Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Sariawan Bayi yang Aman dan Ampuh Atasi Infeksi Jamur

Sariawan adalah kondisi yang dapat dialami siapa saja, termasuk bayi. Untuk mengatasinya, orang tua bisa memberikan obat sariawan untuk bayi. Di artikel ini Farmaku akan membahas mengenai obat apa saja yang bisa diberikan pada si Kecil. Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Obat Sariawan Bayi yang Aman 

Sariawan dapat terjadi pada usia berapa saja, termasuk bayi sekalipun. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans.

Meskipun bukan kondisi yang serius, sariawan dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang membuat Si Kecil lebih rewel dari biasanya.

Untuk mengobatinya, Farmaku telah merangkum merek obat sariawan bayi yang bisa Anda dapatkan di apotek, di antaranya:

1. Mycostatin Drop

Mycostatin Drop

Obat antijamur satu ini dapat mengobati infeksi jamur candida yang biasa terjadi pada rongga mulut. Mycostatin Drop mengandung bahan aktif nystatin. Obat ini bekerja dengan cara merusak sekaligus menghentikan pertumbuhan sel jamur. 

Tergolong obat keras, penggunaan obat mycostatin drop perlu mengikuti resep dokter. Perlu diketahui, obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti mual, muntah, dan diare. 

Beli Obat Mycostatin Drop di Sini

2. Nystatin Drop

Nystatin Drop

Obat sariawan bayi ini mengandung zat aktif nystatin 100.000 IU. Nystatin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur agar tidak berkembang semakin parah. Obat ini efektif untuk mengobati infeksi jamur di rongga mulut. 

Apabila Si Kecil memiliki tanda-tanda seperti adanya bercak putih di mulut, terutama pada bagian lidah, sekitar bibir, dan langit-langit mulut, maka Anda bisa memberikan Nystatin obat sariawan untuk bayi sebelum atau sesudah makan.

Cukup teteskan cairan nystatin pada rongga mulut yang terinfeksi. Kemudian diamkan sebentar sebelum ditelan

Perlu diperhatikan bahwa Nystatin termasuk obat keras sehingga dosis yang diberikan perlu mengikuti resep dokter.

Beli Obat Nystatin Drop Berno di Sini

3. Kandistatin Suspensi 

Kandistatin Suspensi

Kandistatin suspensi merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi sariawan karena adanya pertumbuhan jamur di rongga mulut.

Kandistatin suspensi mengandung bahan aktif nystatin yang dapat menghentikan infeksi jamur Candida albicans di bagian mulut seperti lidah, gusi, bibir bagian dalam, dan langit-langit mulut.

Selain mengobati sariawan bayi, obat ini juga bisa digunakan untuk pengobatan infeksi pada vagina dan kulit.

Kandistatin tergolong obat keras sehingga penggunaan obat ini perlu dengan resep dokter. Waspadai juga sejumlah efek samping yang dapat terjadi, seperti muntah, sakit perut, mual, muncul ruam, dan iritasi pada mulut.

Beli Obat Kandistatin Suspensi di Sini

4. Candistin Drop

Candistin Drop

Obat sariawan untuk bayi berikutnya adalah Candistin Drop. Obat ini dapat membantu mengobati sariawan di mulut akibat pertumbuhan jamur.

Kandungan nystatin di dalamnya bekerja dengan cara merusak sel jamur yang sedang tumbuh dan menghentikan pertumbuhannya. Dengan demikian, keluhan akibat infeksi dapat membaik.

Selain mengobati infeksi jamur Candida pada rongga mulut, Candistin Drop  dapat digunakan untuk mengatasi infeksi pada organ lainnya, seperti tenggorokan usus, dan alat kelamin wanita.

Candistin Drop termasuk golongan obat keras. Jadi, obat ini tidak dapat dikonsumsi tanpa resep dari dokter.

Beli Candistin Drop 12 ml di Sini

5. Aloclair Plus Gel 

Aloclair Plus Gel

Aloclair merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan pada bayi. Obat ini berkhasiat untuk mengobati peradangan aftosa dan luka pada rongga mulut.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal mengaplikasikan Aloclair pada bibir yang mengalami sariawan sampai lesi tertutupi. Lakukan sebanyak 3-4 kali setiap harinya.

Meskipun dapat digunakan tanpa resep dokter, Aloclair tidak dianjurkan penggunaannya pada penderita sklerosis multiple, penyakit kolagen, leukosis, tuberkulosis, AIDS, dan wanita hamil. 

Beli Aloclair Plus Gel 8 gr di Sini

6. Tempra Drop

Tempra Drop

Jika si Kecil mengalami sariawan yang disertai demam, Anda dapat memberikan obat penurun demam. Salah satu obat demam yang dapat dikonsumsi bayi adalah Tempra Drop.

Tempra Drop mengandung bahan aktif paracetamol yang mampu menghambat zat dalam tubuh yang memicu demam dan nyeri pada tubuh. Obat ini dapat dikonsumsi bayi usia 0-1 tahun.

Tempra tersedia dalam tiga varian rasa yang akan disukai Si Kecil, yaitu anggur, stroberi, dan jeruk.

Beli Tempra Grape Drop 15 ml di Sini

Beli Tempra Strawberry Drop 15 ml di Sini

Beli Tempra Orange Drop 15 ml di Sini

7. Panadol Sirup Anak

Panadol Sirup Anak

Obat yang dikemas dalam bentuk sirup ini efektif untuk meredakan demam pada anak usia 0-1 tahun. 

Panadol Anak mengandung bahan aktif paracetamol, yang dapat menghambat zat penyebab nyeri dan demam dalam tubuh, termasuk yang disebabkan oleh sariawan.

Meski tergolong obat bebas, selalu perhatikan dosis dan aturan pakai obat. Selain itu, obat ini tidak disarankan jika anak alergi terhadap paracetamol. 

Beli Panadol Syrup Anak 30 ml di Sini

Beli Panadol Sirup Anak 60 ml di Sini

8. Sanmol Syrup

Sanmol Sirup

Sariawan yang dibarengi dengan demam pada anak dapat diredakan dengan Sanmol Syrup. Obat ini cocok digunakan oleh bayi hingga anak-anak berusia 12 tahun.

Paracetamol di dalam obat bekerja secara langsung pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik), serta menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgesik).

Obat ini dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, waspadai efek samping yang dapat terjadi berupa mual, muntah, dan nyeri pada perut bagian atas.

Beli Sanmol Syrup 60 ml di Sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat sariawan bayi yang bisa Anda coba berikan pada Si Kecil yang mengalami sariawan.

Agar kondisi tidak semakin memburuk, tetap berikan anak asupan makanan yang bergizi. Jika perlu panduannya, Anda bisa konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Jangan lupa penuhi produk kebutuhan sehat Anda dan keluarga di apotek online Farmaku. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga:

IHV. 2014. What Can I Do If My Baby Has Oral Thrush? https://www.cambscommunityservices.nhs.uk/docs/default-source/Luton---iHV-Top-Tips/oral-thrush.pdf?sfvrsn=0. (Diakses pada 30 November 2023).
Lewis, Rhona. 2020. Treating Thrush in Babies. https://www.healthline.com/health/baby/thrush-in-babies. (Diakses pada 30 November 2023).
NHS. 2023. Oral Thrush (Mouth Thrush). https://www.nhs.uk/conditions/oral-thrush-mouth-thrush/. (Diakses pada 30 November 2023).

Sumber

Artikel Lainnya