Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Inilah Cara Memilih Skincare yang Bagus dan Tepat untuk Semua Jenis Wajah

Memiliki kulit yang sehat dan cerah tentunya bukan hasil kerja semalam. Perlu konsistensi dalam penggunaan skincare setiap harinya. Meski urutan pemakaian skincare terbilang cukup panjang, namun hasil yang didapat sangat sepadan. Skincare dapat mengurangi risiko permasalahan kulit, menghilangkan dark spot, mencegah penuaan, hingga mengatasi jerawat.

Namun manfaat skincare bisa didapat jika Anda tepat dalam memilih produk. Pastikan produk yang digunakan bagus dan aman bagi wajah serta sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu, cara mengaplikasikannya pun perlu dilakukan dengan benar supaya hasil lebih optimal. Supaya tidak ada lagi kesalahan dalam menggunakan skincare, yuk baca tips memilih skincare berikut ini!

Skincare yang Bagus Bagi Semua Jenis Wajah


Skincare adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menyehatkan kulit dan meningkatkan penampilan dengan cara menutrisi kulit melalui produk kecantikan. Ada banyak tahapan skincare yang perlu digunakan setiap harinya baik saat pagi maupun malam hari. Namun, sangat dianjurkan untuk mengetahui jenis kulit Anda sebelum memulai perawatan. Salah dalam memilih produk dapat memperparah kondisi kulit dan memberikan efek samping.

Baca Juga: Basic Skincare untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Ya!

Pada dasarnya, semua skincare yang sudah lulus uji dan izin memiliki bahan yang aman bagi tubuh. Maka ketika terjadi iritasi, ada kemungkinan disebabkan oleh ketidakcocokan kulit dengan kandungan pada produk perawatan. Meski begitu, sebuah produk skincare dapat dikatakan bagus jika membuat kondisi kulit menjadi lebih baik dan sehat dalam jangka waktu panjang. Untuk hasil yang optimal tentu saja perlu didukung dengan menerapkan step skincare dan skincare routine yang tepat.

Pentingnya menggunakan urutan skincare dengan benar


Demi mendapatkan kulit yang kencang dan segar, sangat penting untuk memperhatikan urutan pemakaian skincare. Masih banyak yang hanya berfokus pada komposisi serta manfaat skincare dan melupakan cara pemakaiannya. Padahal hal ini dapat membantu kulit Anda mendapatkan manfaat penuh dari setiap produk yang digunakan. Skincare terbaik bukanlah yang mahal, namun yang tepat dan sesuai penerapannya pada wajah.

Perlu diperhatikan pula bahwa step skincare pada pagi dan malam hari berbeda. Tujuan utama penggunaan skincare saat pagi adalah untuk melindungi kulit dari kotoran dan paparan sinar matahari. Sedangkan pada malam hari, perawatan bertujuan untuk mengistirahatkan dan menenangkan wajah.

Tahapan skincare routine yang tepat


Ketika Anda sudah mengetahui tipe kulit wajah yang Anda miliki, langkah selanjutnya adalah menentukan tahapan skincare routine. Ada banyak produk perawatan yang ditawarkan dengan manfaat masing-masing, maka sangat mungkin jika rutinitas setiap orang berbeda. Namun untuk langkah awal, 5 perawatan dasar berikut bisa Anda coba:

1. Cleansing


Langkah paling awal adalah membersihkan wajah supaya produk-produk yang digunakan selanjutnya dapat menempel dengan baik. Penting mencuci muka dengan pembersih wajah di pagi hari untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman. Sedangkan pada malam hari bisa diawali dengan membersihkan wajah dengan make up remover yang dilanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun face wash. Sebaiknya lakukan kegiatan cleansing 1-2 kali sehari karena terlaluterlu sering membersihkan akan membuat kulit menjadi kering.

2. Toner

Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah dengan menggunakan toner. Ada banyak manfaat dari penggunaan toner, seperti mengangkat kotoran yang tersisa, mengembalikan pH kulit yang hilang saat cuci muka, dan pada produk dengan bahan tertentu dapat meredakan peradangan jerawat.


3. Serum

Serum mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibanding pelembapb sehingga sangat mudah diserap oleh kulit. Cara penggunaan serum adalah dengan menuangkan beberapa tetes pada telapak tangan yang bersih, gosok tangan agar suhu lebih hangat, kemudian aplikasikan pada wajah sambil ditepuk-tepuk.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Essence dan Serum Serta Urutan Pemakaiannya!

4. Moisturizer


Selain bertujuan untuk melembabkan kulit, moisturizer juga bermanfaat untuk mengunci kandungan serum. Pilih pelembab dengan tekstur krim untuk pemilik kulit kering dan tekstur gel untuk kulit berminyak.

Saat malam hari, moisturizer dapat digantikan dengan krim malam yang memiliki fungsi ganda, yaitu melembabkan dan merawat kulit. Jika ingin skincare routine yang lebih lengkap, setelah penggunaan serum bisa dilanjutkan dengan penggunaan krim mata dan obat jerawat bagi yang memerlukan sebelum menggunakan krim malam.


5. Sunscreen

Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat merusak kulit dan mempercepat keriput pada wajah. Untuk itulah sangat disarankan selalu menggunakan tabir surya meskipun Anda beraktivitas dalam ruangan. Pastikan sunscreen sudah teroleh diaplikasikan 15-30 menit sebelum bepergian.

Untuk perawatan malam hari, tahapan sunscreen digantikan oleh penggunaan face oil. Tidak hanya menambah kelembaban kulit, face oil juga dapat mencerahkan wajah, mengecilkan pori-pori, dan mengatasi penuaan dini.

Bagaimana Cara Memilih Skincare yang Bagus dan Aman?

Beberapa tahun terakhir dunia kecantikan sedang naik daun karena semakin banyak yang sadar untuk merawat kecantikan wajah. Berbagai merk berlomba melakukan inovasi demi menghasilkan produk skincare terbaik. Tidak sedikit pula yang membeli hanya karena ingin mengikuti trend tanpa melakukan review terlebih dahulu. Padahal hal ini bisa mengakibatkan iritasi wajah karena komposisi yang tidak cocok pada kulit.

Maka sangat penting untuk membaca kandungan pada skincare sebelum membelinya karena tidak sedikit produk terkenal yang ternyata memiliki kandungan berbahaya bagi kulit. Apa yang dianggap bagus belum tentu aman. Supaya Anda tidak salah pilih, berikut cara tepat untuk memilih skincare yang bagus dan aman:

1. Sesuaikan dengan jenis kulit


Tahapan ini sangat dasar namun penting untuk dilakukan. Tanpa mengetahui tipe kulit, akan sulit untuk menentukan skincare apa yang cocok untuk Anda. Umumnya, ada 3 jenis kulit yaitu normal, kering, dan berminyak. Jika ragu, Anda bisa memastikan kondisi kulit ke dokter atau klinik kecantikan.

2. Perhatikan izin produk


Salah satu kategori skincare aman adalah telah lulus uji dan terdaftar di BPOM. Ingat, izin BPOM bersifat unik untuk satu produk dan bukan brand. Jadi sangat mungkin jika ada produk dari suatu merek yang belum atau masih diproses izinnya. Selain memiliki legalitas yang jelas, skincare yang aman juga sangat informatif terkait produknya, seperti memberitahukan tempat produksi maupun nama dokter yang meraciknya.

3. Baca komposisi skincare


Meski akan membingungkan di awal, tapi mencari tahu kandungan skincare sangat penting dilakukan. Cukup banyak formula yang tanpa kita sadari berbahaya bagi wajah karena sering digunakan oleh produk kecantikan. Berikut beberapa bahan yang dianggap sangat mudah menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit:

Pewangi atau fragrance

Siapa sangka produk kecantikan yang wangi biasanya tidak bagus untuk wajah? Skincare dengan fragrance mengandung alkohol dan senyawa sintetis yang bisa menyebabkan alergi hingga perubahan hormon.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Ternyata SLS banyak digunakan pada sampo, sabun, obat kumur, pasta gigi, dan foundation. Efek penggunaan SLS pada tubuh adalah iritasi kulit, sariawan, jerawat, dan gangguan keseimbangan minyak.

Paraben

Hampir semua produk kecantikan mengandung paraben dengan tingkat konsentrasi yang berbeda-beda. Bisa ditemukan pada make up, pelembab, sampo, sabun cuci muka, maupun gel cukur, penggunaan paraben dalam jangka panjang dapat memicu kanker payudara dan mengganggu kesuburan.


Phthalates

Sama dengan paraben, phthalates yang biasanya ada pada cat kuku, parfum, lotion, dan hair  spray dapat menyebabkan kanker payudara. Bahkan pada beberapa produk anak-anak, kandungan ini sudah tidak boleh digunakan karena sangat berbahaya.

4. Hindari produk yang menawarkan hasil instan


Ingin segera memiliki wajah yang cerah bersinar membuat banyak orang mencari jalan pintas. Faktanya, produk yang bagus membutuhkan waktu cukup lama karena membiarkan kulit membaik dengan alami. Selain itu, skincare yang aman juga tidak menyebabkan ketergantungan maupun efek samping setelah penghentian pemakaian.

Apakah Penting Menggunakan Skincare yang Mengandung Retinol?


Meski kandungan ini sedang banyak dibicarakan karena dapat mencegah penuaan, tapi tidak sedikit pula yang tidak menganjurkan penggunaan retinol. Retinol adalah bahan aktif yang berasal dari vitamin A yang biasanya terdapat pada pelembab atau krim malam. Pada awal penggunaan,  biasanya kulit akan menunjukkan reaksi alergi berupa rasa panas atau perih. Kondisi inilah yang membuat beberapa orang memasukkan retinol ke dalam bahan yang keras bagi kulit. Supaya tidak semakin panik, berikut berbagai informasi terkait retinol yang penting Anda ketahui.

Manfaat retinol

Retinol berfungsi untuk mencegah penuaan kulit dengan meningkatkan kolagen yang bisa mengurangi munculnya keriput. Selain itu, retinol membantu mengangkat sel-sel mati untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Proses pigmentasi yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap juga dapat dicegah dengan skincare berbahan gelap.

Cara kerja retinol

Untuk mendorong percepatan regenerasi, retinol akan mengelupas kulit-kulit lama. Tidak jarang pada awal penggunaan kulit menjadi berjerawat, iritasi, dan memerah. Perlu diingat bahwa reaksi ini wajar terjadi saat penggunaan retinol sehingga Anda tidak perlu khawatir.


Efek samping retinol

Retinol aman digunakan oleh siapa saja, kecuali ibu hamil dan menyusui. Penggunaan rutin dapat mengganggu perkembangan janin hingga menyebabkan cacat lahir. Bagi Anda pemilik kulit sensitif atau sedang menjalani pengobatan tertentu, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan retinol.

Cara penggunaan retinol


Karena retinol dapat menyebabkan kulit kering, penting untuk tetap menjalankan step skincare lainnya seperti serum atau toner. Sebaiknya pilih skincare yang memiliki fungsi hydrating supaya kelembaban kulit tetap terjaga dan mengurangi iritasi. Kemudian saat pagi hari gunakan sunscreen pada siang dan malam hari untuk perlindungan kulit tambahan.

Skincare yang Bagus untuk Kulit Berjerawat


Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kulit yang kotor dan mengabaikan rutinitas skincare. Tentunya pemilihan produk pun tidak boleh sembarang karena dapat memperburuk iritasi. Tidak kalah penting, gunakan produk dengan tekstur gel karena ringan untuk wajah berjerawat.

Selain perawatan dasar, skincare untuk kulit berjerawat bisa disempurnakan dengan penggunaan exfoliator, emulsion, spot treatment, dan acne pathExfoliator berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Pilih produk yang ramah pada jerawat dan tidak membuat kulit kering, serta gunakan hanya 2-3 kali seminggu.

Emulsion merupakan pelembab berbahan air yang cocok bagi kulit berminyak dan berjerawat karena tidak meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sedangkan perawatan jerawat bisa menggunakan spot treatment yang berfungsi mencegah bakteri dan mengurangi peradangan. Perlindungan jerawat juga bisa dilakukan dengan acne path yang diletakkan pada jerawat untuk menghindari terkena kotoran penyebab radang.

Skincare yang Bagus untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Karakteristik kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Ada yang dengan mudah menghilangkan bekas jerawat, namun tidak sedikit yang menimbulkan bekas hingga bertahun-tahun. Secara umum step skincare yang digunakan sama dengan perawatan kulit berjerawat. Namun dengan tambahan beberapa produk, kulit Anda menjadi semakin cerah sekaligus menyamarkan bekas jerawat, seperti:

  • Serum atau essence untuk menghilangkan noda jerawat. Pilih serum atau essence yang berfungsi meregenerasi kulit sehingga kulit tampak lebih cerah dan bekas jerawat memudar.
  • Post acne scar serum atau dark spot corrector. Berbeda dengan serum biasa, konsentrasi yang tinggi pada serum khusus ini dapat membuat bekas jerawat memudar.
  • Sheet mask atau sleeping mask. Tidak hanya mengunci skincare lain, penggunaan masker secara rutin dapat mencerahkan kulit dan melembabkan kulit. Jika wajah terhidrasi dengan baik, pertumbuhan kulit baru dan memudarnya bekas jerawat terjadi lebih cepat.

Skincare yang Bagus untuk Kulit Berminyak dan Kulit Kering


Pada dasarnya, skincare untuk kulit berminyak serta skincare untuk kulit kering hampir sama. Hanya saja kandungan serta teksturnya produk yang perlu menjadi perhatian. Umumnya, kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar sehingga komedo dan jerawat mudah muncul akibat kotoran yang tersumbat. Maka pilih pembersih muka dengan kandungan benzoyl peroxide yang berfungsi memberikan oksigen pada pori-pori untuk membunuh bakteri.

Sedangkan untuk serum, disarankan menggunakan produk dengan antioksidan supaya kulit dapat terhidrasi dengan baik. Gunakan juga moisturizer yang tidak meningkatkan produksi minyak pada wajah. Jangan lupa pilih produk bertekstur gel atau air supaya dapat terserap dengan mudah dan ramah bagi kulit berminyak.

Sebaliknya untuk kulit kering sangat disarankan menggunakan skincare dengan tekstur krim. Pelembab yang digunakan pun yang dapat meningkatkan minyak sehingga kulit menjadi lebih lembab. Pilih produk kecantikan yang bertujuan untuk menghidrasi kulit dan membuatnya menjadi lebih kenyal.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan perlu konsistensi dalam menggunakan skincare setiap harinya. Jika produks skincare yang Anda gunakan, biasanya membutuhkan waktu yang lama sampai hasilnya terlihat. Namun, jika mulai muncul peradangan atau tidak ada perubahan, berkonsultasilah pada dermatologist untuk mengetahui kondisi kulit Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Skin Center of South Miami. Diakses pada Agustus 2020. The Importance of Facials and Skin Care
https://www.skincenterofsouthmiami.com/2018/06/the-importance-of-facials-and-skin-care/#:~:text=Good%20skin%20care%20is%20important,your%20skin%20looking%20its%20best.
Dermstore. Diakses pada Agustus 2020. In What Order Do I Apply My Skin Care Products?
https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic/
The Fox and She. Diakses pada Agustus 2020. 8 Toxic Skincare Ingredients to Avoid (& Why)
https://thefoxandshe.com/skincare-ingredients-to-avoid/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan