Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi Jenis Vitamin untuk Kulit Kering yang Patut Dicoba!

vitamin untuk kulit kering

Memiliki kulit kering terkadang menimbulkan perasaan tidak nyaman dan kurang percaya diri. Tapi tenang, 5 jenis vitamin untuk kulit kering ini diketahui mampu membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

5 Jenis Vitamin untuk Atasi Kulit Kering

Kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk diantaranya dehidrasi, penuaan, alergi, perubahan musim, atau kekurangan gizi ringan. Selain memperbaiki pola hidup, seperti minum air lebih banyak, mengonsumsi suplemen atau vitamin juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

Simak, vitamin untuk kulit kering berikut ini.

1. Vitamin D

Vitamin D umumnya dapat ditemukan di beberapa sumber seperti ikan salmon, jamur, dan sereal.

Pada kulit, vitamin D memainkan peran untuk menjaga sistem kekebalan kulit dan melindungi kulit dari agen berbahaya seperti virus atau bakteri. Dilansir dari Healthline, suplemen vitamin D terbukti telah mampu memperbaiki gejala gangguan kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.

Institut Pauling di Oregon Amerika Serikat merekomendasikan asupan vitamin D harian yaitu 600 IU per hari.

Berikut adalah rekomendasi vitamin D terbaik.

Blackmores Vitamin D3 1000 IU

gambar blackmores vitamin D3

Produk vitamin dari Blackmores ini mengandung bahan aktif vitamin D3 1000 IU sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian dengan cepat.

Beli Blackmores Vitamin D3 1000 IU di Sini

Vitabiotics Ultra Vitamin D3

gambar vitabiotics ultra d3

Produk ini mengandung vitamin D3 sebesar 400 IU yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian pada tubuh.

Beli Vitabiotics Ultra Vitamin D3 di Sini.

Wellness Vitamin D3 400 IU

gambar wellness vitamin D3

Vitamin D3 dari Wellness ini juga mengandung mineral dan vitamin essensial yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Vitamin ini cocok dikonsumsi untuk anak-anak, remaja, serta ibu hamil dan menyusui.

Beli Wellness Vitamin D4 400 IU di Sini

Natures Plus Vitamin D3 1000 IU

gambar vitamin D3 natures plus

Produk Vitamin D3 dari Natures Plus juga mengandung bahan lain, seperti gliserin, gelatin, sunflower oil, safflower oil, dan purified water yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat.

Beli Natures Plus Vitamin D3 1000 IU di Sini

2. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit seperti menangkal tanda-tanda penuaan kulit, membantu memperbaiki kulit yang rusak, dan pada beberapa kasus mengurangi munculnya kerutan.

Bahkan vitamin C juga mampu memperkuat lapisan pelindung kulit dan mencegah hilangnya cairan di jaringan kulit yang mana menjadi penyebab utama dari kulit kering, bersisik, dan terkadang gatal.

Karena manfaat yang dihasilkan untuk kulit beragam, oleh sebab itu Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti buah jeruk, stroberi dan anggur.

Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Berikut adalah rekomendasi vitamin C terbaik.

Natures Plus Vitamin C 500 mg

gambar natures plus vitamin c

Produk vitamin C dari Natures Plus dilengkapi dengan tambahan Rose hips yang mengandung bioflavonoid dan beberapa enzim lain untuk membantu tubuh dalam mencerna vitamin C.

Beli Natures Plus Vitamin C 500 mg di Sini

Blackmores Bio C 1000 mg

gmabar blackmores bio C 1000 mg

Vitamin C dari Blackmores ini diformulasikan dengan mineral askorbat sehingga tidak perih di lambung. Selain itu, vitamin C dalam produk ini berasal dari sumber alami, yaitu rosehips dan acerola.

Beli Blackmores Bio C 1000 di Sini

Holisticare Effervescent

gambar holisticare effervescent blackcurrant

Holisticare Ester C telah dikenal dalam menghadirkan vitamin C yang aman bagi lambung. Kini Ester C mengeluarkan varian effervescent yang larut dalam air dengan berbagai rasa sehingga cocok bagi Anda yang kesulitan menelan kapsul atau tablet.

Beli holisticare Ester C Effervescent Blackcurrant di Sini

3. Vitamin E

Diketahui juga mampu memperkuat fungsi daya tahan pada lapisan kulit, membantu pertumbuhan sel kulit baru, hingga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, vitamin E diproduksi oleh tubuh melalui zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit.

Efek anti inflamasinya bermanfaat untuk menenangkan kulit kering kemerahan dan meradang. Tidak heran, suplemen dengan kandungan vitamin E kini sudah banyak beredar di pasaran. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per hari.

Anda bisa meningkatkan asupan dengan mengonsumsi lebih banyak kacang atau biji-bijian disertai dengan asupan tambahan dari suplemen, multivitamin atau produk pelembab yang tinggi kandungan vitamin E.

Simak Rekomendasi Vitamin E berikut ini.

Ever E 250

gambar ever e 250 vitamin e

Produk ini mengandung vitamin E sebesar 250 IU yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

Beli Ever E 250 mg di Sini

Blackmores Vitamin E Cream

gambar blackmores vitamin E cream

Blackmores vitamin E cream merupakan pelembap untuk kulit kering dengan kandungan vitamin E yang berasal dari sumber alami sehingga mampu membuat kulit sehat dan lembap.

Beli Blackmores Vitamin E Cream di Sini

Natur E Nourishing 100 IU

gambar natur e vitamin kulit

Natur-E mengandung vitamin E dari sumber natural, yaitu minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari. Selain itu, produk ini juga mengandung antioksidan astaxanthin yang berasal dari ganggang merah dan likopen dari tomat sehingga produk ini dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Beli Natur E Nourishing 100 IU di Sini

4. Vitamin A

Mengonsumsi vitamin A merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit sehat. Vitamin ini dibutuhkan oleh kulit untuk mencegah timbulnya keriput, kulit kering, dan kerusakan kulit secara keseluruhan.

Mengonsumsi sayuran hijau, wortel atau jeruk yang kaya akan vitamin A bisa menjaga kulit tetap elastis, kencang, hingga penuaan dini.

Selain lewat makanan dan suplemen, vitamin A juga ada dalam bentuk skincare atau produk perawatan kulit. Berikut adalah produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A

Olay Regenerist Serum Retinol

gambar olay regenerist serum retinol

Retinol merupakan salah satu jenis vitamin A. Olay Regenerist Serum Retinol mengandung niacinamide dan retinol complex yang dapat membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Beli Olay Regenerist Serum Retinol di sini.

5. Vitamin K

Selain mempunyai peran penting dalam proses penyembuhan luka, fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu.

Secara tidak langsung vitamin ini berperan dalam proses perbaikan jaringan pada kulit sehingga mampu mencegah hilangnya cairan dari jaringan kulit Anda.

Sama halnya dengan vitamin C dan D, vitamin K dapat berfungsi sebagai vitamin untuk kulit kering dan gatal. Sifatnya yang mampu meredakan peradangan pada beberapa masalah kulit seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis umumnya mengalami gejala kulit gatal, kering, dan bersisik.

Vitamin K dapat ditemukan dalam banyak krim oles atau salep yang membantu mengobati kondisi kulit.

Itulah jenis vitamin terbaik untuk atasi kulit kering Anda. Sebelum memutuskan untuk rutin mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk kulit kering sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat sesuai kondisi Anda.

American Academy of Dermatology Association. 2021. Dry Skin: Diagnosis And Treatment. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-treatment. (Diakses pada 1 Oktober 2021).
Bowman, Joe. 2020. The 4 Best Vitamins for Your Skin. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin. (Diakses pada 1 Oktober 2021).
Kubala, Jillian, MS, RD. 2020. 8 Best Vitamins and Supplements for Dry Skin. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-dry-skin#1.-Vitamin-D. (Diakses pada 1 Oktober 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya