Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

11 Cara Merawat Kulit untuk Usia 30 Tahun ke Atas

 16 Sep 2020 Kesehatan kulit | Skincare



cara merawat kulit usia 30 tahunan


Usia awal 30-an dapat membawa banyak perubahan yang tidak terduga pada tampilan fisik, baik pada pria maupun wanita. Perubahan fisik ini bisa terlihat dari kondisi kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti timbul garis-garis halus, kerutan, noda hitam, dan kulit yang kendur. Usia awal 30-an dapat membawa banyak perubahan yang tidak terduga pada tampilan fisik, baik pada pria maupun wanita. Perubahan fisik ini bisa terlihat dari kondisi kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti timbul garis-garis halus, kerutan, noda hitam, dan kulit yang kendur. 


Untuk mencegah dan menjaga kulit tetap sehat dan terawat di usia 30 tahun ke atas, Anda perlu melakukan perawatan kulit dengan tepat. Meski perawatan kulit sebaiknya sudah dilakukan dari usia dua puluhan. Namun tidak ada kata terlambat, jika Anda baru mulai melakukan rutinitas perawatan kulit di usia awal 30-an ini. 

 

Bagaimana cara merawat kulit di usia 30 tahunan?

 

cara merawat kulit di usia 30 tahun


Berikut beberapa langkah untuk melakukan perawatan kulit ketika Anda memasuki usia 30 tahun.

 

1. Lakukan rutinitas CTM (Cleansing, Toning, & Moisturising)

 

cara merawat kulit tubuh

 

Rutinitas CTM (Cleansing, Toning, & Moisturising) adalah tahapan dasar dan sederhana untuk perawatan kulit yang terdiri dari membersihkan kulit, menambahkan toner, dan pelembap. Jika Anda sudah memiliki basic skincare ini Anda hanya perlu menambahkan produk lain seperti serum atau eye cream ke dalam rangkaian skincare Anda. 

 

Namun, jika Anda belum memiliki basic skincare dan baru mulai melakukan perawatan kulit, sebaiknya Anda simak penjelasan di bawah ini.

 

Langkah 1: Cleansing 

 

Membersihkan kulit merupakan tahapan yang sangat penting, selain untuk menghilangkan kotoran atau debu, hingga sisa makeup yang menempel di kulit. Tahapan cleansing juga memastikan agar pori-pori Anda tidak tersumbat dan bersih. 

 

Pada tahap ini, menggunakan produk pembersih wajah memang dibutuhkan, tapi sebaiknya hindari pembersih wajah yang dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi serta gatal-gatal. 


Baca Juga: 6 Cara Memilih Gentle Cleanser yang Bagus Sesuai dengan Jenis Kulit

 

Pastikan Anda memilih pembersih wajah yang kandungannya gentle dan aman di kulit, bahkan di kulit sensitif sekali pun seperti Bioderma Sensibio Gel Moussant atau Sebamed Liquid Face & Body Wash.

 

Langkah 2: Toning 

 

Tahapan toning merupakan bagian yang penting, yang kebanyakan orang sering mengabaikan atau melewatinya. Namun, apa fungsi toner itu sendiri? Mengapa toner menjadi bagian yang penting?
Toner dapat membantu memulihkan ph (Persentase Hidrogen) kulit Anda setelah membersihkan wajah, sekaligus melembapkan kulit. Jika Anda memiliki tipe kulit normal, Anda dapat menggunakan toner dengan bahan air mawar karena dapat bekerja dengan baik di kulit normal. 

 

Sementara, jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi, Anda perlu berhati-hati saat memilih toner. Menggunakan toner yang salah dapat membuat kulit yang kering menjadi lebih kering dan kulit yang berminyak semakin berminyak. Untuk itu, gunakan toner yang bebas alkohol. Sedangkan, jika kulit Anda berminyak, Anda bisa menggunakan toner yang mengandung tea tree oil untuk mencegah timbulnya jerawat. 

 

Langkah 3: Moisturizing 

 

Moisturizing adalah langkah yang paling penting karena menggunakan pelembap yang tepat tidak hanya menjaga kelembapan kulit, tetapi juga membantu mengatasi masalah kulit seperti bekas jerawat dan kekeringan atau anti-penuaan. 

 

2. Cari bahan utama yang bermanfaat bagi kulit

 

tips merawat kulit


Saat Anda menggunakan skincare di usia 30-an, carilah skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit Anda tampak bercahaya dan awet muda seperti vitamin C, asam hialuronat, dan glikolat. Bahan-bahan ini akan membantu Anda mencegah penuaan dini dan menghindari kekeringan yang parah. Selain itu, bisa membuat kulit tampak cerah dan segar.

 

3. Mulai gunakan retinol

 

Manfaat merawat kulit di usia 30 Tahun

 

Selain tabir surya, bahan terbaik, teruji dan terbukti benar untuk menghaluskan tekstur kulit dan membuat garis, kerutan, dan pori-pori tidak terlalu terlihat adalah retinol atau resep retinoid seperti Retin-A.

 

Menurut dokter kulit bersertifikat Debra Jaliman, MD, di usia 30-an, penting untuk mulai menggunakan produk anti-penuaan untuk mencegah tanda-tanda penuaan sehingga tidak banyak yang harus Anda tangani nantinya.

 

4. Exfoliasi

 

cara melakukan eksfoliasi

 

Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit, sehingga kulit lebih cerah. Jika Anda melakukan eksfoliasi di malam hari, hal ini dapat membantu meningkatkan proses kulit saat kulit memperbarui dirinya dalam semalam. Selain melakukan eksfoliasi di malam hari, lakukan eksfoliasi setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebih.

 

Baca Juga: 3 Produk Neogen Bio Peel untuk Eksfoliasi Kulit Wajah, Coba yuk!

 

5. Gunakan krim 

 

rekomendasi krim untuk usia 30 tahun


Memasuki usia 30-an, Anda akan mulai melihat lebih banyak kerutan dan garis-garis halus di bawah mata Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menggunakan krim mata, sehingga membantu mengurangi garis-garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata.

 

6. Hidrasi kulit Anda

 

serum terbaik untuk usia 30 tahun

 

Hydrating adalah rutinitas perawatan kulit yang sangat penting untuk dilakukan. Mulailah mendapatkan pelembap yang memiliki bahan yang lebih kaya daripada yang biasa Anda gunakan di usia 20-an dan pelembap yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. 

 

Selain pelembab, Anda bisa menggunakan serum untuk membantu menambah hidrasi kulit. Serum juga dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam, garis-garis halus, pori-pori terbuka, dan masalah kulit lainnya.

 

7. Gunakan tabir surya

 

rekomendasi sunscreen terbaik untuk usia 30 tahu

 

Menggunakan tabir surya atau sunscreen menjadi bagian yang penting di setiap usia, termasuk di usia 30 tahun ke atas. Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan mengandung pelindung matahari UVA / UVB. Selain menggunakan sunscreen, Anda bisa gunakan alas bedak yang mengandung SPF, jika suka menggunakan alas bedak. Namun, tetap perhatian SPF yang ada. Jika SPF di bawah 30, Anda tetap perlu menambahkan tabir surya lagi.

 

8. Konsumsi suplemen

 

rekomendasi suplemen untuk kulit terbaik

 

Untuk menjaga kulit tetap kuat dan menjaga elastisitasnya,  selain melakukan perawatan kulit dengan skincare, Anda  dapat menambahkan suplemen untuk kulit seperti vitamin E dan vitamin C yang kaya akan antioksidan. Jenis vitamin ini juga dapat membantu produksi kolagen yang diperlukan kulit untuk menjaga elastisitasnya dalam waktu lama.

 

9. Olahraga

 

olahraga untuk pemula

 

Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat. Olahraga tidak hanya membantu menyehatkan sel darah Anda tetapi juga membersihkan kulit Anda. Selain itu, olahraga juga dapat membantu membuang semua produk limbah yang ada di dalam kulit Anda. Hal ini bisa membantu mencegah jerawat, mengurangi stres, dan membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan rutin berolahraga, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan cantik secara alami.

 

10. Perbanyak minum air mineral

 

minum air 8 gelas sehari

 

Minum banyak air setiap hari agar kulit Anda tetap terhidrasi dari dalam tubuh. Minumlah sekitar 8-10 gelas air setiap hari karena air dibutuhkan tidak hanya untuk tubuh yang sehat tetapi juga untuk kulit yang indah. 

 

Selain itu, air juga akan membantu menghilangkan racun dari tubuh dan memastikan kulit tetap sehat. Untuk mendapat dorongan yang ekstra, Anda bisa menambahkan jeruk nipis atau jus lemon ke dalam minuman Anda. 

 

11. Jalani pola hidup sehat

 

menjalani pola hidup sehat


Cobalah berhenti atau setidaknya kurangi konsumsi alkohol dan merokok. Kulit Anda akan terlihat tidak sehat karena racun dipompa ke dalam tubuh Anda. Kurangi juga asupan gula dan kafein. Gula diketahui bisa meningkatkan efek penuaan kulit dan memperburuk kondisi kulit karena mengikat kolagen dan memicu peradangan. 

 

Itulah 11 cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan kulit di usia 30 tahun ke atas agar mendapatkan kulit yang sehat, awet muda, cerah, dan terawat. Jika sejak dini Anda sudah rutin menjaga dan merawat kesehatan kulit, tanda-tanda penuaan dini dapat dicegah atau dikurangi. (SR)

 

Sumber:

 

  • Parenting first Cry. Diakses pada September 2020. Skin Care Tips after 30. https://parenting.firstcry.com/articles/skin-care-tips-after-30/
  • Byrdie. Diakses pada September 2020. Skincare in Your 30s: The 7 Most Important Habits to Establish. https://www.byrdie.com/best-skincare-routine-30s
  • Self. Diakses pada September 2020. How Your Skin Changes in Your 30s—and What You Can Do About It. https://www.self.com/story/skin-care-routine-30s




Bagikan artikel ini :




Kesehatan kulit   Skincare