Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Jenis Salep untuk Mengatasi Luka Tersiram Air Panas

salep untuk luka tersiram air panas

Tersiram air panas dapat menyebabkan kulit mengalami luka bakar dengan tingkat keparahan yang beragam. Oleh sebab itu, obat yang diperlukan juga bisa berbeda. Apa saja salep untuk luka tersiram air panas bisa Anda gunakan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Salep untuk Luka Tersiram Air Panas

Berbeda dengan luka bakar lainnya, tersiram uap atau air panas bisa memberikan rasa sakit seketika. Untuk pertolongan pertama, Anda harus segera meletakkan bagian yang terkena air panas di bawah air mengalir selama 20 menit. 

Salep untuk luka bakar karena tersiram air panas sebaiknya digunakan setelah melakukan tindakan pertolongan pertama. Berikut adalah berbagai jenis salep luka bakar yang membantu proses penyembuhan, di antaranya:

1. Betadine Antiseptic Ointment

Betadine Antiseptic Ointment

Menggunakan betadine antiseptic ointment sebagai salep untuk luka tersiram air panas bisa mencegah terjadinya infeksi karena mengandung povidone iodine, antiseptik yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain digunakan sebagai obat luka bakar, salep ini juga bisa digunakan pada masalah kulit lainnya seperti luka sayat, luka garukan, dan lecet.

Beli Betadine Antiseptic Ointment 20 gr di Sini

2. Hansaplast Wound Care Ointment

Hansaplast Wound Care Ointment

Hansaplast Wound Care Ointment juga dapat digunakan untuk mengatasi luka akibat tersiram air panas. Salep ini mengandung petroleum jelly yang dapat memertahankan kelembapan kulit, sehingga luka sembuh lebih cepat.

Tidak hanya dapat mengatasi luka bakar, salep ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka gores, lecet, dan kulit kering. Produk ini cocok untuk disediakan di rumah agar bisa digunakan kapanpun dibutuhkan. 

Beli Hansaplast Wound Care Ointment di Sini

3. Lanakeloid E Cream

Lanakeloid E Cream

Lanakeloid E cream dapat membantu mengobati luka bakar akibat tersiram air panas. Obat ini mengandung senyawa aktif centella asiatica dan vitamin E

Centella asiatica memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi bengkak, kemerahan, dan rasa sakit pada kulit yang terluka. Di sisi lain, vitamin E dapat membantu membuat luka lebih cepat sembuh serta mempercepat proses regenerasi kulit. 

Hindari pemakaian obat ini pada membran mukosa, seperti mata, hidung, dan telinga. JIka muncul iritasi kulit, segera hentikan penggunaan.

Beli Lanakeloid E Cream 10 gr di Sini

4. Mebo Ointment

Mebo Ointment

Salep Mebo merupakan pasta herbal berbasis minyak yang dapat membantu mengatasi luka bakar. Tanaman herbal yang terdapat di dalamnya, yaitu ekstrak kulit Chinensis phellodendri, ekstrak akar mangkokan, dan ekstrak rimpang Coptidis.

Salep ini dapat menjadi langsung dioleskan setelah kulit mendapatkan pertolongan pertama. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan salep tipis-tipis pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan. 

Waspadai penggunaan produk ini apabila Anda memiliki alergi terhadap minyak wijen. 

Beli Mebo Oint 20 gr di Sini

5. Bioplacenton Jelly

Bioplacenton Jelly

Bioplacenton Jelly tidak hanya dapat mengobati luka bakar ringan, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati luka kronik, luka dengan infeksi, serta jenis luka lainnya. 

Obat ini berbentuk gel dengan kandungan neomycin sulfate dan placenta extract sebagai zat aktifnya. Kombinasi senyawa aktif ini dapat mencegah infeksi bakteri sekaligus mempercepat pembentukan jaringan baru. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang ditetapkan oleh dokter. 

Beli Bioplacenton Jelly 15 gr di Sini

6. Burnazin Cream

Burnazin Cream

Salep lain yang bisa mengobati luka tersiram air panas adalah burnazin cream. Kandungan senyawa aktif silver sulfadiazine dalam obat ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan bakteri. 

Obat ini lebih banyak digunakan untuk merawat luka tersiram air panas yang sedang dan berat. Namun, sebenarnya salep ini juga dapat digunakan untuk kasus yang ringan. 

Burnazin cream termasuk dalam golongan obat keras, untuk mendapatkannya Anda perlu resep dokter. 

Beli Burnazin Cream 35 gr di Sini

7. Dermatix Ultra

Dermatix Ultra

Luka bakar apapun, termasuk akibat tersiram air panas dapat menimbulkan bekas luka. Kondisi ini tentu akan mengganggu penampilan. Salep Dermatix Ultra dapat membantu mengatasi kondisi ini. 

Dermatix ultra mengandung CPX (cyclopentasiloxane) dapat membuat bekas luka lebih rata dan halus. Selain itu produk ini juga mengandung vitamin C yang mampu memudarkan bekas luka.

Produk ini bisa mulai digunakan setelah luka bakar mengering. 

Beli Dermatix Ultra Gel 5 gr di Sini

Beli Dermatix Ultra Gel 15 gr di Sini

8. Bepanthen Ointment

Bepanthen Ointment

Bepanthen Ointment dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk luka tersiram air panas. Produk ini merupakan krim antiseptik yang dapat membantu melindungi kulit dari infeksi. 

Selain itu, krim ini juga bermanfaat untuk mengatasi gigitan serangga, tangan yang pecah-pecah, iritasi kulit, dan ruam kulit bayi.   

Beli Bepanthen Ointment 20 gr di Sini

Demikian beberapa salep yang dapat mengobati luka bakar akibat tersiram air panas. Beberapa obat termasuk dalam kategori obat keras sehingga diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Apabila luka yang dialami tidak kunjung membaik atau semakin parah, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Anthony, Kiara. 2023. Burns from Boiling Water. https://www.healthline.com/health/boiling-water-burn. (Diakses pada 22 November 2023).
NHS UK. 2022. Burns and scalds: Overview. https://www.nhs.uk/conditions/burns-and-scalds/. (Diakses pada 22 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan