Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Bagus di Apotek

Mengalami gigi berlubang memang membuat tidak nyaman. Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk makan atau tidur akibat rasa nyeri. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menambal gigi tersebut. Untuk sementara waktu, Anda bisa konsumsi obat yang mampu meredakan rasa nyeri. 

Obat Nyeri Akibat Gigi Berlubang

Gigi berlubang ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan luar gigi. Kondisi ini akan menyebabkan adanya lubang berwarna hitam pada area gigi. Jika tidak cepat ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan sakit gigi dan infeksi. 

Jika Anda mengalami sakit gigi berlubang, Anda perlu segera melakukan perawatan gigi ke dokter. Jika belum sempat melakukannya, Anda bisa konsumsi obat agar tidak mengganggu aktivitas harian.

Beberapa obat sakit gigi berlubang yang ampuh dan aman digunakan, di antaranya adalah:

1. Cataflam

Cataflam

Cataflam adalah salah satu obat gigi berlubang yang paling umum diberikan oleh dokter. Obat ini mengandung senyawa aktif kalium diklofenak. Senyawa tersebut termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Cataflam bekerja dengan cara mengurangi senyawa alami dalam tubuh yang menyebabkan rasa sakit dan inflamasi. Obat ini umumnya diberikan untuk mengatasi rasa sakit yang ringan hingga sedang. 

Obat nyeri Cataflam termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Cataflam 25 mg Tablet di Sini

Beli Cataflam 50 mg Tablet di Sini

2. Panadol Biru

Panadol Biru

Panadol Biru dapat membantu meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang. Obat ini mengandung senyawa aktif paracetamol yang bekerja dengan mengurangi produksi senyawa alami tubuh yang menyebabkan nyeri. 

Anda dapat konsumsi obat pereda nyeri ini jika hanya mengalami sakit gigi dan tidak memiliki gusi yang bengkak. Pasalnya, obat ini tidak mampu mengurangi pembengkakan. 

Anda dapat konsumsi obat ini tanpa resep dokter. Namun, disarankan untuk tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan. 

Beli Panadol Biru Strip 10 Tablet di Sini

3. Sumagesic

Sumagesic

Sumagesic adalah obat dengan kandungan paracetamol sebagai senyawa aktifnya. Obat ini tidak hanya dapat meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang, tetapi juga mampu meredakan sakit kepala dan demam.

Efek samping yang mungkin muncul akibat konsumsi Sumagesic, antara lain mual atau muntah, sakit perut, keringat berlebihan, atau sakit pada perut bagian atas. 

Beli Sumagesic Strip 4 Tablet di Sini

4. Proris Triple Action

Proris Triple Action

Proris Triple Action dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi berlubang yang disertai dengan gusi bengkak. Kandungan senyawa aktif ibuprofen dalam obat ini mampu meredakan nyeri sekaligus memiliki efek antiradang. 

Senyawa aktif ibuprofen bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat alami tubuh yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan. Dengan demikian, rasa sakit gigi pun dapat diredakan. 

Anda disarankan untuk selalu mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan. Efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat ini, antara lain perut kembung, mual, muntah, atau pusing. 

Beli Proris Triple Action Strip 10 Tablet di Sini

5. Ponstan

Ponstan 500 mg

Ponstan juga merupakan salah satu obat pereda nyeri yang umum diberikan oleh dokter jika Anda mengalami sakit gigi. Obat ini mengandung senyawa aktif asam mefenamat yang efektif untuk meredakan rasa nyeri.

Asam mefenamat bekerja dengan cara menghambat kerja enzim yang memproduksi prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin merupakan senyawa yang menyebabkan rasa sakit. Dengan demikian, nyeri pada gigi pun dapat dikurangi. 

Ponstan termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini memerlukan resep dokter. 

Beli Ponstan 500 mg Tablet di Sini

6. Mefinal

Mefinal

Untuk meredakan rasa nyeri gigi berlubang, dokter juga umum meresepkan Mefinal. Kandungan senyawa aktif asam mefenamat dapat meredakan nyeri dengan cara menghambat produksi prostaglandin, senyawa yang memicu nyeri dalam tubuh.

Obat ini umum diberikan pada kasus nyeri gigi yang akut. Tidak hanya itu, Mefinal juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid. 

Tergolong dalam kategori obat keras, penggunaan Mefinal harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diresepkan oleh dokter. 

Beli Mefinal 500 mg Tablet di Sini

7. Obat Gigi Kaka Tua

Obat Gigi Kaka Tua

Obat gigi kaka tua juga dapat meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Kandungan minyak cengkeh dalam obat ini memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dalam gigi berlubang serta meredakan rasa sakit. 

Termasuk dalam obat herbal, obat gigi kaka tua dapat meredakan sakit gigi, gusi bengkak, serta mampu membersihkan gigi dari kuman yang menyebabkan infeksi. 

Anda dapat menggunakan obat ini dengan cara menuangkan sedikit cairan pada kapas. Kemudian, sumpalkan kapas pada gigi yang sakit dan berlubang. 

Beli Obat Gigi Kaka Tua 2 ml di Sini

8. Amoxsan

Amoxsan

Gigi yang berlubang dapat menyebabkan infeksi. Pasalnya bakteri dan asam yang dihasilkan akan masuk ke bagian gigi yang lebih dalam dan menyebabkan pembengkakan. 

Oleh sebab itu, dokter juga bisa memberikan obat antibiotik jika ditemukan kasus sakit gigi yang disertai pembengkakan atau infeksi. Salah satu antibiotik yang umum diberikan adalah Amoxan. 

Kandungan senyawa aktif amoxicillin dalam Amoxan merupakan antibiotik penisilin yang mampu membunuh bakteri dengan cara menghambat pembentukan dinding selnya. Jika infeksi disembuhkan, maka nyeri pun dapat berkurang. 

Amoxan termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang ditetapkan dokter. Hindari menghentikan konsumsi obat ini tanpa izin dari dokter. 

Beli Amoxsan 500 mg Capsule di Sini

Demikian beberapa obat yang mampu mengatasi nyeri gigi berlubang. Cara terbaik untuk mengatasi sakit gigi adalah melakukan perawatan ke dokter. 

Bila Anda bingung memilih obat yang tepat untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2023. Cavities And Tooth Decay. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/symptoms-causes/syc-20352892. (Diakses pada 14 Desember 2023).
Watson, Shawn. 2023. How to Manage Your Cavity Pain. https://www.verywellhealth.com/how-to-manage-a-toothache-caused-by-tooth-decay-1059319. (Diakses pada 14 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan