Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Manfaat Daun Afrika untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

manfaat sehat daun afrika

Daun Afrika atau lebih dikenal dengan nama sambung nyawa ini menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan. Tanaman herbal ini telah digunakan selama ratusan tahun sebagai pengobatan berbagai macam penyakit oleh penduduk setempat.

Kendati dianggap berkhasiat dan digunakan sebagai bahan baku obat herbal, daun bernama ilmiah vernonia amygdalina ini dibudidayakan secara komersial, sehingga banyak ditemukan di daerah Afrika tropis, India, dan Asia Tenggara. Lebih lanjut ketahui berbagai manfaat daun sambung nyawa dalam ulasan di bawah ini. 

Ragam Manfaat Daun Afrika

Daun Afrika atau sambung terkenal memiliki rasa yang pahit dengan bau yang unik. Kandungan senyawa yang ditemukan di dalam daun herbal ini membuatnya berkhasiat sebagai pengobatan alami.

Berikut ini berbagai manfaat menyehatkan dari daun Afrika, di antaranya.

1. Sebagai Antioksidan

Flavonoid adalah salah satu senyawa yang ditemukan dalam daun Afrika. Terdapat tiga jenis flavonoid yang telah diidentifikasi pada daun herbal ini, termasuk luteolin, luteolin 7-O-β-glucuronoside, dan luteolin 7-O-β-glucoside. Ketiganya memiliki sifat antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Manfaat antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar UV dan polusi udara, sehingga mengurangi risiko kanker. 

Selain sebagai antioksidan, flavonoid juga berfungsi sebagai anti virus, anti alergi, dan anti inflamatori (peradangan).

2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun Afrika dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat menurut penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Pharmaceutical Research

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam darah bisa memicu penyempitan pembuluh darah dan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung dan stroke dan.

Penelitian mengenai manfaat daun Afrika untuk mengatasi masalah kolesterol ini hanya dilakukan pada hewan laboratorium, sehingga memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia. Sebaiknya konsultasi dengan dokter bisa Anda ingin menggunakan daun Afrika sebagai pengobatan alami masalah kolesterol.

Baca Juga: Rekomendasi Suplemen yang Bagus untuk Kesehatan Jantung

3. Mencegah Penyakit Pencernaan

Daun sambung nyawa dianggap dapat mengatasi masalah pencernaan. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian dilakukan pada ayam bertujuan untuk mengetahui efek daun herbal ini terhadap kesehatan pencernaan. 

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelompok ayam yang diberi makanan bercampur daun sambung nyawa kering mengalami pertumbuhan bakteri baik atau prebiotik seperti Lactobacillus dan Enterococcus di dalam pencernaannya.

Bakteri seperti salmonella dan E.coli yang banyak ditemukan di dalam sistem pencernaan ayam percobaan tersebut, jumlahnya berkurang dan hilang total setelah 4 minggu diberi daun herbal ini. Namun, bakteri ini kembali muncul di minggu ke-7 dan ke-8 tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit.

Kesimpulanya bahwa daun sambung nyawa kering dapat berfungsi sebagai probiotik dan membantu mengurangi risiko penyakit pada sistem pencernaan.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian secara medis telah menunjukkan bahwa ekstrak kloroform atau triklorometana yang diambil dari daun Afrika, ternyata memberikan efek penghambatan atau pencegahan dari pertumbuhan sel kanker pada area nasofaring.

Sementara penelitian lainnya, daun herbal ini juga dapat membantu mencegah kanker payudara. Ini karena kandungan di dalamnya yang diketahui secara ilmiah dapat membantu mencegah pertumbuhan sel tumor di area payudara.

5. Mencegah Diabetes

Sejak dahulu masyarakat Afrika sudah menggunakan daun Afrika sebagai obat herbal untuk mengobati diabetes. Bahkan khasiatnya telah dibuktikan oleh sebuah jurnal kesehatan yang menemukan bahwa daun ini menyimpan senyawa yang bersifat anti diabetes, termasuk flavonoid, alkaloid, terpenoid, dan saponin.

Senyawa flavonoid, alkaloid, dan terpenoid berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah seperti insulin.Sedangkan senyawa saponin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemia) akibat stress oksidatif pada penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga: Obat Diabetes yang Umum Diresepkan Oleh Dokter

6. Meredakan Gejala HIV/AIDS

Penderita HIV/AIDS biasanya mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh yang membuatnya rentan terkena infeksi.

Berdasarkan penelitian, ekstrak sambung nyawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien yang terinfeksi HIV. Ini karena kandungan alkaloid di dalamnya mampu meningkatkan jumlah jenis sel darah putih (SC4) yang berfungsi menjaga sistem imun.  

Dengan menggunakan tanaman herbal ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel CD4 yang bisa membantu meredakan gejala berbagai macam penyakit, termasuk gejala HIV/AIDS.

Baca Juga: Suplemen yang Efektif untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Orang Dewasa

7. Meningkatkan Kesuburan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jus daun Afrika dapat membantu meningkatkan jumlah sperma pada pria. Peningkatan jumlah sperma pada pria berarti memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. 

Vitamin yang ditemukan pada daun Afrika bertanggung jawab untuk meningkatkan jumlah sperma. Dengan begitu sel sperma memiliki peluang tinggi untuk membuahi sel telur dari wanita. 

8. Meningkatan Fungsi Metabolisme

Vitamin B1 umumnya bertanggung jawab atas proses metabolisme dalam tubuh manusia. Nah, vitamin ini dapat ditemukan dalam daun Afrika yang dapat membantu meningkatkan fungsi metabolisme secara keseluruhan.

Kandungan senyawa dalam daun Afrika membuatnya berkhasiat untuk mengoksidasi asam lemak dalam jumlah ekstra, yang juga menurunkan kemungkinan penyimpanan lemak dalam tubuh manusia.

Itu dia ulasan mengenai berbagai manfaat daun Afrika yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan, termasuk pengobatan alami hingga cara penggunaan yang benar.

Africanfolder. Diakses pada 15 Maret 2024. 25 Health Benefits Of Bitter Leaf. https://africanfolder.com/25-health-benefits-of-bitter-leaf/

Hindawi. Diakses pada 15 Maret 2024. Therapeutic Benefit of Vernonia amygdalina in the Treatment of Diabetes and Its Associated Complications in Preclinical Studies. https://www.hindawi.com/journals/jdr/2023/3159352/

Housing. Diakses pada 15 Maret 2024. Vernonia Amygdalina: Features, Benefits, and Maintenance Tips. https://housing.com/news/vernonia-amygdalina-features-and-benefits-of-the-bitter-leaf-plant/

Science Direct. Diakses pada 15 Maret 2024. Immunological effect of aqueous extract of Vernonia amygdalina and a known immune booster called immunace® and their admixtures on HIV/AIDS clients: a comparative study. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2221169112600380

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan