Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Cacar Air pada Anak, Ampuh Atasi Gatal hingga Bekas Luka

obat cacar air

Meski bisa terjadi pada orang dewasa, cacar air (chickenpox) adalah penyakit yang lebih rentan menyerang anak-anak. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keparahan gejala adalah dengan obat cacar air. Apa saja obat yang bisa Anda gunakan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pilihan Obat Cacar Air Anak di Apotek

Berikut beberapa obat cacar air pada anak yang dapat Anda gunakan untuk meredakan gatal, nyeri, hingga perih pada kulit, di antaranya:

1. Paracetamol Sirup KF

Paracetamol Sirup KF

Paracetamol yang dapat diberikan sebagai pereda nyeri saat anak mengalami cacar air. Paracetamol Sirup KF tergolong obat bebas, sehingga dapat mudah ditemukan di apotek. Namun, sebaiknya tetap mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan . 

Obat pereda nyeri dan demam ini mungkin memiliki beberapa efek samping seperti mual, muntah, alergi, dan iritasi.

Beli Paracetamol Sirup KF di SIni

2. Isprinol

isprinol

Cacar air terjadi karena adanya infeksi virus. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan resep obat antivirus. Salah satu obat antivirus untuk cacar air adalah Isprinol.

Obat ini mengandung bahan methisoprinol yang bermanfaat dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menyembuhkan penyakit akibat infeksi virus seperti cacar air. 

Selain mempercepat penyembuhan pada cacar air, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit herpes, gondongan, hingga hepatitis B.

Obat Isprinol tergolong obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Perlu diingat, obat ini juga memiliki beberapa efek samping, yaitu ruam kulit, gatal, diare, dan menimbulkan rasa lelah. 

Beli Obat Antivirus ​​Isprinol di Sini

3. Isoprinosine 

Isoprinosine Sirup 60 ml

 

Isoprinosine dapat menjadi pilihan obat antivirus untuk mengobati cacar air. Sama seperti Isprinol, obat ini juga mengandung bahan methisoprinol yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi virus seperti cacar air.

Isoprinosine termasuk obat keras, sehingga penggunaannya perlu resep dokter. 

Selain itu, obat ini juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Efek samping yang dapat dirasakan yaitu sakit kepala, ruam kulit, gatal, insomnia, vertigo, hingga peningkatan asam urat.

Beli Obat Isoprinosine di Sini

4. Dextamine Sirup 

Dextamin Sirup 60 ml

Cacar air dapat menimbulkan rasa gatal di kulit. Jika rasa gatal dibiarkan tanpa penanganan, hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak. Untuk mengatasinya, dokter akan meresepkan obat gatal untuk cacar. Salah satu obat untuk mengatasi gatal adalah Dextamin Sirup. 

Obat ini mengandung bahan aktif dexamethasone dan dexchlorpheniramine. Dextamine Sirup dapat bekerja dengan cara menghambat histamin penyebab rasa gatal.

Obat ini tergolong obat keras, sehingga perlu mendapatkan resep dokter sebelum menggunakannya.

Beli Dextamine Sirup di Sini

5. Bedak Salicyl 2% KF

Bedak Salicyl 2% KF

Selain mengonsumsi obat, Anda juga bisa memberikan bedak untuk mengatasi rasa gatal. Bedak ini mengandung bahan asam salisilat, sehingga dapat meredakan rasa gatal di kulit.

Untuk menggunakan bedak ini, Anda cukup usapkan pada bagian kulit yang terasa gatal setelah mandi atau ketika merasa gatal. Bedak tabur ini tergolong obat bebas sehingga bisa didapatkan tanpa perlu resep dokter.

Beli Bedak Salicyl 2% KF di Sini

6. Salicyl Nellco Non Menthol 

Salicyl Nellco Non Menthol 60 g

Bedak tabur untuk mengatasi rasa gatal lainnya adalah Salicyl Nellco Non Menthol. Bedak ini juga mengandung asam salisilat untuk meredakan rasa gatal.

Berikan bedak ini pada bagian kulit yang terasa gatal. Untuk mendapatkan bedak ini, Anda bisa pesan di apotek tanpa perlu resep dokter.

Beli Salicyl Nellco Non Menthol di Sini

7. Mederma Gel 20 g

Mederma Gel 20 g

Penyakit cacar biasanya menimbulkan bekas cacar. Untuk membantu memudarkan bekasnya, Anda bisa memberikan obat bekas cacar seperti Mederma Gel. Obat ini dapat membantu memperbaiki struktur kulit yang rusak dan mengatasi kemerahan pada bekas cacar. 

Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu resep dokter karena termasuk obat bebas di apotek.

Penggunaan obat ini cukup dioleskan pada bekas luka cacar secara rutin sebanyak 3-4 kali. Jika saat menggunakannya timbul efek samping atau iritasi, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Beli Mederma Gel 20 g di Sini

Nah, itulah berbagai obat cacar air pada anak yang bisa Anda dapatkan di apotek. Jika ingin mendapatkannya, Anda bisa datang ke apotek Farmaku terdekat atau lakukan pembelian melalui website. 

Sementara jika ingin konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, Anda bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan