Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Penyebab Cegukan Tidak Kunjung Berhenti dan Cara Mengatasinya

Cegukan biasanya berlangsung beberapa menit, biasanya saat kedinginan. Namun, tidak jarang ada mengalami cegukan yang tidak kunjung berhenti dan sangat mengganggu saat beraktivitas. Maka dari itu, lakukan sesuatu untuk menghilangkan cegukan. Bagaimana caranya? Yuk, simak caranya dalam ulasan di bawah ini. 

Apa itu Cegukan?

Cegukan adalah kejang berulang atau gerakan diafragma secara tiba-tiba yang tidak dapat dikendalikan. Diafragma adalah otot yang memisahkan dada dari area perut dan berperan penting dalam pernapasan. Kejang pada diafragma dapat menyebabkan pita suara tiba-tiba menutup, sehingga menghasilkan suara “hik”.

Makan dalam jumlah besar, minum minuman beralkohol atau berkarbonasi, atau merasa bersemangat secara tiba-tiba dapat menyebabkan cegukan. 

Dalam beberapa kasus, cegukan mungkin tanda adanya masalah medis yang mendasarinya. Sedangkan bagi kebanyakan orang, cegukan biasanya hanya berlangsung beberapa menit. 

Meskipun jarang, cegukan bisa berlanjut hingga berbulan-bulan. Apabila hal ini berlangsung selama itu, kemungkinan dapat mengakibatkan penurunan berat badan dan kelelahan yang ekstrem.

Baca juga: Ciri Madu Asli dan Perbedaannya dengan Madu Palsu

Penyebab Cegukan

Penyebab pasti cegukan tidak selalu dapat diketahui. Namun, kondisi apa pun yang mengiritasi saraf diafragma kemungkinan dapat menyebabkan cegukan. Ada banyak faktor lain yang juga dapat memicu cegukan.

Dalam sebagian besar kasus, cegukan datang dan pergi dengan cepat. Faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan cegukan antara lain:

  • Makan terlalu banyak atau terlalu cepat.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Makanan pedas
  • Sedang stres atau bersemangat secara emosional
  • Minum alkohol.
  • Terkena perubahan suhu yang cepat.
  • Emosi yang kuat.

Cegukan biasanya akan hilang dalam beberapa menit. Apabila Anda mengalami cegukan kronis yang berlangsung lebih dari 48 jam, sebaiknya hubungi dokter. Cegukan yang terus-menerus mungkin merupakan tanda dari kondisi mendasar yang memerlukan pengobatan.

Cara Mengatasi Cegukan Terus-Menerus

Cegukan bisa jadi menyusahkan apabila dialami dalam jangka waktu lama atau terjadi keramaian. Untungnya, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Sebagian besar teknik yang dicoba dan benar melibatkan stimulasi saraf vagus.

Berikut ini daftar cara mengatasi cegukan yang tidak kunjung menghilang, di antaranya:  

1. Minum Air dengan Sedotan

Selain minum air secara perlahan, Anda juga bisa menghilangkan cegukan dengan minum air memakai sedotan. Hal ini karena saat cegukan, saraf vagus atau saraf frenik mengalami kerusakan, sehingga memerlukan stimulasi agar kembali berfungsi dengan normal. Salah satu caranya adalah dengan minum air pakai sedotan sambil menutup kedua telinga Anda.

2. Minum Air Hangat

Minumlah segelas air hangat secara perlahan ketika mengalami cegukan. Cara yang sangat mudah ini membantu menstimulasi aktivitas saraf vagus, yang berjalan dari otak hingga ke perut sehingga dapat membantu mengurangi cegukan.

3. Latihan Pernapasan

Melakukan metode latihan pernapasan dapat meningkatkan kadar karbon dioksida (CO₂) dalam darah, menghambat kejang diafragma. Teknik ini termasuk menahan napas atau memperlambat pernapasan.

Meskipun beberapa orang yakin bahwa teknik ini berhasil, para peneliti masih belum mengetahui alasannya. Bisa jadi cegukan disebabkan oleh rendahnya kadar CO₂, jadi meningkatkan kadar CO₂ akan menghambat cegukan, atau ada yang menganggap hal ini sebagai cara untuk mengalihkan perhatian otak sehingga justru mengkhawatirkan penumpukan CO₂.

4. Tahan Napas Secara Singkat

Menahan nafas juga bisa membantu menghilangkan cegukan. Cobalah tarik napas secara dalam-dalam dan tahan selama sekitar 10 hingga 20 detik, lalu hembuskan perlahan. Anda dapat mengulangi cara seperlunya sampai cegukan hilang.

Baca juga: Perbedaan Tukak Lambung dan Maag, Sudah Tahu?

5. Tarik Napas dengan Kantong Kertas

Bernapas ke dalam kantong kertas untuk menghentikan cegukan bekerja dengan meningkatkan kadar karbon dioksida (CO2) dalam darah. 

Untuk menggunakan metode kantong kertas, buatlah bukaan kantong kertas di sekitar mulut dan hirup masuk dan keluar selama sekitar satu menit. Kemudian tarik napas, dan tahan napas selama beberapa detik.

6. Makan Madu dan Gula

Makan sedikit gula menaruh sejumput gula pasir di lidah Anda dan diamkan selama 5 hingga 10 detik, lalu telan. Cara ini adalah pengobatan rumahan yang sederhana dan bermanfaat yang bisa Anda coba. 

Selain gula, madu yang juga memiliki rasa manis merupakan obat yang efektif untuk mengatasi cegukan. Untuk menggunakan madu, Anda bisa mencampurkannya ke dalam segelas air hangat. Anda bisa meminumnya setiap mengalami cegukan.

7. Menggigit Irisan Jeruk

Jeruk dan makanan asam lainnya mampu merangsang saraf vagus. Cobalah menghisap irisan lemon. Namun celupkan ke dalam gula terlebih dahulu untuk mengurangi rasa asam dan mencegah iritasi pada tenggorokan. 

Jika menggunakan jeruk lemon yang dicelupkan gula tidak efektif, telan saja gula keringnya atau taruh gula di bawah lidah Anda.

8. Menekan Diafragma 

Cegukan terjadi ketika diafragma Anda secara tiba-tiba berkontraksi, sehingga ada teori bahwa cegukan bisa dihentikan dengan latihan diafragma. 

Anda bisa menempelkan lutut hingga ke dada dan menahannya selama beberapa menit. Atau dapat mencondongkan tubuh ke depan dan menekan dada serta meredakan cegukan dengan cara itu.

9. Posisi Duduk Memeluk Lutut

Seperti menekan diafragma, memeluk lutut juga bisa menghilangkan cegukan. Cobalah duduk di tempat yang nyaman. Kemudian tempelkan lutut ke dada dan condongkan tubuh ke depan. Metode ini juga akan menekan dada dengan memberikan tekanan pada diafragma.

Baca juga: Mengenal Medical Check Up, Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya

10. Menjulurkan Lidah

Menarik lidah keluar mulut atau menjulurkannya dapat membantu merangsang saraf vagus. Teknik ini bisa menjadi cara yang mudah untuk menghentikan cegukan. 

Caranya julurkan lidah Anda keluar, namun jika kesulitan peganglah ujung lidah Anda dan tarik perlahan ke bawah dengan tangan yang bersih.

Nah, itulah berbagai cara menghentikan cegukan yang terjadi terus-menerus yang bisa Anda praktikkan secara mandiri di rumah. Apabila cara ini tidak efektif untuk Anda atau cegukan tidak kunjung menghilang, sebaiknya hubungi dokter.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar penyakit, mulai dari gejala hingga pengobatannya.

Hiccups - Overview
Hiccups - symptomps and causes

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan