Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Penyakit Batu Empedu: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Batu empedu yang terdapat di dalam kantong empedu diakibatkan oleh pengerasan yang terjadi pada komponen cairan empedu.

Cairan empedu terdiri dari banyak komponen. Beberapa komponen utama cairan empedu adalah garam empedu, protein, kolesterol, bilirubin, dan asam lemak.

Baca juga: Artikel kesehatan lainnya 

Penyebab batu empedu dimana komposisi komponen cairan empedu yang tidak seimbang, seperti terlalu banyak kolesterol, dapat menyebabkan terjadinya tersebut.

Kolesterol yang berlebihan di dalam cairan empedu dapat mengeras dan membentuk batu di dalam kantung empedu.

Besarnya batu bervariasi, dari kecil seperti pasir hingga sebesar bola golf. Batu empedu yang menyumbat saluran empedu dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat. Kondisi ini dinamakan nyeri kolik bilier.

Kolik bilier menyerang perut bagian atas kanan dan dapat berlangsung dalam hitungan jam. Selain rasa nyeri, kolik bilier dapat menyebabkan pasien mengalami muntah-muntah.

Apabila penyakit ini tidak memberikan gejala atau tanda apapun, penanganan medis mungkin tidak diperlukan. Namun bila terjadi gejala bahkan komplikasi, pengobatan batu empedu seperti operasi pengangkatan batu tersebut sangat diperlukan.

Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah kolesistitis. Kolesistitis adalah peradangan pada kantong empedu yang disebabkan terjadinya penyumbatan pada leher empedu atau saluran sistik

Tipe

Berikut adalah tipe batu yang dapat terbentuk di dalam kantong empedu.

  • Batu akibat kolesterol. Tipe penyakit ini adalah yang paling umum terjadi. Batu ini biasanya berwarna kuning. Selain kolesterol, ini mungkin juga terdiri dari berbagai komponen lainnya.
  • Batu akibat pigmen cairan empedu. Berwarna gelap, seperti kecoklatan. Batu ini terbentuk akibat kelebihan bilirubin pada cairan empedu. Bilirubin berperan dalam memberikan warna coklat pada feses.

Mengenal Empedu, Kantung Empedu, dan Saluran Empedu

Kantung empedu terletak di bawah hati dan memiliki peran untuk menyimpan cairan empedu.

Cairan empedu adalah cairan yang disekresikan oleh hati. Cairan empedu disalurkan dari hati ke kantung empedu melalui saluran empedu.

Cairan empedu yang berhasil disimpan di dalam kantung empedu, dapat dikeluarkan sewaktu-waktu ke usus kecil dan usus dua belas jari untuk membantu proses pencernaan makanan.

Secara spesifik, salah satu fungsi cairan empedu adalah untuk membantu tubuh mencerna dan menyerap lemak.

Komplikasi 

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi akibat penyakit ini antara lain.

  • Kolesistitis. Kolesistitis adalah peradangan yang terjadi pada kantong empedu. Kondisi ini biasanya disebabkan akibat terjadinya penyumbatan pada saluran sistik empedu.
  • Pankreatitis akut. Saluran pankreas bermula dari pankreas menuju saluran empedu bagian bawah. Saluran ini dapat tersumbat oleh batu pankreas. Penyumbatan ini dapat menyebabkan terjadi pankreatitis atau peradangan pankreas. Pankreatitis akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. Pasien pankreatitis memerlukan penanganan medis.
  • KolestasisKolestasis adalah sebuah kondisi dimana adanya hambatan aliran cairan empedu dari liver atau kantong empedu menuju usus dua belas jari. Batu ini dapat menyebabkan terjadinya kolestasis tipe obstruksi, dimana kolestasis tipe ini disebabkan adanya sumbatan secara mekanis pada saluran empedu. Kolestasis mungkin dapat menyebabkan infeksi pada saluran empedu.

nhs.uk
cancer.ca

Sumber

Artikel Lainnya