Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

13 Obat Cacar Air untuk Anak, Ampuh Atasi Gatal hingga Bekas Luka

obat cacar air pada anak

Cacar air adalah penyakit kulit yang lebih rentan menyerang anak-anak. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keparahan gejala adalah dengan obat cacar air. Apa saja obat yang bisa Anda gunakan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Beragam Pilihan Obat Cacar Air untuk Anak

Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Anak yang menderita kondisi ini dapat mengalami beberapa gejala, seperti ruam kulit, demam, sakit kepala, kelelahan, hingga kehilangan nafsu makan.

Berikut ini adalah berbagai obat cacar air untuk anak yang dapat Anda gunakan untuk meredakan keluhan-keluhan yang dirasakan Si Kecil, di antaranya:

1. Sanmol Sirup

Sanmol Sirup

Sanmol sirup dapat diberikan sebagai pereda nyeri saat anak mengalami cacar air. Obat ini memiliki kandungan paracetamol yang memberikan efek analgesik (pereda nyeri).

Meski termasuk obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter, jangan lupa ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Obat pereda nyeri dan demam ini mungkin memiliki beberapa efek samping, seperti mual, muntah, alergi, dan iritasi.

Beli Sanmol Syrup 60 ml di Sini

2. Isprinol

Isprinol

Cacar air terjadi karena adanya infeksi virus. Oleh karena itu, dokter biasanya akan memberikan resep obat antivirus. Salah satu obat antivirus untuk cacar air adalah isprinol.

Obat ini mengandung bahan methisoprinol yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menyembuhkan penyakit akibat infeksi virus seperti cacar air. 

Selain mempercepat penyembuhan, obat sirup untuk cacar air pada anak ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit herpes, gondongan, hingga hepatitis B.

Isprinol tergolong obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. Perlu diingat, obat ini juga memiliki beberapa efek samping berupa ruam kulit, gatal, diare, dan rasa lelah. 

Beli ​​Isprinol Syrup 60 ml di Sini

3. Isoprinosine 

Isoprinosine 

Isoprinosine dapat menjadi pilihan obat antivirus untuk mengobati cacar air. Sama seperti isprinol, obat ini juga mengandung bahan methisoprinol yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi virus seperti cacar air.

Isoprinosine termasuk obat keras sehingga penggunaannya memerlukan anjuran dan resep dokter. 

Selain itu, obat ini juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Efek samping yang dapat dirasakan yaitu sakit kepala, ruam kulit, gatal, insomnia, vertigo, hingga peningkatan asam urat.

Beli Obat Isoprinosine di Sini

4. Dextamine Sirup 

Dextamine Sirup 

Cacar air dapat menimbulkan rasa gatal di kulit. Jika rasa gatal dibiarkan tanpa penanganan, hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak. Untuk mengatasinya, salah satu obat bisa digunakan adalah Dextamin Sirup.

Obat ini mengandung bahan aktif dexamethasone dan dexchlorpheniramine. Dextamine Sirup dapat bekerja dengan cara menghambat histamin penyebab rasa gatal.

Dextamine tergolong obat keras sehingga diperlukan resep dokter dalam menggunakannya.

Beli Dextamine Sirup di Sini

5. Ryvel Sirup

Ryvel Sirup

Gejala alergi kemungkinan dirasakan oleh Si Kecil yang mengalami cacar air. Jika hal ini terjadi, Ryvel Syrup kemungkinan akan diresepkan oleh dokter untuk mengatasinya.

Obat cacar air untuk anak berbentuk sirup ini mengandung bahan aktif cetirizine hydrochloride (HCl)  5 mg. Penggunaannya tidak bisa sembarangan karena obat ini tergolong obat keras.

Perlu Anda ketahui, obat alergi untuk cacar yang akan digunakan memerlukan resep dokter agar dosis yang digunakan tepat.

Beli Ryvel Syrup 60 ml di Sini

6. Ozen Sirup

Ozen Sirup

Sama seperti Ryvel, Ozen Syrup juga mengandung bahan aktif cetirizine hydrochloride yang dapat membantu meredakan alergi saat anak cacar. Obat untuk cacar air pada anak bekerja dengan cara mengikat zat yang dapat memicu reaksi alergi.

Ozen sirup tergolong obat keras sehingga membutuhkan resep dan dosis yang tepat sebelum Anda memberikan pada anak.

Di samping itu, ada efek samping yang perlu diperhatikan saat penggunaan obat ini, yaitu mengantuk, rasa tidak nyaman di perut, pusing, mulut kering, dan sakit kepala.

Beli Ozen Syrup 60 ml di Sini

7. Acyclovir 5% Cream

Acyclovir 5% Cream

Obat berbentuk oles untuk cacar air anak ini mengandung bahan aktif acyclovir yang dapat membantu mengobati penyakit akibat virus.

Acyclovir dapat membantu mengurangi tingkat keparahan infeksi sehingga keluhan pada kulit akan mereda.

Obat ini mudah digunakan karena Anda tinggal mengoleskannya pada kulit anak yang terinfeksi. Namun, Acyclovir tidak dapat diberikan pada Si Kecil tanpa resep dari dokter.

Beli Acyclovir 5% Cream 5 gr KF di Sini

8. Clinovir Cream

Clinovir Cream

Penanganan cacar air dapat dilakukan dengan memberikan obat oles topikal pada kulit yang terinfeksi. Salah satu obat yang mungkin diresepkan oleh dokter adalah Clinovir Cream.

Obat antivirus untuk anak ini tergolong antivirus berbentuk krim yang bekerja dengan cara menghambat penggandaan virus pada cacar air sehingga keluhan dapat mereda.

Obat ini tergolong obat keras, jadi penggunaanya perlu resep dokter dan dosis yang tepat.

Beli Clinovir Cream 5 gr di Sini

9. Zovirax Cream

Zovirax Cream

Zovirax berperan sebagai antivirus yang dapat mengobati cacar air pada anak. Obat ini mengandung bahan aktif acyclovir 5% untuk mengatasi luka pada kulit yang terkena infeksi.

Anda dapat mengoleskan obat pada kulit anak yang mengalami lepuhan akibat cacar sebanyak 5 kali sehari selama 5 hari.

Namun, karena Zovirax Cream termasuk golongan obat keras, dosis yang diberikan oleh dokter pada setiap anak dapat berbeda.

Beli Zovirax Cream 5 gr di Sini

10. Zoter Cream

Zoter Cream

Zoter Cream merupakan obat antivirus yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacar air pada anak.

Obat oles ini mengandung zat aktif acyclovir yang dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab infeksi. Terhambatnya perkembangbiakan virus membuat gejala yang ditimbulkan mereda.

Zoter Cream tergolong obat keras sehingga membutuhkan resep dokter pada setiap penggunaannya.

Beli Zoter Cream 5 gr di Sini

11. Caladine Lotion

Caladine Lotion

Caladine Lotion dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu meredakan gatal-gatal karena cacar air. 

Selain itu, kandungan zinc oxide, calamine, camphor, dan diphenhydramine di dalamnya membuat losion ini berkhasiat dalam menangani masalah biang keringat, alergi, dan gigitan serangga pada anak.

Caladine Lotion berfungsi sebagai antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit. Losion ini dapat digunakan untuk anak-anak usia tiga tahun ke atas.

Beli Caladine Lotion 60 ml di Sini

Beli Caladine Lotion 95 ml di Sini

12. Bedak Salicyl

Bedak Salicyl

Selain memberikan obat-obatan, Anda juga bisa mengaplikasikan bedak pada anak untuk mengatasi rasa gatal akibat cacar air. Salah satu bedak yang direkomendasikan adalah Bedak Salicyl.

Bedak ini mengandung bahan asam salisilat yang berkhasiat untuk meredakan rasa gatal di kulit.

Untuk menggunakan bedak ini, Anda cukup mengaplikasikan secara merata pada bagian kulit Si Kecil yang terasa gatal setelah mandi atau rasa gatal muncul.

Beli Bedak Salicyl 2% KF di Sini

13. Salicyl Nellco Non Menthol

Salicyl Nellco Non Menthol

Satu lagi bedak tabur yang bisa digunakan untuk meredakan keluhan gatal akibat cacar air pada anak. Bedak ini juga mengandung asam salisilat yang berkhasiat untuk meredakan rasa gatal.

Sama seperti penggunaan bedak lainnya, gunakan bedak langsung pada bagian kulit yang terasa gatal setelah mandi.

Bedak ini bebas kandungan menthol sehingga aman digunakan karena tidak akan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada Si Kecil yang alergi atau sensitif terhadap menthol.

Beli Salicyl Nellco Non Menthol di Sini

Nah, itulah berbagai obat cacar air untuk anak yang penting diketahui  oleh orang tua. Jika Anda bingung memilih obat mana yang sesuai, Anda bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Baca juga:

Anonim. 2022. How To Care For A Child With Chickenpox. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/rash/chicken-pox. (Diakses pada 24 November 2023).
Ohashi, Nobuko & Konho, Tatsuro. 2020. Analgesic Effect of Acetaminophen: A Review of Known and Novel Mechanisms of Action. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7734311/. (Diakses pada 24 November 2023).
WebMD Editorial Contributors. 2023. What’s the Treatment for Chickenpox? https://www.webmd.com/children/understanding-chickenpox-treatment. (Diakses pada 24 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan