Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Cara Alami Meningkatkan Libido Pria dan Wanita

cara meningkatkan libido farmaku

Libido atau gairah yang menurun sering kali membuat seseorang merasa resah, terutama bagi pria yang tidak bisa memuaskan hasrat seks pasangannya. Dampaknya kondisi ini berisiko mengganggu keharmonisan rumah tangga Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mengembalikan gairah seks. Bagaimana caranya? Lebih lanjut simak cara meningkatkan libodo secara alami baik untuk pria maupun wanita dalam ulasan di bawah ini. 

Cara Alami untuk Meningkatkan Libido

Apabila Anda sering mengalami penurunan libido dan mengganggu keharmonisan rumah tangga Anda, jangan abaikan. Ambil tindakan yang akan membantu Anda meningkatkan libido yang turun. Salah satunya dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat. Untuk melakukan ini, Anda bisa memulai kiat-kiat yang alami bersama pasangan di rumah. 

Berikut ini cara membantu meningkatkan libido secara alami, di antaranya:

1. Olahraga secara Teratur

Aktif secara fisik dengan olahraga teratur bisa membantu mengembalikan libido yang menurun.  Misalnya latihan aerobik dan latihan kekuatan secara teratur bisa meningkatkan stamina, memperbaiki citra tubuh, meningkatkan mood, dan meningkatkan libido.

Sebuah penelitian di tahun 2015 terhadap pria yang menjalani terapi kekurangan androgen, yang menurunkan kadar hormon testosteron, menemukan bahwa melakukan olahraga teratur bisa membantu pria mengatasi masalah citra tubuh, libido rendah, dan perubahan hubungan.

Baca juga: Ini Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Aman

2. Berhenti Merokok

Orang yang merokok secara aktif dapat berdampak buruk pada sistem kardiovaskular. Perlu diketahui bahwa kesehatan jantung yang baik begitu penting untuk fungsi seksual yang baik.

Jika diperhatikan, orang yang berhenti merokok mungkin akan mengalami tingkat energi dan gairah seksnya yang meningkat. Selain berhenti merokok, hindari lingkungan perokok untuk menghindari paparan asapnya, karena perokok pasif sama bahayanya bagi kesehatan.

3. Hindari Stres dan Gangguan Psikis

Bagi kebanyakan orang, stres adalah salah satu faktor yang menyebabkan libido menurun. Menurut penelitian, stres kronis berdampak pada banyak mekanisme psikologis dan fisiologis dalam tubuh, sehingga menurunkan kepuasan seksual. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar menyempatkan istirahat selama 10 menit untuk melakukan aktivitas (seperti meditasi, yoga, atau menulis jurnal) guna menurunkan stres secara keseluruhan. 

Selain itu, salah satu teknik meredakan stres yang terbukti meningkatkan hasrat dan gairah seks adalah mindfulness (kesadaran penuh) . Faktanya, penelitian pada tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa terapi berbasis kesadaran (MBT) mampu meningkatkan gairah, hasrat, dan kepuasan seksual pada wanita, terutama bila dikaitkan dengan kecemasan. 

4. Cukup Tidur

Manfaat tidur yang cukup bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk bagus untuk seksualitas. Setiap orang disarankan tidur selama 7-9 jam dalam sehari.

Tidur yang nyenyak diketahui dapat meningkatkan suasana hati (mood) dan tingkat energi secara keseluruhan, dan beberapa penelitian juga menghubungkan kualitas tidur dengan libido.

Sebuah penelitian pada wanita di tahun 2015 menunjukkan bahwa memperbanyak waktu tidur pada malam hari meningkatkan hasrat seksual keesokan harinya. Wanita dengan rata-rata waktu tidur lebih lama memiliki gairah genital yang lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur lebih pendek. 

5. Tingkatkan Kualitas Hubungan Bersama Pasangan

Banyak pasangan mungkin mengalami masa istirahat dalam hasrat seks dan frekuensi seksual pada waktu tertentu dalam suatu hubungan. Hal ini mungkin disebabkan setelah hidup bersama pasangan dalam waktu lama atau jika pasangan merasakan adanya masalah dalam hubungan intimnya.

Jika mengalami hal demikian, fokuslah untuk memperbaiki hubungan agar dapat meningkatkan gairah seks masing-masing pasangan. Hal ini mungkin memerlukan usaha, seperti merencanakan kencan malam, beraktivitas bersama di luar kamar tidur, berbicara terbuka, dan menyisihkan waktu berkualitas satu sama lain.

6. Lakukan Foreplay

Memiliki pengalaman seks yang lebih baik membantu meningkatkan hasrat untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libidonya. Tidak sedikit orang dapat meningkatkan pengalaman seksualnya dengan lebih lama untuk melakukan foreplay, seperti menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral. 

Bagi kebanyakan wanita, foreplay sangat penting dalam hubungan seksual. Menurut penelitian di tahun 2017, sekitar 18% wanita yang mencapai orgasme hanya melalui hubungan penetrasi, sementara 33,6% melaporkan bahwa rangsangan pada klitoris diperlukan untuk mencapai orgasme.

7. Pertahankan Berat Badan yang yang sehat

Beberapa ilmuwan mengaitkan bahwa kelebihan berat badan alias obesitas dengan rendahnya libido dan faktor lain yang terkait dengan penurunan kesuburan. Hal ini mungkin karena faktor hormonal, seperti kadar testosteron yang rendah.

Mempertahankan berat badan yang sedang dapat meningkatkan gairah seks, baik secara fisik maupun psikologis. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta olahraga secara teratur bisa membantu mencapai hal ini, serta meningkatkan energi secara keseluruhan.

8. Pengobatan Herbal

Meskipun belum banyak penelitian mengenai efektivitas obat herbal dalam meningkatkan fungsi seksual pada pria dan wanita, namun beberapa orang mungkin merasakan manfaatnya.

Sebuah penelitian di tahun 2015 menyatakan bahwa pengobatan herbal dapat meningkatkan fungsi seksual, termasuk akar maca, tribulus, dan ginkgo biloba.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan obat herbal tanpa persetujuan dokter. Hal ini karena beberapa obat herbal dapat berinteraksi dengan obat-obatan.

Baca Juga: Obat Kuat Resep Dokter yang Bisa Anda Dapatkan di Apotek

Daftar Makanan untuk Membangkitkan Gairah Seksual

Seiring dengan melakukan perubahan gaya hidup yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu yang membantu membangkitkan libido.  Ada banyak makanan yang bersifat afrodisiak, yakni jenis makanan yang dipercaya memberikan efek seperti viagra.

Berikut ini makanan bersifat afrodisiak yang mebangkitkan libido, antara lain:

1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang kaya akan phytoestrogen atau senyawa seperti hormon estrogen yang dapat membantu melubrikasi vagina. 

Buah ini juga kaya akan senyawa quercetin. Antioksidan ini, sejenis flavonoid, mungkin memberikan beberapa manfaat kesehatan. Dalam hal seksualitas, quercetin bagus untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati disfungsi ereksi, dan mengelola gejala prostatitis.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 1-2 buah apel per harinya memiliki hasrat seksual yang lebih baik.

2. Cabai

Kandungan capsaicin dalam cabai merupakan zat aktif yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Zat ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Ketika darah mengalir dengan baik ke berbagai organ – termasuk organ intim – fungsi seksual akan menjadi lebih baik dan emosi lebih stabil.

3. Cokelat

Tidak hanya membuat Anda rileks, makan cokelat juga bisa memicu produksi hormon endorfin. Bahkan efek nyaman dan bahagia setelah makan cokelat lebih baik dari berciuman. Inilah alasan mengapa cokelat menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan libido.

Cokelat juga dikaitkan dengan pelepasan serotonin, hormon yang mendorong perasaan bahagia dan tenang. Peningkatan suasana hati yang disebabkan oleh cokelat juga dapat meningkatkan gairah seks. 

Makanan yang identik dengan hadiah valentine ini juga mengandung banyak phenylethylamine, zat kimia otak yang berhubungan dengan nafsu dan cinta.

4. Ginseng

Mengonsumsi ginseng akan mendapatkan banyak manfaat yang menyehatkan tubuh. Tumbuhan herbal asal Korea Selatan ini juga memiliki sifat afrodisiak yang digunakan untuk mengobati disfungsi seksual dan meningkatkan hasrat seksual.

Penelitian yang dilakukan pada objek tikus menemukan bahwa senyawa ginsenoside dalam ginseng dapat meningkatkan kadar testosteron. Hormon ini dapat memengaruhi gairah seksual.

Baca juga: Cara Mencegah Kemandulan pada Pria Sejak Dini

5. Teh Hijau

Green tea atau teh hijau menyimpan banyak manfaat, salah satu manfaat yang populer adalah untuk menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu membangkitkan gairah seksual karena kandungan katekin.

Teh hijau tinggi kandungan katekin dibandingkan jenis teh lainnya. Katekin mampu membantu meningkatkan aliran darah ke organ intim sehingga dapat meningkatkan gairah seksual.

Meskipun perubahan gaya hidup dan makanan tersebut memberikan manfaat untuk gairah seksual, penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan, porsi makanan, dan alergi yang mungkin Anda miliki. Hal ini untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara umum, kesehatan seksual dan reproduksi. Mendeteksi masalah seksual sedini mungkin dapat membantu mempermudah pengobatan.

Healthline. Diakses pada 28 Februari 2024. Conditions that cause low libido. https://www.healthline.com/health/low-testosterone/conditions-that-cause-low-libido#stress

Medical News Today. Diakses pada 28 Februari 2024. Foods to eat for better sex. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322779

Medical News Today. Diakses pada 28 Februari 2024. 10 natural ways to boost libido (sex drive). https://www.medicalnewstoday.com/articles/323918

National Health Service (NHS). Diakses pada 28 Februari 2024. Loss of libido. https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido/#:~:text=Loss%20of%20libido%20(sex%20drive,such%20as%20reduced%20hormone%20levels.

WebMD. Diakses pada 28 Februari 2024. Best Foods to Eat Before Sex. https://www.webmd.com/sex-relationships/ss/slideshow-best-foods-before-sex

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan