Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Rekomendasi Vitamin untuk Kulit Kering yang Patut Dicoba!

vitamin untuk kulit kering

Memiliki kulit kering terkadang menimbulkan perasaan tidak nyaman dan kurang percaya diri. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kekurangan nutrisi. Tapi tenang, beberapa vitamin berikut ini diketahui mampu membantu Anda mengatasi masalah kulit kering.

Pilihan Vitamin untuk Atasi Kulit Kering

Kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk diantaranya dehidrasi, penuaan, alergi, perubahan musim, atau kekurangan gizi ringan. Selain memperbaiki pola hidup, seperti minum air lebih banyak, mengonsumsi suplemen atau vitamin juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

Beberapa vitamin yang dapat membantu mengatasi kulit kering, antara lain:

1. Natur E 100 IU 

Natur E 100 IU 

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak DNA. Dalam tubuh, vitamin disimpan di dalam kulit. Kehadirannya mampu membuat kulit lebih lembap dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Sayangnya, nutrisi ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Apabila makanan tidak mampu memenuhi kebutuhan vitamin E, maka Anda dapat konsumsi suplemen makanan. 

Natur-E mengandung vitamin E dari sumber natural, yaitu minyak biji gandum dan minyak biji bunga matahari. Selain itu, produk ini juga mengandung antioksidan astaxanthin yang berasal dari ganggang merah dan likopen dari tomat sehingga produk ini dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Beli Natur E 100 IU 32 Tablet di Sini

Beli Natur E 100 IU 16 Tablet di Sini

2. Blackmores Bio E 250 IU

Blackmores Bio E 250 IU

Suplemen dari Blackmores ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian. Setiap kapsul suplemen ini mengandung vitamin E sebanyak 250 IU. 

Vitamin ini mampu menjaga kesehatan kulit dan memberikan kelembapan dari dalam. Tidak hanya itu, vitamin ini juga dapat membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak. 

Bagi Anda yang ingin menjaga mengatasi kulit kering serta menjaga kesehatan kulit, maka produk ini menjadi produk yang layak Anda coba. 

Beli Blackmores Bio E 250 IU Botol 60 Capsule di Sini 

3. Now Vitamin E-400 D-Alpha

Now Vitamin E-400 D-Alpha

Now Vitamin E-400 D-Alpha merupakan suplemen vitamin E dalam bentuk d-alpha tocopheryl. Ini merupakan bentuk vitamin E yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah kekurangan vitamin E.  

D-alpha tocopheryl juga merupakan bentuk vitamin E yang lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga efektif untuk memenuhi mengatasi kekurangan vitamin E. 

Beli Now Vitamin E-400 D-Alpha Botol 100 Capsule di Sini

4. Blackmores Bio D3 1000 IU

Blackmores Bio D3 1000 IU

Penelitian menyebutkan bahwa jumlah vitamin D yang rendah dalam tubuh berhubungan dengan beberapa masalah kulit, termasuk eksim dan psoriasis. Kedua masalah kulit tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memastikan jumlah vitamin D dalam tubuh terpenuhi. Blackmores Bio D3 1000 IU dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh.

Perlu diperhatikan bahwa konsumsi vitamin D selama hamil termasuk aman jika dosisnya tidak melebihi 4000 IU per hari. Namun, ibu hamil etap perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum konsumsi suplemen vitamin D. 

Beli Blackmores Bio D3 1000 IU Botol 60 Capsule di Sini 

5. Boost D 1000 IU

Boost D 1000 IU

Suplemen vitamin D diketahui dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit yang menyebabkan kulit kering gatal secara signifikan. Banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin D, padahal nutrisi ini penting untuk hidrasi kulit.

Apabila Anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, maka Anda dapat mencoba Boost D 1000 IU. Suplemen ini mampu membantu memenuhi kebutuhan vitamin D serta meningkatkan sistem imun tubuh. 

Beli Boost D 1000 IU Strip 10 Tablet di Sini 

6. Nutrimax Vitamin D3 400 IU Sirup

Nutrimax Vitamin D3 400 IU Sirup

Suplemen ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak dapat menelan tablet atau kapsul. Nutrimax Vitamin D3 400 IU berbentuk sirup dengan kandungan vitamin D3 water dispersible di dalamnya. Bentuk vitamin D3 ini memiliki kelarutan dan penyerapan yang lebih lebih baik dalam sistem pencernaan, terutama bagi Anda yang membatasi asupan lemak tubuh. 

Tidak hanya membantu meredakan kulit kering, tetapi vitamin ini juga mampu meningkatkan kerja sistem imun tubuh, menjaga fungsi jantung dan paru-paru, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Beli Nutrimax Vitamin D3 400 IU Syrup 120 ml di Sini 

7. Enervon C

Enervon C

Vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit seperti menangkal tanda-tanda penuaan kulit, membantu memperbaiki kulit yang rusak, dan pada beberapa kasus mengurangi munculnya kerutan.

Vitamin C banyak ditemukan dalam makanan. Namun, pada beberapa orang tetap diperlukan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini. 

Enervon C merupakan suplemen makanan yang mengandung vitamin C, kalsium, dan vitamin B kompleks. Tidak hanya mampu membantu mengatasi kulit kering, vitamin ini juga dapat membantu memelihara daya tahan dan stamina tubuh. 

Beli Enervon C Botol 30 Tablet di Sini

Beli Enervon C Strip 4 Tablet di Sini

8. Holisticare Ester C

Holisticare Ester C

Holisticare Ester C merupakan suplemen vitamin C yang cocok bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung. Suplemen ini mengandung vitamin C yang memiliki pH netral sehingga tidak menyebabkan nyeri pada lambung. 

Tidak hanya itu, suplemen vitamin C ini juga dapat menghasilkan metabolit threonat sehingga vitamin C dapat diserap tubuh dengan lebih efektif. 

Beberapa manfaat vitamin C yang dapat dirasakan kulit, antara lain memperkuat lapisan pelindung kulit dan mencegah hilangnya cairan di jaringan kulit yang mana menjadi penyebab utama dari kulit kering, bersisik, dan terkadang gatal.

Beli Holisticare Ester C 30 Tablet di Sini

Beli Holisticare Ester C Strip 4 Tablet di Sini

Beli Holisticare Ester C Family Size 90 Tablet di Sini

9. Redoxon Effervescent Zinc 

Redoxon Effervescent Zinc

Redoxon sudah dipercaya banyak orang dalam hal suplemen vitamin C. Dalam suplemen ini terkandung vitamin C 1000 mg dan zink 10 mg. Kombinasi vitamin C dan zink dalam produk ini dapat membantu menyembuhkan luka.

Apabila Anda tidak bisa menelan tablet atau kapsul, maka Anda dapat mencoba produk ini. Redoxon Effervescent Zinc hadir dalam rasa jeruk dan blackcurrant yang menyegarkan. 

Beli Redoxon Effervescent Zinc Orange 10 Tablet di Sini

Beli Redoxon Effervescent Zinc Orange 20 Tablet di Sini

Beli Redoxon Effervescent Zinc Blackcurrant 10 Tablet di Sini

10. Youvit Collagen

Youvit Collagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak terdapat dalam tubuh, menyumbang sekitar 75 persen dari berat kulit kering. Penelitian menyatakan bahwa suplemen kolagen memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk mengurangi kerutan serta meningkatkan hidrasi kulit.

Anda dapat mencoba suplemen Youvit Collagen untuk meredakan kulit kering. Suplemen ini berbentuk permen lunak dengan kandungan asam amino dari protein yang membentuk jaringan tubuh. Anda tetap bisa menikmati konsumsi suplemen ini karena dikemas dengan rasa stroberi yang enak dan segar. 

Beli Youvit Collagen 7 Days Sachet di Sini

Beli Youvit Collagen 30 Days di Sini

11. DHC Collagen + B1 & B2

DHC Collagen + B1 & B2

Suplemen kolagen ini juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kolagen tubuh. Suplemen ini mengandung collagen peptide yang berasal dari ikan, vitamin B1, dan vitamin B2

Collagen peptide memiliki struktur yang lebih kecil daripada kolagen lain sehingga lebih mudah diserap tubuh. Hasil uji klinis membuktikan bahwa konsumsi collagen peptide mampu meningkatkan hidrasi, elastisitas, serta kepadatan kulit. 

Beli DHC Collagen + B1 & B2 isi 42 Tablet di Sini

12. Nourish Skin Ultimate

Nourish Skin Ultimate

Nourish Skin Ultimate merupakan suplemen yang diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, termasuk kulit kering, flek hitam, kulit kasar, kusam, dan keriput.

Suplemen ini mengandung Standardized Marine Protein extract, Collagen complex dan Hyaluronic acid (HA). Kombinasi ini dapat merangsang sel fibroblas agar aktif membentuk kolagen dan elastin. Hasilnya, kulit menjadi lebih lembap, kenyal, kencang, dan bebas kerut. 

Beli Nourish Skin Ultimate 15S di Sini

13. Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Blackmores Odourless Fish Oil 1000

Minyak ikan sudah dikenal mampu mendukung kesehatan kulit. Konsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Setiap kapsul Blackmores Odourless Fish Oil 1000 mengandung 1000 mg minyak ikan yang didalamnya terdapat omega 3, Eicosapentaenoic acid (EPA), dan Docosahexaenoic acid (DHA). 

DHA dan EPA merupakan asam lemak esensial yang dapat membantu mencegah inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka. Hal ini merupakan hal penting bagi kulit. 

Minyak ikan dari Blackmores ini tidak memiliki bau amis karena kandungan ekstrak lemon dan vanilla di dalamnya. Hal ini menjadikan Anda bisa lebih nyaman konsumsi suplemen ini.

Beli Blackmores Odourless Fish Oil 1000 30S di Sini

Beli Blackmores Odourless Fish Oil 1000 Botol 180 Capsule di Sini

Beli Blackmores Odourless Fish Oil 90S di Sini

14. Sea Quill Z3

Sea Quill Z3

Suplemen selanjutnya yang dapat membantu mengatasi kulit kering adalah Sea Quill Z3. Selain mengandung minyak ikan, omega 3, DHA, dan EPA, suplemen ini juga diperkaya dengan vitamin E. 

Oleh sebab itu, suplemen ini dapat membantu menjaga hidrasi, kekenyalan, dan kelembapan kulit. Suplemen minyak ikan dari Sea Quill ini sudah terbukti tidak mengandung lemak jenuh dan bebas dari polutan, seperti merkuri, dioxin, dan PCB (turunan sianida). 

Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, suplemen ini juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah tubuh. 

Beli Sea Quill Z3 Botol 50 Capsule di Sini

15. WELLNESS Squamega

WELLNESS Squamega

Suplemen dari WELLNESS ini juga layak dipertimbangkan untuk membantu mengatasi kulit kering. Kandungan squalene dalam produk ini mampu membantu mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah. 

Selain itu, WELLNESS Squamega juga mengandung omega 3, omega 6, omega 9, dan vitamin E yang mampu mendukung kesehatan dan fungsi jaringan tubuh. Tidak hanya mampu mengatasi kulit kering, suplemen ini juga dapat membantu membuat aliran darah menjadi lebih lancar, menjaga kesehatan ota, serta membantu mengatasi PMS (Premenstrual Syndrome) pada wanita. 

Beli WELLNESS Squamega 30S di Sini

Itulah beberapa suplemen yang mampu membantu mengatasi kulit kering. Sebenarnya, ada banyak penyebab kulit kering sehingga penanganannya pun bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika kondisi kulit kering tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Kubala, Jillian. 2020. 8 Best Vitamins and Supplements for Dry Skin. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-dry-skin. (Diakses pada 12 Oktober 2023).
Villines, Zawn. 2021. What Are The Benefits Of Vitamin E For The Skin? https://www.medicalnewstoday.com/articles/vitamin-e-for-skin. (Diakses pada 12 Oktober 2023).

Sumber

Artikel Lainnya