Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Apa Saja Makanan Yang Mengandung Probiotik?

 28 Nov 2018



makanan yang mengandung probiotik


Jumlah bakteri di dalam tubuh melebihi jumlah sel tubuh kita, 10 : 1. Sebagian besar bakteri ini berada di usus Anda dan tidak berbahaya.

 

Memiliki bakteri usus yang tepat akan memberi banyak manfaat kesehatan. Manfaat yang dapat kita raih seperti penurunan berat badan, memperbaiki fungsi pencernaan, peningkatan fungsi kekebalan tubuh, kulit yang lebih sehat, dan mengurangi risiko terjangkit penyakit-penyakit tertentu.

 

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang memberikan manfaat kesehatan. Makanan probiotik dapat menjadi salah satu sumber bakteri baik bagi tubuh kita.

 

Artikel ini akan memberikan informasi kepada Anda tentang apa itu probiotik dan apa saja makanan yang mengandung probiotik.

 

 

Apa itu probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila dikonsumsi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

 

Mereka biasanya berupa bakteri, tetapi ada jenis ragi tertentu yang dapat berfungsi sebagai probiotik.

 

Anda bisa mendapatkan probiotik dari suplemen serta makanan probiotik olahan yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri.

 

Perlu diingat, beda probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah bakteri hidup yang baik untuk tubuh kita. Sedangkan, prebiotik adalah serat makanan yang sebagian besar berada di dalam usus kecil dan membantu memberi makan bakteri probiotik.

 

Kelompok bakteri probiotik yang paling umum termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium. Setiap kelompok terdiri dari spesies yang berbeda, dan setiap spesies memiliki banyak strain atau sub-species.

 

Menariknya, setiap probiotik memiliki manfaat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memilih jenis probiotik yang tepat untuk keadaan kesehatan tubuh kita.

 

 

 

Contoh Makanan Yang Mengandung Probiotik

Kita tidak perlu bingung darimana tubuh kita mendapatkan asupan probiotik. Di sekitar kita ada beberapa makanan dengan probiotik tinggi yang murah serta mudah didapat. Makanan probiotik adalah makanan yang mempunyai probiotik dan dapat menjadi sumber bakteri baik bagi tubuh kita. Apa saja makanan probiotik yang dapat kita temui sehari-hari?

 

  1. Yogurt

    Yogurt adalah salah satu makanan yang mengandung probiotik tinggi. Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri baik, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

    Mengkonsumsi yogurt memberi banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan tulang. Makanan yang mengandung probiotik ini juga bermanfaat bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

    Yogurt adalah makanan probiotik untuk anak yang sangat baik. Hal ini karena yogurt memiliki probiotik untuk diare, khususnya diare yang disebabkan oleh antibiotik. Yogurt bahkan dapat membantu meringankan gejala sindrom
    iritasi usus.

    Selain itu, yoghurt mungkin cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa. Karena saat yogurt difermentasi, bakteri mengubah sebagian laktosa menjadi asam laktat. Inilah alasan mengapa rasa yogurt asam.


  2. Kefir

    Kefir adalah minuman susu probiotik yang difermentasi. Makanan yang mengandung probiotik ini dibuat dengan menambahkan biji kefir ke susu sapi atau kambing.

    Biji-bijian Kefir bukanlah biji-bijian sereal, melainkan kultur bakteri asam laktat dan ragi yang terlihat sedikit seperti kembang kol.

    Kata kefir diduga berasal dari bahasa Turki, yang berarti good feeling atau perasaan yang menyenangkan.

    Seperti yogurt, kefir juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan tulang, serta membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan dan melindungi tubuh terhadap infeksi.

    Kefir mengandung beberapa strain utama bakteri dan ragi yang ramah, membuatnya menjadi probiotik yang beragam dan kuat.



  3. Tempe

    Makanan yang mengandung probiotik, sehat, dan murah berikutnya adalah tempe. Tempe merupakan produk kedelai yang difermentasi dan bisa disebut sebagai makanan probiotik alami.

    Tempe memiliki rasa yang kuat dan cita rasanya digambarkan seperti gabungan antara kacang, tanah, dan jamur.

    Proses fermentasi memberikan beberapa efek mengejutkan untuk profil nutrisinya. Kedelai biasanya tinggi asam fitat, senyawa tanaman yang menghambat penyerapan mineral seperti besi dan zinc.

    Namun, proses fermentasi pada tempe menurunkan jumlah asam fitat, sehingga tubuh dapat menyerap lebih banyak mineral yang dikandung oleh tempe. Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak terdapat pada kacang kedelai.



  4. Kimchi

    Kimchi adalah makanan yang mengandung probiotik dari Korea. Kimchi memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

    Kimchi terbuat dari proses fermentasi dan bahan utama kimchi adalah kubis. Tetapi kimchi juga dapat dibuat dari sayuran lain.

    Rasa kimchi yang kuat berasal dari campuran bumbu seperti cabai merah, bawang putih, jahe, daun bawang, dan garam.

    Kimchi mengandung bakteri asam laktat Lactobacillus kimchii, serta bakteri asam laktat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

    Kimchi yang terbuat dari kubis mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, riboflavin, vitamin B2, dan zat besi.



  5. Acar

    Acar dinilai sebagai makanan yang banyak probiotiknya. Acara biasanya terbuat dari mentimun yang telah diasamkan dalam larutan garam dan air. Mereka dibiarkan berfermentasi untuk beberapa waktu menggunakan bakteri asam laktat alami mereka sendiri.

    Proses ini membuat mereka terasa asam. Acar mentimun dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

    Acar juga dinilai rendah kalori dan menjadi sumber vitamin K yang baik, nutrisi penting untuk pembekuan darah.



  6. Keju

    Meskipun sebagian besar jenis keju difermentasi, tidak berarti semua keju adalah makanan yang mengandung probiotik. Oleh karena itu, penting untuk mencari label probiotik pada kemasan produk keju.

    Bakteri baik dapat bertahan dari proses penuaan pada beberapa jenis keju, seperti keju Gouda, mozzarella, cheddar dan keju cottage.

    Keju sangat bergizi dan sumber protein yang sangat baik. Keju juga kaya vitamin dan mineral penting, termasuk kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium.

    Konsumsi moderat produk susu seperti keju dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan osteoporosis.



  7. Kombucha

    Kombucha adalah minuman teh hitam atau hijau yang difermentasi dan menjadikannya sedikit beralkohol. Teh ini difermentasi oleh koloni bakteri dan ragi yang baik.

    Kombucha telah dikonsumsi di banyak negara di dunia dan diduga berasal dari daerah Manchuria atau Rusia Timur.

    Belum terdapat bukti ilmiah yang cukup terkait dengan efek kesehatan kombucha. Namun, karena kombucha difermentasi dengan bakteri dan ragi, kombucha dinilai memiliki manfaat kesehatan yang berkaitan dengan sifat probiotiknya.

 

 

Referensi

  1. Probiotics 101: A Simple Beginner's Guide
  2. Probiotics: In depth. (2017, January 16)
  3. 11 Probiotic Foods That Are Super Healthy





Bagikan artikel ini :