Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Mengenal Skincare yang Mengandung Niacinamide dan Manfaatnya

niacinamide

Salah satu kandungan skincare yang sedang naik daun adalah niacinamide. Nicotinamide atau lebih dikenal dengan niacinamide merupakan vitamin B-3 yang dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh, termasuk kulit. Sehingga tidak heran, produk yang mengandung niacinamide sangat digemari para pecinta skincare.

Untuk mengenal lebih jauh soal kandungan dan manfaat kandungan niacinamide,  Anda bisa simak pembahasan lengkap melalui artikel di bawah ini!

Apa Manfaat Niacinamide?

niacinamide produk

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B-3 yang bisa ditemukan pada biji-bijian, sayur-sayuran, atau produk olahan daging. Vitamin ini berperan penting pada kesehatan kulit, ginjal, dan otak. Maka, untuk memastikan tubuh sudah terpenuhi kebutuhannya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen mengandung B-3. Sedangkan bentuk sintetis bagi kulit banyak ditemukan pada serum dan pelembap.

Secara keseluruhan fungsi niacinamide adalah membantu membangun protein pada kulit dan mencegah dari kerusakan akibat polusi. Kandungan ini bekerja dengan cara meningkatkan ketahanan kulit bagian luar dan memperkecil pori-pori. Berikut manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit:

  1. Membangun imunitas. Niacinamide membantu meningkatkan produksi keratin yang bermanfaat untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.
  2. Penghalang lemak. Manfaat lainnya adalah sebagai lipid barrier yang dapat meningkatkan kelembaban kulit.
  3. Meminimalisir kemerahan. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat, eksim, dan inflamasi lainnya.
  4. Memperkecil pori-pori. Menjaga kulit tetap halus dan lembut dengan cara memperkecil pori-pori.
  5. Mengatur kadar minyak. Pada kulit berminyak, niacinamide akan mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous.
  6. Melindungi dari sinar matahari. Membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari sinar ultraviolet.
  7. Mengatasi hiperpigmentasi. Skincare dengan konsentrasi niacinamide 5% membantu mencerahkan bintik hitam dalam 4 minggu. Hal ini disebabkan karena peningkatan produksi kolagen.
  8. Menyamarkan garis halus dan kerutan. Bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit akibat sinar matahari, seperti garis halus dan kerutan.
  9. Mengatasi jerawat. Membantu mengobati jerawat parah seperti inflamasi papula dan pustula. Papula merupakan jerawat berupa benjolan merah lunak yang menyakitkan, sedangkan pustula memiliki ujung putih yang berisi nanah.

5 Produk Serum yang Mengandung Niacinamide

Bagi Anda yang merupakan skincare enthusiast pasti sudah familiar dengan manfaat yang diberikan oleh niacinamide. Seorang pakar kecantikan dari Beverly Hills, Ava Shamban, MD, menyatakan bahwa kandungan ini memberikan perlindungan lengkap pada berbagai jenis kulit. Maka, tidak salah jika ia dijuluki sebagai kandungan dengan berbagai manfaat. Jika Anda ingin memulai menggunakan produk niacinamide, berikut rekomendasinya:

1. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Sumber: The Ordinary Deciem

Salah satu produk dari The Ordinary ini mampu mencegah kulit memproduksi melanin berlebih yang dapat menimbulkan flek hitam. Selain itu, manfaat yang bisa dirasakan adalah produksi sebum yang lebih terkontrol dan pori-pori yang mengecil. Pemakaian rutin bisa memberikan perubahan signifikan, terutama bagi Anda yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat.

2. Insta Natural Niacinamide Serum

manfaat niacinamide

Sumber: Insta Natural

Serum dari Insta Natural ini diformulasikan untuk melindungi kulit dari jerawat, penuaan dini, dan iritasi. Kandungan niacinamide yang dikombinasikan dengan ekstrak lidah buaya, minyak alpukat, rosemary, dan Hyaluronic Acid akan menutrisi dan menguatkan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat, produk ini bisa menjadi pilihan karena dapat mencegah timbulnya breakout.

3. Eva Naturals Niacinamide Vitamin B3 5% Serum

Eva Naturals Niacinamide

Sumber: Eva Naturals

Eva Natural Niacinamide berbahan dasar natural dan organik yang aman digunakan oleh berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kandungan vitamin B-3 di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi kemerahan dan menjaga pertahanan kulit. Selain itu, komposisi lidah buaya dan alpukat pada serum ini akan menjaga elastisitas kulit dan mencegah inflamasi.

4. Paula’s Choice 10% Niacinamide Booster

Paula's Choice 10% Niacinamide Booster

Sumber: Paulaschoice

Mengandung niacinamide 10%, skincare ini berguna untuk menyamarkan pori, mencegah kerutan dan garis halus, serta memperbaiki tekstur kulit. Teksturnya yang tidak lengket membuatnya nyaman digunakan baik sebagai serum maupun pelembab. 

5. Neogen Dermalogy H2 Dermadeca Serum Spray

Neogen Dermalogy H2 Dermadeca Serum Spray

Sumber: Neogenlab

Berbeda dengan produk lainnya, niacinamide serum dari Neogen merupakan jenis spray yang memudahkan saat digunakan. Komposisi pada skincare ini membuat wajah terlihat lebih bersih, sehat, dan terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Sensitif Saat Berjerawat dengan Tepat

6 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat

skin care menghilangkan bekas jerawat

Salah satu gangguan pada kulit yang banyak dialami adalah jerawat. Terlebih ketika jerawat menyisakan bekas yang membutuhkan waktu lama untuk menghilangkannya. Pada wanita, kondisi ini umum dialami ketika terjadi perubahan hormon saat menstruasi atau hamil. Namun, secara umum jerawat bisa timbul akibat faktor lainnya, seperti kurangnya menjaga kebersihan wajah. Berikut tips ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel:

1. Rajin membersihkan wajah

Setelah seharian terpapar sinar matahari dan polusi, wajah perlu dibersihkan dari kotoran yang menempel. Minimal cuci wajah sebanyak 2 kali sehari untuk mencegah timbulnya jerawat. Pilih sabun muka yang cocok bagi jenis kulit Anda supaya tetap terjaga kelembaban dan kesehatannya. Jangan lupa untuk rajin membersihkan smartphone, sprei, sarung bantal dan guling, serta benda-benda yang sering bersentuhan dengan wajah.

2. Menggunakan krim anti jerawat

Rutin mengaplikasikan skincare juga bisa menjadi salah satu usaha dalam mencegah timbulnya jerawat. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan krim yang digunakan sudah sesuai dengan kondisi kulit. Jika sudah terlanjur muncul jerawat, Anda bisa menggunakan gel atau obat jerawat untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.  

3. Pastikan Anda terhidrasi dengan baik

Penting diingat bahwa kulit yang kering bisa memicu tumbuhnya jerawat baru. Maka, Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih untuk menghidrasi tubuh dan kulit. Jangan lupa untuk gunakan pelembab baik pagi maupun malam hari.

4. Menjaga pola makan

Beberapa jenis makanan seperti produk olahan susu, coklat, atau makanan tinggi lemak dapat memicu timbulnya jerawat. Perbanyak sayur dan buah-buahan sebagai vitamin alami bagi tubuh.

5. Kelola stres dan pikiran

Ketika Anda sedang mengalami gangguan psikis dan tekanan batin, sangat wajar terjadi jika jerawat kemudian banyak bermunculan di wajah. Cobalah untuk beristirahat sejenak untuk menenangkan pikiran. Anda bisa melakukan meditasi, berekreasi, atau menggeluti hobi untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel dengan Tepat

4 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang dengan mudah menghilangkan bekas jerawat, namun tidak sedikit pula yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Bagi acne fighter, berikut 5 skincare yang bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat:

1. Acnes Point Clear

Acnes Point Clear

Sumber: Farmaku

Acnes Point Clear merupakan produk perawatan kulit berjerawat untuk mencegah timbulnya acne dan membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Sensasi dingin yang diberikan membuat kulit terasa segar saat menggunakannya.

2. Bio Oil

Bio Oil

Sumber: Farmaku

Hingga saat ini, Bio-Oil masih menjadi produk favorit untuk menghilangkan berbagai bekas luka dan stretch mark saat hamil. Vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner

Sumber: Avoskinbeauty

Dengan kandungan lengkap AHA-BHA-PHA, toner dari Avoskin ini membuat kulit lebih cerah dan mengikis lapisan yang terdapat bekas jerawat. Sebelum menggunakan produk eksfoloasi, Anda dianjurkan menghidrasi kulit terlebih dahulu supaya tidak terjadi iritasi.

4. ElsheSkin Serum

ElsheSkin Serum

Sumber: ElsheSkin

ElsheSkin Radiant Skin Serum sangat cocok digunakan buat Anda yang memiliki noda jerawat membandel hingga kehitaman. Komposisi pada skincare ini diklaim dapat mencerahkan kulit dan membebaskannya dari berbagai bekas luka. Teksturnya yang watery membuat serum ElsheSkin mudah terserap kulit.

Sebelum Anda mulai berbagai perawatan, sebaiknya kenali dulu jenis dan kondisi kulit. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya iritasi akibat salah membeli skincare. Jangan hanya membeli karena trend semata karena setiap kulit memiliki karakter yang berbeda-beda. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan produk yang Anda aplikasikan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Healthline. Diakses pada November 2020. Everything You Should Know About Niacinamide.
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide

Health. Diakses pada November 2020. Niacinamide Serums.
https://www.health.com/beauty/niacinamide-serums

Healthline. Diakses pada November 2020. How to Prevent Pimples.
https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan