Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kulit Rusak akibat Stres? Ini 10 Tips untuk Mencegahnya

kulit rusak akibat stres farmaku

Stres dapat memengaruhi pikiran dan tubuh, termasuk pada kesehatan kulit. Ketika Anda mengalami stres, hormon kortisol (hormon stres tubuh) meningkat. Jika hal tersebut terjadi, produksi minyak pun ikut meningkat. Kemudian mengakibatkan kulit timbul berbagai masalah yang menandakan kulit rusak akibat stres.

Gejala Kulit Rusak

Sebelum kulit rusak Anda semakin parah, simak gejala-gejala yang muncul saat kulit mengalami stres sebagai berikut:

1. Sering timbul jerawat

jerawat


Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang akan diproduksi ketika tubuh mengalami stres. Jika hormon kortisol meningkat, kelenjar sebasea dapat menghasilkan lebih banyak minyak di area kulit wajah, sehingga kulit menjadi berjerawat. Selain itu, stres juga dapat mengganggu kesimbangan antara bakteri baik dan jahat di usus, sehingga hal itu dapat memicu munculnya jerawat pada kulit. 

2. Kulit kering

kulit kering

Saat Anda merasa tertekan, maka hormon adrenalin dan kortisol akan lebih mudah mengalami lonjakan. Ketika hormon adrenalin meningkat, hal ini bisa menimbulkan lebih banyak keringat yang dapat menyebabkan dehidrasi. Jika Anda tidak mengisi kembali dengan asupan air, kulit akan mudah mengering dengan sendirinya. Seseorang yang memiliki kulit kering akan lebih rentan mengalami eksim karena stres menjadi salah satu pemicu masalah eksim di kulit. 

3. Kulit lebih berminyak 

kulit berminyak

Saat kulit stres, otak akan memproduksi hormon kortisol yang lebih tinggi. Efek samping dari peningkatan hormon kortisol, aktivitas kelenjar sebaceous di kulit meningkat, kemudian menyebabkan kulit mudah berminyak, lalu menyebabkan pori-pori tersumbat, dan timbulnya masalah jerawat.

4. Lebih sensitif

kulit sensitif


Ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun, hal ini juga berdampak pada lapisan kulit epidermis yang mengandung pelembap alami menjadi terhambat. Karena hal itu, kulit akan menjadi lebih rentan dan mudah alergi, serta tidak kuat terhadap bahan kimia tertentu dari produk kosmetik yang digunakan.

5. Timbul lingkaran hitam di sekitar kulit mata

mata panda

Kulit di sekitar mata merupakan area wajah yang paling sensitif, sehingga rentan mengalami masalah. Salah satu gejala yang dapat menunjukkan bahwa kulit Anda sedang mengalami stres adalah timbul lingkaran hitam di sekitar area mata. Selain itu, kantung mata mengalami pembengkakan yang dapat disebabkan karena faktor seperti kurang tidur, mengalami dehidrasi, atau terlalu lama menatap layar monitor atau gadget selama work from home (WFH). 

6. Kulit kusam

kulit kusam


Wajah mudah terlihat kusam ketika Anda mengalami stres. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda kehilangan cairan sehingga tubuh tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati.

7. Muncul kemerahan

muncul kemerahan di kulit

Saat kulit mengalami stres, gejala lain yang bisa muncul adalah rasa gatal yang menyebabkan munculnya kemerahan pada wajah. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah ‘ruam stres’. Ruam merah akan terlihat kemerahan yang menimbulkan rasa gatal dengan sensasi terbakar. Orang yang memiliki riwayat penyakit kulit akan rentan mengalami gejala ini saat sedang stres. 

8. Timbul kerutan halus

tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan mengalami penuaan. Namun, ketika kulit mengalami stres dan kelelahan, hal ini akan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus di wajah. Selain itu, peningkatan hormon kortisol juga dapat menghambat pembentukan kolagen dan mengikat protein yang dibutuhkan kulit yang dapat menimbulkan kerutan halus di permukaan kulit.

10 Cara Merawat Kulit yang Rusak akibat Stres

Dr. Mayoral dokter kulit di departemen dermatologi dan bedah kulit di Fakultas Kedokteran Universitas Miami, Florida mengatakan bahwa pasien dengan kulit yang tidak terpengaruh oleh jerawat cenderung mengalami jerawat akibat stres dan hubungannya dengan peningkatan produksi minyak.

Stres adalah bagian dari kehidupan dan Anda tidak mungkin bisa menghindari stres sepenuhnya. Namun, yang penting adalah bagaimana cara Anda menanganinya dengan lebih baik. Berikut ini tips untuk merawat kulit rusak akibat stres: 

1. Minum air putih

minum air putih


Jika kamu stres, kulit menjadi rentan berjerawat. Untuk menghindari masalah kulit dari jerawat atau masalah kulit lainnya akibat stres, maka perbanyaklah konsumsi air putih. Dengan begitu, kulit menjadi lebih terhidrasi dan sehat. Konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh.

2. Tidur yang cukup

tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. “Tidur merupakan waktu yang penting bagi tubuh untuk memperbaiki diri setiap hari,” kata Dr. Bowe seorang ahli kulit di New York, Amerika Serikat.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol, yang mengakibatkan kelebihan minyak. Selain itu, kurang tidur juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga kulit akan mudah mengalami masalah seperti kulit kusam dan muncul garis halus lebih cepat.

Baca Juga: Obat Tidur Alami dan Aman untuk Atasi Insomnia

Agar kondisi kulit rusak tidak semakin buruk akibat stres, maka cukupilah waktu tidur Anda paling tidak 7 – 8 jam setiap harinya. Hal ini bisa membantu mengatasi efek stres pada kulit, karena ketika Anda tidur, tubuh akan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, termasuk jaringan kulit. 

3. Bersihkan kulit wajah dengan benar

double cleansing

Walau Anda sedang mengalami stres, jangan pernah lupa untuk membersihkan dan merawat kulit Anda. Bersihkan wajah Anda 2 kali sehari dan bersihkan wajah dengan benar. Untuk memastikan wajah Anda benar-benar bersih, Anda bisa melakukan double cleansing. 

Double cleansing adalah metode yang dilakukan untuk membersihkan wajah dengan dua tahapan. Tahap pertama menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran yang menempel di kulit. Pada tahap pertama, Anda bisa menggunakan produk seperti Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water atau Biore Cleansing Oil.

Baca Juga: Usir Semua Kotoran di Wajah, 3 Cleansing Oil Ini Wajib Anda Coba!

Setelah tahap ini dilakukan, lanjut ke tahap berikutnya, yaitu membersihkan wajah menggunakan facial wash untuk memastikan wajah Anda benar-benar bersih dan bebas dari makeup. 

4. Konsumsi probiotik

yogurt dan probiotik

Mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung probiotik tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan saja, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Beberapa manfaat dari bakteri baik (probiotik) untuk kesehatan kulit, yaitu membantu mengatasi jerawat, membantu menyembuhkan luka, dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. 

5. Olahraga

manfaat olahraga


Selain menjadikan tubuh lebih bugar, rutin berolahraga juga dapat mengurangi efek buruk pada kulit yang sedang stres. Jika olahraga dilakukan dengan benar dan rutin, olahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah, yang membuat penyerapan nutrisi oleh sel-sel kulit mati dapat diserap dengan maksimal.

Baca Juga: Praktis, Kulit Kencang dengan 7 Gerakan Senam Wajah!

Selain itu, dengan olahraga, kulit bisa menjadi lebih cerah dan peradangan pada kulit tidak semakin parah. Lakukan olahraga 20 – 30 menit per hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

6. Konsumsi suplemen kulit

suplemen kulit

Makanan yang Anda makan dapat berpengaruh pada kesehatan, termasuk kesehatan kulit Anda. Selain mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral. Anda juga dapat membantu kulit Anda agar sehat, lembut, dan cerah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dibutuhkan kulit seperti:

Vitamin A

Vitamin A dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, vitamin A juga mampu menjaga kesehatan kulit. Beberapa manfaat vitamin A untuk kesehatan kulit, yaitu membantu mengendalikan jerawat, mengurangi kerutan dan garis halus di wajah, memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memelihara jaringan sehat, hingga menghaluskan kulit. Suplemen yang mengandung vitamin A bisa Anda temukan pada suplemen WELLNESS Multivitamin/Mineral.

Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang disebut sebagai antioksidan karena memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam di kulit, mencegah dan mengatasi kulit yang kering, mengurangi tanda-tanda kerutan di wajah, hingga mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka di kulit. Beberapa jenis suplemen yang mengandung vitamin C, yaitu CDR Sweet Orange Tab EffervescentVitabiotics Ultra Vitamindan Redoxon Effervescent Zinc Orange.

Vitamin D

Selain bagus untuk kekuatan tulang dan gigi, vitamin D juga berperan dalam membantu kulit dalam memperbaiki diri dengan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Selain itu, vitamin D juga membantu meringankan peradangan pada kulit yang iritasi hingga masalah kulit lainnya seperti eksim dan jerawat. 

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin D alami dari sinar matahari pagi. Cukup berjemur 10 hingga 15 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari vitamin D di pagi hari. Saat berjemur di pagi hari, jangan lupa untuk gunakan sunscreen di agar wajah Anda terlindungi dari efek negatif sinar UV. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF minimal 25 atau lebih seperti Wardah Sunscreen Gel SPF 30Neogen Dermalogy Day-Light Protection Sunscreendan Skin Aqua UV Moisture Milk.

Vitamin E

Vitamin E sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan kulit karena jenis vitamin ini bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit, menyembuhkan kulit yang kering dan kasar, menjaga kulit agar kenyal dan lembut, menghilangkan bekas luka, dan mencegah kerusakan kulit karena sinar UV dari matahari. Beberapa suplemen yang mengandung vitamin E, yaitu Ever E 250 Mg BotolWELLNESS Natural Vitamin E-400 Iudan Nutrimax Vitamin E 400 Iu Water Soluble.

7. Lakukan eksfoliasi secara rutin

apa itu eksfoliasi


Jika wajah berminyak, kemudian Anda malas membersihkan muka, maka sisa makeup  dan kotoran dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. 

Baca Juga: 3 Produk Neogen Bio Peel untuk Eksfoliasi Kulit Wajah, Coba yuk!

Untuk mencegah timbulnya jerawat karena kulit mengalami stres, Anda bisa secara rutin melakukan melakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggu. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara mekanik dengan menggunakan scrub atau secara kimiawi dengan bahan-bahan yang bersifat asam, misalnya lactic acid, alpha hydroxy acid (AHA), dan beta hydroxy acid (BHA). Salah satu produk skin care yang dapat melakukan eksfoliasi adalah Neogen Bio Peel. 

Neogen Bio Peel merupakan produk asal Korea yang menghadirkan eksfoliator dengan menggunakan teknologi berperforma tinggi dan kandungan bahan alami, sehingga aman bagi kulit ketika melakukan eksfoliasi. Neogen Bio Peel tersedia dalam tiga varian, yaitu Neogen Bio Peel Gauze Peeling LemonNeogen Bio Peel Gauze Peeling Winedan Neogen Bio Peel Gauze Peeling Green Tea.

8. Menghindari skin care yang mengandung alkohol

skincare bebas alkohol


Stres menyebabkan produksi hormon testosteron meningkat dan menghasilkan minyak dalam kulit secara berlebih. Untuk mengatasinya, gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak dan menghindari skincare yang mengandung alkohol seperti Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar WaterOlay Total Effects 7 in One Day Cream Gentle SPF 15dan Nuxe Reve De Miel Face And Body Ultra-Rich Cleansing Gel

9. Menggunakan eye patch atau krim mata

krim mata untuk mata panda

Ketika area mata Anda menghitam atau bengkak, Anda bisa mengatasi area mata Anda dengan berbagai cara seperti mengompresnya menggunakan handuk yang telah direndam air dingin, menggunakan teh celup bekas atau menggunakan eye patch atau krim mata seperti Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream.

10. Gunakan produk yang mengandung retinol dan antioksidan

skincare yang mengandung retinol

Selain kehilangan kelembapannya, hormon kortisol juga dapat merusak kolagen dan elastin, yang menghambat regenerasi sel kulit. Dengan menggunakan pelembap yang mengandung retinol dan antioksidan, hal ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit wajah Anda. 

Ketika Anda mengalami stres, masalah kulit dapat terjadi. Untuk itu, lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya. Namun bila masalah kulit akibat stres semakin parah dan sangat mengganggu aktivitas Anda, segera konsultasikan ke dokter kulit. (SR)

Webmd. Diakses pada Juni 2020. Effects of Stress on Your Skin. https://www.webmd.com/beauty/the-effects-of-stress-on-your-skin
Sciencedaily. Diakses pada Juni 2020. Feeling Stressed? How Your Skin, Hair And Nails Can Show It. https://www.sciencedaily.com/releases/2007/11/071109194053.htm
Huffpost. Diakses pada Juni 2020. 6 Ways Stress Is Messing With Your Skin, According To Dermatologists.https://www.huffpost.com/entry/stress-affects-skin_l_5c991662e4b0a6329e1a0996
Healthline. Diakses pada Juni 2020. The 4 Best Vitamins for Your Skin. https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin#5
Webmd. Diakses pada Juni 2020. Nutrients for Healthy Skin. https://www.webmd.com/beauty/nutrients-for-healthy-skin#2-7
Medical News Today. Diakses pada Juni 2020. List of the best vitamins for skin. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324943#summary
Cosmopolitan. Diakses pada Juni 2020. 9 Terrible Ways Your Stress Affects Your Looks. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/how-to/a39033/stress-signs-hair-skin-nails/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan