Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kenali Jenis-Jenis Masker Wajah dan Fungsinya, Simak Disini!

Bila membahas produk skincare, salah satu produk yang bisa dibilang tak lekang oleh waktu adalah masker. Masker adalah produk yang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk membantu merawat kulit wajah. Selain dianggap sebagai hal yang dapat menambah kesenangan dan menemani waktu “me time” Anda masker kini telah menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit.


Namun seiring dengan perkembangan produk-produk skincare, produk masker kini juga telah banyak mengalami perkembangan. Berbagai jenis masker sudah banyak bermunculan, mulai dari jenis masker peel-off, sleeping mask, masker hidrogel hingga ke sheet mask yang sangat tinggi peminat. Berbagai jenis masker yang beragam ini juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang berbeda untuk perawatan pada hampir setiap masalah kulit.

Baca Juga : Yuk, Kenali Masker Spirulina Sebelum Mencoba!

Dengan begitu banyak masker wajah yang membanjiri pasar, hal ini tentu menimbulkan pertanyaan masker mana yang terbaik untuk kulit Anda?. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah ketahui jenis kulit Anda dan cari masker yang khusus dibuat untuk jenis kulit Anda. Bacalah daftar bahan-bahannya dengan cermat, karena beberapa di antaranya mungkin tidak baik untuk jenis kulit Anda. FarmaFriends, yuk simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara kerja, jenis, hingga pada jenis kulit apa saja macam macam masker wajah akan cocok digunakan!. 

Macam-macam masker wajah

1.  Clay Mask

clay mask

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, Anda memerlukan sesuatu yang menyeimbangkan kadar minyak dan mengatur sekresi minyak di permukaan kulit Anda. Clay Mask dapat membantu untuk menghaluskan dan melembutkan permukaan kulit Anda.

bentuk clay mask

Cara kerja clay mask adalah dengan menghilangkan semua debu, dan kotoran yang menumpuk di atas permukaan kulit Anda. Masker jenis ini juga dapat membantu menghilangkan komedo dan menyelesaikan masalah pada T-zone dan membantu mengencangkan kulit Anda. Carilah clay mask  yang mengandung asam laktat dan asam sitrat. Jenis masker wajah ini adalah masker untuk kulit berminyak dan berjerawat.

2.  Peel off Mask

masker yang baik untuk wajah

Masker  jenis ini secara fisik menghilangkan semua yang menempel di lapisan paling atas pada kulit Anda – seperti sel kulit mati, debu, minyak, dan komedo. Masker peel off  biasanya berbahan dasar buah atau tumbuhan dan menggunakan bahan-bahan alami. Jika Anda mencari produk yang membantu Anda mendapatkan kilau instan, Anda perlu menggunakan masker peel-off. Jenis masker peel off  ini baik untuk semua jenis kulit.

3.  Masker Gel

Masker gel ditujukan untuk jenis kulit sensitif dan dehidrasi karena masker ini memiliki sifat yang lembut, ringan, dan cepat terserap. Bahan-bahan seperti mentimun, teh hijau, dan mint biasanya ditemukan dalam masker ini karena melembabkan dan menenangkan kulit Anda sekaligus mengencangkan. Jika Anda memiliki masalah kulit kering dan sensitif masker jenis gel ini adalah pilihan yang baik untuk Anda.

4.  Sheet Mask

masker wajah

Salah satu jenis masker paling populer dan sangat banyak diminati banyak orang adalah masker jenis sheet mask. Hal terbaik tentang sheet mask adalah masker ini sangat efektif, tidak merepotkan, dan mudah digunakan. Anda hanya perlu menempelkannya pada wajah Anda, rileks sedikit, dan angkat setelah beberapa menit. Masker ini sangat mudah menyerap, jadi baik Anda gunakan sebelum Anda tidur, dan saat bangun Anda akan mendapatkan kulit yang tampak lebih cerah. Masker jenis ini sangat ringan sehingga cocok untuk berbagai jenis kulit termasuk kulit sensitif.

5.  Sleeping Mask

sleeping mask yang bagus

Masker jenis ini biasanya digunakan semalaman untuk meremajakan, melembabkan, dan melembabkan kulit Anda secara menyeluruh. Ketika Anda bangun keesokan harinya, Anda akan mendapati kulit yang kenyal, awet muda, dan lembut. Setiap hari Anda membuat kulit mengalami banyak hal, dan seiring waktu kulit wajah mulai kusam, kering, bersisik, dan keriput. Anda membutuhkan sesuatu yang secara aktif memerangi semua ini, dan sleeping mask adalah salah satu solusi terbaik bagi Anda. Jenis masker ini cocok untuk semua jenis kulit terutama masalah penuaan.

Baca Juga : Jangan Lupakan Manfaat Tidur Untuk Kulit dan Kecantikan

6.  Masker vitamin C

masker vitamin C alami

Seiring bertambahnya usia, kapasitas kulit Anda untuk memproduksi kolagen akan menurun. Hal ini akan membuat tanda-tanda penuaan mulai muncul, seperti garis halus dan kerutan. Untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan, Anda membutuhkan sesuatu yang membentengi kulit Anda, untuk mengisi garis-garis kecil tersebut, dan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C, asam L-askorbat, dan AHA adalah beberapa bahan terbaik untuk mengatasi masalah penuaan. Selain memasukkan bahan-bahan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda, gunakan masker vitamin C setiap beberapa minggu sekali karena masker ini sangat efektif dan menunjukkan hasil yang cepat. Jenis masker wajah ini sangat cocok untuk kulit dengan masalah penuaan.

7. Cream Mask

masker wajah

Masker berbahan dasar krim sangat cocok untuk jenis kulit normal hingga kering karena memberikan kelembaban dan hidrasi, serta melembutkan kulit Anda. Mereka membuat kulit Anda lebih sehat, lebih kenyal, dan halus. Carilah masker jenis ini dengan kandungan bahan-bahan seperti AHA, BHA, minyak esensial, dan minyak alami, terutama jika bahan-bahan tersebut belum menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda.

Baca juga : Inilah Cara Memilih Skincare yang Bagus dan Tepat untuk Semua Jenis Wajah

Cara memakai masker wajah yang benar

cara memakai masker yang benar

Setelah mengetahui dan menentukan masker yang cocok untuk jenis kulit Anda, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara memakai masker wajah yang benar. Hal ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan manfaat dari masker yang Anda gunakan serta menghindari kerusakan kulit akibat cara pemakaian yang salah. Berikut adalah beberapa tips bagaimana cara menggunakan masker wajah dengan baik.


Cleansing


Cucilah wajah Anda dengan menggunakan face wash dan tepuk-tepuk hingga kering sebelum menggunakan masker. Hal ini penting untuk memastikan wajah Anda telah bebas dari debu, minyak, atau riasan apapun yang menempel pada kulit Anda.


Eksfoliasi


Gunakan produk eksfoliasi yang Anda miliki sebelum menggunakan masker untuk mengelupas kulit mati Anda dari pori-pori Anda. Hal ini dapat membuat kulit Anda lebih siap untuk menyerap kebaikan masker sepenuhnya.


Perhatikan cara penggunaan masker


Hal yang tak kalah penting adalah ketahui jenis masker yang Anda gunakan dan bagaimana menggunakannya. Apakah masker harus dibiarkan semalaman? Haruskah itu dicuci bersih atau dibilas dengan air?. Pastikan Anda membaca semua instruksi dan mengikutinya dengan tepat untuk mencegah reaksi yang merugikan.


Jika masker wajah seharusnya dibilas, gunakan setelah dibersihkan, dan lanjutkan dengan rutinitas perawatan Anda yang lain seperti menggunakan toner, essence dan serum. Jika masker wajah seharusnya dibiarkan dalam semalaman, maka gunakan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit malam hari Anda.


Perhatikan durasi pemakaian


Anda juga perlu memperhatikan durasi penggunaan masker yang tertera pada kemasan. Usahakan untuk menggunakannya sesuai dengan waktu yang tertera untuk menghindari reaksi yang merugikan. Umumnya pemakaian masker sebaiknya tidak lebih dari 15 – 20 menit.


Terlepas dari jenis atau masalah kulit Anda, masker wajah terbaik adalah yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat seperti antioksidan, dan bahan yang melembabkan. Serta usahakan untuk menghindari bahan yang mengeringkan atau mengiritasi, termasuk alkohol, paraben dan juga pewangi buatan. (DH)

Womens health. Diakses pada Agustus 2020. The Best Type of Face Mask for Every Skin Type. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19946117/how-to-pick-face-mask
Paula’s Choice. Diakses pada Agustus 2020. Everything You Need to Know About Using Face Masks. https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/basic-skin-care-tips/when-to-use-face-masks.html
Beautygarde. Diakses pada Agustus 2020. 7 TYPES OF FACE MASKS COMPARED - LEARN WHY SHEET MASKS ARE BEST. https://beautygarde.com/7-types-of-face-masks-compared-learn-why-sheet-masks-are-best

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan