Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Merawat Kulit Sensitif Saat Berjerawat dengan Tepat

kulit sensitif

Mengatasi jerawat saja bukanlah hal mudah bagi sebagian besar orang, apalagi jika memiliki kulit berjerawat dan cenderung sensitif, mudah iritasi, serta dehidrasi. Selain itu, semakin banyak Anda menggunakan produk berjerawat, semakin besar juga kemungkinan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi.

Baca Juga: Punya Kulit Sensitif? 5 Perawatan Ini Wajib Banget Kamu Lakukan!

Untuk itu, bagaimana cara mengatasi jerawat tanpa memperburuk kulit sensitif? Apa skincare untuk kulit sensitif terbaik yang bisa digunakan saat Anda berjerawat? Simak terus pembahasan lengkap di artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Ciri kulit sensitif

kulit sensitif

Memiliki kulit berminyak bukan berarti Anda bebas dari masalah dehidrasi atau iritasi. Pada kulit berminyak, masalah kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit terasa dehidrasi, namun terlihat mengkilap akibat produksi minyak yang berlebih. Selain itu, muncul jerawat karena mengalami peradangan. 

Seperti yang dikatakan Dr. Leslie Baumann, dokter kulit dan penulis buku The Skin Type Solution bahwa, “Kulit sensitif adalah kulit yang rentan terhadap peradangan.”

Akibat rentan terhadap peradangan, Anda dapat mengalami masalah seperti munculnya jerawat, rosacea, ruam kemerahan dan gatal. Dr Baumann juga menambahkan, orang dengan kulit sensitif dapat bereaksi berlebihan terhadap bahan-bahan tertentu. Untuk itu, Anda perlu menghindari senyawa yang terlalu keras pada semua produk perawatan kulit dan kecantikan. 

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang sensitif saat berjerawat?

ciri kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan produk yang terlalu keras atau mengeringkan seperti alkohol. Selain itu, saat Anda mengatasi jerawat, penting juga untuk menggunakan produk yang bisa menghidrasi dan menenangkan, namun tetap mengatasi masalah jerawat.

Salah satu brand skincare yang peduli akan permasalahan kulit sensitif melalui rangkaian Sensibio adalah Bioderma. Selain rangkaian Sensibio, Bioderma juga menghadirkan produk terbaru untuk mengatasi kulit sensitif berjerawat lewat rangkaian Sebium, yaitu Bioderma Sebium Sensitive.

Bioderma Sebium Sensitive adalah krim pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif berjerawat oleh ahli dermatologi atau dokter spesialis kulit. Krim pelembap ini mengandung kombinasi bakuchiol dan paten Fluidactiv (teknologi Seborestore) yang secara biologis dapat menyeimbangkan kembali komposisi sebum (minyak) di wajah.

Lalu, kandungan teknologi kompleks Inflastop pada krim ini dapat membantu menghilangkan blemish dan kemerahan yang meradang saat kulit berjerawat dan berpotensi menjadi blemish baru. Selain itu, kandungan mattifying powders yang dikombinasikan dengan zinc yang ada dalam krim ini juga dapat membantu mengontrol kilap di wajah.

Dengan formula dan kandungan yang bisa melembapkan sekaligus menenangkan kulit sensitif berjerawat, krim pelembap ini dapat membantu mengatasi kulit sensitif saat jerawat dan dehidrasi, tanpa menyebabkan munculnya masalah baru di kulit.

Kandungan pelembab 

pelembab untuk kulit sensitif

Kulit sensitif memerlukan kelembapan untuk mencegah dehidrasi dan iritasi, yang dapat memperburuk kondisnya. Sekali pun kulit Anda berminyak dan berjerawat, bukan berarti Anda menghindari penggunaan pelembap

Ingatlah bahwa hanya karena kulit Anda memiliki banyak minyak, bukan berarti kulit Anda mengandung banyak air. Hal-hal seperti cuaca dingin dan mandi air panas dapat menyebabkan hilangnya kelembapan dengan cepat. Oleh karena itu, carilah merk pelembab untuk kulit sensitif berjerawat yang tepat.

Sebelum menggunakan produk skincare, Anda juga perlu mengetahui apa saja kandungan pelembap yang tepat untuk perawatan kulit sensitif dan berjerawat. Berikut ini beberapa kandungan pelembab untuk kulit sensitif yang bisa Anda cari:

Glycerin

Glycerin adalah senyawa alami yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani, yang berperan sebagai humectant, sejenis moisturizing agent yang menarik air ke lapisan luar kulit Anda dari lapisan kulit yang lebih dalam dan udara. 

Seperti dikutip dari Healthline, glycerin atau biasa dikenal sebagai glycerol adalah humektan paling efektif dibandingkan jenis humektan lainnya seperti alpha hydroxy acids, hyaluronic acid, sorbitol, urea, dan propylene glycol. 

Pada Bioderma Sebium Sensitive,  kandungan glycerin sendiri berada di urutan kedua daftar kandungan pelembap. Hal itu menandakan kandungan glycerin memiliki konsentrasi yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan membantu menjaga lapisan atas kulit Anda tidak kering. Jika kulit kering dan mengalami dehidrasi, hal ini dapat merusak pelindung kulit Anda dari bakteri dan iritasi.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid adalah bahan pelembab yang paling sering ditemukan dalam produk pelembap. Meski kulit secara alami dapat memproduksi sendiri hyaluronic acid, namun seiring bertambahnya usia Anda, produksinya juga akan menghilang dan membuat kulit cenderung mengering. 

Selain itu, hyaluronic acid juga bisa berkurang saat kulit Anda terpapar radiasi UV di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, penting mengaplikasikan pelembap dalam rangkaian perawatan kulit Anda agar membantu mengembalikan kemampuan alami kulit dalam menahan kelembapan dan tampak lembut, meski usia terus bertambah. 

Shea butter

Shea butter adalah bahan alami yang berasal dari biji pohon shea. Pada produk skincare, kandungan ini berfungsi untuk menghaluskan kulit, menjaga kelembapan kulit, dan membantu memperbaiki pelindung kulit yang rusak.

Kandungan shea butter juga membantu meredakan gejala peradangan seperti kemerahan atau bengkak dengan memperlambat produksi sel inflamasi. Namun, jika kulit Anda berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan shea butter pada wajah Anda karena dapat menyumbat pori-pori.

Cara merawat kulit wajah yang sensitif

glycerin adalah

Mengatasi jerawat saja sudah sulit, apalagi jika jerawat sekaligus kulit sensitif. Mengatasi dua masalah sekaligus, tentu memerlukan perawatan dan produk yang tepat. Berikut ini cara merawat kulit wajah yang sensitif saat sedang berjerawat dengan tepat.

1. Hindari scrub dan exfoliant yang kasar

Saat wajah berjerawat, Anda mungkin tertarik untuk menggosok kulit dan mencoba menghilangkan komedo atau jerawat dengan produk yang mengandung scrub. Jika iya, sebaiknya jangan pernah lakukan itu! 

Menggosok wajah terlalu keras dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kemerahan, serta rasa terbakar. Lakukan perawatan kulit secara lembut dengan melakukan chemical exfoliant. 

Chemical exfoliant adalah proses mengangkat sel kulit mati, menggunakan bahan aktif yang berfungsi mempercepat regenerasi sel kulit. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggosok kulit secara kasar. Biasanya, kandungan AHA dan BHA adalah kandungan yang paling sering ditemukan pada produk chemical exfoliant. 

2. Gunakan secara perlahan produk baru 

Saat mencoba beberapa produk baru, misalnya obat jerawat dan cream yang bagus untuk kulit sensitif sekalipun, sebaiknya Anda tidak menggunakan kedua produk tersebut secara bersamaan sampai Anda tahu bagaimana reaksinya. 

Coba gunakan produk baru satu-persatu sebanyak tiga kali seminggu. Jika kulit Anda bisa mentolerirnya dengan baik, maka penggunaanya bisa Anda tingkatkan perlahan-lahan. Namun, jika saat menggunakan produk tersebut timbul masalah baru atau memperparah kondisi kulit Anda, sebaiknya segera hentikan penggunaan produk tersebut.

3. Jangan gunakan terlalu banyak produk kulit berjerawat

Ketika muncul jerawat, mungkin Anda ingin jerawat itu seger hilang. Tapi bukan berarti Anda bisa menggunakan banyak produk untuk kulit berjerawat secara bersamaan. Mengatasi jerawat dengan menggunakan banyak produk perawatan kulit berjerawat tidak otomatis menghilangkan jerawat lebih cepat. 

Hal ini bisa menyebabkan kondisi jerawat semakin buruk dan kulit mudah iritasi. Untuk itu, sebaiknya tetap menggunakan satu pengobatan saja, baik itu produk OTC (over the counter) atau resep dokter.

4. Dapatkan bantuan dari dokter kulit

Mengobati jerawat itu cukup sulit. Apalagi jika mencoba mengobati jerawat saat Anda memiliki kulit sensitif, karena produk perawatan jerawat itu sendiri cenderung menyebabkan iritasi. Jika kondisi kulit Anda semakin parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit agar Anda mendapatkan penangan yang tepat.

Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat jerawat (jika perlu) atau menyarankan perawatan dengan produk OTC yang tepat, sekaligus menyusun produk skincare yang akan berhasil mengobati jerawat pada kulit Anda.

Mengatasi dan merawat kulit sensitif berjerawat memanglah tidak mudah. Namun, bukan berarti Anda menyerah begitu saja. Kini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. 

Salah satunya dengan mencoba rangkaian perawatan kulit dari Bioderma Sebium yang formulanya dikhususkan untuk kulit kombinasi hingga berminyak dan rentan berjerawat. Rangkaian Sebium ini terdiri dari Sebium Gel Moussant, Sebium H20, Sebium Lotion hingga Sebium Sensitive. Jika Anda tertarik untuk mencoba Bioderma Sebium Sensitive, Anda bisa mendapatkanya eksklusif hanya di farmaku.com dan dapatkan penawaran menarik di sini.

Verywellhealth. Diakses pada Oktober 2020. Acne Treatment Tips for Sensitive Skin Types.https://www.verywellhealth.com/acne-and-sensitive-skin-15957

Today. Diakses pada Oktober 2020. There are 5 different skin types: Which do you have? https://www.today.com/style/5-different-skin-types-which-type-skin-do-you-have-t152786

Insider. Diakses pada Oktober 2020. These are the best, most effective ingredients you should look for in a moisturizer. https://www.insider.com/best-moisturizer-ingredients

Healthline. Diakses pada Oktober 2020. Is Glycerin Good for Your Face and Skin?https://www.healthline.com/health/glycerin-for-face#glycerin-benefits

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan