Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Obat Kudis yang Ampuh Redakan Gatal dan Ruam

obat kudis

Scabies pada manusia atau yang dikenal juga dengan kudis adalah penyakit kulit yang menyebabkan gatal dan ruam. Kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas harian. Namun tenang saja, penyakit ini mudah untuk diobati. 

Obat Kudis Paling Ampuh dan Tersedia di Apotek

Scabies atau yang dikenal dengan kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan karena tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini menempel, hidup, dan bertelur dalam kulit. Akibatnya, kulit menjadi gatal dan timbul ruam yang menyerupai lepuhan kecil bersisik atau jerawat. 

 Anda juga mungkin akan melihat adanya garis tipis dalam kulit yang menyerupai lecet atau benjolan. Ini merupakan terowongan tungau. 

Kudis dapat diobati dengan berbagai obat yang dijual bebas maupun perlu resep dokter, di antaranya adalah:

1. Scabimite Cream 

Scabimite 30 gram

Salep kudis ini mengandung bahan aktif permethrin 5% yang dapat membantu mengatasi penyakit kudis atau infeksi kulit akibat tungau Sarcoptes scabiei. Obat ini bekerja dengan cara membunuh tungau dan telur penyebab kudis. 

Scabimite Cream termasuk obat keras, penggunaan obat ini membutuhkan resep dokter. Untuk ibu hamil, menyusui, dan bayi usia di bawah 2 tahun, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Selain itu, obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti rasa panas, gatal, dan sensasi terbakar pada kulit.  

Beli Scabimite Cream 10 gr di Sini

Beli Scabimite Cream 30 gr di Sini

2. Salep 88

Salep 88

Salep yang mengandung sulfur atau belerang sudah sejak lama digunakan untuk mengobati kudis. Pasalnya, sulfur memiliki efek antiparasit sehingga dapat membunuh tungau penyebab kudis. 

Salep 88 mengandung sulfur praecipitatum, salicylic acid, dan benzoic acid. Kandungan sulfur dalam obat ini dapat meninggalkan noda pada pakaian serta memiliki aroma yang tajam. 

Agar bekerja efektif, Anda perlu mengoleskan obat ini ke seluruh tubuh pada malam hari sebelum tidur. Hindari area mata, hidung, mulut, serta vagina. 

Beli Salep 88 6 gr di Sini

3. Salep 2-4 Afiat

Salep 2 - 4

Salep 2-4 Afiat juga merupakan salep yang dapat membunuh tungau penyebab kudis. Obat oles ini mengandung kombinasi sulfur praecipitatum dan salicylic acid.

Tidak hanya dapat membunuh tungau penyebab kudis, tetapi salep ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit lain, seperti kutu air, kadas, dan gatal-gatal. 

Beli Salep 2 – 4 15 gr Afiat di Sini

4. Caladine Lotion

Caladine Lotion

Salah satu gejala scabies adalah rasa gatal pada kulit yang akan semakin parah pada malam hari. Untuk meredakan gejala tersebut, Anda dapat mencoba mengoleskan caladine lotion.

Caladine lotion mengandung zinc oxide, camphor, dan diphenhyramine. Kombinasi kandungan dalam produk ini dapat membantu meredakan gatal yang disebabkan oleh iritasi, alergi, serta gigitan serangga termasuk kudis. 

Beli Caladine Lotion 60 ml di Sini

Beli Caladine Lotion 95 ml di Sini

5. Hydrocortisone 1% Cream

Hydrocortisone Cream

Apabila rasa gatal tidak kunjung mereda setelah menggunakan obat gatal, maka Anda dapat mencoba salep ini. Hydrocortisone merupakan obat golongan kortikosteroid.

Obat ini bekerja dengan menurunkan respon sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan. Dengan demikian, rasa gatal pun akan berkurang. 

Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Hydrocortisone 1% Cream 5 gr Kalbe di Sini

6. Dermacoid Cream 

Dermacoid Cream 10 gram

Dermacoid cream merupakan obat yang mampu membantu meredakan rasa gatal hebat pada kulit. Dalam obat ini, terkandung hydrocortisone sebagai zat aktifnya. 

Hydrocortisone bekerja dengan cara menurunkan respon sistem imun yang menyebabkan peradangan secara berlebihan. Hasilnya, keluhan gatal, ruam, dan kemerahan akibat kudis dapat berkurang. 

Perlu diketahui bahwa hydrocortisone termasuk obat golongan kortikosteroid. Penggunaan obat ini secara sembarangan dapat meningkatkan risiko munculnya efek samping. Oleh sebab itu, Anda menggunakan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Dermacoid Cream 10 gr di Sini

7. Kenacort A 0.1% Cream

Kenacort A 0.1% Cream

Obat ini juga dapat menjadi pilihan untuk meredakan rasa gatal pada kulit akibat kudis. Dalam obat ini, terdapat kandungan triamcinolone

Senyawa aktif triamcinolone dalam obat ini termasuk dalam kelompok obat kortikosteroid. Obat ini dapat membantu meredakan rasa gatal dengan cara menekan respon imun tubuh yang berlebihan. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Kenacort A 0.1% Cream 10 gr di Sini

8. Cerini 10 mg

Cerini

Obat Cerini dapat dikonsumsi apabila Anda merasakan gatal yang tidak tertahankan akibat kudis. Obat ini mengandung senyawa aktif cetirizine. 

Cetirizine sebenarnya termasuk dalam kelompok obat antihistamin yang dapat membantu meredakan gejala reaksi alergi, termasuk gatal-gatal, kulit kemerahan, dan ruam. 

Histamin merupakan senyawa yang diproduksi tubuh saat ada infeksi atau reaksi alergi. Apabila jumlahnya berlebihan, maka muncul berbagai gejala alergi. 

Obat cetirizine akan membantu mengembalikan jumlah hitamin ke tingkat normal sekaligus meredakan gejala yang muncul. Dengan demikian, gatal-gatal akibat tungau kudis juga bisa diredakan. 

Cerini tergolong dalam obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditentukan oleh dokter. Anda tidak disarankan untuk menambah atau mengurangi dosis obat tanpa izin dokter. 

Beli Cerini 10 mg Tablet di Sini

9. Alleron 4 mg

Alleron

Obat ini juga dapat membantu meredakan rasa gatal yang muncul saat Anda mengalami kudis. Alleron mengandung senyawa aktif chlorpheniramine maleate. Senyawa aktif ini juga termasuk dalam kelompok obat antihistamin yang bekerja dengan cara menghambat kerja histamin dalam tubuh. 

Alleron dapat menyebabkan kantuk. Oleh sebab itu, anda perlu menghindari menjalankan mesin, mengemudi, atau melakukan aktivitas lain yang memerlukan kewaspadaan setelah konsumsi obat ini. 

Beli Alleron 4 mg Strip 10 Tablet di Sini

10. Loratadine

Loratadine

Loratadine juga dapat membantu meredakan gatal yang muncul di kulit akibat kudis. Bahan aktif loratadine bekerja dengan menghambat kerja histamin, atau zat pemicu reaksi alergi dalam tubuh.

Selain dapat meredakan gatal-gatal, obat ini juga dapat meredakan gejala alergi lain, seperti pilek, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Loratadine 10 mg Tablet Novell di Sini

Beli Loratadine 10 mg Tablet Hexp di Sini

Demikian, beberapa obat yang umum digunakan untuk mengobati kudis serta mengurangi gejala yang muncul. Beberapa obat tersebut termasuk dalam obat keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Apabila kondisi kudis yang Anda alami tidak kunjung membaik atau malah bertambah parah, Anda disarankan untuk melakukan kunjungan ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2022. Scabies. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scabies/symptoms-causes/syc-20377378. (Diakses pada 31 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan