Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Temulawak sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Saat ini, sebagian besar budidaya temu lawak berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Baca juga:Jangan Lupakan Manfaat Tidur Untuk Kulit dan Kecantikan 

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat dengan manfaat yang cukup besar. Banyak penelitian menujukkan efek positif temulawak bagi kesehatan tubuh. Di samping untuk kesehatan, temulawak juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Pada artikel ini kami akan menjabarkan apa itu temulawak dan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Apa Itu Temulawak?

Temulawak adalah tumbuhan yang masuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini sering kali digunakan dalam pengobatan. Temulawak dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut. Habitat temulawak adalah hutan tropis.

Rimpang atau rizoma adalah bagian dari temulawak yang paling banyak dimanfaatkan. Rimpang temulawak sering dibuat jamu godog yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal dan memberikan efek anti peradangan.

Baca juga:Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Selain itu, konon manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya adalah untuk mengobati jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti radang, sebagai anti oksidan hingga anti mikroba/kuman.

Apakah benar demikian? Di bawah ini penjabaran 10 manfaat temulawak untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian.

Apa Saja Manfaat Temulawak untuk Kesehatan?

Khasiat temulawak bagi tubuh sebagai penyuplai berbagai nutrisi penting sudah bukan rahasia lagi. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh terutama untuk kesehatan otak. Apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya?

  1. Mengandung Senyawa Bioaktif dengan Sifat Obat yang KuatTemulawak telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Hasil penelitian terbaru mendukung temulawak untuk dikonsumsi sebagai obat kesehatan alami karena kandungan di dalamnya, yaitu kurkumin. 

    Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam temulawak. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.
  2. Fungsi Temulawak Sebagai Anti-Peradangan AlamiKondisi peradangan sebenarnya sangat penting untuk tubuh. Kondisi ini membantu tubuh untuk melawan dan sekaligus mengenal benda asing yang menyerang tubuh. Tanpa inflamasi, penyebab penyakit seperti bakteri dapat dengan mudah menyerang tubuh dan bahkan membunuh Anda.

    Kondisi radang bisa menjadi masalah besar ketika menjadi kronis dan menyerang bagian tubuh yang vital. Kurkumin dapat menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam proses peradangan.
  3. Temulawak Meningkatkan Kapasitas Antioksidan TubuhAntioksidan merupakan zat yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Inilah salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya. Temulawak mengandung kurkumin, kurkumin sendiri diketahui memiliki efek antioksidan yang cukup kuat.

    Antioksidan kuat ini dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah penyakit. Selain itu, kurkumin juga dapat menstimulasi tubuh untuk menghasilkan enzim antioksidan sendiri.
  4. Temulawak Bermanfaat Menjaga Kesehatan LambungTemulawak mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan produksi mukus pada lambung, mukus tersebut dapat membantu melindungi lambung dari asam lambung. 

    Manfaat temulawak untuk lambung lainnya adalah menetralisir asam lambung, mempercepat penyembuhan luka pada lambung, dan membunuh bakteri pada sistem pencernaan.
  5. Meningkatkan Faktor Neurotropik OtakOtak merupakan organ yang penting dalam kehidupan Anda. Salah satu yang berperan penting dalam menjaga fungsi otak tetap sehat adalah faktor neurotropik. Faktor neurotropik ini adalah sejenis hormon pertumbuhan. Sejumlah penyakit pada otak telah dikaitkan dengan penurunan faktor neurotropik ini.

    Kurkumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik, hal ini menyebabkan peningkatan fungsi otak dan juga mencegah proses degeneratif terjadi pada otak. Neurotropik sangat berhubungan erat dengan fungsi otak yang lebih baik dan risiko penyakit otak yang lebih rendah.
  6. Manfaat Temulawak Dalam Menurunkan Risiko Penyakit JantungManfaat temulawak bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung hingga saat ini menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di seluruh dunia.

    Selain sebagai anti-inflamasi dan juga antioksidan yang luar biasa, kurkumin dapat meningkatakan fungsi lapisan dalam pembuluh darah jantung (endotel) sehingga Anda dapat terhindar dari serangan jantung.
  7. Khasiat Temulawak Untuk Mencegah KankerSelain penyakit jantung, kanker juga merupakan masalah kesehatan dunia. Temulawak telah diteliti dapat memberikan manfaat kesehatan kepada pasien kanker. Kurkumin pada temulawak dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker, begitu pula dengan penyebarannya pada tingkat molekuler.

    Kurkumin juga telah terbukti mengurangi ukuran sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor pada hewan coba. Kurkumin menyebabkan beberapa perubahan pada tingkat molekuler yang dapat membantu mencegah dan bahkan mungkin mengobati kanker.
  8. Temulawak Ternyata Dapat Mencegah Penyakit AlzheimerManfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit ini pada umumnya dialami oleh orang lanjut usia. Pada penyakit alzheimer, otak akan kehilangan fungsinya, terutama fungsi memori.

    Kurkumin dapat melintasi sawar darah otak dan telah terbukti menyebabkan berbagai perbaikan dalam proses patologis penyakit Alzheimer. 
  9. Mengatasi Gejala Radang Sendi (Arthritis)Arthritis adalah gangguan umum yang ditandai dengan peradangan pada sendi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mengobati gejala arthritis dan dalam beberapa kasus lebih efektif daripada obat anti-inflamasi.
  10. Khasiat Temulawak Untuk Mengobati DepresiPernah dilakukan suatu penelitian terhadap 60 orang yang menderita depresi, 60 orang tersebut dibagi menjadi 3 kelompok pengobatan. Kelompok pertama diberikan obat anti depresi saja, kelompok kedua diberikan suplemen kurkumin 1 gram, dan kelompok ketiga diberikan keduanya, baik obat anti depresi dan juga kurkumin. Setelah 6 minggu penelitian, efek kurkumin sama dengan efek obat anti depresi. Kombinasi keduanya menunjukkan efek perbaikan dari depresi yang paling optimal. 

    Depresi juga terkait dengan berkurangnya tingkat faktor neurotropik dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan penting untuk aktivitas belajar dan memori seseorang. Kurkumin meningkatkan faktor neurotropik pada otak.

Kesimpulan – Apa Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh?

  • Temulawak memiliki kandungan kurkumin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
  • Banyak manfaat temulawak untuk tubuh yang telah terbukti secara ilmiah, seperti khasiatnya untuk mencegah penyakit jantung, alzheimer dan kanker.
  • Temulawak juga baik untuk menjaga kesehatan lambung. Kandungan temulawak yaitu kurkumin dapat melindungi lambung dari asam lambung, membunuh bakteri pada sistem cerna, dan mempercepat penyembuhan luka pada lambung.
  • Kurkumin adalah anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan juga dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan radang sendi (arthrtis).
  • Jika Anda ingin membeli suplemen temulawak/kurkumin pastikan bahwa suplemen tersebut telah terstandar oleh BPOM Indonesia. Mengkonsumsi temulawak secara baik dan benar akan memberikan manfaat untuk kesehatan yang luar biasa.

Baca juga:10 Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan 

healthline.com - nutrition of curcumin
id.wikipedia.org
Tapsell LC, Hemphill I, Cobiac L, Sullivan DR, Fenech M, Patch CS, Roodenrys S, Keogh JB, Clifton PM, Williams PG, Fazio VA. Health benefits of herbs and spices: the past, the present, the future.
Prasad S, Gupta SC, Tyagi AK, Aggarwal BB. Curcumin, a component of golden spice: from bedside to bench and back. Biotechnology advances. 2014 Nov 1;32(6):1053-64.

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan