Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Mencegah Kemandulan pada Pria Sejak Dini

cara mencegah kemandulan pada pria farmaku

Infertilitas atau Kemandulan adalah masalah reproduksi yang membuat pria tidak bisa membuahi sel telur. Dengan begitu membuat nya tidak bisa memiliki anak. Kemandulan dapat disebabkan oleh faktor tertentu yang bisa dicegah sedini mungkin. Simak cara mencegah mandul untuk pria dalam ulasan berikut ini.

Penyebab Mandul pada Pria

Kemandulan atau Infertilitas pria adalah masalah kesehatan apa pun pada pria yang menurunkan peluang pasangan wanitanya untuk hamil.

Penyebab umum infertilitas pada pria adalah kualitas air mani yang buruk, yaitu cairan dengan kandungan sperma yang dikeluarkan saat berhubungan seks.

Berikut kemungkinan penyebab air mani tidak normal, meliputi:

  • Kekurangan sperma. Pria mungkin memiliki jumlah sperma yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sperma sama sekali.
  • Sperma yang tidak bergerak dengan baik. Kondisi ini akan mempersulit sperma untuk berenang menuju sel telur.
  • Sperma abnormal. Sperma terkadang memiliki bentuk yang tidak normal sehingga menyulitkannya untuk bergerak dan membuahi sel telur. 

Baca juga: Ciri Sperma Sehat dan Cara Meningkatkannya, Pria Wajib Tahu

Berbagai Cara untuk Mencegah Kemandulan Pria

Mencegah kemandulan yang paling efektif adalah dengan melakukan langkah kecil sederhana berupa perubahan gaya hidup. Mari kita telusuri lebih lanjut, apa saja perubahan pola hidup yang harus dilakukan sebagai cara meningkatkan kesuburan pria, berikut di antaranya:

1. Hindari Panas Berlebih di Daerah Penis dan Testis

Sperma pada dasarnya memerlukan lingkungan dengan suhu 2-4 derajat lebih rendah daripada suhu tubuh normal. Daerah testis yang terlalu panas dapat menyebabkan sperma mati, bila dibiarkan, lama kelamaan produksi sperma akan menurun dan testis akan memproduksi sperma dalam bentuk yang abnormal. 

Selain Itu, jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat sepanjang hari, karena hal ini dapat membuat suhu daerah testis menjadi panas.

2. Jangan Merokok

Selain mengakibatkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, merokok terbukti dapat mengurangi produksi sperma dan memperkecil ukuran testis. 

Asap rokok mengandung berbagai jenis zat kimia yang dapat merusak sperma dan memicu masalah kesuburan. Menurut beberapa penelitian bahwa pria perokok memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang tidak merokok.

3.Olahraga

Memiliki kebiasaan berolahraga, baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma secara alami. Pria yang melakukan olahraga 3-4 kali seminggu dalam sesi masing-masing selama 30 menit, dapat meningkatkan jumlah produksi sperma secara signifikan.

Sebagai contoh, olahraga lari akan menghasilkan sperma “perenang” yang kuat dan berkualitas. Efek positif terhadap kesuburan pria ini akan hilang apabila olahraga berhenti dilakukan total selama satu bulan.

Namun jangan berolahraga terlalu keras, yang malah dapat menurunkan kualitas sperma. Sebaiknya Sari keseimbangan yang tepat antara olahraga, peningkatan stamina, dan kesehatan sperma yang baik.

4. Tidur yang Cukup dan Berkualitas, Minimal 7 Jam Setiap Hari

Tidur adalah istirahat yang sangat penting, karena kurang waktu tidur dapat mengganggu produksi hormon testosteron. Hormon ini penting karena dapat memengaruhi kualitas dan jumlah sperma yang diproduksi oleh pria.

Selain kuantitas, kualitas tidur juga harus diperhatikan. Tidur di kamar yang gelap dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Usahakan jangan menatap layar smartphone atau laptop sebelum tidur, karena sinar biru dari layar gadget menyebabkan sulit untuk tidur. Jika tidur nyenyak, kondisi sperma pun sehat.

5. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Pria yang mengalami kelebihan berat badan (obesita) sering kali menyebabkan masalah produksi sperma. Untuk mencegah obesitas yang mungkin menjadi masalah, sebaiknya pertahankan berat badan yang sehat sesuai tipe tubuh Anda.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

TUbuh kekurangan nutrisi, khususnya zinc dan vitamin C, dapat menyebabkan masalah pada produksi sperma. Oleh sebab itu, pastikan pria mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen apabila makanan tersebut tidak memberi Anda asupan nutrisi yang tepat.

7. Olahraga untuk Menjaga Sistem Imun 

Infeksi dan peradangan pada tubuh pria dapat menghentikan produksi sperma yang sehat. Guna mencegah kondisi demikian, meningkatkan sistem imun bisa membantu.

Rajin berolahraga secara teratur adalah cara yang bagus untuk memastikan sistem kekebalan tubuh sehat. Anda bisa melakukan olahraga ringan jika olahraga intensitas tinggi tidak memungkinakan, misalnya perbanyak berjalan kaki atau sekadar jalan santai di taman. 

8. Hindari Radiasi Smartphone dan Laptop

Gadget dapat memancarkan radiasi tingkat rendah yang dapat memengaruhi produksi sperma. Jadi pastikan tidak duduk dengan laptop langsung di pangkuan Anda dalam waktu lama. 

Sebaiknya simpan juga smartphone Anda di saku atasan baju, bukan di saku celana atau diikatkan di ikat pinggang.

Baca juga: Bahaya Oral Seks dan Tips Aman Melakukannya

Asupan untuk Menjaga Kesuburan Pria dan Produksi Sperma

Seiring rajin berolahraga sebagai pola hidup sehari-hari, sebaiknya mengonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan kesuburan pria. Misalnya mengonsumsi buah atau sayur dengan kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi, sangat baik bagi kesuburan pria. 

Mengonsumsi suplemen antioksidan atau jamu tradisional juga efektif untuk mempertahankan tingkat kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut ini makanan sehat yang terbukti efektif mencegah kemandulan pada pria, antara lain:

1. Akar Maca

Maca adalah tanaman herbal yang berasal dari Peru tengah. Tanaman berupa umbi-umbian ini menyimpan manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesuburan pria.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan adanya peningkatan kesuburan, tetapi penelitian pada manusia hasilnya beragam. Beberapa penelitian melaporkan adanya peningkatan kualitas sperma, sementara penelitian yang lainnya tidak menemukan efek.

2. Bee Pollen

Bee pollen adalah produk yang dihasilkan oleh lebah. Bee pollen dianggap dapat meningkatkan imunitas, kesuburan, dan asupan nutrisi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi bee pollen dapat meningkatan kualitas sperma dan kesuburan pada pria.

Untuk mendapatkan khasiat dari bee pollen, Anda dapat mengonsumsi produk berikut.

Beli Nutrimax Bee Healthy 30S di Sini

Beli Madu TJ Murni 250 gr di Sini

3. Royal Jelly

Selain madu dan bee pollen, lebah madu juga menghasilkan royal jelly. Royal jelly diketahui mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi dan kalsium. 

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria.

4. Oyster

Oyster adalah salah satu seafood yang kaya kaya akan zinc. Kandungan zinc makanan ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah produksi sperma yang dihasilkan pria. 

Selain oyster, ada beberapa makanan lainnya dengan kandungan zinc yang dapat menjadi alternatif, termasuk kacang-kacangan, telur, dan cokelat.

5. Brokoli

Kadar kesuburan yang rendah pada pria kemungkinan dapat disebabkan oleh kurangnya vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting bagi kesuburan pria, karena jika kekurangan dapat menyebabkan sperma menjadi lemah dan tidak mampu berenang jauh (motilitas).

Selain sayur brokoli, terdapat makanan lainnya yang menjadi sumber vitamin A, termasuk bayam, ubi, wortel, dan paprika.

6. Asparagus

Asparagus adalah salah satu sayur yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Sayur ini juga sebagai sumber vitamin C yang mampu melindungi sperma dari kerusakan. 

Khasiat vitamin C juga dapat membantu menambah volume produksi sperma dan membuat pergerakan sperma menjadi lebih baik. Vitamin C juga merupakan salah satu vitamin yang bagus untuk meningkatkan kesuburan pria.

7. Ginseng

Ginseng adalah tanaman herbal yang telah digunakan selama ratusan tahun sebagai pengobatan alami, bahkan bagus untuk mengatasi kemandulan pada pria. 

Ginseng mengandung mengandung afrodisiak, yaitu zat yang dapat meningkatkan libido. Ginseng juga dapat membantu meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria dan melancarkan aliran darah ke testis.

8. Tauge

Tauge atau kecambah adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, omega 3, dan omega 6. 

Semua nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan sperma. Perlu diketahui bahwa sperma mudah terkena radikal bebas sehingga zat oksidasi akan membantu sperma tidak menggumpal dan meningkatkan kecepatan konsepsi.

9. Wortel

Wortel tidak hanya bagus untuk kesehatan mata dan kesuburan wanita, namun sayuran ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria. 

Kandungan karotenoid seperti beta-karoten dan likopen dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dengan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan DNA.

10. Alpukat

Buah alpukat dikenal mengandung banyak vitamin B, terutama asam folat yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. 

Bagi pria, buah alpukat mampu meningkatkan jumlah sperma pria. Sedangkan bagi wanita, alpukat bisa membantu mengurangi risiko gangguan ovulasi.

Demikian ulasan mengenai berbagai cara mencegah mandul untuk pria sejak dini.

Mengetahui pencegahannya dapat membantu Anda dalam melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Sebagai dampak positifnya dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Namun, langkah terpenting adalah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesuburan Anda dan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kondisi kesehatan secara umum, baik untuk kesehatan fisik maupun kondisi kesuburan Anda.

Healthline. Diakses pada 27 Februari 2024. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count. https://www.healthline.com/health/boost-male-fertility-sperm-count#_noHeaderPrefixedContent

Mayo Clinic. Diakses pada 27 Februari 2024. Male infertility. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/male-infertility/symptoms-causes/syc-20374773

News-Medical.net. Diakses pada 27 Februari 2024. Preventing Male Infertility. https://www.news-medical.net/health/Preventing-Male-Infertility.aspx

NHS. Diakses pada 27 Februari 2024. Infertility. https://www.nhs.uk/conditions/infertility/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan