menggunakan micellar water seperti Bioderma Sensibio H2O, yang aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol, paraben serta parfum, lalu lanjutkan dengan facial wash.

Baca Juga : Hati-Hati Merawat Kulit Sensitif, 7 Tips ini Patut Anda Coba!

Cara Memilih Make Up untuk Kulit Sensitif

Memilih produk riasan wajah untuk kulit wajah yang sensitif mungkin bukan hal yang mudah ya farma friends!. Namun, hal ini tetap perlu diperhatikan, sebab beberapa bahan riasan dapat meningkatkan kepekaan pada kulit. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk makeup untuk kulit sensitif:

1. Cek Kandungan Produk

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan yang ada pada produk make up yang hendak Anda gunakan. Cobalah untuk menghindari formula yang dirancang untuk mengobati jerawat, seperti asam salisilat dan benzoil peroksida. Sebab bahan-bahan tersebut seringkali dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif

2. Cari Tahu Bahan Penyebab Kulit Sensitif

Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kandungan pada produk-produk tertentu. Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu apa yang menyebabkan sensitivitas kulit. Coba buat catatan perawatan kulit seperti membuat daftar semua produk yang Anda gunakan dan catat produk yang menyebabkan reaksi. Beberapa bahan yang biasanya menyebabkan reaksi pada kulit sensitif meliputi:

  • Retinol
  • Benzoil peroksida
  • Asam salisilat
  • Asam glikolat
  • Asam laktat
  • Mika
  • Talek
  • Antibacterial agent
  • Alkohol
  • Fenol
  • Ammonia
  • Parfum

Apabila Anda menemukan beberapa bahan di atas dalam produk makeup yang akan Anda gunakan, Anda perlu lebih berhati-hati. Terutama bila ada pada bagian atas daftar bahan produk, sebab biasanya mereka ada dalam jumlah tertinggi.

3. Pilih Produk Hipoalergenik

Jika kulit Anda rentan terhadap peradangan, penting untuk memastikan bahwa produk yang Anda tidak menyebabkan iritasi tambahan. Jadi pilihlah produk hipoalergenik, alergi-teruji dan teruji secara dermatologis dengan daftar bahan-bahan yang minimal.

 4. Hindari Produk yang Terlalu Berat

Produk yang terlalu berat bisa menyumbat pori-pori Anda serta memperburuk reaksi pada kulit. Oleh karenanya penting bagi Anda memilih produk yang ringan. Misalnya gunakan alas bedak seperti Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation yang memiliki tekstur yang ringan

Baca Juga : Wajah Flawless Tanpa Foundation? Intip Rahasianya!

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi reaksi yang tidak diinginkan setelah menggunakan make up untuk kulit sensitif. Walaupun memiliki kulit sensitif Anda tetap bisa menggunakan riasan wajah, asalkan tetap memperhatikan beberapa hal seperti di atas. Jadi sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk mulai menggunakan riasan wajah. Selamat mencoba!

7 Make-Up Tips for Sensitive Skin. Diakses pada november 2020. https://www.riversol.com/pages/7-makeup-tips-for-sensitive-skin

5 MAKE-UP TIPS FOR SENSITIVE SKIN. Diakses pada november 2020. https://www.laroche-posay.ca/en/se-5-make-up-tips-for-sensitive-skin.html

The Perfect Make up Routine for Sensitive Skin. Diakses pada november 2020. https://www.laroche-posay.co.uk/en_GB/the-perfect-make-up-routine-for-sensitive-skin.html

Can I Wear Makeup If I Have Sensitive Skin?. Diakses pada november 2020. https://www.adorebeauty.com.au/skin-care/concerns/sensitive/guide/sensitive-skin-makeup

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan