Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Sumber Serat yang Baik Untuk Si Kecil, Moms Simak Deh!

Serat adalah nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan anak serta orang dewasa tidak mendapatkan serat dalam jumlah yang cukup setiap hari. Sebagai orang tua, tentu Anda melakukan yang terbaik untuk memberi makan keluarga, terutama anak Anda makanan sehat. Namun Anda mungkin memerlukan bantuan dalam memilih sumber serat yang baik. Sebelum mencari tahu makanan apa saja yang dapat menjadi sumber serat yang baik, yuk! simak apa sebenarnya serat itu dan apa saja manfaatnya bagi tubuh.

Pengertian Serat

Serat makanan adalah nutrisi nabati, yaitu jenis karbohidrat . Namun serat tidak seperti karbohidrat lainnya, ia tidak dapat dipecah menjadi molekul gula yang dapat dicerna. Sebab, serat melewati saluran usus relatif dalam keadaan utuh. Serat juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anak dan orang dewasa.


Menurut Colorado State University serat dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu serat larut dan tidak larut. Sederhananya, serat larut, seperti pektin, getah dan lendir, larut dalam air. Sementara serat tidak larut, seperti hemiselulosa, selulosa dan lignin, tidak larut dalam air. Saat berada dalam tubuh, serat larut akan larut dan menjadi zat seperti gel. Serat tidak larut sebagian besar mempertahankan bentuknya saat berada di dalam tubuh. Kedua jenis serat ini, baik serat larut dan tidak larut memiliki manfaat penting.


Serat larut diketahui membantu menurunkan kadar gula darah. Serat juga membantu menurunkan kolesterol darah. Sementara serat tak larut sebaliknya, ia mempercepat jalannya makanan melalui sistem pencernaan. Ini membantu menjaga keteraturan dan mencegah sembelit. Ini juga meningkatkan massa tinja, yang membuat tinja lebih mudah dikeluarkan.

Manfaat Serat Untuk Tubuh


Beberapa manfaat serat untuk kesehatan diantaranya yaitu :

  • Baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan
  • Mencegah sembelit
  • Pengelolaan berat badan
  • Pengaturan gula darah
  • Pemeliharaan kolesterol
  • Menjaga kesehatan jantung


Baca Juga : 5 Nutrisi untuk Kesehatan Jantung Anda!


Penelitian menunjukkan bahwa ketika anak-anak makan lebih banyak serat, mereka makan lebih sedikit lemak dan gula, dan mereka lebih cenderung terhindar dari obesitas. Itu karena makanan kaya serat (setidaknya mengandung 2,5 gram per porsi) rendah kalori dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna, akan membuat anak-anak kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan.


Beberapa penelitian juga menemukan bahwa serat dapat membantu Anda dalam mencegah alergi terhadap makanan. Selain itu mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup juga dikaitkan dengan umur panjang dan penurunan risiko kanker.

Berapa banyak serat yang dibutuhkan Anak?

sayuran kaya serat


Terdapat berbagai rekomendasi jumlah manfaat serat untuk tubuh anak berdasarkan kebutuhan energi, usia, atau berat badan. Namun untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan serat anak adalah dengan menambahkan angka 5 pada usia anak Anda. Jadi apabila anak Anda berusia 10 tahun anak Anda membutuhkan setidaknya 15 gram serat setiap harinya. Anda juga dapat berpedoman pada jumlah total minimal serat yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu sekitar 25 gram sehari.


Tips lain untuk untuk memastikan anak Anda mendapatkan cukup makanan berserat adalah dengan membuat pilihan makanan yang sehat. Usahakan bahwa anak Anda mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari bersama dengan makanan lain yang merupakan sumber serat yang baik. Hal ini dapat membantu Anda memenuhi serat harian anak tanpa harus menghitung jumlah serat yang anak Anda konsumsi.

Makanan kaya serat untuk nutrisi anak


1. Sereal berserat tinggi

sumber serat untuk nutrisi anak


Sarapan yang mudah dan hampir disukai oleh semua anak ini ternyata kaya akan serat lho!. Sereal siap makan yang dikemas dengan serat dapat menghasilkan 3 hingga 14 gram serat per porsi. pilihlah sereal yang tidak terlalu manis-idealnya yang mengandung di bawah 7 gram gula per porsi dan setidaknya 3 gram serat untuk menghindari asupan gula yang terlalu tinggi.


2. Kacang polong

sayuran yang banyak mengandung serat


Secangkir kacang polong hijau mengandung 9 gram serat. Supaya anak Anda dapat memakannya Anda bisa menambahkannya pada untuk sup, dan salad. Kacang polong beku biasanya memiliki harga yang tidak mahal dan mudah disimpan, Anda hanya perlu mencairkan dan memanaskannya sebelum disajikan sebagai pendamping sederhana.


3. Alpukat

buah yang mengandung serat


Saat Anda mengkonsumsi setengah cangkir alpukat, Anda akan mendapatkan 5 gram serat. Alpukat juga kaya lemak yang menyehatkan jantung. Sebagian besar anak menyukai rasanya, tetapi jika Anda tidak menyukai tekstur atau rasa alpukat, cobalah mencampurkannya menjadi smoothie atau jus.


4. Almond

manfaat serat


Kacang satu ini bisa jadi pilihan sebagai camilan untuk anak Anda. Almond menempati urutan teratas sebagai kacang yang mengandung serat paling banyak, dengan 3½ gram dalam porsi 1 ons. Kacang almond juga merupakan sumber lemak sehat yang bagus untuk anak-anak. Jika alergi menjadi perhatian, Anda bisa mencoba biji bunga matahari atau biji labu untuk meningkatkan serat dan protein.


5. Mangga

buah yang mengandung serat


Buah yang manis dan pasti disukai anak-anak ini adalah salah satu jenis buah yang tinggi serat. Secangkir buah mangga memiliki hampir 3 gram serat. Jika anak-anak Anda adalah pecinta mangga, jus mangga atau smoothie adalah pilihan yang sangat cocok. Selain kaya akan serat, buah mangga juga kaya akan vitamin serat untuk anak yang baik untuk anak Anda.


6. Berondong jagung

sayuran yang banyak mengandung serat


Anak Anda suka menonton film? Coba suguhkan camilan satu ini saat anak Anda sedang asyik menonton. Camilan Rendah kalori ini secara teknis adalah biji-bijian utuh dan kaya akan serat. Satu cangkir popcorn mengandung 1 gram serat, jika anak Anda menghabiskan 3 cangkir saat asyik menonton, itu artinya anak Anda mengonsumsi 3 gram serat. Jika anak Anda masih balita, berondong jagung dianggap sebagai bahaya tersedak, jadi tunggulah sampai mereka lebih besar untuk memperkenalkan camilan berserat tinggi ini.

Suplemen serat

Apabila anda merasa bahwa asupan serat harian anak anda belum mencukupi, anda bisa mengatasinya dengan menambahkan suplemen serat. Walaupun suplemen tidak sebaik serat dari makanan utuh, suplemen serat untuk anak dapat membantu orang yang ingin mengatur pergerakan usus mereka atau yang menderita sembelit.

Sama seperti serat dari makanan utuh, suplemen serat juga memiliki efek penurun kolesterol dan stabilisasi gula darah yang sama, jika Anda bisa mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup. Suplemen tidak mengandung serat sebanyak makanan kaya serat jadi hanya menaburkan bubuk pada makanan Anda mungkin tidak akan memberi Anda serat yang Anda butuhkan.

Selain itu, suplemen serat untuk anak dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti aspirin, karbamazepin, dan warfarin. Mereka juga dapat menyebabkan kembung dan gas seperti serat dari makanan utuh jika dikonsumsi berlebihan. Maka anda harus tetap berhati-hati dalam penggunaan suplemen makanan untuk memenuhi kebutuhan serat anda.

Baca Juga : Vitamin Anak, Perlukah?


Apa yang terjadi jika anak mendapat terlalu banyak serat?

buah yang mengandung serat


Walaupun serat sangat baik untuk kesehatan anak, makan terlalu banyak serat dan tidak diimbangi air yang cukup juga bukan hal yang baik. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman, seperti kembung atau penumpukkan gas.


Jika anak Anda mengonsumsi makanan rendah serat, tingkatkan secara perlahan dan pastikan untuk memberi si kecil cairan yang cukup. Agar pencernaan tetap berjalan, hidrasi juga penting. Maka ajarkan kepada anak anda untuk minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Live science. Diakses pada Agustus 2020. What is fiber?. https://www.livescience.com/51998-dietary-fiber
Healthy Children. Diakses pada Agustus 2020. Kids Need Fiber: Here’s Why and How https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Kids-Need-Fiber-Heres-Why-and-How
Eating well. Diakses pada Agustus 2020. 10 Best High-Fiber Foods for Kids. Diakses pada agustus 2020 http://www.eatingwell.com/article/291588/10-best-high-fiber-foods-for-kids

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak