Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Obat Tidur Herbal Yang Aman untuk Atasi Insomnia

Obat Tidur Alami – Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga, manusia juga memerlukan tidur yang cukup agar tubuh dapat berfungsi secara maksimal. Umumnya setiap orang membutuhkan durasi tidur yang berbeda-beda tergantung pada usia seseorang.

Berapa lama durasi tidur yang ideal?

KategoriUsiaDurasi Tidur
Orang dewasa tua65+ tahun7 – 8 jam
Dewasa64 – 26 tahun7 – 9 jam
Dewasa muda25 – 18 tahun7 – 9 jam
Remaja17 – 14 tahun8 – 10 jam
Anak sekolah13 – 6 tahun9 – 11 jam
Anak-anak prasekolah5 – 3 tahun10 – 13 jam
Balita2 – 1 tahun11 – 14 jam
Bayi11 – 4 bulan12 – 15 jam
Bayi baru lahir3 – 0 bulan14 – 17 jam

Durasi tidur setiap orang berbeda-beda, meski begitu seseorang seringkali mengalami gangguan tidur sehingga menyebabkan insomnia. Insomnia adalah keadaan seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau tidak bisa tidur sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. 

Seseorang yang mengalami insomnia akan cepat merasa kelelahan, tidur tidak nyenyak, dan bangun tidur terlalu cepat. Tak heran, jika hal tersebut membuat seseorang berusaha mengatasi insomnia dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat tidur. Sebelum mengkonsumsi obat tidur, Anda perlu mengenali penyebab seseorang mengalami insomnia. 

Apa penyebab seseorang mengalami insomnia? 

Insomnia terbagi menjadi dua, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia sekunder bisa terjadi karena depresi, gelisah, gangguan stres pasca trauma (PTSD), konsumsi obat-obatan, dan alkohol. Sementara, insomnia primer penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, perubahan gaya hidup atau stres berkepanjangan bisa menjadi pemicu insomnia primer. 

Seseorang yang mengalami insomnia sering ditandai dengan sulit tidur atau mengalami tidur yang tidak nyenyak. Hal tersebut dapat disebabkan masalah-masalah berikut:

1. Stres

Stres bukan sesuatu yang buruk, namun stres yang berlebihan dapat membawa efek yang tidak baik bagi tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul karena seseorang mengalami ancaman, kecemasan, atau tekanan. Hal tersebut dapat menyebabkan pikiran menjadi lebih aktif ketika di malam hari, sehingga seseorang yang mengalami stres akan mengalami kesulitan untuk tidur. 

2. Makanan yang kurang tepat

Makan berlebihan sebelum tidur dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman ketika berbaring. Hal tersebut membuat seseorang mengalami masalah tidur di malam hari. 

3. Gaya hidup yang tidak sehat

Minum alkohol, menyalahgunakan NAPZA atau narkoba, merokok merupakan gaya hidup yang tidak sehat, yang dapat mengganggu jam tidur dan menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau gangguan tidur lainnya. 

Pengobatan Insomnia  

Obat tidur dan jenisnya  

Obat tidur adalah obat yang dipergunakan untuk mengatasi gangguan atau masalah tidur. Untuk obat tidur, dapat dikelompok menjadi dua, yaitu obat benzodiazepin dan non-benzodiazepin. 

Obat benzodiazepin adalah obat yang dikategorikan sebagai obat psikoaktif yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah gangguan psikologi seperti anxiety disorder dan insomnia. Untuk obat benzodiazepin memiliki risiko ketergantungan yang tinggi. Sementara, untuk non-benzodiazepin memiliki risiko ketergantungan yang lebih rendah dan efek samping yang lebih aman. 

Obat tidur alami  

Sebelum memutuskan mengonsumsi obat tidur herbal, Anda bisa mencoba menggunakan obat tidur alami dan lebih aman. Berikut beberapa obat tidur alami yang bisa Anda gunakan ketika mengalami masalah tidur. 

1. Akar Valerian

akar valerian untuk insomnia

Akar valerian merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Akar valerian sering dijadikan obat, salah satunya untuk mengatasi gangguan tidur. 

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Health Center Foellinge di Swedia menunjukkan bahwa dari 44 persen peserta yang diteliti mereka dapat tidur nyenyak di malam hari dan 89 persen mengatakan lebih mudah tidur di malam hari setelah mengkonsumsi akar valerian. 

2. Bunga lavender

bunga lavender sebagai aromaterapi

Bunga lavender adalah salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Aroma bunga lavender dapat digunakan sebagai aromaterapi yang dapat memberikan ketenangan bagi tubuh dan mempercepat tidur seseorang. 

Selain itu, mencium aroma lavender sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah cium aroma lavender selama 30 menit sebelum Anda tidur. 

3. Melatonin

melatonin dalam buah-buahan

Melatonin merupakan kandungan hormon yang ditemukan dalam tumbuhan atau hewan yang dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Melatonin juga dikenal sebagai salah satu kandungan yang terdapat dalam obat tidur untuk mengatasi masalah insomnia. 

Kandungan melatonin secara alami dapat ditemukan pada makanan seperti buah ceri, pisang, nanas, jeruk, dan tomat. Sebelum memutuskan mengkonsumsi obat atau suplemen dengan kandungan melatonin, Anda bisa rutin mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan melatonin di dalamnya. 

4. Chamomile 

teh chamomile untuk atasi insomnia

Chamomile merupakan bunga yang tidak hanya memiliki aroma wangi saja, tapi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah mengatasi masalah insomnia. Untuk bisa merasakan manfaatnya, Anda bisa mengoleskan minyak aromatik berbahan chamomile sebelum tidur atau mengonsumsi teh dengan ekstrak chamomile sebelum tidur. 

Zat flavonoid yang terdapat pada teh chamomile dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Kemudian, kandungan tersebut dapat mengikat reseptor benzodiazepine yang menyebabkan rasa kantuk. 

Obat tidur tanpa resep dokter yang aman

Jika obat tidur alami belum berhasil membantu Anda mengatasi masalah insomnia, Anda bisa mencoba mengonsumsi obat tidur herbal. Namun, sebelum memutuskan minum obat tidur sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat memberikan resep obat yang tepat untuk Anda. Baik dari segi jenis, dosis, dan efek samping dari obat tidur yang akan Anda rasakan.

Selain obat tidur yang diresepkan dokter, di pasaran terdapat obat tidur yang dijual tanpa perlu resep dokter, yaitu: 

1. Lelap 

obat tidur lelap

Lelap adalah obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami, yang digunakan untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Lelap mengandung kombinasi bahan herbal seperti valerianae radix dan ekstrak biji pala yang berkhasiat membantu kualitas tidur Anda lebih nyenyak.

2. Herbana 

obat tidur herbana

Herbana Balance Media Good Night merupakan obat herbal yang terbuat dari bahan alami, yaitu ekstrak valerian (tapak liman), jahe, pala, dan passion flower. Herbana Balance Media Good Night cocok untuk Anda yang menginginkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Melatonin Nighttime Sleep

Melatonin Nighttime Sleep merupakan suplemen yang dapat membantu mengatur ulang jam biologis seseorang sehingga siklus tidur kembali normal. Dengan mengonsumsi melatonin sebelum tidur dapat membantu Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan ketika bangun di pagi hari Anda akan bangun dengan tubuh yang segar dan sehat. 

Jika Anda mengalami masalah tidur atau insomnia, jangan terburu-buru atau sembarangan minum obat. Coba konsultasikan dengan dokter atau ahlinya, sebelum memutuskan minum obat. 

1. healthfully.com
2. healthline.com
3. sleepfoundation.org

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan