Obat Nyeri Saat Gigi Berlubang

 13 May 2019



Obat nyeri untuk gigi berlubang


Gigi berlubang merupakan kerusakan yang terjadi pada struktur gigi. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Gula yang terperangkap di mulut kita, akan dipecah oleh bakteri pada plak gigi menjadi asam. Asam ini akan mengikis lapisan enamel dan bila dibiarkan, lama kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang.

 

Setelah enamel, lapisan gigi yang akan diserang oleh asam bakteri plak adalah dentin. Dentin adalah lapisan tepat diatas pulpa, dimana terdapat saraf, pembuluh darah, dan jaringan. Ketika saraf pada gigi terekspos, kita dapat merasakan nyeri saat makan atau minum.

 

 

 

 

Penyebab Gigi Berlubang

Makanan yang mengandung karbohidrat atau gula dapat terperangkap di antara sela-sela gigi, dan terus berada di sana apabila gagal dibersihkan dengan menyikat gigi.

 

Karbohidrat dan gula akan diubah oleh bakteri plak menjadi asam yang akan mengikis enamel gigi. Semakin banyak konsumsi karbohidrat dan gula, artinya akan semakin banyak asam yang diproduksi oleh bakteri-bakteri ini. Membuat kita semakin rentan terhadap serangan gigi berlubang.

 

Menurut Crest, salah satu brand produk perawatan gigi ternama di Amerika Serikat, berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

  • Tidak menjaga kebersihan mulut. Tidak menyikat gigi secara teratur dapat menyebabkan plak dan bakteri di mulut menumpuk.

  • Penumpukan plak. Plak merupakan gabungan dari sisa makanan, saliva, bakteri, dan asam. Plak adalah rumah bagi bakteri-bakteri yang memiliki peran menyebabkan gigi berlubang.

  • Mulut kering. Air liur membantu untuk membersihkan plak. Namun bila kita sering mengalami mulut kering, plak akan menumpuk pada gigi lebih cepat.

  • Makan dan minum. Khususnya makanan berkarbohidrat dan yang mengandung gula. Walaupun setelah menyikat gigi, sisa makanan dapat tertinggal dan menyebabkan terbentuknya plak. Untuk itu, bersihkan gigi setiap kali Anda mengkonsumsi makanan dan minuman seperti soda, nasi, sereal, permen, buah-buahan, karamel, biskuit, dan makanan ringan lainnya.

  • Masalah kesehatan. Gigi dapat terekspos oleh asam lambung yang naik ke mulut. Pengobatan radiasi kanker juga dapat mengubah struktur saliva yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada mulut.

 

 

 

 

Pilihan Obat Nyeri Akibat Gigi Berlubang

Apabila gigi kita berlubang dan mengalami nyeri setiap kali makan atau minum. Ada beberapa obat anti nyeri atau penahan sakit yang dapat dibeli dengan bebas sebagai penghilang rasa sakit.

 

Obat anti inflamasi non steroid (OAINS) dinilai bekerja efektif melawan rasa nyeri pada sakit gigi, karena obat ini membantu meredakan peradangan yang terjadi. Cara kerja OAINS adalah memblokir enzim COX atau siklooksigenase dan mengurangi kadar prostaglandin di dalam tubuh. Enzim siklooksigenase memiliki 2 tipe, COX-1 dan COX-2, keduanya berperan dalam memproduksi prostaglandin yang memberi efek peradangan seperti demam dan rasa sakit.

 

Perlu menjadi catatan, prostaglandin memiliki peran dalam proses pembekuan darah oleh keping darah atau trombosit, dan juga melindungi mukosa lambung dari asam. Artinya, mengkonsumsi OAINS akan mengurangi produksi prostaglandin, sehingga berpotensi menyebabkan ulkus peptikum dan pendarahan.

 

Beberapa obat OAINS yang dapat Anda beli di apotek (beberapa di antaranya HARUS DENGAN RESEP DOKTER).

  • Asam mefenamat (obat resep)
  • Ibuprofen (OTC)
  • Ketoprofen (obat resep)
  • Celecoxib (obat resep)
  • Piroxicam (obat resep)
  • Diklofenak (obat resep)
  • Etoricoxib (obat resep)
  • Acetosal / aspirin / asam asetilsalisilat (obat resep)

 

Selain OAINS, analgesik OTC seperti acetaminophen atau paracetamol juga dapat membantu tubuh meredakan rasa sakit. Kombinasi OAINS dan parasetamol dapat membantu mengatasi rasa sakit tingkat sedang hingga parah.

 

 

 

 

Sumber

  1. Cavities & Tooth Decay
  2. Why Dentin is important?
  3. Best drugs for dental pain, Jan 2017.
  4. NSAID Drugs





Bagikan artikel ini :