Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Bagaimana Asma Memengaruhi Kehidupan Seks Penderitanya?

asma dan seks

Asma adalah kondisi yang karena adanya penyempitan dan pembengkakan pada saluran napas yang memicu sesak napas. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa pun tapi sebagian besar gejala awalnya muncul pada masa kecil.

Asma dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa asma berpengaruh terhadap kehidupan seks penderitanya. Lantas, seberapa besar pengaruh asma terhadap kehidupan seks?

Apa itu Asma?

Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara mengalami penyempitan dan pembengkakan serta menghasilkan lendir berlebih. Kondisi ini dapat menyebabkan pernapasan menjadi sulit dan memicu batuk, suara mengi saat mengembuskan napas, dan sesak napas.

Penyebab belum diketahui secara pasti. Namun beberapa teori menyatakan bahwa proses peradangan (inflamasi) saluran napas (bronkus) menjadi penyebab utamanya.

Bagi sebagian orang, asma mungkin hanyalah gangguan kecil. Namun bagi yang lain kondisi ini bisa menjadi masalah besar yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan bisa menyebabkan serangan asma yang mengancam jiwa.

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari sebelum Bercinta

Kehidupan Seks bagi Penderita Asma

Asma merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat berdampak terhadap kehidupan seksual. Tidak hanya sesak napas hingga batuk, kehidupan seks penderita asma tidak menyenangkan menurut penelitian. 

Kehidupan seksual penderita asma yang kurang menyenangkan diakui oleh sekitar 68% persen penderita asma yang menjadi responden survei Asthma and Your Love Life.

Sebanyak 73% persen responden menyatakan bahwa asma mengganggu kehidupan seks karena mereka harus menggunakan inhaler sebelum melakukan hubungan seksual.

Sebanyak 46 persen lainnya mengaku bahwa kehidupan seks mereka menjadi lebih meyakinkan bila mereka tidak memiliki penyakit asma. 

Sedangkan kehidupan seks penderita asma pada 15% responden bahkan berakhir dengan putusnya hubungan mereka dari pasangannya.

Dengan demikian, penyakit asma secara signifikan dapat memengaruhi kehidupan seksual bagi penderitanya.

Tips Meningkatkan Kualitas Seks untuk Penderita Asma

Gejala asma seperti sesak napas, batuk, sesak di dada, dan mengi, dapat menurunkan gairah seks dan memengaruhi kehidupan seks bagi penderita asma. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi asma dan mengembalikan kehidupan seks yang memuaskan. Berikut ini tips bagi penderita asma agar kehidupan seks menjadi lebih baik, antara lain:

1. Melakukan Tes Alergi

Menjalani tes alergi dapat menentukan alergen atau iritan secara pasti apa yang menjadi penyebab asma seseorang kambuh. Tes ini akan membantu memudahkan penderitanya untuk menghindari pencetus serangan asma.

Tes alergi dapat dilakukan dalam beberapa metode, antara lain melalui tes darah, tes kulit, atau melalui diet eliminasi.

2. Mengonsumsi Obat Asma

Penderita asma dapat mengonsumsi obat asma sekitar 30-40 menit sebelum melakukan hubungan seks untuk memastikannya obatnya bekerja tepat waktu, serta tidak mengganggu kehidupan seks. Obat untuk asma tersedia dalam bentuk tablet dan sirup.

Berikut ini beberapa rekomendasi yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati asma.

Beli Lasal Syrup 100 ml di Sini

Beli Teosal Tablet di Sini

Beli Astharol 4 mg Tablet di Sini

3. Pilih Obat yang Tidak Menyebabkan Kantuk

Ada beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi asma dapat menyebabkan rasa kantuk sebagai salah satu efek sampingnya. Rasa kantuk hanya akan membuat hubungan seks Anda terganggu.

Kendati mengonsumsi obat asma sebelum berhubungan seksual, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai efek tersebut dan mintalah obat yang tidak menimbulkan rasa kantuk. 

4. Hindari Paparan Alergen dan Iritan

Jika sudah mengetahui alergen atau iritan yang menyebabkan asma Anda kambuh, sebaiknya hindari. Contoh alergen termasuk bulu binatang, debu, serbuk sari, makanan, dan lainnya.

Terpapar alergen atau iritan tentu akan menjadi pengganggu dalam kehidupan seks bagi penderita asma. Dengan menghindari pencetus ini dapat membantu mengontrol gejala asma.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Tempat tidur sering kali menjadi tempat alergen atau iritan hinggap, seperti debu hingga tungau. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan tempat tidur dan mengganti seprai Anda secara rutin.

Selain itu, bulu hewan peliharaan juga kerap menimbulkan gejala asma, khususnya bila penderita alergi terhadap bulu hewan. Bila memiliki hewan peliharaan di rumah, sebaiknya hewan tersebut tidak masuk ke kamar tidur Anda.

Baca juga: Cara Tepat Menjaga dan Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Demikian ulasan mengenai pengaruh penyakit asma terhadap kehidupan seksual yang perlu anda ketahui, terutama bagi penderita asma. Dengan mengenali pemicu dan cara mengatasi asma dapat membantu memperbaiki kehidupan seks Anda. Namun, yang terpenting adalah melakukan gaya hidup sehat rutin memeriksakan kesehatan Anda ke dokter. 

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara umum, masalah pernapasan, hingga keluhan kesehatan seksual Anda.

Mayo Clinic. Diakses pada 7 Maret 2024. Asthma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/symptoms-causes/syc-20369653

Healthline. Diakses pada 7 Maret 2024. How an Asthma Attack Can Be Triggered by Sexual Activity. https://www.healthline.com/health-news/how-an-asthma-attack-can-be-triggered-by-sexual-activity

Preferred Mens Medical. Diakses pada 7 Maret 2024. Asthma and Sexual Dysfunction: 4 Important Effects to Know. https://preferredmensmedical.com/blog/asthma-and-sexual-dysfunction-important-effects-to-know/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan