Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi 4 Jenis Obat Flu yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

obat flu yang aman untuk ibu hamil

Flu umumnya terjadi akibat perubahan suhu lingkungan yang sangat ekstrim sehingga mengakibatkan sistem imun pada manusia menjadi melemah dan tidak stabil. Ibu hamil juga rentan mengalami flu dan dinilai mengkhawatirkan karena ibu hamil tidak boleh minum obat flu atau pilek sembarangan. Jadi, cek apa saja obat flu yang aman untuk ibu hamil dalam pembahasan ini.

Rekomendasi Obat Flu yang Aman Untuk Ibu Hamil di Apotek

Menurut Center for Disease Control and Prevention, ibu hamil kemungkinan lebih rentan terkena flu dibandingkan orang dewasa yang tidak hamil. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan pada sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru.

Gejala yang umum terjadi antara lain demam ringan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk. Meski bisa diatasi dengan pengobatan, ibu hamil harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi obat. Sebab, beberapa kandungan obat dapat berisiko bagi janin dalam kandungan. Berikut, Farmaku rangkum pilihan obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

1. Paracetamol

Paracetamol adalah obat pilek yang aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini sering kali juga digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meringankan gejala demam dan sakit kepala. Paracetamol termasuk obat bebas yang dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter.

Menggunakan paracetamol saat hamil relatif aman sebab belum ditemukan laporan yang menunjukkan bahwa obat ini dapat membahayakan janin dalam kandungan khususnya pada trimester pertama dan kedua.

Untuk penggunaan obat, baca dengan seksama dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Hindari mengonsumsi obat ini secara berlebihan karena akan memicu overdosis dan masalah liver.

Beli Paracetamol Murah di Sini.

2. Obat Batuk Ekspektoran

Jika Anda mengalami flu yang disertai dengan batuk berdahak, umumnya dokter atau apoteker akan merekomendasikan obat dengan kandungan ekspektoran untuk meredakan penumpukan dahak di saluran pernapasan akibat flu. Namun, perlu diingat obat batuk dan flu jenis ini aman dikonsumsi jika usia kehamilan sudah mencapai 12 minggu.

Meski terbilang aman, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter. Terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau masalah medis lainnya.

Baca juga: Jangan Khawatir, Inilah 5 Obat Batuk Yang Aman untuk Ibu Hamil

3. Cairan Oxymetazoline

Cairan oxymetazoline merupakan pilihan obat pilek yang aman untuk ibu hamil. Obat dalam bentuk semprot ini dapat Anda temukan dengan mudah di apotek secara bebas.

Hati-hati bagi ibu hamil dalam penggunaan obat ini. Jangan ragu untuk bertanya pada apoteker terkait cara pakai dan dosis yang tepat. Hindari obat ini jika Anda memiliki hipersensitif terhadap komponen obat untuk menghindari kontraindikasi yang bisa berisiko bagi kesehatan kandungan.

Beli Cairan Oxymetazoline di Sini.

4. Obat Flu Herbal

Pada dasarnya ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, tetapi pada beberapa kondisi diperbolehkan dengan tetap dalam pengawasan dokter. Salah satu alternatifnya, Anda dapat mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil yang mengandung bahan-bahan alami.

Obat flu Nutrimax C&C mengandung kombinasi 4 herbal yaitu Ivy Leaf, Thyme, Licorice, dan Elderberry Extract yang telah terbukti aman mengatasi influenza, batuk kering, dan batuk berdahak pada anak-anak dan dewasa. Obat sirup ini diperkaya dengan rasa madu dan bebas alkohol.

Beli Nutrimax C & C Syrup 100 Ml di Sini.

Tips Mengatasi Flu Saat Hamil

Selain mengonsumsi obat batuk pilek yang aman untuk ibu hamil, ikuti juga beberapa tips agar kondisi cepat membaik sebagai berikut:

  • Mandi air hangat.
  • Konsumsi makanan yang dapat menghangatkan tubuh seperti sup.
  • Berkumur dengan air hangat yang ditambahkan garam, cara ini dipercaya dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan batuk  yang menyertai flu.
  • Mengoleskan minyak aroma terapi pada dada dan punggung untuk membantu melegakan pernapasan.
  • Posisikan bantal sedikit lebih tinggi ketika tidur.
  • Istirahat yang cukup.
  • Konsumsi obat sesuai resep dan anjuran dokter.

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat flu yang aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil serta tips yang bisa diterapkan saat mengalami flu selama kehamilan agar penyembuhan lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

CDC. 2021. Flu & Pregnancy. https://www.cdc.gov/flu/highrisk/pregnant.htm. (Diakses pada 21 September 2021).
NHS. 2019. Paracetamol For Adults. https://www.nhs.uk/medicines/paracetamol-for-adults/. (Diakses pada 21 September 2021).
WebMD. 2020. Safe OTC Cold and Flu Treatment to Use During Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/safe-otc-cold-and-flu-treatment-to-use-during-pregnancy. (Diakses pada 21 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan