Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Alami Meningkatkan Libido Pria dan Wanita

cara meningkatkan libido farmaku

Bagaimana cara meningkatkan libido pada pria dan wanita? Dapat dikatakan bahwa hubungan intim menjadi salah satu kunci keharmonisan rumah tangga. Selain dapat menyalurkan hasrat seksual, rutin bercinta bisa menjadi momen Anda dan pasangan untuk lebih mesra. Inilah mengapa menjaga aktivitas ranjang yang panas tetap penting dilakukan oleh pasangan yang telah bertahun-tahun menikah.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa faktor dapat mengakibatkan turunnya gairah. Salah satu penyebab yang tidak bisa dihindari adalah usia yang semakin menua. Akan tetapi, semua itu dapat teratasi dengan mengonsumsi berbagai makanan yang dapat meningkatkan libido dan menerapkan berbagai kebiasaan sehat. Berikut penyebab libido turun dan cara alami untuk mengatasinya:

Apa yang Dimaksud dengan Libido?

apa itu libido farmakuLibido adalah gairah seksual pada seseorang yang memicu untuk melakukan berbagai aktivitas intimasi. Secara alamiah, baik pria maupun wanita memiliki hasrat untuk bercinta. Sayangnya, berbagai faktor dapat mengakibatnya turunnya libido dan keinginan berhubungan badan.

Dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan untuk mendiagnosis apakah Anda mengalami hal ini. Diawali dengan menanyakan riwayat medis dan seksual, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan panggul dan organ reproduksi. Jika diperlukan, tes darah dan tes hormon akan dianjurkan untuk mengetahui penyebab dorongan seks rendah.

Penyebab Libido Rendah pada Pria

cara meningkatkan libido pria farmaku

Turunnya libido pada pria umumnya terjadi karena faktor usia. Namun, ada pula faktor-faktor lain yang memicu terjadinya penurunan libido. Kondisi ini pun tidak jarang membuat pria kehilangan rasa percaya dirinya dan bahkan mengalami stres karena merasa tidak bisa memuaskan pasangan.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mengenali apa saja penyebab penurunan libido, sehingga dapat melakukan berbagai tindakan pencegahan. Berikut beberapa faktor pemicunya:

1. Hormon testosteron rendah

Hormon testosteron memiliki peranan penting terhadap perkembangan organ reproduksi serta libido. Ketika kadar testosteron pada tubuh rendah, gairah seksual pun akan berkurang.

2. Mengalami stres atau gangguan psikologis

Ketika batin sedang dalam tekanan dan emosi tidak stabil, hormon testosteron tidak dapat bekerja dengan sempurna. Selain itu, stres juga mengakibatkan pembuluh darah menyempit sehingga sirkulasi darah ke organ reproduksi akan terganggu. Akibatnya, pria akan kesulitan untuk ereksi dan ejakulasi.

3. Mengidap penyakit darah tinggi atau diabetes

Beberapa penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah, seperti darah tinggi dan diabetes, bisa menjadi penyebab turunnya gairah seksual. Rusaknya pembuluh darah menjadi salah satu faktor kinerja organ intim menurun. 

4. Mengalami gangguan tidur

Kurangnya kualitas dan kuantitas tidur dapat mempengaruhi hormon testosteron. Hasrat seksual juga akan menurun saat pria tidak cukup istirahat. Jumlah tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 6-8 jam per hari.

5. Efek samping obat

Pasien yang sedang dalam pengobatan tertentu, tidak jarang mengalami efek samping berupa kesulitan ereksi dan ejakulasi. Beberapa obat yang bisa menyebabkan kondisi tersebut misalnya obat pengontrol tekanan darah, obat kemoterapi, beberapa jenis antidepresan, atau obat antijamur.

6. Banyak mengonsumsi alkohol

Tidak sedikit pria yang mengandalkan alkohol sebagai penambah semangat saat akan bercinta. Namun, Anda harus berhati-hati karena banyak konsumsi alkohol justru akan memberikan efek sebaliknya. Sebaiknya batasi alkohol tidak lebih dari dua gelas per hari supaya produksi enzim penghasil testosteron tidak terhambat.

Baca juga: Kesalahan Seks yang Dilakukan Pria dan Cara Mengatasinya

Penyebab Libido Rendah pada Wanita

cara meningkatkan libido wanita farmaku

Sama halnya dengan pria, gairah seksual wanita dapat berkurang saat sedang mengalami berbagai permasalahan emosional, mengidap penyakit tertentu, atau pola hidup yang tidak sehat. Salah satu jenis gangguan libido yang menyerang wanita adalah hypoactive sexual desire disorder (HSDD). Kondisi ini akan mengakibatkan penderitanya enggan berhubungan seksual, tidak menikmati saat seks, dan sulit untuk dirangsang.

Namun, ada pula faktor-faktor lain yang juga dapat menjadi penyebabnya, seperti di bawah ini:

1. Perubahan hormon

Turunnya hormon saat menjelang menopause dapat mengurangi keinginan untuk bercinta dengan pasangan. Ditambah lagi kondisi vagina yang lebih kering pada masa ini mengakibatkan rasa nyeri saat seks. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon.

2. Gaya hidup tidak sehat

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan merokok bisa memicu berkurangnya hasrat seksual seseorang. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat dan meninggalkan berbagai kebiasaan buruk.

3. Adanya gangguan kesehatan

Penyakit jantung, diabetes, kanker, atau kekurangan hormon tiroid dapat mempengaruhi gairah bercinta. Hal ini terjadi karena adanya gangguan fisik dan emosional yang mengakibatkan organ reproduksi tidak bekerja dengan sempurna. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memberikan efek samping berupa penurunan gairah.

4. Mengalami masalah psikologis

Suasana hati yang kurang menyenangkan bisa berdampak pada libido. Berbagai permasalahan yang mengganggu psikis, seperti stres, depresi, atau tidak percaya diri menghilangkan gairah berhubungan intim. Maka, Anda dapat mengatasinya dengan berbagai aktivitas yang dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Cobalah untuk mulai melakukan perawatan wajah dan tubuh untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan pasangan. Apabila stres menjadi salah satu alasan, mulailah rutin berolahraga atau meditasi supaya emosi lebih terkendali. Cara meningkatkan libido wanita yang juga bisa diterapkan adalah mempererat intimasi dengan pasangan. Jangan ragu mendiskusikan preferensi seks serta melakukan hal-hal romantis yang dapat meningkatkan gairah.

Baca juga: Rutin Hubungan Intim? Inilah 7 Manfaat bagi Kesehatan yang Bisa Didapat!

Cara Alami Meningkatkan Libido pada Pria dan Wanita

cara alami meningkatkan libido farmaku

Bagi Anda yang mengalami penurunan gairah seksual jangka panjang, segeralah berdiskusi dengan dokter untuk mengatasinya. Namun, tentu saja berbagai pengobatan tidak dapat bekerja dengan baik jika tidak diimbangi dengan perubahan pola hidup. Berikut cara meningkatkan libido pria dan wanita dengan alami:

1. Olahraga teratur

Olahraga tidak hanya membantu berbagai organ dan hormon bekerja dengan baik, tapi juga menjaga berat badan ideal. Pasalnya, obesitas sering kali menjadi salah satu faktor hasrat seksual rendah dan infertilitas.

2. Berhenti merokok

Anda sebaiknya tidak mengabaikan peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan impotensi. Kebiasaan tidak baik ini berdampak negatif pada kardiovaskular atau kesehatan jantung yang penting bagi kesehatan seksual.

3. Atasi stres dan gangguan psikis

Bagi Anda yang sedang banyak pikiran, cobalah meluangkan waktu untuk meditasi setiap hari supaya pikiran dan batin menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan jiwa yang tidak dalam keadaan sehat bisa mengganggu produksi libido. Jika dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu cara meningkatkan libido yang menyenangkan adalah dengan memperbaiki kualitas tidur. Fisik yang lelah dan kurang istirahat cenderung enggan melakukan berbagai aktivitas seksual.

5. Jaga hubungan tetap romantis

Ketika Anda dan pasangan sedang dalam situasi yang kurang harmonis, keinginan bercinta pun akan menurun. Inilah mengapa menjaga intimasi dengan kekasih hati bisa menjadi cara alami dalam mempengaruhi libido.

5 Makanan Pembangkit Libido

makanan peningkat libido farmaku

Bagi Anda yang sedang mengusahakan kegiatan ranjang yang panas, cobalah mengonsumsi afrodisiak. Afrodisiak merupakan jenis makanan dan minuman yang dipercaya memberikan efek seperti viagra. Kandungan yang ada pada makanan tersebut dapat menambah gairah bercinta.

Berikut makanan yang termasuk dalam afrodisiak:

1. Apel

Apel yang kaya akan phytoestrogen atau senyawa yang menyerupai hormon estrogen dapat membantu melubrikasi vagina. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi 1-2 buah apel per hari memiliki fungsi seksual yang lebih baik.

2. Cabai

Capsaicin pada cabai bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Ketika darah mengalir dengan baik ke berbagai organ, fungsi seksual akan bekerja dengan baik dan emosi menjadi lebih stabil.

3. Cokelat

Tidak hanya dapat menambah momen romantis, cokelat pun bisa memicu produksi hormon endorfin. Bahkan efek nyaman dan bahagia dari cokelat lebih baik dari berciuman. inilah yang menyebabkan cokelat dipilih sebagai makanan untuk meningkatkan libido.

4. Ginseng

Banyak manfaat yang dapat dirasakan tubuh dengan banyak mengonsumsi ginseng. Selain menjadi obat herbal, ginseng juga mampu meningkatkan gairah dan mengatasi disfungsi ereksi.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung kadar katekin tinggi dibandingkan jenis teh lainnya. Katekin dapat membantu peredaran darah yang baik bagi kesehatan tubuh dan organ reproduksi.

Dengan mengetahui berbagai penyebab turunnya hasrat bercinta, Anda dan pasangan akan lebih mudah dalam mengatasinya. Awali dengan rutin berolahraga, meninggalkan berbagai kebiasaan buruk, dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Jika tidak kunjung menunjukkan perubahan, Anda dan pasangan dapat berkonsultasi pada dokter. Usahakan perawatan dilakukan oleh kedua belah pihak supaya dapat saling menguatkan dan meningkatkan intimasi hubungan.

NHS. Diakses pada Oktober 2020. Loss of libido. https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido/#:~:text=Loss%20of%20libido%20(sex%20drive,such%20as%20reduced%20hormone%20levels.

Healthline. Diakses pada Oktober 2020. Conditions that cause low libido. https://www.healthline.com/health/low-testosterone/conditions-that-cause-low-libido#stress

Medical News Today. Diakses pada Okotober 2020. Foods to eat for better sex. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322779 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya