Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Cara Melakukan Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

 19 Feb 2020 Kesehatan | serangan jantung



mengatasi serangan jantung


Serangan jantung yang dialami Ashraf Sinclair, suami artis Bunga CItra Lestari (BCL) merupakan salah satu bukti bahwa penyakit ini dapat menimpa siapa saja dan dapat terjadi kapan saja.

 

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) di tahun 2015, menunjukkan bahwa sekitar 70% kematian di dunia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM). Dari seluruh kematian akibat PTM, sebesar 45% bersumber dari penyakit jantung dan pembuluh darah, yaitu 17,7 juta dan 39,5 juta.

 

Baca Juga: Tanda Awal Serangan Jantung Sering Terabaikan

 

Serangan jantung terjadi akibat tubuh kekurangan darah yang membawa oksigen. Biasanya, serangan jantung ditandai dengan munculnya rasa sakit di bagian dada, sakit badan bagian atas, sesak napas, berkeringat, pusing, pucat, denyut nadi tidak teratur, hingga menyebabkan pingsan dan tidak sadarkan diri.

 

Untuk membantu penanganan pertama pada penderita serangan jantung, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Hubungi nomor telepon darurat di nomor 112 atau menelepon ambulans di 118 atau 119. Saat menelepon, ceritakan kondisi pasien secara lengkap serta alamat atau lokasi kejadian, sehingga petugas akan segera datang untuk memberi penanganan.
  2. Usahakan pasien tetap dalam keadaan tenang. Minta pasien untuk duduk di kursi atau lantai agar menghindari risiko mengalami cedera jika pingsan.
  3. Buat pakaian pasien menjadi longgar.
  4. Berikan obat nitrogliserin jika sudah pernah diresepkan oleh dokter. Letakkan tablet di bawah lidah saat memberikan obat.
  5. Jangan memberikan makanan atau minuman melalui mulut, kecuali nitrogliserin atau obat lain yang sudah diresepkan.
  6. Berikan pasien aspirin 325 mg jika tidak memiliki riwayat pendarahan atau alergi.
  7. Panggil bantuan jika Anda merasa panik. Namun, jangan meninggalkan pasien sendirian.
  8. Jangan menunggu gejala berlalu untuk memanggil bantuan dan jangan meminta pasien untuk menganggap bahwa gejala yang dialami adalah hal biasa.

 

Bagi orang awam, mungkin akan merasa takut jika melakukan pertolongan pertama saat seseorang mengalami serangan jantung. Namun, hal tersebut akan lebih baik dilakukan, daripada Anda tidak berbuat apa-apa saat seseorang membutuhkan pertolongan Anda. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang.





Bagikan artikel ini :




Kesehatan    serangan jantung