Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Daftar Asupan Tinggi Serat untuk Anak agar Selalu Sehat

Table of Contents

Serat adalah nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan anak serta orang dewasa tidak mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup setiap hari. Sebagai orang tua, tentu Anda harus melakukan yang terbaik untuk memberi makan sehat untuk keluarga.

Namun, Anda mungkin memerlukan bantuan dalam memilih sumber serat yang baik. Sebelum mencari tahu makanan apa saja yang dapat menjadi sumber serat yang baik, simak manfaat di bawah ini.

Apa itu Serat?

Serat makanan adalah nutrisi nabati, yaitu jenis karbohidrat . Namun serat tidak seperti karbohidrat lainnya, ia tidak dapat dipecah menjadi molekul gula yang dapat dicerna. Sebab, serat melewati saluran usus relatif dalam keadaan utuh. Serat juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anak dan orang dewasa.

Menurut Colorado State University serat dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu serat larut dan tidak larut. Sederhananya, serat larut, seperti pektin, getah dan lendir, larut dalam air. Sementara serat tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa dan lignin, tidak larut dalam air. Saat berada dalam tubuh, serat larut akan larut dan menjadi zat seperti gel. Sedangkan serat tidak larut sebagian besar mempertahankan bentuknya saat berada di dalam tubuh. Kedua jenis serat ini, baik serat larut dan tidak larut memiliki manfaat penting bagi tubuh.

Baca juga: Vitamin A untuk Anak: Manfaat, Dosis, dan Rekomendasi Suplemennya

Pentingnya Serat untuk Kesehatan Anak

Dua jenis serat sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini bisa Anda dapatkan bila tubuh cukup asupan harian serat. Berikut ini berbagai manfaat serat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Pola makan tinggi serat dapat membantu menurunkan risiko terkena wasir dan kantong kecil di usus besar (penyakit divertikular). Penelitian juga menemukan bahwa diet tinggi serat kemungkinan menurunkan risiko kanker kolorektal. 

Beberapa serat difermentasi di usus besar. Para peneliti masih mencari tahu bagaimana hal ini mungkin berperan dalam mencegah penyakit usus besar.

2. Mencegah Penyakit

Memenuhi asupan serat harian yang direkomendasikan terbukti dapat membantu mencegah beberapa penyakit. Asupan serat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut yang ditemukan dalam beberapa makanan seperti kacang-kacangan, oat, dan biji rami, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dengan menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah, atau disebut kolesterol jahat. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan serat tinggi mungkin memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, seperti menurunkan tekanan darah dan peradangan.

4. Menjaga Berat Badan

Makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan dibandingkan makanan rendah serat, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dan merasa kenyang lebih lama. 

Hal tersebut karena makanan berserat tinggi cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan dan kurang “padat energi”, yang berarti makanan tersebut memiliki lebih sedikit kalori untuk volume makanan yang sama.

Jumlah Kebutuhan Serat bagi Anak-anak

Terdapat berbagai rekomendasi jumlah manfaat serat untuk tubuh anak berdasarkan kebutuhan energi, usia, atau berat badan. Namun untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan serat anak adalah dengan menambahkan angka 5 pada usia anak Anda. Jadi apabila anak Anda berusia 10 tahun anak Anda membutuhkan setidaknya 15 gram serat setiap harinya. Anda juga dapat berpedoman pada jumlah total minimal serat yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu sekitar 25 gram sehari.

Tips lain untuk untuk memastikan anak Anda mendapatkan cukup makanan berserat adalah dengan membuat pilihan makanan yang sehat. Usahakan bahwa anak Anda mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari bersama dengan makanan lain yang merupakan sumber serat yang baik. Hal ini dapat membantu Anda memenuhi serat harian anak tanpa harus menghitung jumlah serat yang anak Anda konsumsi.

Baca Juga: Vitamin Bentuk Permen untuk Anak yang Enak dan Sehat

Daftar Sumber Makanan Tinggi Serat untuk Anak Anda

Serat bisa Anda dapatkan dari berbagai macam makanan. Untuk mencukupi kebutuhan serat harian, Anda bisa mengonsumsi pilihan makanan berikut:

1. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga mengandung banyak serat. Tidak hanya buahnya, serabut putih jeruk ternyata memiliki serat pektin yang tinggi. Pektin berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

2. Pisang

Buah pisang mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Pisang hijau juga mengandung banyak pati resisten, karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang berfungsi seperti serat.

Pisang berukuran sedang atau setara dengan 2,6 gram per 100 gram mengandung serat sebanyak 3,1 gram.

3. Apel

Apel adalah buah yang sangat populer karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Baik dimakan utuh atau dijadikan jus, buah ini memberikan serat larut dan tidak larut yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dalam apel segar berukuran sedang atau setara dengan 2,4 gram per 100 gram mengandung serat sebanyak  4,4 gram 

4. Pir

Pir adalah buah dengan cita rasa manis, renyah, dan berair yang tentunya bergizi. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik bagi anak-anak.

Kandungan serat sebanyak 5,5 gram dalam buah pir segar berukuran sedang, atau setara dengan 3,1 gram per 100 gram.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan umbi-umbian yang sangat mengenyangkan dan memiliki rasa yang manis. Makanan ini tinggi beta karoten, vitamin B, dan berbagai mineral. Ubi jalar juga bisa menjadi pengganti roti yang enak. Ubi jalar rebus berukuran sedang (tanpa kulit) memiliki 3,8 gram serat.

6. Wortel

Wortel adalah sayuran berjenis umbi-umbian yang bisa bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak.

Selain serat, wortel mengandung vitamin K, vitamin B6, magnesium, dan beta karoten, antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Dalam 1 cangkir wortel mentah atau setara dengan 2,8 gram per 100 gram mengandung serat sebanyak 3,6 gram.

7. Roti Gandum Utuh

Roti gandum memiliki kandungan serat yang tidak larut dan sulit dicerna. Senyawa ini melewati saluran pencernaan dalam kondisi utuh, sehingga mampu meningkatkan berat feses dan memicu buang air besar.

Mengonsumsi serat gandum bagi anak-anak bisa membantu mengurangi risiko sulit buang air besar alias sembelit. Selain itu, seratnya bersifat sebagai prebiotik sehingga baik bagi kesehatan usus.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat yang sangat baik dan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini mengandung serat larut kuat yang disebut beta glukan, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.

Satu cangkir oatmeal mengandung serat sebanyak 16,5 gram per cangkir atau setara dengan 10,1 gram per 100 gram.

Baca Juga: Pilihan Obat Susah BAB Anak, Aman dan Ampuh Atasi Sembelit

Suplemen Serat untuk Anak

Apabila anda merasa bahwa asupan serat harian anak anda belum mencukupi, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan suplemen serat. Walaupun suplemen tidak sebaik serat dari makanan utuh, suplemen serat untuk anak dapat membantu orang yang ingin mengatur pergerakan usus mereka atau yang menderita sembelit.

Sama seperti serat dari makanan utuh, suplemen serat juga memiliki efek penurun kolesterol dan stabilisasi gula darah yang sama, jika mengonsumsi dalam jumlah yang cukup. Suplemen tidak mengandung serat sebanyak makanan kaya serat jadi hanya menaburkan bubuk pada makanan mungkin tidak akan memberi Anda serat yang Anda butuhkan.

Selain itu, suplemen serat untuk anak dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti aspirin, karbamazepin, dan warfarin. Mereka juga dapat menyebabkan kembung dan gas seperti serat dari makanan utuh jika dikonsumsi berlebihan. Maka Anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan suplemen makanan untuk memenuhi kebutuhan serat Anak.

Nutrimax C Plus Junior

Nutrimax C Plus Junior adalah suplemen dengan kandungan Calcium Ascorbate, bentuk vitamin C yang aman untuk lambung dan ginjal. Suplemen ini bisa lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak dari penyakit dan infeksi.

Nutrimax C Plus Junior diperkaya dengan Phytogreen dari konsentrat sayuran sebagai sumber serat yang bagus bagi kesehatan sistem pencernaan anak. 

Suplemen ini memiliki bentuk tablet kunyah (Chewable) miniatur hewan dengan rasa jeruk sehingga dapat disukai oleh anak-anak.

Beli Nutrimax C Plus Junior 60S di Sini

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat serat bagi kesehatan anak dan sumber serat yang bisa menjadi pilihan untuk Anak Ada. Pastikan cukupi kebutuhan serat harian Anak baik dari makanan maupun suplemen. Jika ingin mengonsumsi suplemen serat, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dulu.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan dan kebutuhan serat harian anak.

Eating well. Diakses pada Agustus 2020. 10 Best High-Fiber Foods for Kids.
http://www.eatingwell.com/article/291588/10-best-high-fiber-foods-for-kids

Healthy Children. Diakses pada Agustus 2020. Kids Need Fiber: Here’s Why and How.
https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Kids-Need-Fiber-Heres-Why-and-How

Healthline. Diakses pada 20 Februari 2024. 22 High Fiber Foods You Should Eat.
https://www.healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods#22-high-fiber-foods

Live science. Diakses pada Agustus 2020. What is fiber?
https://www.livescience.com/51998-dietary-fiber

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak