Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Kenali Alergi Menahun Yang Tak Kunjung Sembuh

 03 Aug 2020 Kesehatan | Penyakit



alergi menahun


Alergi merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi. Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melihat suatu zat sebagai hal berbahaya bagi tubuh dan bereaksi berlebihan terhadapnya. Zat yang menyebabkan reaksi alergi disebut alergen. Ketika seseorang memiliki alergi, sistem kekebalan mereka membuat antibodi yang disebut imunoglobulin. Antibodi inilah yang kemudian merespons alergen yang ada pada tubuh. Saat tubuh merespon merespons alergen, maka sistem kekebalan tubuh Anda akan memunculkan suatu gejala yang yang disebut dengan reaksi alergi.

 


Gejala alergi sendiri dapat berbeda-beda pada setiap orang, namun umumnya reaksi alergi yang muncul akan membuat Anda merasa tak nyaman. Misalnya, Anda mungkin mengalami bersin-bersin, pilek, ruam atau gatal-gatal, serta mata berair. Gejala-gejala lain yang lebih serius dan bahkan mengancam jiwa juga mungkin terjadi pada orang yang menderita alergi seperti kesulitan bernapas dan bengkak di mulut atau tenggorokan. Gejala alergi berat yang mengancam jiwa ini disebut anafilaksis.

 

Baca juga : Moms, yuk Kenali Penyebab Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya!

 

Penyebab alergi menahun

 

penyebab alergi menahun

 


Penyebab alergi atau alergen dapat berbeda-beda bagi setiap orang, namun umumnya zat-zat di bawah ini sering ditemui sebagai pemicu alergi :

 

  • Alergen di udara, seperti serbuk sari, bulu binatang, tungau debu dan jamur
  • Makanan tertentu, terutama kacang tanah, kacang pohon, gandum, kedelai, ikan, kerang, telur, dan susu
  • Sengatan serangga, seperti dari lebah atau tawon
  • Obat-obatan, terutama antibiotik berbasis penisilin atau antibiotik
  • Lateks atau zat lain yang Anda sentuh, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit

 

Baca juga : Waspada Alergi Alkohol Akibat Hand Sanitizer

 


Alergi sendiri ternyata dapat berlangsung lama bahkan terjadi sepanjang tahun. Penyebab alergi menahun seringkali dipicu oleh reaksi terhadap debu rumah, udara dingin,makanan obat bahkan faktor stres. Debu yang ada di rumah mungkin mengandung spora jamur dan jamur, serat kain, bulu binatang, kotoran tungau debu, dan serpihan serangga. Zat yang ada pada tubuh kecoa juga sering menjadi penyebab gejala alergi.


Umumnya alergi yang dialami oleh seseorang tidak dapat dihilangkan, namun reaksi alergi dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan tertentu.

 

Cara mengobati alergi menahun

 

cara mengobati alergi menahun


Saat Anda mengalami reaksi alergi, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi dokter dan melakukan pengobatan seperti mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan di bawah ini mungkin akan diresepkan oleh dokter dan dapat membantu Anda dalam menangani reaksi alergi yang muncul, baik pada alergi ringan hingga sebagai obat alergi menahun.


Antihistamin


Antihistamin bekerja dengan cara memblokir histamin, yaitu zat kimia penyebab gejala yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh Anda selama reaksi alergi. Antihistamin oral tersedia bebas dan dengan resep dokter. Antihistamin dapat mengurangi gejala seperti mata gatal atau berair, gatal-gatal, pembengkakan, dan gejala alergi lainnya. Bentuk antihistamin yang dapat Anda temui adalah cetirizine, desloratadine, fexofenadine, levocetirizine, loratadine, diphenhydramine, chlorpheniramine. Beberapa dari obat-obatan ini dapat membuat Anda merasa mengantuk dan lelah, oleh karena itu sebaiknya Anda perlu menghindari atau mewaspadai kegiatan seperti mengemudi dan mengoperasikan alat berat.

 

Dekongestan


Dekongestan dapat digunakan untuk meredakan hidung dan sinus yang cepat dan sementara. Namun obat-obatan ini dapat menyebabkan kesulitan tidur, sakit kepala, peningkatan tekanan darah dan lekas marah. Obat-obatan ini tidak direkomendasikan untuk orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, glaukoma atau hipertiroidisme. Beberapa obat-obatan yang mengandung dekongestan adalah seperti Cetirizine dan pseudoephedrine, Dan Loratadine dan pseudoephedrine, Fexofenadine dan pseudoephedrine serta Loratadine dan pseudoephedrine. 

 

Kortikosteroid


Steroid, yang dikenal secara medis sebagai kortikosteroid, dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan alergi. Obat ini dapat mencegah dan mengobati hidung tersumbat, bersin, dan gatal, pilek karena alergi musiman atau sepanjang tahun. Obat-obatan ini juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi. Steroid sistemik tersedia dalam berbagai bentuk: seperti pil atau cairan untuk alergi serius atau asma, inhaler lokal untuk asma, semprotan hidung secara lokal untuk alergi musiman atau sepanjang tahun, krim topikal untuk alergi kulit, atau tetes mata. Selain obat steroid, dokter Anda mungkin memutuskan untuk meresepkan jenis obat tambahan untuk membantu memerangi gejala alergi Anda.

 

Stabilisator sel mast


Stabilisator sel mast bekerja dengan cara memblokir pelepasan bahan kimia dalam sistem kekebalan tubuh yang berkontribusi terhadap reaksi alergi. Obat-obatan ini umumnya aman tetapi biasanya perlu digunakan selama beberapa hari untuk menghasilkan efek yang maksimal. Stabilisator sel mast biasanya digunakan ketika antihistamin tidak berfungsi atau tidak dapat ditoleransi dengan baik.

 

Inhibitor leukotriene


Inhibitor leukotrien adalah obat resep yang memblokir bahan kimia penyebab gejala yang disebut leukotrien. Obat oral ini mengurangi tanda dan gejala alergi termasuk hidung tersumbat, pilek dan bersin. Hanya satu jenis obat ini, montelukast (Singulair), yang disetujui untuk mengobati demam. Pada beberapa orang, inhibitor leukotrien dapat menyebabkan gejala psikologis seperti kecemasan, depresi, mimpi aneh, sulit tidur, dan pemikiran atau perilaku bunuh diri.


Imunoterapi alergen


Imunoterapi dapat menjadi salah satu bentuk perawatan paling efektif apabila Anda menderita alergi lebih dari tiga bulan dalam setahun. Suntikan alergi membuat Anda secara bertahap meningkatkan kadar alergen yang menyinggung untuk membantu sistem kekebalan tubuh Anda membangun toleransi. Obat ini juga dapat membantu dalam mengurangi gejala asma pada beberapa pasien.


Obat biologis


Beberapa obat biologis menargetkan reaksi spesifik dalam sistem kekebalan tubuh dan mencoba mencegahnya terjadi. Obat-obatan ini diberikan sebagai suntikan. Mereka termasuk dupilumab (Dupont) untuk mengobati reaksi alergi pada kulit dan omalizumab (Xolair) untuk mengobati asma atau gatal-gatal ketika obat lain tidak membantu.

 

Tembakan epinefrin darurat


Tembakan epinefrin digunakan untuk mengobati anafilaksis, reaksi mendadak yang mengancam jiwa. Obat ini diberikan dengan alat suntik dan jarum suntik otomatis (injektor otomatis).

 

Bagaimana mencegah reaksi alergi menahun?


Walaupun Anda dapat mengobati reaksi alergi yang muncul, hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah dengan melakukan pencegahan. Mencegah reaksi alergi tergantung pada jenis alergi yang Anda miliki. Langkah-langkah umum yang mungkin dapat Anda lakukan dapat meliputi hal-hal berikut ini :

 

Hindari pemicu alergi


Walaupun Anda dapat mengobati gejala alergi yang Anda alami, cobalah untuk menghindari pemicu alergi. Karena hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari reaksi alergi adalah dengan cara menghindari pemicunya. Hal ini mungkin terdengar mudah, namun kenyataanya tidak terlebih apabila Anda sedang melakukan kegiatan di luar rumah.


Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari alergi misalnya jika Anda alergi terhadap makanan tertentu seperti udang, usahakanlah untuk menghindari mengkonsumsi makanan tersebut. Jika Anda alergi terhadap debu, sering-seringlah untuk membersihkan rumah Anda terutama area tempat tidur.
Membuat catatan.

 

Membuat catatan

Apabila Anda belum mengetahui penyebab alergi Anda, cobalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan atau memperburuk gejala alergi Anda. Anda dapat memulainya dengan cara melacak aktivitas Anda dan apa saja yang Anda makan, kapan gejala muncul dan apa yang dapat mengurangi gejala. Hal ini dapat membantu Anda dan dokter untuk mengidentifikasi pemicu alergi.

 

Pakailah gelang peringatan medis

Jika Anda memiliki reaksi alergi yang parah dan membahayakan nyawa Anda gelang peringatan medis (atau kalung) membuat orang lain tahu bahwa Anda memiliki alergi serius. Hal ini dapat membantu orang lain mengidentifikasi keadaan Anda apabila Anda mengalami reaksi hingga Anda tidak dapat berkomunikasi.

 

Walaupun Anda memiliki alergi, jangan biarkan alergi mengganggu aktivitas sehari-hari Anda di rumah, kantor atau sekolah. Anda dapat hidup normal meskipun memiliki alergi. Kenali alergi Anda dan lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari alergen. Bila perlu bawalah obat setiap saat sehingga Anda dapat mengobati reaksi alergi. (DH)

 

Sumber :


Asthma and allergy foundation of America. Diakses pada juli 2020 https://www.aafa.org/allergies.aspx
Webmd. Do I Have Chronic Allergies?. https://www.webmd.com/allergies/chronic-allergies-causes
Medical news today. Diakses pada juli 2020. Identifying and  Treating Anaphylaxis. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321500#identifying-and-treating-anaphylaxis
Merck manual consumer version. Diakses pada Juli 2020. Year-round allergies. https://www.merckmanuals.com/home/immune-disorders/allergic-reactions-and-other-hypersensitivity-disorders/year-round-allergies
Mayo clinic. Diakses pada Juli 2020. Allergy medications: Know your options. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/in-depth/allergy-medications/art-20047403
Web MD. Diakses pada Juli 2020. Can Allergies Be Cured?. https://www.webmd.com/allergies/can-allergies-be-cured
Mayo clinic. Diakses pada Juli 2020. Allergies.https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   Penyakit