Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Rekomendasi Obat Mabuk Perjalanan yang Cocok untuk Travelers

obat mabuk perjalanan

Bagi Anda yang gemar traveling atau berpergian jauh, obat mabuk perjalanan adalah salah satu benda penting yang wajib dibawa agar aktivitas perjalanan Anda tidak terganggu. Apa saja obat antimabuk yang bisa Anda dapatkan di apotek? Simak penjelasannya di bawah ini.

Obat Mabuk Perjalanan di Apotek

Agar perjalanan tetap aman dan lancar ada baiknya Anda menyiapkan obat antimabuk sebelum melakukan perjalanan darat, laut, atau udara.

Berikut adalah berbagai macam obat yang bantu atasi mabuk saat perjalanan, di antaranya:

1. Antimo Strip

Antimo Strip

Obat mabuk perjalanan paling ampuh yang dijual di apotek salah satunya antimo. Obat ini mengandung bahan aktif dimenhidrinat yang merupakan antihistamin untuk menangani perasaan pusing, mual, dan muntah akibat mabuk perjalanan.

Antimo sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum bepergian dan lebih baik setelah makan. Selain itu, meskipun dapat dikonsumsi tanpa resep dokter, tetap perhatikan dengan baik aturan penggunaan obat pada kemasan.

Waspadai juga beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat mengonsumsi Antimo Strip, yaitu rasa kantuk, bibir kering, dan rasa lelah.

Beli Antimo Strip di Sini

2. Antimo Anak

Antimo Anak

Obat antimabuk ini sering digunakan untuk mengatasi gejala yang berkaitan dengan mabuk perjalanan pada anak. Antimo anak tersedia dalam bentuk sirup rasa jeruk dan stroberi yang dijual bebas di pasaran.

Obat ini mengandung zat aktif dimenhidrinat, yaitu antihistamin yang digunakan untuk mengatasi mual dan pusing akibat mabuk perjalanan. Antimo Anak bekerja dengan cara mengurangi efek dari histamin.

Antimo anak dapat diperoleh dan digunakan secara bebas tanpa resep dokter. Namun, perhatikan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau anjuran dari dokter.

Obat ini tidak boleh diberikan pada anak yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti gangguan hati, retensi urine, glaukoma, hipokalemia, atau hipersensitif terhadap antihistamin. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter jika ingin memberikan obat ini.

Beli Antimo Anak Rasa Jeruk Sachet 5 ml di Sini

Beli Antimo Anak Rasa Strawberry Sachet 5 ml di Sini

3. Tolak Angin

Tolak Angin

Tolak Angin merupakan obat herbal yang mengandung bahan-bahan alami, seperti kayu ules, daun cengkeh, buah adas, jahe, dan madu. Kandungan tersebut berkhasiat untuk meringankan gejala mabuk perjalanan.

Selain itu, Tolak Angin cair juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti perut kembung, mual, sakit perut, dan meriang.

Tolak Angin aman dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Anda sebaiknya memperhatikan aturan penggunaan obat dan anjuran dosis yang tertera pada kemasan.

Meski cenderung aman digunakan oleh siapa saja, Tolak Angin sebaiknya tidak dikonsumsi wanita hamil atau pasien dengan gangguan fungsi ginjal. Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat jika memiliki kondisi medis tertentu.

Beli Tolak Angin Cair 12S di Sini

4. Dramamine

Dramamine

Dramamine termasuk salah satu obat mabuk ampuh yang direkomendasikan untuk mengatasi mabuk saat perjalanan.

Obat ini mengandung zat aktif dimenhidrynate yang bekerja dengan cara menghambat produksi histamin yang diproduksi oleh tubuh. Kandungan ini dapat mencegah simulasi saraf di otak dan telinga bagian dalam—yang dapat menyebabkan rasa pusing, mual, dan muntah.

Perlu diketahui, dramamine tidak diperjualbelikan secara bebas di apotek, perlu resep dokter untuk menggunakan obat ini. Dokter biasanya akan menganjurkan untuk konsumsi dramamine 1/4 hingga 1 tablet, tergantung usia pasien.

Beli Dramamine 50 Mg di Sini

5. Mediamer B6

Mediamer B6

Obat mabuk perjalanan berikutnya yang dapat Anda temukan di apotek adalah Mediamer B6. Obat ini dapat mengatasi keluhan mual akibat mabuk perjalanan.

Selain itu, obat ini juga dapat menangani mual yang disebabkan oleh sejumlah kondisi, seperti kehamilan, tindakan operasi, atau gangguan lambung.

Mediamer termasuk golongan obat keras. Oleh karena itu, Anda membutuhkan resep dokter untuk menggunakan obat ini.

Selain itu, penggunaan obat ini pada ibu hamil dan menyusui sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Anda juga sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini, terutama jika sedang mengonsumsi obat lain.

Beli Mediamer B6 Tablet di Sini

6. Anvomer B6

Anvomer B6

Anvomer mengandung pyrathiazine chlorotheophylline dan vitamin B6 yang berkhasiat untuk mengatasi mual akibat kondisi tertentu, seperti mabuk perjalanan, kehamilan, dan tindakan operasi.

Jika obat digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan, konsumsilah satu jam sebelum bepergian. Anda dapat mengonsumsinya kembali jika diperlukan.

Selain mengobati mual, obat ini juga dapat diberikan pada penanganan anemia jenis tertentu.

Anvomer B6 dapat digunakan atas rekomendasi dan resep dari dokter. Jadi, Anda tidak dapat menggunakannya secara bebas.

Beli Anvomer B6 Tablet di Sini

7. Cap Lang Minyak Kayu Putih

Cap Lang Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dari Cap Lang dapat digunakan untuk mengatasi mual akibat mabuk perjalanan. Sensasi hangat yang dihasilkan setelah minyak dioleskan dapat memberikan rasa hangat yang pas.

Selain menangani masalah mual, minyak kayu putih ini dapat digunakan untuk meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, dan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga.

Oleskan Cap Lang Minyak Kayu Putih secara merata pada bagian kulit yang sakit atau tidak nyaman. Anda juga dapat memberikan pijatan ringan untuk memberikan efek relaksasi.

Beli Cap Lang Minyak Kayu Putih 30 ml di Sini

Beli Cap Lang Minyak Kayu Putih 60 ml di Sini

Beli Cap Lang Minyak Kayu Putih 120 ml di Sini

Beli Cap Lang Minyak Kayu Putih FS 210 ml di Sini

8. Fresh Care Minyak Kayu Putih

Fresh Care Minyak Kayu Putih

Kombinasi antara minyak kayu putih dengan minyak angin dalam produk ini menghadirkan dua manfaat dari minyak kayu putih dan minyak angin.

Fresh Care Minyak Kayu Putih dapat digunakan untuk meringankan keluhan mabuk perjalanan. Selain itu, minyak angin kayu putih ini dapat membantu meredakan gatal-gatal akibat gigitan serangga, gejala flu, perut kembung, sakit kepala, dan pegal-pegal.

Produk ini hadir dalam bentuk roll on yang lebih mudah digunakan dan lebih nyaman.

Beli Fresh Care Minyak Kayu Putih 10 ml di Sini

9. Safe Care Minyak Kayu Putih Plus Aromatherapy

Safe Care Minyak Kayu Putih Plus Aromatherapy

Produk dari Safecare ini merupakan minyak angin dengan wangi aromaterapi yang dapat membantu mengurangi keluhan yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

Selain itu, minyak angin aromaterapi ini berkhasiat untuk mengatasi sejumlah gejala, seperti sakit kepala, pusing, mual, sakit perut,  gatal karena gigitan nyamuk, atau susah tidur.

Safe Care Minyak Kayu Putih Plus Aromatherapy dapat digunakan dengan cara digosok atau dihirup. Jika menggunakannya sebagai minyak oles, Anda dapat memberikan pijatan ringan pada bagian tubuh yang diobati.

Beli Safe Care Minyak Kayu Putih Plus Aromatherapy 10 ml di Sini

10. Minyak Kapak

Minyak Kapak

Minyak Angin Cap Kapak merupakan alternatif obat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Minyak angin ini mengandung kombinasi menthol, metil salisilat, camphor, minyak eukaliptus, dan minyak esensial.

Seluruh kandungan di dalamnya bekerja dengan cara memberikan sensasi hangat pada kulit. Dengan begitu, rasa sakit atau keluhan tertentu bisa teralihkan.

Selain meringankan keluhan mabuk perjalanan, Minyak Angin Cap Kapak dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala, pilek, dan nyeri akibat encok atau keseleo.

Beli Minyak Kapak 3 ml di Sini

Beli Minyak Kapak 14 ml di Sini

Beli Minyak Kapak 28 ml di Sini

Nah, itulah beberapa obat antimabuk perjalanan yang dapat dijadikan referensi bagi Anda jika ingin bepergian jarak jauh. Jangan lupa, ikuti petunjuk penggunaan sesuai yang tertera pada kemasan.

Meski obat-obatan di atas dapat membuat perjalanan Anda lebih nyaman, menjaga kondisi tubuh tetap sehat sebelum dan saat perjalanan juga penting untuk diperhatikan.

Konsultasikan kepada dokter mengenai penggunaan obat untuk atasi mabuk perjalanan yang aman. Anda bisa chat dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi yang lebih mudah.

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2021. Motion Sickness. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12782-motion-sickness. (Diakses pada 28 November 2023).
MedlinePlus. 2022. Dimenhydrinate. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a607046.html. (Diakses pada 28 November 2023).
NHS. 2023. Motion Sickness. https://www.nhs.uk/conditions/motion-sickness/. (Diakses pada 28 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan