Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Psoriasis: Jenis, Gejala, dan Penyebab

 20 Sep 2018



penyakit psoriasis: apa itu dan bedanya dengan ketombe


Psoriasis adalah penyakit kulit yang umum terjadi pada pria dan wanita, juga pada segala usia. Namun kasus psoriasis lebih banyak ditemukan pada orang dewasa.

 

Psoriasis tidak menular. Seseorang tidak dapat terkena psoriasis dengan menyentuh si penderita. Kondisi psoriasis umumnya menyerang kulit kepala, sikut, dan lutut.

 

Psoriasis merupakan suatu kondisi dimana siklus masa hidup sel kulit menjadi semakin lebih cepat dari normal. Hasilnya, sel kulit akan menumpuk dan membentuk sisik serta menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit.

 

Psoriasis dikategorikan sebagai penyakit kronis yang gejalanya datang dan pergi. Psoriasis belum dapat disembuhkan. Pengobatan dan penanganan psoriasis bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat. Penderita dapat mengontrol gejala melalui perubahan gaya hidup, seperti menghindari stress dan tidak merokok.

 

 

 

Jenis-jenis Psoriasis Beserta Gejalanya

Psoriasis memiliki banyak jenis. Psoriasis plak (plaque psoriasis) adalah kasus psoriasis yang paling sering ditemui.

Selain itu, ada banyak jenis psoriasis lainnya. Berikut adalah jenis-jenis psoriasis dan gejalanya:

  1. Psoriasis Plak

    Psoriasis plak adalah kasus psoriasis yang paling banyak dijumpai. Gejala psoriasis plak adalah kulit menjadi kering, bersisik dan memiliki bercak-bercak seperti plak. Bagian kulit yang terserang akan terasa gatal dan perih. Psoriasis plak dapat menyerang bagian kulit manapun, termasuk daerah kemaluan dan mulut.

  2. Psoriasis Kuku

    Psoriasis yang menyerang kuku kaki dan tangan. Psoriasis pada kuku dapat menyebabkan kuku berlubang dan berubah warna menjadi pucat kecoklatan.

  3. Psoriasis Gutata

    Psoriasis gutata adalah psoriasis yang banyak ditemukan pada anak kecil. Psoriasis gutata umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri.

    Psoriasis gutata akan muncul dalam bentuk bercak-bercak kecil ditutupi dengan sisik pada bagian perut, lengan, kaki, dan kulit kepala.

  4. Psoriasis Inverse

    Psoriasis inverse menyerang bagian tertutup seperti ketiak dan sekitar kemaluan. Psoriasis inverse memiliki gejala seperti bercak kemerahan pada kulit. Bagian yang terserang akan terasa perih bila terkena gesekan atau keringat.

  5. Psoriasis Pustular

    Psoriasis pustular adalah psoriasis yang menimbulkan bercak merah yang menyebar pada kulit. Psoriasis pustular biasanya muncul pada daerah sekitar lengan, kaki, dan jari.

  6. Psoriasis Eritroderma

    Psoriasis Eritroderma juga merupakan kasus psoriasis yang tidak umum ditemui. Psoriasis eritroderma ditandai dengan ruam yang menutupi seluruh bagian tubuh. Ruam tersebut memberikan rasa gatal dan sensasi seperti terbakar.

  7. Psoriasis Arthritis

    Psoriasis arthritis akan menimbulkan bengkak dan rasa nyeri pada sendi-sendi, selain itu psoriasis arthritis juga akan menyebabkan ruam dan sisik di permukaan kulit.

 

 

 

Penyebab Psoriasis

Sampai saat ini, para dokter dan ahli medis belum dapat menentukan secara pasti apa penyebab psoriasis. Namun beberapa penelitian menyebutkan psoriasis disebabkan oleh gangguan pada sistem imun tubuh seseorang, khususnya kelainan pada sel T dan neutrofil. Keduanya adalah bagian dari sel darah putih.

 

Sel T berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan neutrofil berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan infeksi bakteri. Neutrofil adalah sel yang datang pertama kali bila terjadi infeksi pada tubuh. Pada penderita psoriasis, sel T mengalami kelainan dengan menyerang sel kulit sehat dan memperlakukannya seperti luka atau infeksi dengan tujuan untuk disembuhkan.

 

Sel T yang terlalu aktif menyebabkan produksi sel kulit baru secara berlebihan. Kelainan ini menyebabkan sel kulit yang baru menumpuk pada permukaan kulit dan membentuk seperti sisik disertai dengan bercak merah yang gatal dan dapat terasa nyeri.

 

Penyebab kelainan ini diduga adalah faktor genetis dan lingkungan si penderita.

 

 

 

Faktor Risiko Psoriasis

Psoriasis biasanya kambuh karena adanya pemicu. Beberapa faktor yang dapat memicu kambuhnya sekaligus memperparah kondisi psoriasis adalah:

  1. Infeksi, seperti pada tenggorokan dan kulit
  2. Luka pada kulit seperti luka lecet dan gigitan serangga
  3. Stress
  4. Obesitas
  5. Kebiasaan merokok
  6. Konsumsi alkohol yang berlebihan
  7. Konsumsi obat tertentu, seperti lithium
  8. Kekurangan vitamin D

 

Baca juga: Cara mengatasi kekurangan vitamin D saat Hamil

 

 

 

 

 

Kesimpulan

  • Apa itu psoriasis? Psoriasis adalah penyakit kulit yang diduga diakibatkan oleh gangguan sistem imun, dimana sel T dan neutrofil yang merupakan bagian sel darah putih, menyerang sel kulit sehat dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru lebih cepat dari biasanya.
  • Pertumbuhan sel kulit baru di luar normal ini akan menumpuk dan menyebabkan terjadinya sisik dan timbul bercak merah pada permukaan kulit.
  • Psoriasis plak adalah jenis psoriasis yang paling sering dijumpai. Psoriasis plak dapat menyerang bagian kulit manapun.
  • Beberapa faktor risiko yang dapat memicu dan memperparah kondisi psoriasis antara lain: stress, merokok, obesitas, konsumsi alkohol berlebihan, infeksi, konsumsi obat tertentu, dan kekurangan vitamin D.

 






Bagikan artikel ini :