Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

11 Obat Biduran yang Ampuh Atasi Kulit Gatal dan Kemerahan

obat biduran yang ampuh

Mengalami biduran membuat Anda merasakan bentol dan gatal yang tidak tertahankan, bahkan dapat mengganggu aktivitas. Obat biduran dapat membantu meredakan gejala yang dirasakan. 

Obat Biduran yang Bisa Anda Dapatkan di Apotek 

Biduran merupakan kondisi bentol-bentol yang disertai rasa gatal pada kulit. Kondisi ini umumnya muncul karena reaksi tubuh terhadap zat pemicu alergi. 

Saat mengalaminya, tidak jarang Anda akan merasakan kulit menjadi perih akibat terlalu banyak digaruk. Untuk mengatasinya, ada obat biduran yang bisa didapatkan di apotek. 

Ada berbagai obat biduran yang tersedia, mulai dari yang dijual secara bebas hingga yang perlu dibeli dengan resep dokter. 

Beberapa obat biduran yang efektif untuk meredakan rasa gatal, antara lain:

1. Cetirizine

Cetirizine

Cetirizine merupakan obat yang mampu meredakan berbagai reaksi alergi, termasuk biduran. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi kerja histamin. 

Histamin merupakan senyawa dalam tubuh yang akan meningkat ketika ada alergen. Saat histamin meningkat, tubuh akan mengalami reaksi alergi. 

Cetirizine termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Hexp di Sini

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Novell di Sini

2. Incidal OD

Incidal OD

Incidal OD dapat membantu meredakan bentol dan gatal pada biduran. Obat ini mengandung senyawa aktif cetirizine, yang termasuk dalam kelompok antihistamin. Senyawa aktif di dalamnya bekerja dengan mengurangi efek histamin dalam tubuh. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dosis dan aturan pakai yang suda ditetapkan oleh dokter. Setelah konsumsi obat ini, Anda mungkin akan merasakan efek samping berupa gangguan lambung, pusing, mulut kering, dan reaksi kulit. 

Beli Incidal OD 10 mg Capsule di Sini

3. Ceteme

Ceteme

Ceteme juga dapat membantu meredakan biduran yang disebabkan oleh reaksi alergi debu, makanan, hingga obat. 

Obat ini mengandung senyawa aktif chlorpheniramine maleate. Senyawa aktif tersebut bekerja dengan mencegah timbulnya reaksi alergi pada tubuh.  

Tidak hanya meredakan biduran, obat ni juga dapat digunakan untuk menangani berbagai reaksi alergi lain, seperti batuk-batuk, bersih, hidung dan mata berair, hidung tersumbat, dan gatal pada mata. 

Beli Ceteme Strip 12 Tablet di Sini

4. Alleron

Alleron

Alleron merupakan obat dengan kandungan senyawa aktif chlorpheniramine maleate di dalamnya. Senyawa aktif ini termasuk dalam obat antihistamin, yang dapat menghalangi kerja histamin untuk menimbulkan reaksi alergi tubuh.

Obat ini dapat mengatasi biduran serta berbagai reaksi alergi lain, seperti bersin-bersin, mata berair, batuk-batuk, atau hidung tersumbat. 

Anda perlu waspada dengan efek samping yang mungkin timbul, antara lain sembelit, pusing, atau mulut kering. 

Beli Alleron 4 mg Strip 10 Tablet di Sini

5. Loratadine

Loratadine

Obat ini mengandung loratadine yang dapat mengobati gejala alergi. Loratadine bekerja dengan cara menghambat histamin (senyawa yang menyebabkan gejala dan reaksi alergi ketika tubuh terpapar alergen). 

Loratadine tergolong obat keras, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah mengantuk, sakit kepala, mual, cemas, jantung berdebar, diare, dan mulut kering.

Beli Loratadine 10 mg Tablet Hexp di Sini

Beli Loratadine 10 mg Tablet Novell di Sini

6. Alloris

Alloris

Obat ini mengandung loratadine yang dapat membantu mengobati gejala alergi yang berkaitan dengan biduran, rhinitis alergi, dan penyakit kulit lainnya. Alloris bekerja dengan cara memblokir aksi zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi. 

Dikarenakan termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat ini perlu resep dokter. 

Serupa dengan merek obat gatal biduran lainnya, Alloris juga memiliki efek samping seperti sakit perut, mulut kering, mengantuk, sakit kepala, merasa lelah, dan muntah.

Beli Alloris 10 mg Tablet di Sini

7. Telfast HD

Telfast HD

Telfast HD dapat digunakan untuk meredakan biduran yang disebabkan oleh reaksi alergi. Obat ini mengandung senyawa aktif fexofenadine HCl yang bekerja dengan cara menghalangi produksi zat alami tubuh yang menimbulkan reaksi alergi. 

Tidak hanya mampu mengatasi biduran, obat ini juga dapat meredakan reaksi alergi lain, seperti bersin-bersin dan batuk-batuk. Perlu diingat bahwa obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan jus buah, terutama jus apel atau jus jeruk.

Obat ini juga tidak dapat digunakan sembarangan tanpa resep dokter karena termasuk dalam golongan obat keras.  

Beli Telfast HD 180 mg Tablet di Sini

8. Bestalin

Bestalin

Bestalin merupakan obat yang mampu mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat alergi, termasuk biduran, dermatitis atopik, atau dermatitis kontak. 

Kandungan senyawa aktif hydroxyzine HCI dalam obat ini bekerja dengan menghambat kerja histamin, yaitu senyawa alami tubuh yang memicu alergi. 

Setelah konsumsi obat ini, Anda disarankan untuk tidak mengemudi, menjalankan mesin, atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Selain itu, waspadai juga efek samping yang mungkin muncul, seperti mulut kering dan mengantuk. 

Bestalin termasuk dalam golongan obat keras, sehingga untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter. 

Beli Bestalin 25 mg Tablet di Sini

9. Aerius

Aerius

Obat ini mengandung bahan aktif desloratadine yang dapat meredakan gejala alergi akibat makanan, cuaca dingin, dan lainnya. Aerius bekerja dengan cara menghambat zat histamin penyebab alergi atau biduran.

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Efek samping penggunaan obat ini adalah mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, sulit tidur, nyeri haid, dan mengantuk.

Beli Aerius 5 mg Tablet di Sini

10. Caladine Lotion

Caladine Lotion

Caladine lotion dapat membantu meredakan rasa gatal seketika. Kombinasi kandungan calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine HCl dapat membantu menenangkan dan meredakan gatal kulit. 

Selain meredakan gatal akibat biduran, produk ini juga dapat membantu mengatasi gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan gigitan serangga. 

Beli Caladine Lotion 60 ml di Sini

Beli Caladine Lotion 95 ml di Sini

11. Herocyn Powder

Herocyn Powder

Untuk meredakan gatal pada biduran, Anda juga dapat menggunakan bedak Herocyn Powder. Produk ini mampu menenangkan kulit dan meredakan gatal dalam waktu singkat. 

Produk ini mengandung camphor dan menthol yang mampu memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga rasa gatal pun dapat dikurangi.

Penggunaan produk ini cukup mudah, Anda tinggal menaburkan dan mengusap pada bagian kulit yang gatal.

Beli Herocyn Powder 85 gr di Sini

Beli Herocyn Powder 150 gr di Sini

Demikian beberapa obat yang bisa mengatasi biduran. Beberapa obat tersebut termasuk obat keras, sehingga Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapatkan obat.

Jika biduran yang dialami tidak kunjung membaik atau semakin bertambah parah, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2022. Hives. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8630-hives. (Diakses pada 22 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Chronic Hives. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-hives/symptoms-causes/syc-20352719. (Diakses pada 22 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan