Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Tips Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan Caesar, Moms Coba Deh !

Perjuangan untuk melahirkan memang tidak mudah. Terlebih jika keadaan mengharuskan Anda untuk melahirkan secara caesar. Bahkan setelah melahirkan, Anda masih harus berjuang untuk mengecilkan perut agar bentuknya kembali ke bentuk semula.

Tidak sedikit wanita merasa cemas atas perubahan eksternal yang terjadi pada tubuh mereka setelah melahirkan dan mencoba berbagai cara agar tubuhnya terlihat langsing, terutama bagian perut. Selain mengakibatkan rasa tidak nyaman, bentuk perut yang bergelambir terkadang juga dapat mengurangi rasa percaya diri pada seseorang.

Namun, Anda jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengecilkan perut seperti bentuk semula tanpa harus Anda mengeluarkan banyak uang. Yuk, disimak moms!

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

contoh makanan bergizi

Sebagai seorang ibu yang baru melahirkan, memberikan ASI eklusif adalah tugas utama yang mungkin hampir tidak boleh ditinggalkan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mengontrol pola makan agar usaha Anda untuk mengecilkan ukuran perut juga tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Saat masa laktasi Anda membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu pilihlah makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Hindari makanan manis yang tinggi kandungan gula dan lemak jenuh. Sebaiknya banyak konsumsi buah, sayur, dan beberapa protein ringan seperti:

  • Kacang-kacangan, timun, seledri
  • Potongan daging ayam tanpa kulit
  • Oatmeal
  • Keju rendah lemak
  • Peanut butter dalam bentuk bubuk
  • Daging sapi dengan rendah lemak
  • Susu rendah lemak
  • Putih telur
  • Semangka, Alpukat

2. Menyusui

ibu menyusui

Menyusui adalah cara mudah untuk mengecilkan perut. Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tidak hanya memberikan manfaat untuk si kecil, melainkan juga untuk Anda lho Farmamoms. Menyusui si kecil dapat membantu mengurangi sekiranya sekitar 500 ekstra kalori per hari. Perlu moms ketahui juga bahwa saat menyusui terdapat sejumlah hormon yang dilepaskan sehingga membantu rahim untuk mengembalikan bentuk tubuh setidaknya seperti sebelum hamil.  


3. Minum air yang cukup

mengecilkan perut dengan air

Selain berfungsi untuk menangkal racun pasca persalinan, asupan air putih yang cukup juga dapat membantu mencegah kenaikan berat badan terutama pada bagian perut. Minumlah air setelah bangun secara teratur untuk mengecilkan perut. Memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya juga mampu menghidrasi tubuh menjadi lebih baik.

4. Melakukan senam atau yoga yang aman

yoga untuk perut

Olahraga seperti senam kegel atau yoga merupakan aktifitas fisik yang efektif untuk mengembalikan bentuk perut menjadi ideal atau paling tidak seperti sebelum melahirkan.
Senam kegel merupakan olahraga yang dilakukan sambil tiduran, berdiri, atau berjalan kaki. Jika senam ini diterapkan dengan baik dan rutin dapat berfungsi mengencangkan otot hingga mengembalikan perut ke bentuk semula.

Selain senam, yoga adalah salah satu olahraga ringan yang dapat membantu menjadikan bentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal. Gerakan yoga mampu merelaksasi tubuh sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Akan lebih menyenangkan jika olahraga yoga dilakukan bersama si kecil. Beberapa contoh gerakan yang bisa Anda dan si kecil tiru di rumah antara lain:

  • Downward facing dog
  • Balancing table
  • Boat pose
  • Bridge pose

Namun perlu dipahami, umumnya dokter menyarankan Ibu yang memiliki luka bekas jahitan caesar (C-Section) agar menunggu 6-8 minggu sebelum memulai latihan untuk mengurangi lemak perut. Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa risiko gangguan kesehatan lainnya seperti:

  • Pendarahan Postpartum berat
  • MuscleTech dan cedera sendi
  • Pembukaan atau sayatan bedah

5. Mengurangi aktivitas berat

aktivitas pasca melahirkan

Selama 6 bulan pertama, umumnya menjadi masa-masa yang krusial untuk menjalankan aktivitas. Jika Anda ingin membakar lemak dengan aktif melakukan berbagai aktifitas, Anda dapat menggantinya dengan melakukan aktivitas yang tergolong ringan seperti membersihkan rumah atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Namun tetap perlu diingat, sebelum melakukan aktifitas pastikan luka bekas operasi (C-Section) sudah dalam keadaan baik.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan sekaligus memenuhi keinginan Anda untuk mengecilkan perut pasca melahirkan caesar.

healthline.com
parenting.firstcry.com

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan