Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi 8 Merek Obat Flu yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

obat flu yang aman untuk ibu hamil

Flu atau yang dikenal juga dengan influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami flu. Pasalnya, pada saat ini tubuh memiliki sistem imun lebih rendah. 

Pilihan Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil di Apotek

Flu saat hamil bisa menjadi penyakit yang serius. Namun, tenang saja karena penyakit ini tetap bisa disembuhkan. Flu termasuk pada penyakit yang umum, sehingga banyak obat yang bisa dibeli secara bebas di apotek. 

Hanya saja, ibu hamil perlu hati-hati dalam konsumsi obat karena kandungan di dalamnya bisa mempengaruhi janin. Ada beberapa obat yang dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, di antaranya adalah:

1. OBH Combi Batuk Plus Flu

OBH Combi Batuk Plus Flu

OBH Combi Batuk Plus Flu merupakan obat yang dapat membantu meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. Obat ini sudah mengandung paracetamol, sehingga Anda tidak memerlukan obat lain untuk menurunkan demam. 

Selain itu, obat ini juga mengandung ekstrak Succus liquiritiae, ephedrine HCl, dan amonium klorida yang berguna untuk meredakan berbagai gejala flu, seperti batuk, hidung tersumbat, dan pilek. 

OBH Combi Batuk Plus Flu tersedia dalam beberapa varian rasa, yaitu jahe, menthol, dan madu. 

Obat ini termasuk dalam kategori obat bebas terbatas. Meski dapat digunakan tanpa resep dokter, namun ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. 

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Madu Syrup 100 ml di Sini

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Menthol Syrup 100 ml di Sini

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Jahe Syrup 100 ml di Sini

2. Siladex CC 

Siladex CC

Siladex CC merupakan obat dalam bentuk sirup yang bermanfaat untuk melegakan gejala flu, berupa hidung tersumbat. Obat ini mengandung dextromethorphan HBr, doxylamine succinate, dan pseudoephedrine HCl sebagai zat aktifnya.

Kandungan dextromethorphan HBr dapat membantu mengurangi refleks keinginan untuk batuk. Sementara itu, kandungan pseudoephedrine HCl bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat. Doxylamine dalam obat ini dapat mengurangi lendir pada hidung dan saluran pernapasan. 

Sebelum konsumsi obat ini, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. 

Beli Siladex CC Syrup 30 ml di Sini

Beli Siladex CC Syrup 60 ml di Sini

Beli Siladex CC Syrup 100 ml di Sini

3. Benadryl Original

Benadryl Original

Benadryl merupakan obat flu yang aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini mengandung diphenhydramine dan amonium klorida.

Senyawa aktif diphenhydramine bekerja sebagai antihistamin yang dapat meredakan bersin-bersin, hidung tersumbat, dan hidung tersumbat akibat flu. Sementara itu, amonium klorida bekerja dengan cara mengencerkan lendir agar lebih mudah keluar. 

Meskipun tergolong aman untuk dikonsumsi ibu hamil, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. 

Beli Benadryl Original Syrup 50 ml di Sini

4. Panadol Flu & Batuk

Panadol Flu & Batuk

Panadol Flu & Batuk bisa menjadi pilihan obat flu yang aman untuk ibu hamil. Obat ini mengandung senyawa aktif paracetamol, phenylephrine HCl, dan dextromethorphan HBr. 

Obat Panadol Flu & Batuk dapat membantu meredakan gejala flu serta sehingga tidak terlalu parah, seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Obat ini bisa didapatkan dan dikonsumsi tanpa resep dokter. 

Namun, ibu hamil tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. 

Beli Panadol Flu & Batuk Strip 10 Tablet di Sini 

5. Iliadin 0.05% Nasal Spray Dewasa

Iliadin 0.05% Nasal Spray Dewasa

Iliadin nasal spray merupakan obat dalam bentuk semprot hidung. Obat ini bermanfaat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat akibat flu atau alergi saluran pernapasan atas. 

Kandungan oxymetazoline dalam obat ini bekerja dengan cara meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Hasilnya, saluran napas bisa lebih terbuka dan napas menjadi lebih lega.

Meski bisa didapatkan tanpa resep dokter. Ibu hamil tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Beli Iliadin 0.05% Nasal Spray Dewasa 10 ml di Sini

6. Betadine Nasal Spray

Betadine Nasal Spray

Betadine nasal spray merupakan obat dalam bentuk semprot yang sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi durasi pilek dan flu. Kandungan carragelose dalam obat ini mampu membungkus kuman di lapisan hidung secara fisik. 

Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah flu dengan cara menghalangi polusi udara dan kelembapan udara yang rendah. 

Secara umum, produk ini aman digunakan untuk ibu hamil. Namun, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini. 

Beli Betadine Nasal Spray Adults 20 ml di Sini

7. Vicks Inhaler

Vicks Inhaler

Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan tidak ingin konsumsi obat, maka Vicks inhaler dapat menjadi pilihan yang tepat. Produk ini digunakan dengan cara dihirup dan mampu melegakan hidung tersumbat secara instan. 

Formula menthol dan camphor dalam produk ini dapat mengatasi membran di hidung yang membengkak. Hasilnya napas menjadi lebih lega. Selain itu, kandungan dalam produk ini juga dapat memberikan sensasi dingin dan sejuk dalam rongga hidung.  

Pada umumnya, produk ini aman digunakan untuk ibu hamil. Apabila Anda ragu, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini. 

Beli Vicks Inhaler 0.5 ml di Sini

8. Vicks Vaporub

Vicks Vaporub

Vicks vaporub dapat membantu meringankan gejala flu, berupa pilek dan batuk. Penggunaan produk ini cukup mudah, Anda hanya perlu menggosokannya pada bagian dada maupun leher.

Kandungan camphor, menthol, dan eucalyptus oil dalam produk ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat, pegal-pegal, pilek, dan batuk. Anda juga dapat mencampurkan produk ini ke dalam air hangat dan kemudian menghirup uapnya. 

Untuk memastikan keamanan penggunaan produk ini, ibu hamil disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. 

Beli Vicks Vaporub 10 gr di Sini

Beli Vicks Vaporub 25 gr di Sini

Beli Vicks Vaporub 50 gr di Sini

Nah, itulah beberapa pilihan obat flu yang aman untuk ibu hamil. Apabila Anda terserang flu, jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup agar kondisi lebih cepat membaik.

Jika kondisi tubuh Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, maka disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2022. Flu While Pregnant. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/23104-flu-while-pregnant. (Diakses pada 30 Oktober 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Influenza (flu). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/symptoms-causes/syc-20351719. (Diakses pada 30 oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan