Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Jenis Salep untuk Mengatasi Luka Tersiram Air Panas

salep untuk luka tersiram air panas

Tingkat keparahan luka bakar akibat tersiram air panas bisa beragam, tergantung lokasi dan luasnya area kulit yang terdampak. Oleh sebab itu, penggunaan obat pada area kulit yang terbakar sebaiknya tidak sembarangan. Apa saja salep untuk luka tersiram air panas bisa Anda gunakan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Salep untuk Luka Tersiram Air Panas

Salep untuk luka bakar karena tersiram air panas sebaiknya digunakan setelah melakukan tindakan pertolongan pertama. Berikut adalah berbagai jenis salep luka bakar yang membantu proses penyembuhan, di antaranya:

1. Bioplacenton Jelly

gambar bioplacenton obat luka bakar

Bioplacenton merupakan obat luka bakar yang mengandung Extract Placenta dan bahan aktif Neomycin sulfate.

Kombinasi kedua kandungan dalam salep ini bekerja dengan mendorong pembentukan jaringan baru sekaligus mencegah atau mengatasi infeksi bakteri.

Gunakan obat salep Bioplacenton setidaknya 4-6 kali dalam sehari pada luka bakar, dengan cara dioleskan tipis-tipis.

Jika luka bakar tidak kunjung membaik atau bertambah parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Selain itu, hindari penggunaan salep ini pada ibu hamil, menyusui, anak usia 1-2 tahun atau jika sedang menerima pengobatan radioiodine.

Beli Bioplacenton Jelly 15 g di Sini

2. Betadine Antiseptic Ointment

gambar betadine antiseptic ointment

Menggunakan betadine antiseptic ointment sebagai salep untuk luka tersiram air panas bisa mencegah terjadinya infeksi karena mengandung Povidone iodine, antiseptik yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain digunakan sebagai obat luka bakar, salep ini juga bisa digunakan pada masalah kulit lainnya seperti luka sayat, luka garukan, dan lecet.

Oleskan obat ini di permukaan luka sebanyak 1-2 kali sehari. Pastikan untuk membersihkan luka terlebih dahulu.

Beli Betadine Antiseptic Ointment di Sini

3. Dermatix Ultra

gambar dermatix ultra obat luka tersiram air panas

Luka bakar memang rentan meninggalkan bekas pada kulit. Namun, masalah tersebut bisa diatasi dengan salep yang satu ini.

Dermatix Ultra mengandung bahan aktif gel silikon dan vitamin C Ester yang berfungsi untuk menyembuhkan, meratakan, menghaluskan, serta memudarkan bekas luka termasuk luka bakar.

Perlu diketahui, obat ini hanya boleh digunakan pada luka yang sudah tertutup, hindari penggunaan pada luka terbuka untuk menghindari risiko yang lebih buruk.

Beli Dermatix Ultra 15 g di Sini
Beli Dermatix Ultra 5 g di Sini

4. Salep Burnazin

gambar salep burnazin

Luka bakar karena tersiram air panas, minyak, atau setrika dapat diatasi dengan obat sediaan krim atau salep luka bakar yang mengandung zat aktif Silver Sulfadiazine.

Salep ini membantu penyembuhan luka bakar dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran infeksi ke area kulit di sekitarnya.

Akan tetapi, meski dapat mengatasi luka bakar luka bakar ringan, penggunaan salep ini dapat menyebabkan area kulit yang diolesi menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Guna menghindari efek samping yang serius, disarankan untuk melindungi luka dari paparan sinar matahari.

Beli Salep Burnazin di Sini

5. Nabecentin Ointment

gambar salep nabecentin

Nabecentin ointment dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau luka bakar derajat satu; termasuk kondisi tersiram air panas.

Obat oles dalam bentuk krim ini mengandung antibiotik yang berguna untuk menghentikan, mencegah, dan mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Sementara pada luka bakar yang lebih serius, penggunaan obat ini mungkin tidak direkomendasikan. Usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Beli Nabecentin Ointment di Sini

6. Mebo Oint

gambar salep mebo

Salep Mebo adalah obat topikal berbentuk salep yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak akar mangkokan, ekstrak rimpang coptidis, dan ekstrak kulit Chinensis phellodendri. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau goresan.

Salep luka bakar ini tergolong obat bebas, sehingga tidak perlu resep dokter untuk menggunakannya. Meski begitu, salep ini mungkin saja dapat menimbulkan efek samping ringan seperti kulit kemerahan, gatal, dan kering pada kondisi tertentu.

Beli Mebo Oint di Sini

7. Bionect Cream

gmbar bionect cream

Luka bakar seperti tersiram air panas bisa membuat kulit menjadi kering dan gatal—bahkan setelah sembuh. Untuk mengurangi keluhan ini, Anda dapat menggunakan krim sorbolene yang berbahan dasar air seperti salep Bionect.

Bionect adalah obat sediaan krim yang mengandung Hyaluronic acid 0,2% sebagai komposisi utamanya. Senyawa tersebut dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Sedangkan untuk mengurangi bakas luka, Anda bisa mencampurkan obat ini dengan konsumsi vitamin E secara teratur sehingga penyembuhan lebih maksimal.

Beli Bionect Cream di Sini

Nah, itulah berbagai salep untuk luka tersiram air panas yang penting untuk Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat ya, FarmaFriends!

Mayoclinic. Drugs Supplements Silver Sulfadiazine.(Diakses pada Agustus 2022) https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/silver-sulfadiazine-topical-route/proper-use/drg-20068819

WebMD. Thermal Burns Treatment. (Diakses pada Agustus 2022) https://www.webmd.com/first-aid/thermal-heat-or-fire-burns-treatment


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan