Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Nutrisi untuk Kesehatan Jantung Anda!

Sebagai organ tubuh yang sangat vital, jantung berfungsi memompa darah berisi oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan jantung Anda agar berfungsi dengan baik. Dalam menjaga kesehatan jantung, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, mulai dari mengonsumsi lebih banyak serat dan ikan, melakukan olahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok, menjaga tekanan darah dan kadar gula darah, mengurangi konsumsi lemak jenuh, istirahat yang cukup hingga mengonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Suplemen adalah produk yang mengandung satu atau lebih nutrien yang dapat membantu memastikan tubuh seperti tulang, otot, sampai jantung telah terpenuhi kebutuhannya akan nutrien, dengan begitu tubuh dapat berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian mengenai suplemen untuk jantung menunjukkan bahwa beberapa suplemen di antaranya dapat membantu meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan hal lainnya yang dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Melakukan Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Umumnya, suplemen untuk jantung memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung Anda. Berikut lima nutrisi dalam suplemen yang baik untuk kesehatan jantung.

1. Serat

makanan tinggi serat

Serat merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang berguna untuk melancarkan pergerakan usus, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, memelihara kesehatan usus, dan membantu menurunkan berat badan. Serat sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat yang tidak dapat larut dalam air dan serat yang larut dalam air. Makanan yang mengandung serat di antaranya, yaitu buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan polong. Dengan mengonsumsi serat, hal ini dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap tubuh.

2. Sterol dan stanol

Sterol dan stanol

Sterol dan stanol adalah senyawa kimia penting yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus kecil dengan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dari 6 sampai 15 persen. Meski dapat menurunkan kolesterol, stanol dan sterol tidak dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Stanol dan sterol dapat ditemukan pada kacang-kacangan, wijen, almond, gandum, kubis, minyak zaitun hingga jagung. Menurut para ahli, bagi penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi sterol dan stanol untuk membantu menurunkan kolesterol LDL.

3. Coenzyme Q10 (CoQ10)

koenzim q10

Secara alami, tubuh Anda sudah menghasilkan koenzim Q10 yang biasa dikenal sebagai ubiquinone. Coenzyme Q10 atau CoQ10 adalah antioksidan yang terdapat pada hampir setiap sel dalam tubuh. Dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung CoQ10 dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa suplemen yang mengandung CoQ10 di antaranya, yaitu Blackmores CoQ10, Nutrimax Coenzyme Q10 dan Sunkist Coenzyme Q10. Blackmores CoQ10 adalah suplemen yang memiliki formula koenzim Q10 dan antioksidan yang kuat, sehingga mendukung kesehatan sistem kardiovaskular, menjaga kesehatan arteri, dan fungsi otot jantung.

Sementara Nutrimax Coenzyme Q10 dapat berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Suplemen ini juga mengklaim dapat mengoptimalkan suplai oksigen ke seluruh jaringan tubuh guna menjaga kesehatan dan membantu terapi penyakit jantung dan pembuluh darah (hipertensi, hipotensi, stroke, gagal jantung, penyakit jantung koroner, angina pektoris/sakit atau nyeri dada, Aritmia/ritme jantung tidak teratur).

Kemudian, Nutrimax Coenzyme Q10 juga dapat mengoptimalkan produksi energi tubuh agar vitalitas meningkat dan mampu mengatasi kelelahan kronis, serta membantu meningkatkan imunitas terutama pada penderita HIV/AIDS dan kanker.

Sedangkan, Sunkist Coenzyme Q10 merupakan vitamin jantung yang mampu mencegah penyakit gagal jantung, tekanan darah tinggi, nyeri dada, kanker dan fatigue. Selain itu suplemen ini juga dapat membantu menurunkan kebutuhan insulin pada penderita diabetes dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi.

4. Minyak ikan

manfaat minyak ikan

Minyak ikan merupakan bahan utama yang terdapat pada suplemen yang mengandung omega 3. Dalam omega 3 terdapat dua jenis minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Selain berguna untuk memelihara kesehatan jantung, minyak ikan juga bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi kebutuhan akan obat-obat asma hingga mencegah kanker.

Suplemen-suplemen yang mengandung minyak ikan di antaranya, yaitu Blackmores Odourless Fish Oil dan Nutrimax Omega 3. Blackmores Odourless Fish Oil merupakan suplemen untuk jantung dengan kandungan sumber alami Omega-3, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar Trigliserida (lemak jahat) di dalam darah, menjaga fungsi optimal mata dan otak, serta membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi akibat osteoarthritis.

Sementara Nutrimax Omega 3, dapat membantu menormalkan kolesterol dan trigliserida, meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung, serta mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

5. Bawang putih

bawang putih untuk kesehatan

Selain menambah cita rasa dalam masakan, bawang putih mentah juga berperan dalam memelihara kesehatan tubuh seperti menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan otak, mengatasi jerawat, memperkuat tulang, serta melawan penyakit radang, pilek, dan batuk.

Meski, bawang putih memiliki banyak manfaat, namun tidak semua orang senang mengkonsumsi bawang putih secara mentah. Selain dimasak, Anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih. Beberapa suplemen yang memiliki ekstrak bawang putih di antaranya, yaitu Blackmores Odourless Garlic dan Nutrimax Ultra Garlic.

Blackmores Odourless Garlic adalah suplemen bawang putih yang dapat membantu mengontrol tekanan darah, sebagai antivirus terutama influenza, antijamur (keputihan) dan antibakteri (bronkitis). Suplemen Blackmores Odourless Garlic juga mengandung spearmint dan peterseli sehingga membantu menyamarkan bau bawang putih. Sehingga, jika Anda tidak suka bau bawang putih, Anda tak perlu khawatir dengan baunya. Selain itu suplemen Blackmores Odourless Garlic mengandung bahan-bahan yang dapat membantu meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh Anda.

Sementara, Nutrimax Ultra Garlic merupakan suplemen kesehatan jantung yang mengandung zat aktif Allicin, yang sejak dulu telah digunakan untuk pengobatan herbal multifungsi. Nutrimax Ultra Garlic memiliki manfaat yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah, penyumbatan pembuluh darah sehingga menormalkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, suplemen ini juga membantu menormalkan kadar kolesterol dan trigliserida, menjaga keseimbangan kolesterol HDL (baik) dan LDL (jahat). Sebagai antibiotika alami, Nutrimax Ultra Garlic efektif dalam melawan infeksi jamur dan keputihan.

Itulah beberapa suplemen jantung terbaik yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung sejak dini merupakan langkah awal yang dapat memperpanjang usia harapan hidup Anda. Mulailah konsumsi suplemen sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan jantung Anda. Dapatkan suplemen untuk jantung di farmaku.

webmd.com

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan