Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Jangan Panik, Moms! Ini Suhu Normal Bayi dan Cara Mengukurnya

suhu normal bayi farmaku

Setelah bayi terlahir di dunia, semua orang tua pasti menginginkan si Kecil selalu dalam keadaan sehat. Apalagi bayi dianggap masih sangat rentan karena imunitas tubuh masih berkembang. Inilah yang sering kali membuat orang tua selalu ingin memberikan baju panjang untuk menjaganya tetap hangat.

Padahal, bayi lebih disarankan untuk mengenakan baju tipis saat suhu tubuh normal atau saat sakit. Pemberian baju berlapis justru akan membuat suhu tubuh bayi naik. Maka sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui suhu normal bayi, supaya tidak panik ketika badan anak terasa hangat. 

Berapa Suhu Normal Bayi?

Suhu tubuh normal pada orang dewasa adalah 37 derajat celcius atau berkisar di antara 36,5 -37,2 derajat celcius. Pada umumnya, semua orang mengalami fluktuasi suhu badan sekitar 0,5 setiap harinya. Kondisi ini dipengaruhi aktivitas yang baru saja dilakukan dan suhu lingkungan sekitar. 

Sedangkan pada anak, suhu normal berada di angka 36,5-37 derajat celcius. Bayi dianggap demam jika sudah melewati batas normal suhu badan bayi yaitu 38 derajat celcius dengan pengukuran melalui dubur, 37,8 derajat celcius dengan pengukuran mulut, dan 37,2 derajat celcius dengan pengukuran ketiak.

Demam merupakan reaksi tubuh saat melawan benda asing yang mengganggu imunitas, seperti virus atau bakteri. Namun, meningkatnya suhu normal bayi juga bisa disebabkan oleh gigi tumbuh, pakaian yang terlalu tebal, atau suhu lingkungan sekitar yang tinggi.

Inilah mengapa mengenakan pakaian tipis ketika anak sakit perlu dilakukan. Pasalnya, kebiasaan tersebut mengakibatkan false alarm dan membuat orang tua panik karena tingginya suhu badan. Berikut hal-hal yang perlu Anda hindari demi menjaga suhu bayi normal saat sakit:

  • Menyelimuti anak dengan kain tebal
  • Berada pada suhu ruangan hangat
  • Mengukur anak setelah aktif bergerak
  • Memakai banyak pakaian
  • Mengukur setelah mandi air hangat

Jika Anda sudah terlanjur menyelimuti bayi atau melakukan hal di atas, tunggu sesaat sampai suhu tubuh bayi normal. Ketika dirasa cukup, cobalah untuk mengukurnya kembali.

Ketika demam yang timbul akibat adanya penyakit, biasanya dibarengi dengan gejala berikut:

  • Berkeringat 
  • Menggigil atau gemetar
  • Kulit panas atau memerah 
  • Sakit kepala
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Kehilangan selera makan
  • Peningkatan detak jantung
  • Dehidrasi

Baca juga:

Buah Yang Baik Untuk Jaga Imunitas Anak, Catat Moms!

Obat untuk Diare Anak dan Balita

Menu Mpasi Yang Ideal Untuk Si Kecil

Cara Mengukur Suhu Tubuh Bayi

Biasanya, orang dewasa mengukur suhu tubuh dengan cara meletakkan termometer pada ketiak. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui temperatur tubuh si kecil. Namun, hasil akan lebih akurat dengan pengukuran melalui dubur.

Sebelum melakukan pengukuran, pastikan termometer dan tangan Anda dalam keadaan bersih. Cuci atau lap dengan alkohol untuk memastikan tidak ada kotoran, bakteri, atau virus yang bisa menyebarkan penyakit. Sebaiknya, hindari penggunaan termometer air raksa berbahan kaca untuk mencegahnya pecah akibat gerak bayi.

Mengukur Suhu Oral

Berikan jarak sekitar 15 menit setelah anak minum susu atau makan sebelum melakukan pemeriksaan secara oral. Letakkan termometer di bawah lidah dan tutup rapat bibir. Tunggu hingga termometer berbunyi.

Mengukur Suhu Ketiak

Saat melakukan pengukuran, pastikan ujung termometer bersentuhan dengan ketiak dan tidak terhalang pakaian. Posisikan bayi dalam keadaan nyaman dan pertahankan posisi termometer terjepit pada ketiak. Tunggu hingga termometer berbunyi.

Mengukur Suhu Rektal (Dubur)

Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap dan masukkan termometer sekitar 2 cm pada dubur. Sebelumnya oleskan petroleum jelly pada termometer untuk memudahkan proses pengukuran. Tunggu hingga termometer berbunyi.

Jika termometer menunjukkan kenaikkan suhu normal bayi, lakukan hal berikut untuk meredakan demam:

  • Mandikan anak pada suhu air suam kuku
  • Berikan baju tipis atau sedikit lapisan
  • Pastikan bayi minum banyak air atau susu untuk mencegah dehidrasi
  • Berikan obat sesuai dengan petunjuk dokter

Segeralah memeriksakan si Kecil ketika termometer menunjukkan angka di atas normal suhu badan bayi, yaitu 38 derajat celcius untuk bayi di bawah 3 bulan dan 39 derajat celcius bagi usia 3-36 bulan.

Selain itu, Anda juga harus waspada jika demam berlangsung lebih dari 3-7 hari meskipun telah minum obat penurun panas, demam disertai ruam, atau sesak napas. Keterlambatan penanganan bisa berakibat kejang yang membahayakan tubuh dan kesehatan.

Anda juga dianjurkan membawa ke dokter ketika suhu tubuh bayi di bawah 35 derajat celcius. Upayakan bayi dalam keadaan hangat dengan menyelimuti atau memberikan baju tebal. Perubahan suhu bayi secara signifikan perlu ditanggapi dengan cepat untuk menghindari gangguan kesehatan jangka panjang.

Healthline. Diakses pada November 2020. What Is the Normal Body Temperature Range. https://www.healthline.com/health/what-is-normal-body-temperature.

Web MD. Diakses pada November 2020. Fever in Babies. https://www.webmd.com/parenting/baby/fever-in-babies#1.

NHS. Diakses pada November 2020. How to take your baby's temperature. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/how-to-take-your-babys-temperature/#:~:text=A%20normal%20temperature%20in%20babies,their%20forehead%2C%20back%20or%20stomach.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak