Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogene. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya bercak kemerahan disertai dengan lepuhan pada kulit terutama pada bagian wajah dan kulit tangan.

Baca juga: Ini Alasan Menjaga Kulit Agar Tetap Lembab 

Seringkali penyakit ini disamakan dengan penyakit herpes, namun sebenarnya adalah 2 kondisi yang berbeda terutama jika dilihat dari penyebabnya.

Penyebab Impetigo

Penyebab utama impetigo adalah infeksi bakteri. Bakteri ini dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau dengan hewan yang terinfeksi dengan bakteri. Bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus Pyogene, masuk dan menginfeksi kulit dengan 2 cara yaitu:  

  1. Impetigo primer, bakteri masuk melalui luka pada kulit, gigitan serangga dan sebagainya.
  2. Impetigo sekunder, bakteri masuk melalui kulit yang rusak seperti kudis, kutu air, atau eksim atopik.

Gejala Impetigo

Gejala awal impetigo umumnya muncul pada 4-10 hari setelah pertama kali terpapar bakteri, Berikut ini adalah gejala impetigo, antara lain:

  • Kemerahan pada kulit di sekitar hidung dan mulut
  • Lepuhan berisi cairan yang berisi nanah
  • Bengkak pada kelenjar getah bening
  • Terdapat koreng yang berwarna kuning kecoklatan
  • Rasa gatal pada luka lepuhan
  • Sakit dan nyeri pada lepuhan

Siapa Saja Yang Rentan Mengalami Impetigo?

Penyakit menular ini dapat dialami oleh siapa saja, namun paling sering dialami oleh bayi dan anak- anak dengan usia 2-5 tahun dan terjadi secara musiman (memuncak pada musim panas). Impetigo paling banyak terjadi pada negara berkembang dengan kontrol sanitasi yang buruk seperti Australia, Selandia Baru, dan beberapa negara lainnya. 

Faktor Risiko

Adapun beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko mengalami impetigo, antara lain:

  • Memiliki riwayat diabetes
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (penderita HIV/AIDS)
  • Tinggal di wilayah padat penduduk.

Penularan Impetigo

Impetigo merupakan salah satu infeksi kulit yang mudah menular kebagian tubuh Anda atau ke orang lain. Namun Anda tidak perlu khawatir, penularan impetigo dapat dihentikan setelah 48 jam mulai mengkonsumsi obat. 

Pengobatan Impetigo

Untuk mengatasi gejala yang terjadi, pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian obat antibiotik (krim ata salep) jika Anda mengalami impetigo ringan.

Jika impetigo yang Anda alami semakin parah, dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik dalam bentuk tablet seperti clindamycin atau penisilin.

Clindamycin

Clindamycin adalah obat yang termasuk dalam golongan antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan perkembangbiakan bakteri. Umumnya obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi gigi.

Penicilin

Penicilin adalah obat antibioti yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Bekerja dengan menghentikan perkembang biakan bakteri. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, demam rematik.

Kesimpulan
Impetigo adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sebagian besar penyakit ini dialami oleh bayi dan anak-anak. Gejalanya ditandai dengan kemunculan benjolan-benjolan merah disertai lepuhan yang terasa perih.

Baca juga: 

Impetigo merupakan penyakit menular yang banyak terjadi di wilayah padat penduduk dengan kontrol sanitasi yang rendah.

Meski menular penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan pengobatan antibiotik.

healthline.com.Everything You Need To Know About Impetigo. Juli 2011
nhsinform.scot. Impetigo. Juli 2019
www.nhs.uk. Impetigo. Januari 2018

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya