Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Ini 11 Produk Cendo untuk Mengobati Infeksi Mata

gambar Cendo untuk Infeksi Mata

Mengobati Infeksi mata yang parah umumnya tidak cukup hanya dengan obat yang dijual bebas. Obat yang diperlukan berbeda-beda tergantung pada penyebabnya dan bagian mata yang terinfeksi. Pada artikel ini, Farmaku sudah merangkum beberapa obat dari Cendo yang mampu membantu mengatasi infeksi pada mata. 

Pilihan Obat Mata Cendo untuk Atasi Infeksi Mata

Mata yang mengalami infeksi umumnya ditandai dengan rasa gatal, bengkak, atau kemerahan. Pada kasus yang lebih parah, mata mungkin akan menjadi sensitif terhadap cahaya, belek berwarna kuning, atau demam. 

Pada kondisi tertentu, dokter akan memberikan beberapa obat yang mampu mengobati dan meredakan gejala infeksi mata. 

Berikut ini beberapa produk Cendo yang umum diresepkan dokter untuk mengatasi mata infeksi, antara lain: 

1. Cendo Xitrol Eye Drop

Cendo Xitrol Eye Drop

Obat tetes mata Cendo ini berguna untuk mengatasi infeksi mata akibat bakteri. Cendo Xitrol Eye Drop termasuk obat keras yang mengandung bahan neomycin sulfate, polymyxin B sulfate dan dexamethasone

Senyawa aktif neomycin sulfate dan polymyxin B sulfate merupakan antibiotik yang bekerja dengan cara menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi mata. Sementara itu, senyawa aktif dexamethasone termasuk dalam obat golongan kortikosteroid, yang dapat meredakan peradangan.

Obat ini termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya membutuhkan resep dokter dan tidak boleh digunakan oleh ibu hamil karena dapat berisiko pada janin. 

Perlu diketahui, penggunaan Cendo Xitrol memiliki beberapa efek samping seperti alergi, gejala glaukoma, pembentukan katarak subkapsular posterior, dan infeksi sekunder.

Beli Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Xitrol Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

2. Cendo Xitrol Eye Ointment

Cendo Xitrol Eye Ointment

Sama seperti Cendo Xitrol Eye Drop, obat mata ini dapat digunakan untuk peradangan mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Salep mata untuk infeksi mata ini mengandung dexamethasone, neomycin sulfate, dan polymyxin B sulfate. 

Untuk menggunakannya, Anda perlu mendongakkan kepala, menarik kelopak mata bagian bawah, dan kemudian menekan obatnya hingga salep keluar. Anda harus memastikan obat masuk ke dalam kelopak mata. Setelah itu, Anda perlu menutup mata secara perlahan selama 1-2 menit. 

Sebelum menggunakan obat ini pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu dan usahakan bagian ujung tube obat ini tidak menyentuh mata.

Obat ini juga tergolong obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. 

Beli Cendo Xitrol Eye Ointment 3.5 gr di Sini

3. Cendo Gentamicin Ointment

Cendo Gentamicin Ointment

Salep mata ini mengandung bahan aktif gentamicin yang dapat membantu mengobati peradangan pada mata yang disertai dengan infeksi akibat bakteri. 

Senyawa aktif gentamicin termasuk antibiotik untuk golongan aminoglikosida yang dapat mengobati infeksi bakteri seperti Proteus, Pseudomonas, Serratia, dan Staphylococcus.

Obat salep mata Cendo Gentamicin termasuk obat golongan keras sehingga penggunaannya membutuhkan resep dokter. Salep ini juga memiliki efek samping atau reaksi berlebih seperti gatal, iritasi, dan kemerahan di bagian yang diolesi salep. 

Beli Cendo Gentamicin Ointment 3.5 gr di Sini

4. Cendo Gentamycin Eye Drop

Cendo Gentamycin Eye Drop

Obat tetes mata untuk mengatasi infeksi ini mengandung bahan antibiotik gentamicin sulfat yang dapat bereaksi terhadap bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus

Antibiotik ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Perlu diingat bahwa gentamicin tidak bisa mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus atau jamur. 

Serupa dengan Cendo Gentamicin Ointment, obat tetes mata ini juga tergolong obat keras sehingga penggunaannya membutuhkan resep dokter. 

Beli Cendo Gentamicin 1% Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Gentamicin Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

5. Cendo Polydex Eye Drop

Cendo Polydex Eye Drop

Obat tetes mata ini mengandung bahan polymyxin B sulfate, neomycin sulphate, dan dexamethasone yang dapat membantu mengobati peradangan pada mata yang disertai dengan infeksi akibat bakteri. 

Cendo Polydex merupakan golongan obat keras sehingga penggunaan obat ini membutuhkan resep dokter. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping yang perlu Anda perhatikan, yaitu rasa gatal, kemerahan, rasa terbakar, dan menyengat. 

Hindari penggunaan obat ini pada pasien yang memiliki indikasi seperti hipersensitif terhadap polimiksin B, aminoglikosida, neomisin dan hidrokortison. 

Beli Cendo Polydex Drop 5 ml di Sini

6. Cendo Fenicol Eye Drop

Cendo Fenicol Eye Drop

Cendo Fenicol merupakan obat tetes mata yang mampu mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini mengandung senyawa aktif chloramphenicol di dalamnya. Senyawa aktif tersebut termasuk antibiotik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada mata. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Cendo Fenicol 0.25% Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Fenicol 0.5% Eye Drop 5 ml di Sini

7. Cendo Tobroson Eye Drop

Cendo Tobroson Eye Drop

Cendo Tobroson umumnya diberikan oleh dokter untuk mengobati infeksi mata yang disertai dengan peradangan. Obat ini mengandung kombinasi senyawa aktif tobramycin dan dexamethasone. 

Tobramycin merupakan obat golongan antibiotik yang bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, dexamethasone termasuk obat kelompok kortikosteroid yang dapat meredakan kemerahan, bengkak, dan rasa gatal. 

Cendo Tobroson termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Cendo Tobroson Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Beli Cendo Tobroson Eye Drop 5 ml di Sini

8. Cendo Floxa Eye Drop

Cendo Floxa Eye Drop

Cendo Floxa umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, seperti keratitis atau konjungtivitis. Kandungan senyawa aktif ofloxacin dalam obat ini mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat pembentukan DNAnya. 

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, jangan lupa untuk memberi tahu dokter tentang kondisi Anda sebelum menggunakan obat ini. 

Hindari menggunakan Cendo Floxa tanpa resep dan pengawasan dokter, karena obat ini termasuk dalam golongan obat keras. 

Beli Cendo Floxa Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

9. Cendo Polynel Eye Drop

Cendo Polynel Eye Drop

Cendo Polynel merupakan obat yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi bakteri mata yang disertai dengan peradangan. Obat ini mengandung kombinasi senyawa aktif fluorometholone dan neomycin.

Fluorometholone termasuk dalam obat kortikosteroid yang dapat meredakan gejala peradangan pada mata, seperti gatal, bengkak, nyeri, atau kemerahan. Sementara itu, neomycin merupakan antibiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Perlu diperhatikan, obat ini hanya boleh digunakan dalam jangka pendek. Hindari penggunaan obat ini semarangan tanpa pengawasan dokter, karena obat ini termasuk dalam kategori obat keras. 

Beli Cendo Polynel Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Beli Cendo Polynel Eye Drop 5 ml di Sini

10. Cendo Mycetine Eye Ointment

Cendo Mycetine Eye Ointment

Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan peradangan pada mata. untuk mengatasinya, dokter bisa memberikan obat Cendo Mycetine Eye Ointment.

Cendo Mycetine Eye Ointment bermanfaat untuk mengatasi radang pada kelopak mata, radang kantung air mata, radang selaput bening mata, atau radang selaput ikat mata. 

Obat ini mengandung senyawa aktif kloramfenikol dan polimiksin B sulfat. Kombinasi ini dapat membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. 

Cendo Mycetine Eye Ointment tergolong dalam kategori obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Cendo Mycetine Eye Ointment 3.5 gr di Sini

11. Cendo Natacen Eye Drop

Cendo Natacen Eye Drop

Tidak hanya disebabkan oleh bakteri, infeksi mata juga dapat disebabkan oleh adanya jamur. Salah satu obat tetes yang umum diberikan dokter pada kasus infeksi mata akibat jamur adalah Cendo Natacen. 

Cendo Natacen mengandung senyawa aktif natamycin, yang bekerja dengan cara merusak dinding sel jamur. Dengan demikian jamur penyebab infeksi pada mata akan mati. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Cendo Natacen Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Nah, itulah obat mata Cendo yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi mata. Obat tersebut hanya bisa digunakan sesuai dengan resep dokter. 

Jika Anda merasakan gejala mata merah, perih, atau gatal yang tidak kunjung membaik atau semakin bertambah parah, jangan ragu untuk berkunjung ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Eye Infection. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/25000-eye-infection. (Diakses pada 20 Desember 2023).
Ellis, Rachel Reiff. 2023. Is My Eye Infected? https://www.webmd.com/eye-health/eye-infection-symptoms-types. (Diakses pada 20 Desember 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Ofloxacin (Ophthalmic Route). https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/ofloxacin-ophthalmic-route/side-effects/drg-20065155?p=1. (Diakses pada 20 Desember 2023).
WebMD. Gentamicin SULFATE Cream - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75145/gentamicin-topical/details. (Diakses pada 20 Desember 2023).
WebMD. Neomycin SULFATE - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8047/neomycin-oral/details. (Diakses pada 20 Desember 2023).

Sumber

Artikel Lainnya