Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Penyakit Malnutrisi

 20 Sep 2019



kehiangan nafsu makan pada malnutrisi


Penyakit malnutrisi adalah kondisi yang terjadi ketidakseimbangan pada nutrisi di dalam tubuh kita. Entah kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi, keduanya sama-sama dapat menyebabkan timbulnya masalah lain di dalam tubuh. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus malnutrisi dialami oleh anak-anak.

 

Malnutrisi sering diartikan sebagai kondisi yang merujuk pada kekurangan gizi seperti protein, karbohidrat, mineral atau zat mikronutrisi. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus malnutrisi dialami oleh anak-anak. Jika malnutrisi dialami oleh wanita hamil akan sangat beresiko bagi kesehatan kandungannya. Sekitar 812 juta orang di seluruh dunia mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi pada tahun 2018. 

 

 

Jenis Malnutrisi


Malnutrisi dibedakan menjadi 2 jenis malnutrisi yaitu kekurangan gizi (undernutrition) dan kelebihan gizi (overnutrition). Berikut penjelasannya.

 

Kekurangan gizi (undernutrition), adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan asupan nutrisi yang disertai dengan penurunan berat badan. Ciri- ciri orang yang mengalami kondisi kekurangan gizi antara lain:

 

  • Kehilangan nafsu makan
  • Tidak tertarik untuk mengkonsumsi makanan atau minum
  • Badan lemas atau kelelahan hampir setiap saat
  • Sembuh lebih lama, jika sakit.
  • Massa otot menurun
  • Sulit berkonsultasi
  • Kulit menjadi lebih tipis dan pucat

 

 

Kelebihan gizi (overnutrition), adalah kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan nutrisi akibat asupan vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh melebihi kadar asupan gizi yang seharusnya. Ciri-ciri orang yang mengalami kelebihan gizi, meliputi: 

 

  • Berat badan melebihi angka ideal 
  • Mengalami gangguan sendi
  • Obesitas
  • Mudah lelah
  • Kesulitan bernafas

 

 

Pada anak-anak, kondisi malnutrisi mungkin akan ditandai dengan perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang lama atau berat badan yang sulit bertambah, perubahan perilaku seperti mudah marah atau gelisah, serta tingkat energi yang rendah.

 

 

Kapan Penderita Malnutrisi Harus Periksa Ke Dokter?

Jika anak Anda mengalami malnutrisi yang disertai dengan:

 

  • Rambut rontok
  • Pingsan
  • Mengalami kehilangan berat badan (weight loss) sekitar 5-10% atau terkadang lebih dalam waktu lama yaitu 3 sampai 6 bulan.

 

 

Penyebab Malnutrisi

Malnutrisi disebabkan oleh berbagai macam faktor. Umumnya malnutrisi terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada program diet yang dilakukan, pola makan yang buruk, ketidakseimbangn antara energi yang keluar dengan yang masuk di dalam tubuh atau pengaruh dari masalah medis lainnya yang dimiliki oleh penderita seperti :

 

  1. HIV/AIDS
  2. Diare
  3. Infeksi usus
  4. Gastroenteritis

 
Pada balita dan anak-anak, malnutrisi dapat terjadi akibat kurangnya asupan ASl. Alasannya karena di dalam ASI terkandung beragam nutrisi yang dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak di masa selanjutnya.

 

 

Penanganan Malnutrisi

Pengobatan malnutrisi tergantung pada penyebab dan kondisi malnutrisi yang dialami oleh penderita. Pada kondisi kekurangan gizi,i membutuhkan beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan pengobatan medis.

 

Mengubah Program Diet

Jika kondisi kekurangan gizi yang Anda alami disebabkan oleh program diet yang terlalu ketat, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengubah diet yang selama ini dilakukan seperti:

 

  • Menggunakan bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi (vitamin dan mineral)
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung tinggi kalori
  • Mengkonsumsi cemilan sehat sebagai selingan makan utama


Menggunakan Suplemen Tambahan

Untuk membantu menunjang gizi dan nutrisi yang didapat dari makanan, Anda dapat menggunakan suplemen makanan. Namun pada sebagian penderita kekurangan gizi, juga mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Sebagai alternatif, penggunaan tabung makanan yang ditempatkan langsung ke perut atau usus melalui kulit perut, dapat dilakukan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

 
Sementara kelebihan gizi dapat diatasi dengan membatasi konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh disertai dengan rutin berolahraga agar asupan nutrisi dan energi.

 

 

Kesimpulan

Malnutrisi adalah ketidakseimbangan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Kondisi malnutrisi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kekurangan gizi (undernutrition), dan kelebihan gizi (overnutrition). Meski berbeda, namun keduanya dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan lainnya.

 

Umumnya malnutrisi disebabkan oleh pola makan yang buruk, adanya ketidakseimbangan nutrisi, atau pengaruh dari masalah medis yang diderita oleh Anda.

 

Penanganan malnutrisi baik kekurangan atau kelebihan gizi dapat diatasi secara mandiri atau dengan tindakan medis oleh dokter.

 

Sumber

  1. en.wikipedia.org.Food_and_Agriculture_Organization
  2. nhs.uk. Symthoms Malnutrition. Februari 2017
  3. sciencedirect.com. Protein Energy Malnutrition. Oktober 2009





Bagikan artikel ini :