Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Candidiasis Mulut

Candidiasis mulut adalah salah satu infeksi pada mulut yang disebabkan oleh sejenis jamur yang disebut dengan candida. Candida ini adalah jamur yang senang tumbuh pada bagian tubuh manusia seperti pada area mulut (bagian kulit dan mukosa), tenggorokan, usus, vagina (organ kewanitaan), atau pada kulit.

 
Umumnya keberadaan jamur atau fungi pada mulut manusia tidaklah berbahaya, karena sebagian jamur dan bakteri pada mulut justru dapat membantu kulit melakukan fungsinya. Namun, apabila jamur atau fungi berkembang biak secara tidak terkendali, hal tersebut dapat berubah menjadi masalah infeksi yang membahayakan.

Candidiasis pada mulut dan tenggorokan disebut juga dengan kandidiasis sariawan atau orofaringeal.  Kondisi ini dapat menular jika melakukan kontak secara langsung dengan orang yang terinfeksi, terkecuali jika sistem kekebalan tubuh Anda dalam keadaan baik.

 
Gejala Candidiasis Mulut

Gejala candidiasis mulut berbeda tiap penderita, tergantung lokasi terjadinya infeksi. Candidiasis mulut umumnya ditandai dengan kemunculan bercak putih yang hampir sama dengan gejala sariawan. 

Baca juga:Mengatasi Mulut Sariawan

Berikut gejala umum candidiasis oral yang sering terjadi, antara lain:

  • Bercak putih yang muncul pada bagian mulut ( lidah bagian atas, pipi bagian dalam, gusi, bibir bagian dalam, dan tenggorokan)
  • Kemerahan pada beberapa bagian
  • Terasa nyeri saat mengunyah dan menelan
  • Fungsi indera perasa berkurang
  • Kesulitan berbicara
  • Saat tergores benda, bercak dapat berdarah
  • Timbul luka pada sudut bibir

Gejala candidiasis pada bayi dan anak – anak juga dapat Anda ketahui jika melihat beberapa tanda sebagai berikut:

  • Rewel, akibat rasa tidak nyaman pada mulut yang mengganggu
  • Kesulitan saat menyusui atau susah makan

Penyebab Candidiasis Mulut

Jamur candida yang berkembang biak dengan tidak terkendali adalah penyebab utama candidiasis mulut. Perkembang biakan jamur dapat terjadi ketika Anda kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur.

Jamur candida yang berkembang biak dengan tidak terkendali adalah penyebab utama candidiasis mulut. Pperkembang biakan jamur dapat terjadi ketika Anda kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi secara teratur.

Candidiasis mulut biasa disebabkan oleh beberapa jenis jamur candida seperti jamur Candida glabrata, Candida guilliermondii, Candida parapsilosis, dan Candida tropicalis. Selain itu, infeksi ini rentan dialami oleh orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pengidap virus HIV dan AIDS, bayi atau orang dewasa yang mengalami defisiensi vitamin B12 dan zat besi, atau lansia yang menggunakan gigi palsu.

Pengobatan Candidiasis Mulut

Candidiasis mulut sebetulnya dapat diatasi dengan melakukan perubahan pola hidup yang lebih higienis misalnya, menyikat gigi sebanyak 2 kali disertai dengan floss 1 kali dalam sehari, mengganti sikat gigi secara rutin sampai kondisi infeksi membaik, kumur dengan ½ sendok teh garam (2,5 mL) dengan 1 cup (235 mL) air hangat.

Pengobatan melalui pemberian obat antijamur golongan azole, seperti fluconazole, itraconazole, voriconazole dalam bentuk cair (obat kumur), krim, atau gel dapat diresepkan untuk mengobati candidiasis oral. Obat ini bekerja dengan merusak sel dan menghambat pertumbuhan jamur candida. 

Kesimpulan: 

Candidiasis mulut adalah infeksi mulut akibat jamur candida yang dapat terjadi pada orang dewasa, anak – anak dan bayi. Penyakit ini dapat menular apabila bersentuhan langsung dengan penderita. Kondisi candidiasis mulut ditandai dengan kemunculan gejala yang hampir serupa dengan gejala sariawan. Umumnya candidiasis mulut terjadi pada bagian pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, mulut bagian atas, atau gusi.

Pengobatan candidiasis dapat dilakukan dengan cara alami menggunakan campuran garam dan air hangat atau pemberian obat antijamur golongan azole dalam bentuk cair atau krim yang dapat menghambat pertumbuhan sel jamur di area terinfeksi.

https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/thrush/index.html
https://doktersehat.com/candidiasis
https://www.halodoc.com/kesehatan/candidiasis, Mei 2019

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya