Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Daftar Obat Pengencer Darah Rekomendasi Dokter

Obat pengencer darah terbaik di apotik

Obat pengencer darah adalah obat untuk melancarkan aliran darah yang biasanya diresepkan untuk mengatasi penyakit serius seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Berikut ini beberapa daftar obat pengencer darah yang dapat beli dengan cara tebus resep di Farmaku!

Obat Pengencer Darah Rekomendasi Dokter di Apotek

Adanya sumbatan darah yang terjadi di vena, arteri, dan jantung dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit serius, seperti stroke dan serangan jantung koroner. Untuk mencegah pembentukan gumpalan darah atau menjaga agar tidak membesar, seseorang membutuhkan obat pengencer darah.

Berikut ini daftar obat pengencer darah yang biasa direkomendasikan dokter untuk membantu mencegah penyumbatan atau pembentukan gumpalan darah:

1. Simarc Tablet 2 mg

Simarc-2 Tab obat pengencer darah

Obat pengencer darah Simarc Tablet mengandung warfarin sodium dan tergolong obat antikoagulan yang dapat mencegah dan mengobati penggumpalan darah yang terjadi di pembuluh vena.

Simarc Tablet juga dapat digunakan untuk mengobati penyumbatan pada pembuluh darah setelah melakukan pemasangan katup jantung prostetik dan kondisi stroke ringan. 

Obat ini tergolong obat keras, sehingga obat ini hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter. 

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui efek samping yang mungkin terjadi selama mengonsumsi obat ini. Beberapa efek samping Simarc, yaitu rambut rontok, heartburn, sakit dan nyeri kepala, sembelit, hingga sesak dan nyeri pada dada.

Selain itu, Anda perlu hati-hati menggunakan obat dengan kandungan warfarin pada kondisi seperti diabetes, penyakit ginjal (menjalani cuci darah), penyakit hati, gagal jantung kongestif, dan riwayat gangguan pembekuan darah.

Tebus Resep Obat Simarc Tablet 2 mg di Sini

2. Xarelto 10 mg

Xarelto

Obat Xarelto mengandung rivaroxaban yang dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah yang diakibatkan karena denyut jantung tidak teratur (fibrilasi atrium).

Kandungan rivaroxaban yang terdapat di obat ini bekerja dengan cara menghambat protein yang bekerja untuk melakukan pembekuan darah.

Obat ini tergolong obat antikoagulan dan obat keras sehingga untuk mendapatkannya Anda perlu menggunakan resep dokter.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui efek samping yang mungkin terjadi ketika mengonsumsi obat ini, seperti pusing, demam, mual, nyeri perut, kelelahan, dan gangguan pada ginjal.

Tebus Resep Obat Xarelto 10 mg di Sini

3. Clopidogrel

Clopidogrel

Obat clopidogrel tergolong obat antiplatelet yang dapat membantu mengobati serangan jantung, stroke pada pasien yang mengalami penyakit jantung, dan penyakit arteri perifer.

Selain itu, obat ini juga dapat digunakan bersamaan dengan aspirin untuk mengobati serangan jantung dan menjaga pembuluh darah yang terbuka, serta mencegah pembekuan darah setelah melakukan prosedur tertentu.

Ketika mengkonsumsi obat ini, efek samping yang mungkin terjadi, yaitu diare, sakit perut, pencernaan yang terganggu, dan mimisan. 

Clopidogrel termasuk obat keras sehingga dosis dan penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter.

Tebus Resep Obat Clopidogrel 75 mg Tablet Hexp di Sini

4. Pladogrel

Obat pladogrel adalah obat yang mengandung clopidogrel. Kandungan tersebut bekerja dengan cara mencegah terjadinya penyumbatan pada aliran darah dan pelekatan keping darah; dengan begitu aliran darah akan tetap lancar.

Obat ini diindikasikan untuk pasien yang memiliki penyakit seperti jantung koroner, stroke, dan arteri perifer.

Pladogrel tergolong obat keras dan penggunaannya tidak boleh digunakan bersamaan dengan aspirin, warfarin, obat antiinflamasi nonsteroid, heparin, dan trombolitik.

Perlu diperhatikan, penggunaan obat ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan aspirin, warfarin, obat anti inflamasi non steroid, heparin, dan trombolitik.

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu nyeri perut, diare, mimisan, hematoma, dan dispepsia.

Tebus Resep Obat Pladogrel 75 mg Tablet di Sini

5. Vaclo Tab

Vaclo Tab

Serupa dengan pladogrel, vaclo merupakan obat yang mengandung clopidogrel 75 mg yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah di pembuluh arteri akibat menempelnya trombosit.

Obat vaclo juga dapat membantu mencegah transient ischaemic attack atau stroke ringan pada pasien yang memiliki penyakit vaskular dan infark miokard.

Tergolong obat keras, vaclo memiliki efek samping seperti pusing, ruam, sakit kepala, gangguan pencernaan, dan paresthesia.

Vaclo memiliki efek samping seperti pusing, ruam, sakit kepala, gangguan gastrointestinal, dan paresthesia.

Tebus Resep Obat Vaclo 75 mg Tablet di Sini

6. CPG

CPG 75 mg

Obat CPG mengandung bahan aktif clopidogrel yang digunakan untuk mengobati dan mencegah iskemia pada orang yang pernah mengalami serangan iskemik (infark miokard, stroke, dan penyakit vaskular). 

Obat ini tergolong obat keras, sehingga konsumsinya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diberikan oleh dokter

Efek samping yang umum dialami setelah konsumsi obat ini, yaitu mual, ruam, diare, muntah, dan sakit kepala.

Penggunaan obat ini juga tidak boleh berbarengan dengan obat-obatan lain seperti heparin, warfarin, obat anti inflamasi non steroid, dan obat golongan PPI. 

Konsultasikan penggunaan obat ini dengan ahli atau dokter jika Anda mengalami masalah kesehatan tertentu.

Tebus Resep Obat CPG 75 mg di Sini

7. Plavix

Plavix 75 mg

Obat plavix tergolong obat antiplatelet yang mengandung clopidogrel dan membantu mencegah pembekuan darah yang terbentuk di pembuluh darah.

Selain itu, obat ini juga dapat membantu mencegah aterotrombosis pada pasien yang memiliki penyakit stroke iskemik, infark miokard, dan penyakit arteri perifer.

Plavix termasuk obat keras dan memiliki efek samping seperti gangguan pencernaan, nyeri perut, sakit kepala, vertigo, gatal-gatal, dan demam.

Tebus Resep Obat Plavix 75 mg Tablet di Sini

Nah, itulah beberapa obat pengencer darah yang dapat dibeli dengan resep dokter. Obat-obatan di atas termasuk obat keras dan harus digunakan dengan pengawasan dokter.

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan tekanan darah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

 

Cleveland Clinic. 2022. Anticoagulants. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/22288-anticoagulants. (Diakses pada 21 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan