Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Edema : Penyebab dan Pengobatan

 09 Jul 2019



penyakit edema


Edema adalah suatu kondisi dimana terjadi pembengkakan pada anggota tubuh yang disebabkan kelebihan cairan dan garam dalam jaringan. Penyakit ini biasa terjadi pada kaki, pergelangan kaki, tangan, dan lengan. Edema dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit jantung, penyakit liver, dan ginjal.

 

Tipe Edema

Penyakit edema memiliki beberapa tipe diantaranya adalah:

 

  1. Peripheral edema, adalah kondisi ini biasanya terjadi pada kaki, pergelangan kaki, tangan, dan lengan. Pembengkakan pada bagian ini dapat menandakan bahwa terjadi masalah pada sistem peredaran darah, kelenjar getah bening, dan ginjal Anda.

  2. Pedal edema, umumnya terjadi pada pasien usia lanjut atau wanita hamil. Edema jenis ini biasa terjadi ketika timbunan cairan pada bagian kaki dan kaki bagian bawah. Kondisi ini mungkin akan menyulitkan Anda untuk bergerak lebih leluasa karena sebagian kaki akan mengalami rasa kebas (bebal) .

  3. Lymphedema, pembengkakan ini umumnya sering terjadi pada bagian kaki dan lengan yang disebabkan karena adanya kerusakan pada jaringan getah bening yang membantu menyaring kuman dan limbah dari tubuh Anda. Kerusakan getah bening kemungkinan diakibatkan oleh efek samping pasca perawatan kanker seperti radiasi atau operasi. Kanker yang diderita oleh pasien sebenarnya juga dapat memblokir kelenjar getah bening di dalam tubuh, sehingga membuat penumpukan cairan.

  4. Pulmonary edema (edema paru), pembengkakan ini dapat terjadi ketika kantung paru-paru dipenuhi oleh banyak cairan. Kondisi edema jenis ini, dapat membuat Anda kesulitan untuk bernafas dan mungkin akan menjadi lebih buruk ketika berbaring.

  5. Cerebral edema, merupakan kondisi edema yang terbilang cukup serius, dimana cairan menumpuk pada otak. Pembengkakan yang terjadi biasanya diakibatkan oleh pukulan cukup keras yang mengenai kepala, adanya penyumbatan pada pembuluh darah, atau tumor.

  6. Macular edema, terjadi apabila terdapat penumpukan cairan pada bagian mata yang disebut mokula yang berada di tengah retina (jaringan bagian belakang mata). Kondisi ini disebabkan karena kerusakan pada pembuluh darah yang secara langsung mengeluarkan cairan ke bagian tersebut.

 

Gejala Edema

Edema menandakan adanya kebocoran cairan tubuh melalui pembuluh darah. Selain ditandai dengan membengkaknya beberapa bagian tubuh, salah satu ciri yang dimiliki edema adalah lapisan kulit yang tampak renggang, contohnya ketika ditekan, akan terbentuk cekungan pada kulit yang lebih lama untuk kembali ke posisi semula. 

 

Penyebab Edema

Selain kelebihan retensi air, edema disebabkan juga oleh kelebihan jumlah garam (natrium atau sodium) yang ada di dalam tubuh. Ketika tubuh menyimpan banyak garam, maka tubuh juga akan menyimpan lebih banyak cairan sehingga menyebabkan salah satu bagian tubuh membengkak.

 

Ada banyak hal yang menyebabkan edema, beberapa diantaranya adalah efek samping dari gejala penyakit lain seperti:

 

Penyakit

Berikut beberapa penyakit serius yang dapat menyebabkan edema:

 

  • Penyakit ginjal
  • Penyakit jantung
  • Masalah hati, seperti sirosis
  • Gumpalan darah
  • Gangguan tiroid
  • Alergi
  • Infeksi

 

Adapun faktor penggunaan obat yang dapat menyebabkan edema, seperti yang obat-obatan yang diresepkan untuk mengobati beberapa kondisi di bawah ini:

  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Inflamasi
  • Pembuluh darah yang rusak


Selain kondisi medis diatas, edema juga dapat disebabkan karena pola makan yang kurang sehat. Sebagai contoh mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat berujung pada edema ringan, dan dapat semakin memburuk, jika pola makan yang buruk terkombinasi dengan kondisi medis lainnya.

 

Pengobatan Edema

Edema merupakan sebuah kondisi yang tidak membahayakan orang lain, untuk mengatasi dan mengurangi pembengkakan yang sudah terjadi pada tubuh Anda, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan yang memiliki kandungan furosemide.

Apa itu obat Furosemide?

Furosemide adalah jenis obat yang termasuk dalam golongan obat diuretik, yang berguna untuk mencegah tubuh agar tidak menyerap terlalu banyak garam. Obat furosemide diberikan untuk mencegah terjadinya pembengkakan yang disebabkan oleh kerusakan pada beberapa organ dalam (jantung, ginjal, hati), jaringan tubuh, dan kondisi medis lainnya. Selain mengobati edema, obat ini juga dapat digunakan bersamaan dengan obat lainnya untuk mengatasi hipertensi. Di pasaran, obat edemaini dapat ditemui dengan merek lasix, uresix, edemin, diuvar, farsix, roxemid.

 

Pencegahan edema

Edema dapat dicegah dengan beberapa cara yaitu: 

  • Batasi konsumsi garam atau makanan yang tinggi kandungan garam
  • Hindari obesitas
  • Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi kalium (buah dan sayur)
  • Sebaiknya hindari posisi berdiri terlalu lama.

 

 

 Sumber: 

  1. https://www.alodokter.com/memahami-penyebab-edema-dan-cara-mengatasinya
  2. https://www.webmd.com/heart-disease/heart-failure/edema-overview, Jun 2018
  3. https://hellosehat.com/penyakit/edema-idiopatik, Des 2017
  4. https://www.healthline.com/symptom/edema, Mar 2013
  5. https://www.alodokter.com/diuretik, Des 2017





Bagikan artikel ini :