Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Mengatasi Mulut Sariawan

 20 Jun 2019 sariawan | mulut



Mengenal gejala, penyebab, dan obat sariawan


Sariawan atau dalam istilah medis dikenal dengan canker sore, merupakan sebuah luka kecil di dalam mulut. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada bibir bagian dalam, jaringan lunak, bawah lidah, dasar gusi, dan sepanjang rongga mulut.

 

 

Gejala Sariawan

Meskipun bukan penyakit menular, sariawan dapat menimbulkan rasa perih, tidak nyaman, dan kesulitan saat makan. Luka sariawan umumnya berukuran kecil hingga besar, berwarna putih atau kekuningan dengan tepi yang memerah akibat peradangan. 

 

Baca juga:Candidiasis Mulut

 

Dalam beberapa kasus lainnya, sariawan dapat juga diikuti dengan gejala lainnya seperti:

  • Tubuh demam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Tubuh dalam keadaan lemas dan tidak fit.

 

 

Penyebab Sariawan

Sariawan biasanya dapat terjadi karena bibir bagian dalam tidak sengaja tergigit, mengunyah makanan yang terlalu keras, atau pemasangan kawat gigi yang tidak pas. Namun, ada pula beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab terjadinya sariawan yaitu antara lain:

 

  • Alergi makanan
  • Stress
  • Siklus menstruasi (perubahan hormon pada wanita selama masa menstruasi)
  • Kekurangan vitamin dan mineral
  • Sistem kekebalan tubuh melemah
  • Cedera atau luka pada lapisan mulut
  • Infeksi virus (virus pada tangan dan kaki, virus dari flu, virus herpes)
  • Infeksi bakteri atau jamur pada sekitar lidah dan lapisan mulut.

 

Selain kondisi medis di atas, sariawan juga dapat disebabkan karena efek samping mengkonsumsi obat atau metode pengobatan seperti nicorandil, penghambat beta, obat antiinflamasi non- steroid (OAINS), kemoterapi, dan radioterapi.

 

 

Pengobatan Pada Sariawan

Menurut The America Academy of Oral Medicine (AAOM), terdapat 3 kondisi sariawan yaitu sebagai berikut:

 

  1. Minor Aphthous Stomatitis (sariawan kecil)

    Sariawan jenis ini merupakan yang paling sering dialami banyak orang. Umumnya sariawan jenis ini dapat terjadi karena Anda tidak sengaja menggigit salah satu bagian kulit pada rongga mulut. Memiliki bentuk yang kecil kira-kira berdiameter kurang dari 1 cm. Sariawan jenis ini termasuk yang mudah untuk disembuhkan. Dapat sembuh dalam waktu sekitar satu minggu.

     

  2. Major Aphthous Stomatitis (sariawan besar)

    Sariawan jenis ini bisa terjadi di kulit rongga mulut hingga ke dekat gigi dan gusi. Ukurannya yang lebih besar dan lebar menimbulkan rasa perih dan menyakitkan. Biasanya penyembuhan luka sariawan jenis ini memakan waktu selama kurang lebih 1 minggu.

     

  3. Herpetiform Aphthous Stomatitis

    Meskipun namanya Herpetiform namun sariawan jenis ini bukalah disebabkan karena virus herpes yang masuk ke dalam mulut. Sariawan ini memiliki bentuk kecil-kecil tipis dan berkelompok. Berbeda dengan kedua jenis sariawan sebelumnya, tepi atau pinggiran dari sariawan ini tidak beraturan. Masa penyembuhannya pun lebih lama yaitu sekitar 1 - 2 minggu. Rasa sakit yang ditimbulkan pun semakin besar karena jumlahnya yang banyak.

 

Dalam pengobatan, sariawan sebenarnya adalah luka yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penanganan sariawan secara medis, yang salah satunya dengan mengkonsumsi obat kortikosteroid.

 

 

Apa itu Obat Kortikosteroid ?

Salah satu obat sariawan yang dapat Anda beli di apotik adalah obat golongan kortikosteroid. Kelompok obat ini dapat digunakan segera setelah luka muncul. Kortikosteroid berguna untuk meredakan rasa nyeri dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Beberapa obat yang termasuk dalam golongan obat kortikosteroid adalah dexamethasone, triamcinolone dan clobetasol.

 

  1. Dexamethasone

    Dexamethasone adalah obat yang bekerja dengan cara mencegah terjadinya pelepasan zat-zat di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Selain itu obat ini mampu mengurangi respon defensif alami tubuh dan mengurangi gejala inflamasi dan reaksi alergi. Obat ini umumnya juga digunakan untuk mengatasi mual dan muntah akibat kemoterapi.

     

  2. Triamcinolone

    Triamcinolone adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai gejala alergi dan radang, baik pada hidung (rhinitis alergi), kulit, rongga mulut, maupun sendi. Obat ini bekerja dengan menekan kerja sel darah putih secara berlebihan serta zat-zat lain yang dapat menimbulkan efek peradangan.

     

  3. Clobetasol

    Clobetasol adalah obat yang juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan, gatal-gatal, dan kulit yang memerah dengan cara menurunkan respons tubuh terhadap peradangan. Obat ini juga mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda yang berlebihan. Umumnya obat ini digunakan juga untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti eksim, dermatitis, alergi, dan ruam kulit.

 

 

Pencegahan Sariawan

Sariawan dapat dicegah dengan beberapa cara antara lain:

  • Menjaga kebersihan mulut
  • Mengunyah makanan dengan perlahan
  • Rutin memeriksa kesehatan mulut dan gigi
  • Penuhi asupan vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin C, vitamin B12, seng, dan zat besi.

 

Sumber: 

  1. https://www.aaom.com ,Des 2007
  2. https://www.healthline.com/health/canker-sores, Mar 2015
  3. https://www.alodokter.com/sariawan-di-bibir-ternyata-bisa-disebabkan-banyak-penyakit, Okt 2016
  4. https://www.halodoc.com/cari-tahu-5-penyebab-sariawan-dan-cara-mengatasinya ,Okt 2017
  5. https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/zd1065, Mar 2018





Bagikan artikel ini :




sariawan   mulut