Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Foundation, BB Cream, CC Cream, DD Cream dan Cushion, Apa Bedanya?

foundation

Base makeup atau riasan dasar adalah langkah pertama dalam rangkaian riasan, untuk memberikan alas bedak yang sempurna pada kulit. Produk base makeup menciptakan permukaan kulit yang rata, meratakan warna kulit, dan menjadi dasar untuk produk riasan lainnya. 

Base makeup sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan untuk Anda, yaitu foundation, BB Cream, CC cream, DD cream, hingga cushion. Banyak jenisnya mungkin membuat Anda bingung memilih yang mana, terlebih jika baru memulai untuk menggunakan makeup.

Memilih base makeup dapat disesuaikan dengan kondisi kulit atau riasan yang Anda inginkan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui lebih jauh tentang berbagai jenis produk base makeup. Hal ini untuk menghindari salah memilih dan gagal mendapatkan make up yang cantik. Lebih lanjut ketahui perbedaan dari jenis base makeup dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Safi untuk Kulit Berminyak yang Bisa Dicoba!

Perbedaan Foundation, BB Cream, CC Cream, DD Cream, dan Cushion

Memilih base makeup biasanya disesuaikan berdasarkan jenis kulit, cuaca, hingga riasan wajah yang Anda inginkan. Untuk membantu memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini jenis base makeup dan perbedaannya, antara lain:

1. Foundation

Foundation adalah alas bedak klasik yang paling umum digunakan untuk riasan wajah. Fungsi foundation adalah sebagai pondasi atau tahap awal untuk riasan wajah. Jenis riasan dasar ini biasanya diaplikasikan ke seluruh wajah, untuk meratakan, dan menyamarkan ketidaksempurnaan di kulit wajah. 

Foundation memiliki 5 jenis formulasi, yaitu foundation cair, krim, powder, water-based dan serum. Semua jenis ini dapat menjadi pilihan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Foundation bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda jika menginginkan hasil riasan yang dapat bertahan sepanjang hari. Selain itu, foundation juga dapat membantu menutupi noda, memperbaiki warna kulit, dan membuat kulit tampak halus dan rata secara keseluruhan. 

Tidak berhenti disitu, foundation juga memiliki warna yang jauh lebih banyak daripada jenis yang lainnya. Dengan begitu tentu memudahkan Anda untuk menemukan shade yang sesuai dengan warna kulit Anda.

Foundation memiliki 3 jenis coverage atau cakupan yang bisa sesuaikan dengan kebutuhan riasan Anda. Coverage merupakan seberapa jauh hasil foundation dapat menutupi kekurangan pada wajah Anda seperti noda dan warna kulit tidak merata. 

Jenis coverage ini termasuk sheer coverage, untuk hasil cakupan yang tipis, medium coverage dan high coverage untuk hasil coverage yang sedang hingga tinggi. Cara mengaplikasikannya dapat menggunakan spons, brush, atau beauty blender.

Foundation juga menawarkan tiga jenis finishing atau hasil akhir yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, berikut di antaranya:

  • Natural finish (Hasil akhir yang natural). Ini merupakan hasil akhir yang paling mirip dengan jenis warna kulit Anda. Seperti namanya, jenis finishing ini diformulasikan agar wajah terlihat natural.
  • Matte finish (hasil akhir matte). Matte finish adalah hasil akhir yang bebas kilap, sehingga salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.
  • Dewy finish (hasil akhir dewy). Dewy finish merupakan hasil akhir yang populer karena membuat kulit terlihat bercahaya. Itulah sebabnya orang berkulit kering cenderung tertarik dengan dewy finish.

2. BB Cream 

BB cream atau beauty balm cream adalah kombinasi antara skincare dan makeup. Jenis riasan dasar ini memberikan cakupan yang ringan. Ini biasanya mengandung perlindungan terhadap sinar matahari (SPF), pelembap, dan antipenuaan. Semua kombinasi ini membuat kulit terlihat lebih halus, meratakan warna kulit, memperbaiki tampilan kulit, dan mencegah penuaan.

BB cream biasanya cocok untuk tampilan riasan sehari-hari yang segar dan natural. Dari aspek coverage, BB cream biasanya berada di antara foundation dan pelembap berwarna (tinted moisturizer) dan cenderung memiliki hasil akhir yang lembap. 

Meskipun umumnya mengandung tabir surya, jenis base makeup ini memiliki bahan utama antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi penyebab kerusakan kulit.

Baca Juga: Rekomendasi Pelembap Wajah, Cocok untuk Kulit Kering dan Kusam

3. CC Cream

CC cream adalah jenis riasan dasar yang berfungsi untuk menyelaraskan warna kulit, dan memperbaiki bercak, kemerahan, atau warna kulit gelap pada wajah. CC cream akronim dari color corrective atau color control yang memiliki formula seperti pada BB cream. 

Perbedaan antara CC cream dan BB cream dapat dirasakan pada teksturnya, di mana CC cream bertekstur lebih ringan dibanding BB cream, namun tetap memungkinkan untuk coverage seperti foundation

CC cream berfungsi untuk meratakan noda, kemerahan, atau hiperpigmentasi di kulit, sambil menambahkan bahan yang mampu menenangkan kemerahan dan membuat kulit wajah lebih cerah.

Cara mengaplikasikan CC cream sama seperti BB cream, tetapi juga berfungsi sebagai primer koreksi warna di bawah base makeup. Menggunakan CC cream sebagai langkah pertama untuk base makeup dapat membantu meratakan warna kulit sepenuhnya, antipenuaan, dan melembapkan kulit wajah. 

4. DD Cream

DD Cream adalah akronim dari dynamic do-all, daily defense, atau double duty. DD cream adalah jenis base makeup yang dirancang untuk memberikan perlindungan kulit dalam dosis ekstra. Itu artinya produk ini memiliki tingkat SPF dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan BB cream, dengan bahan tambahan untuk mencegah garis-garis halus, kerutan, dan kerusakan.

Jadi, DD cream pada dasarnya adalah campuran BB/CC dengan manfaat perawatan kulit seperti BB cream dan manfaat cakupan CC cream.

5. Cushion

Cushion adalah jenis riasan dasar yang memiliki cara berbeda dalam mengaplikasikan produk kecantikan. Riasan dalam bentuk cair disimpan dalam spons atau bantalan yang dikemas dalam wadah compact dan dilengkapi spons. Cara menggunakannya dengan menekan aplikator ke bantalan berisi cairan riasan dan kemudian tepuk-tepuk aplikator untuk membaurkannya ke kulit wajah.

Jenis riasan dasar ini bisa menjadi pilihan yang sangat mudah diaplikasikan dan dibaurkan tanpa membuat riasan mengotori tangan.

Jika dibandingkan dengan foundation, cushion cenderung memiliki tingkat cakupan yang lebih rendah. Selain itu, Anda mungkin akan menemukan hasil akhir seperti foundation, mulai dari natural, dewy, hingga matte finish. Biasanya jenis ini juga biasanya dilengkapi dengan SPF. Dengan begitu fungsi cushion tidak hanya sebagai riasan dasar saja, melainkan juga melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Sebamed Terbaik untuk Perawatan Wajah dan Tubuh

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan antara foundation, BB cream, CC cream, DD cream, dan cushion yang perlu Anda ketahui. Dengan mengenali perbedaanya dapat membantu Anda dalam memilih base makeup sesuai kebutuhan kulit wajah Anda.

Byrdie. Diakses pada 20 Maret 2024. To Choose Foundation BB or CC Cream. What https://www.byrdie.com/what-to-choose-foundation-bb-or-cc-creams-2269999

Glamour. Diakses pada 20 Maret 2024. Difference Between Liquid Foundation Tinted Moisturizer Bb Cream. https://www.glamour.com/gallery/differences-between-liquid-foundation-tinted-moisturizer-bb-cream-cc-cream

Make Up. Diakses pada 20 Maret 2024. Bb cream vs Foundation. https://www.makeup.com/product-and-reviews/foundation/bb-cream-vs-foundation

Naked Poppy. Diakses pada 20 Maret 2024. The Real Difference Between BB, CC, DD, and EE Creams. https://nakedpoppy.com/blog/the-real-difference-between-bb-cc-dd-and-ee-creams/

The Klog. Diakses pada 20 Maret 2024. Difference Between BB CC Cream Compact Cushion and Foundation. https://theklog.co/difference-between-bb-cc-creams-compact-cushions-and-foundation/

40 Plus Style. Diakses pada 20 Maret 2024. What is Difference Between BB CC and DD Cream a Comprehensive Guide. https://40plusstyle.com/what-is-the-difference-between-bb-cc-and-dd-creams-a-comprehensive-guide/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan