Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Obat Demam Alami yang Aman dan Obat Demam di Apotek

Demam sebetulnya bukan penyakit, melainkan reaksi sistem imun terhadap infeksi, atau kondisi lain yang mendasarinya. Tidak hanya orang dewasa, demam dapat terjadi dan dialami oleh siapa pun mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Meskipun kadang mengkhawatirkan, sebagian besar demam terjadi akibat adanya infeksi dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika Anda ingin agar tubuh kembali fit dengan cepat, ada banyak obat demam yang bisa Anda temukan di rumah maupun di apotek. 

Kenali Gejala dan Penyebab Demam Terlebih Dulu

Glass of water,pack of pills and digital thermometer on table with sick asian woman lying on sofa pillow after taking medicines Premium Photo

Mengenali demam dapat membantu Anda melakukan penanganan dan pengobatan yang tepat. Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius dari suhu tubuh normal yaitu antara 36,1°C sampai 37,2° C. 

Namun, seperti yang dikutip oleh Healthline, suhu tubuh normal setiap orang bisa berbeda-beda. Suhu tubuh normal juga dapat berfluktuasi, tergantung pada bagaimana tubuh kita yang beradaptasi dengan kondisi cuaca dan suhu udara pada hari itu, yang mana umumnya lebih rendah di pagi hari dan lebih tinggi di sore dan malam hari. 

Demam itu sendiri merupakan gejala dari beragam kondisi dan penyakit, yang apabila terjadi biasanya akan disertai dengan gejala lain akibat kondisi yang mendasarinya. Beberapa di antaranya yaitu: 

  • Tubuh berkeringat
  • Sakit kepala
  • Menggigil
  • Badan lemas
  • Nyeri pada otot
  • Kehilangan selera makan
  • Dehidrasi.

 

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan demam seperti:

  • Infeksi, seperti infeksi virus, bakteri, jamur,atau parasit.
  • Penyakit yang menyebabkan beberapa peradangan kronis.
  • Anak yang baru menerima imunisasi seperti tetanus atau difteri.
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan.

 

Bagaimana Cara Mengobati Demam?

Demam merupakan reaksi atau gejala dari suatu kondisi penyakit, sehingga pengobatan demam tentu perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Demam yang timbul sering kali membuat khawatir, terlebih jika demam terjadi pada bayi atau anak-anak sehingga banyak orang yang memilih untuk segera mengonsumsi obat penurun panas.

Padahal, tidak jarang orang mengukur suhu dengan menggunakan cara dan alat ukur yang tidak sesuai. Selain itu, obat penurun panas juga seharusnya diminum sesuai kebutuhan tubuh dan indikasi medis yang tepat.

Umumnya demam sering kali muncul bersamaan dengan gejala lain seperti radang tenggorokan, hidung tersumbat, meriang, nyeri sendi dan lain-lain. Namun sebaiknya jangan langsung terburu-buru untuk mengobatinya, ya. Sebagian besar demam membantu tubuh dalam melawan infeksi. Sebagai alternatif lainnya, ada berbagai obat demam alami yang bisa Anda coba di rumah lho FarmaFriends.

Obat Demam Alami yang Aman dan Bisa Dicoba di Rumah

obat demam alami

1. Kompres Air Hangat

Kebanyakan orang menggunakan kompres dingin untuk mengobati demam, padahal kompres dingin tidak benar-benar menyembuhkan demam lho. Kompres air hangat adalah metode mudah yang ampuh untuk menurunkan demam daripada kompres dingin. Suhu hangat pada air akan membuat pembuluh darah melebar dan memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh sehingga suhu tubuh akan menurun secara alami.

Cukup rendam kain waslap ke dalam wadah berisi air hangat (suam -suam kuku), peras sisa air, dan usahakan tempelkan ke daerah pembuluh darah besar yang dengan dengan kulit seperti di leher, ketiak, atau selangkangan. Pemberian kompres sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 15-20 menit beri jeda 10 menit kemudian kompres lagi.

2. Buah-buahan

Untuk menurunkan panas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang memiliki kadar air tinggi seperti buah. Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, nanas, atau jambu biji yang kaya akan antioksidan dapat mendukung sistem imun dalam mempercepat penyembuhan. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi smoothie agar lebih menyejukkan.

3. Aloe Vera

Punya lidah buaya di rumah? Ambil sedikit gelnya kemudian tempel atau oleskan ke kulit. Aloe vera atau lidah buaya memiliki enzim yang dapat membantu penderita demam untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

4. Lemon dan madu

Lemon dan madu merupakan kombinasi bahan alami yang dapat membantu menurunkan demam pada anak. Selain menyegarkan tubuh kombinasi keduanya juga dapat memperkuat sistem imun.

Anda dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm jus lemon. Kemudian aduk kedua bahan tersebut dengan baik dan berikan pada anak Anda.

5. Jahe

Jahe sudah turun temurun digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Sifat antibakteri yang dimiliki jahe efektif melawan demam, batuk dan gejala lainnya. Anda dapat mencampur irisan jahe dengan minuman hangat seperti teh. Minuman tersebut dapat membuat Anda berkeringat, serta membantu menghilangkan panas dan racun pada tubuh.

6. Mandi Air Hangat

Kondisi suhu tubuh yang tinggi terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi, jangan sekali-kali tergoda untuk menggugurkan tubuh dengan air dingin ya. Metode mandi air hangat dapat Anda terapkan sama seperti metode kompres sebelumnya. Selain mengurangi risiko menggigil, metode mandi air hangat dapat mengurangi demam secara bertahap dengan aman.

7. Banyak Minum Air

Obat demam alami yang paling ampuh adalah konsumsi banyak cairan. Sertai dengan perbanyak waktu istirahat. Tidak hanya Anda minum minuman herbal atau teh hangat sesuai kebutuhan.

Kapan Demam Harus Dibawa ke Dokter?

Kenyataannya, obat demam alami hanya akan membantu Anda agar sedikit merasa lebih baikan. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk benar-benar menyembuhkan demam adalah dengan mengobati akar penyakit yang menjadi penyebabnya. Demam dikatakan masih ringan apabila suhu tubuh belum mencapai 38° C. Namun, jika sudah lebih dari 38° C kondisi ini memerlukan penanganan lebih lanjut dan dianggap harus segera diberikan bantuan medis. Lebih lanjut jika sudah diatas 40°C berisiko menyebabkan gangguan fungsi otak dan kejang, terutama pada bayi dan anak-anak.

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai demam yang Anda alami untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, dan minumlah obat sesuai petunjuk dokter.

Berikut ini obat demam yang dapat membantu menurunkan demam Anda.

Rekomendasi Obat Demam di Apotek

Selain menggunakan obat batuk alami yang ada di rumah, Anda juga bisa mencoba menurunkan demam dengan obat batuk yang bisa dibeli di apotek. Berikut adalah beberapa rekomendasinya:

Obat Demam Dewasa

1. Sanmol Sirup 60 Ml

Sanmol Sirup 60 ml

 

Sanmol adalah obat dengan kandungan paracetamol. Obat ini digunakan untuk meringankan rasa sakit pada keadaan sakit kepala, sakit gigi dan menurunkan demam. Setiap 5 ml Sanmol Sirup mengandung 120 mg paracetamol.

Beli Sanmol Sirup 60 Ml Harga Terbaik Di Sini!

2. Panadol Biru

Panadol Biru Strip 10S

Panadol Paracetamol dapat digunakan untuk menurunkan demam yang disertai dengan gejala flu. Kandungan 500 mg pada setiap tablet obat Panadol ini bekerja sebagai antipiretik pada pusat pengatur panas di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh serta menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan hingga sedang.

Beli Panadol Strip Biru Harga Terbaik di Sini!

3. Biogesic Blister

Biogesic Blister

Biogesic adalah obat untuk menurunkan demam. Obat biogesic umumnya juga digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, dan nyeri ringan lainnya. Kandungan 500 mg paracetamol dalam obat ini bekerja dengan menurunkan suhu tubuh.

Beli Biogesic Blister Harga Terbaik di Sini!

4. Bodrex strip

Bodrex Strip 10S

Obat yang satu ini pasti sudah tidak asing bukan? Obat yang sangat mudah ditemukan di apotek, apotek online, atau supermarket terdekat ini mengandung 600 mg paracetamol dan caffeine yang mampu mengatasi sakit kepala, sakit gigi hingga gejala demam.

Beli Bodrex Strip Harga Terbaik di Sini!

Obat Demam Anak

1. Termorex Sirup 

Termorex Sirup 30 ml

 

Termorex merupakan obat penurun panas anak yang mengandung paracetamol. Obat ini juga efektif meredakan demam pada bayi pasca imunisasi, sakit gigi dan kepala. Termorex dapat diperoleh tanpa resep dokter.

Dapatkan Termorex Sirup Harga Terbaik di Sini!

2. Proris Forte Sirup 

Proris Forte Sirup 50 ml

Proris Forte adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri ringan dan demam pada anak-anak, terutama pada kondisi peradangan. Tiap 5 ml Proris Forte mengandung 200 mg ibuprofen yang berfungsi meredakan demam dan mengurangi intensitas nyeri.

Dapatkan Obat Demam Proris Forte Harga Terbaik di Sini!

3. Tempra Paracetamol

Tempra Sirup 30 ml

Tempra diketahui dapat membantu meredakan demam dengan lebih efektif. Selain itu, Tempra juga cocok untuk meredakan nyeri anak karena masa pertumbuhan gigi.

Dapatkan Tempra Paracetamol Harga Terbaik di Sini!

4. Dumin Sirup 60 Ml

Dumin Sirup 60 ml

Dumin merupakan obat dengan kandungan paracetamol 500 mg yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot dan demam pada anak.

Dapatkan Obat Dumin Sirup Harga Terbaik di Sini!

Itulah beberapa beberapa metode obat demam alami dan rekomendasi obat demam yang aman dijual bebas di apotek untuk membantu mempercepat penyembuhan demam Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Medlineplus. Health Topics. Fever. Diakses pada Maret 2021. https://medlineplus.gov/fever.html
Healthline. Everything You Need to Know About Fever. Diakses pada Maret 2021. https://www.healthline.com/health/fever
Livestrong. The Best Foods to Eat if You Have a Fever. Diakses pada Maret 2021. http://www.livestrong.com/article/194306-the-best-foods-to-eat-if-you-have-a-fever/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan