Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi 4 Jenis Obat Flu yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

obat flu yang aman untuk ibu hamil

Flu umumnya terjadi akibat perubahan suhu lingkungan yang sangat ekstrem sehingga mengakibatkan sistem imun pada manusia menjadi melemah dan tidak stabil. Jika terjadi pada Bumil, kondisi ini dinilai mengkhawatirkan. Pasalnya, Bumil tidak boleh minum obat flu atau pilek sembarangan. Pasalnya, dampaknya tak hanya akan dirasakan ibu hamil, melainkan bayi di dalam kandungan. Yuk, cek apa saja obat flu yang aman untuk ibu hamil melalui ulasan berikut!

Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil di Apotek

Menurut Center for Disease Control and Prevention, ibu hamil kemungkinan lebih rentan terkena flu dibandingkan orang dewasa yang tidak hamil. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan pada sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru.

Gejala yang umum terjadi antara lain demam ringan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk. Meski bisa diatasi dengan pengobatan, ibu hamil harus tetap berhati-hati saat mengonsumsi obat. Sebab, beberapa kandungan obat dapat berisiko bagi janin dalam kandungan. Berikut, Farmaku rangkum pilihan obat flu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

1. Paracetamol

Paracetamol untuk ibu hamil

Paracetamol adalah obat pilek yang aman dikonsumsi ibu hamil. Obat ini juga sering digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meringankan gejala demam dan sakit kepala. Paracetamol termasuk obat bebas yang dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter.

Menggunakan paracetamol saat hamil relatif aman. Pasalnya, belum ditemukan laporan yang menunjukkan bahwa obat ini dapat membahayakan janin dalam kandungan, khususnya pada trimester pertama dan kedua.

Untuk penggunaan obat, baca dengan saksama dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Hindari mengonsumsi obat ini secara berlebihan karena akan memicu overdosis dan masalah liver.

Beli Paracetamol di Sini.

2. Obat Batuk Ekspektoran

Jika Anda mengalami flu yang disertai dengan batuk berdahak, umumnya dokter atau apoteker akan merekomendasikan obat dengan kandungan ekspektoran untuk meredakan penumpukan dahak di saluran pernapasan akibat flu. Namun, perlu diingat bahwa obat batuk dan flu jenis ini aman dikonsumsi jika usia kehamilan sudah mencapai 12 minggu.

Meski terbilang aman, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter. Terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau masalah medis lainnya.

3. Cairan Oxymetazoline

Iliadin Spray Dewasa

Cairan oxymetazoline merupakan pilihan obat pilek yang aman untuk ibu hamil. Obat dalam bentuk semprot ini dapat Anda temukan dengan mudah di apotek secara bebas.

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya berhati-hati saat menggunakan obat ini. Jangan ragu untuk bertanya pada apoteker terkait cara pakai dan dosis yang tepat.

Selain itu, hindari penggunaan obat jika ibu hamil memiliki riwayat hipersensitif terhadap komponen obat. Ini dilakukan untuk menghindari kontraindikasi yang bisa berisiko bagi kesehatan kandungan.

Beli Cairan Oxymetazoline di Sini.

4. Obat Flu Herbal

Pada dasarnya, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun pada beberapa kondisi, hal ini diperbolehkan, asalkan dalam pengawasan dokter.

Salah satu alternatifnya, ibu hamil dapat mengonsumsi obat flu untuk ibu hamil yang mengandung bahan-bahan alami. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait penggunaan obat herbal yang aman.

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat flu yang aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengonsumsi obat yang telah direkomendasikan sesuai aturan penggunaan, Bumil juga sebaiknya mendapatkan istirahat yang cukup agar cepat membaik.

Selain itu, sebelum menggunakan obat, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

CDC. 2021. Flu & Pregnancy. https://www.cdc.gov/flu/highrisk/pregnant.htm. (Diakses pada 21 September 2021).
NHS. 2019. Paracetamol For Adults. https://www.nhs.uk/medicines/paracetamol-for-adults/. (Diakses pada 21 September 2021).
WebMD. 2020. Safe OTC Cold and Flu Treatment to Use During Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/safe-otc-cold-and-flu-treatment-to-use-during-pregnancy. (Diakses pada 21 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan